My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Rucika Rekomendasi Pipa PVC Terbaik

by - September 25, 2020

 

Pipa PVC

Rucika Rekomendasi Pipa PVC Terbaik. Banyak hal lain dalam rumah tangga yang terkadang membuat kita sebagai orang awam menjadi paham, bahkan tentang perpipaan. Bukan hanya pria saja yang paham soal pipa PVC. Kehidupan dengan segala seluk beluknya, menjadikan ibu rumah tangga didaulat memiliki sejuta profesi. Sebagai ibu, sebagai guru, konsultan, manajer keuangan, bahkan bisa jadi mandor dan tukang bangunan. Perihal menata rumah, mendekor ruangan, membetulkan karpet genteng yang tersingkap karena hujan lebat dan angin kencang, bahkan mencat rumah sendiri, sudah menjadi hal biasa dan tak aneh lagi. Mandiri membuat para ibu mampu melakukan banyak aktivitas. Berawal dari kondisi darurat, terpaksa, menjadi bisa dan terbiasa. 

Pipa pvc

Drama Pipa Pembuangan Air Pecah di Rumah


Berbekal pengalaman paralon buangan air yang rusak, menjadi Ihwal saya mulai paham mengenai jenis-jenis pipa PVC. Setidaknya jadi lebih teliti lagi untuk mencari kualitas pipa PVC yang bagus dengan harga terjangkau. Karena efeknya tidak main-main, asal murah tanpa mempertimbangkan kualitas sama saja menyiksa diri. Karena jika terjadi kendala seperti hal yang saya alami, harus bongkar semua instalasi pipa. Keramik harus dipecahkan sebagian, disebabkan pipa buangan air pecah di tengah, di bagian ruang tamu. Hal seperti ini, tidak ingin terjadi pada kalian pastinya. Bayangkan, berapa total pengeluaran yang akhirnya justru harus dikeluarkan dengan ceroboh memilih pipa paralon berkualitas buruk yang bersembunyi dalam kedok harga murah. 


Awal mengetahui pipa buangan air pecah di tengah, ketika sadar saat membersihkan selokan depan.


"Kenapa buangan air di depan kering? Padahal aktivitas sedang mencuci baju. Harusnya ada buangan air atau paling tidak, paralonnya basah. Ini sama sekali kering kerontang seperti rumah tidak ada aktivitas kehidupan" ujar saya membatin. 


Feeling tidak enak mulai menyergap, sudah pasti ada yang tidak beres di bagian paralon. Namun karena air di belakang istilahnya tidak ngembeng dan tidak mengakibatkan banjir di buangan air belakang atau mampet, sehingga tidak ketahuan sudah berapa lama mengenai kapan waktu prediksi pecahnya. Entah kemana-mana air larinya. 


Benar saja, setelah konfirmasi ke tukang bangunan, kemungkinan pipa paralon buangan air pecah. Letaknya masih belum bisa diprediksi. Hal ini menjadi bagian paling ribet dan paling drama. Harus bongkar keramik semua dari kamar belakang ke ruang tamu. Ternyata pecah di ruang tamu, jadi air buangan mengalir ngerembes langsung ke tanah dan bikin lubang agak besar. Kemungkinan bisa ambles tanahnya jika ketahuan lebih lama lagi. 


Solusi yang ditawarkan, harus ganti pipa dan dibenerin semua, tukang di rumah menyarankan menggunakan pipa PVC Rucika Standard yang memang sudah terpercaya kualitasnya. Untuk instalasi pembuangan berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa point2 penting yang harus diperhatikan, yaitu; mengenai ukuran pipa, diameter pipa sangat penting, jika salah perhitungan maka laju air akan sangat terhambat. Point kemiringan pipa pembuangan juga perlu diperhatikan karena dari hal yang kita ketahui bahwa air buangan mengalir berdasarkan gravitasi. Sehingga kemiringan akan menjadi hal utama agar air bisa mengalir, kemudian udara juga menjadi sarana untuk membantu air dapat mengalir. Lalu tidak terjadi tekanan, atau jika pipa mampet maka akan terjadi masalah. Instalasi di dalam rumah sebaiknya menggunakan perangkap bau, karena air pembuangan pastinya akan menimbulkan bau. Untuk instalasi dapur disarankan untuk adanya perangkap lemak.


Pabrik Rucika setahu saya juga ada di Cibitung. Plan kedepan dari pihak Rucika sendiri akan memproduksi secara bertahap produk-produk inovatif secara lokal di Pabrik mereka di Cibitung. 


Kembali pada drama pipa buangan air yang pecah di rumah, meski dirundung kebingungan, tetap saja harus dibetulkan. Saat itu saya memilih menggunakan Pipa Rucika Standard yang bisa digunakan sebagai jaringan sistem perpipaan air bersih bertekanan dan buangan. Terbuat dari bahan uPVC (unplastized Polyvinyl Chloride) yang semakin populer dan digemari kaum urban, serta identik dengan ekonomis dan praktis saat memilih barang kebutuhan. Tentunya banyak sekali kelebihannya dibanding material polimer lainnya, seperti : adanya Calcium Zinc (Tanpa Timbal), tahan terhadap korosi, kuat, ringan, mudah dalam penyambungan dan pemeliharaan. Pipa RUCIKA Standard sendiri memiliki dua model berbeda, yaitu tipe AW dan tipe D. Keduanya cocok digunakan untuk saluran bertekanan hingga saluran tidak bertekanan. Tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk mengalirkan air bersih, sekaligus membuang air kotor dari dalam ke luar rumah.


Pipa Rucika diproduksi mengacu standar JIS dan ISO dengan sertifikasi system manajemen mutu ISO 9001:2000. Pipa yang kualitasnya menjadi sahabat tukang bangunan dan harganya menjadi sahabat dompet ibu-ibu juga di rumah. Mampu bertahan hingga 30 tahun tanpa menimbulkan korosi yang biasa terjadi pada pipa besi.


Alhamdulillah setelah diganti dengan pipa Rucika, bertahun-tahun sampai saat ini tidak ada kendala lagi, sesuai dengan Tagline-nya "Dimana Air Mengalir Sampai Jauh".


Adapun produk-produk Pipa PVC lain unggulan dari Rucika salah satunya Rucika Exoplas. Tentu lebih terjamin kualitasnya. 


Pipa Rucika Exoplas

Rucika Exoplas


Pipa unggulan Rucika satu ini memiliki performa yang tinggi yang tentunya berbeda dengan kualitas pipa standar lainnya. Karena mampu meningkatkan kemampuan impak, daktilitas, dan pengurangan berat pipa dibandingkan pipa PVC biasa. Hal ini tentunya didukung dengan pengembangan selama 13 tahun dari PT. Wahana Duta Jaya Rucika yang melakukan pengembangan Biax dengan cara mengkombinasikan proses produksi secara radial dan longitudinal untuk membuat pipa Exoplas meningkat kemampuan secara keseluruhan. 


Pipa Exoplas sendiri tidak menggunakan material cadmium dan mercury dalam campuran zat aditifnya yang bisa membahayakan bagi tubuh. Sudah pasti terjamin sebagai sistem perpipaan yang terpercaya untuk aplikasi air bersih bertekanan dengan karakteristik yang teristimewa karena terbuat dari uPVC (unplastized Polyvinyl Chloride) dengan metode pembuatan yang berorientasi Bi-axial (stretching) untuk meningkatkan performa pipa termoplastik. 


Dalam penyambungan pipa EXOPLAS sangat penting menggunakan Lubricants yang tidak mengandung Mineral Greases. Lubricants sangat direkomendasikan untuk penyambungan pipa air bersih, karena mengandung bakteri 

yang dapat mencegah terjadinya desinfeksi bakteri dari sumbernya. Selama instalasi mungkin bakteri dapat masuk dan membentuk koloni bakteri di area penyambungan, tapi air yang mengalir dapat membersihkannya secara otomatis ketika proses flushing dimulai.

Lubricants sangat aman dan tidak menimbulkan efek yang merugikan karet power lock, untuk menjaga kebersihan area penyambungan dan kebersihan bagian dalam pipa maka dianjurkan ujung-ujung pipa yang belum digunakan harus ditutup agar terhindar dari masuknya debu dan kotoran.


Keunggulan dan Manfaat Rucika Exoplas 

  • Fleksibel
  • Mempunyai kemampuan fleksibel lebih tinggi dari uPVC, sehingga menghemat kebutuhan bend 11° sampai bend 22°.
  • Ringan
  • Lebih ringan 2x dari uPVC standard dan pipa HDPE, 7x lebih ringan dari pipa besi.
  • Tahan kimia. Tahan terhadap bahan kimia pH 2-12
  • Tahan Lama. Tidak dapat berkarat dan bebas pemeliharaan
  • Isolator yang baik dan tidak dapat menimbulkan api
  • Kuat, tidak mudah pecah, dan memiliki daya tahan impak yang tinggi
  • Menggunakan aditif khusus
  • Dapat mereduksi pengaruh UV (Ultra Violet) terhadap pipa dalam jangka waktu yang lama.
  • Terbuat dari material yang bersifat thermoplastic sehingga dapat didaur ulang
  • Kapasitas Flow air yang tinggi. (inside diameter pipa yang besar)
  • Tahan Korosi. Ketahanan korosi di bagian dalam dan luar pipa.
  • Sistem penyambungan yang mudah
  • Sistem penyambungan dengan ruber ring berbahan polypropylene dengan design khusus untuk menghindari kesalahan pemasangan.
Rucika Exoplas

Ada beberapa teknik proses penyambungan Rucika Exoplas. 


  1. Runcingkan 15 ujung pipa yang akan disambung.
  2. Bersihkan kotoran pada permukaan spigot dan socket pipa dengan Cairan Pembersih (Aseton/Thinner).
  3. Ukur kedalaman socket pipa (entry depth) dan beri tanda dengan spidol pada pipa yang akan dimasukan ke dalam socket pipa.
  4. Oleskan lubricant ke dalam socket pipa.
  5. Pasang rubber ring pada alurnya dengan posisi lidah karet menghadap ke dalam.
  6. Oleskan lubricant pada sekeliling bagian dalam rubber ring dan setengah panjang pipa yang telah diberi tanda spidol (entry depth).
  7. Posisikan pipa spigot dalam satu sumbu dengan ujung socket pipa atau fitting pasanganya kemudian dorong keduanya dengan gerakan perlahan dan memutar sampai tanda kedalaman spidol (entry depth).

Selain Pipa PVC Rucika Exoplas ada beberapa pipa lainnya seperti; 

  • Rucika Standard
  • Rucika Kelen Green
  • Rucika JIS
  • Rucika kelox
  • Rucika Black
  • Rucika Safe & Lok
  • Rucika Gas
  • Rucika Lite
  • Rucika Siphonic system
  • Rucika Telecom
  • Rucika PP3
  • Rucika Rainwater System
  • Rucika Jacking System

Sambungan dan Fitting Pipa


Perihal sambungan pipa saya sepertinya hampir khatam juga, karena suami termasuk yang menyambung semua instalasi pipa air dari mesin air bawah, ke toren atas sendiri , bahkan membuat penampungan saringan air untuk kolam ikan koi, dikerjain sendiri juga. Tentunya membutuhkan sambungan pipa dengan aneka model. RUCIKA menyediakan aksesoris pelengkap untuk sistem saluran air. Tersedia macam jenis sambungan / fitting yang sangat lengkap dengan lebih dari 300 item produk, sehingga sangat cocok apabila digunakan pada instalasi air bersih, air hujan, air kotor dan pipa ventilasi udara dengan standar kualitas Jepang yang tentunya menjadi pilihan cerdas untuk sambungan pipa PVC di rumah. Beruntunglah ibu-ibu yang memiliki suami serba bisa dan mengenal tentang perpipaan, setidaknya bisa ngirit pundi-pundi rupiah untuk bayar tukang. Hehe...


Rucika

Saya bahkan sering melihat bagaimana cara ia menyambung pipa. Pernah satu hari saya bertanya "Kenapa ujungnya diamplas?" jawabnya simple, agar lebih merekat kuat, gampang disambung dan tahan lama. 


RUGlue


RUGlue, Lem yang Dirancang Khusus Daerah Beriklim Tropis


Penggunaan lem juga harus yang bagus dan kuat, jangan hanya sekedar lem biasa. Kalian bisa pilih Produk RUGlue yang merupakan lem pipa dan sambungan (fitting) PVC. Lem ini sudah melalui pengembangan khusus oleh para ahli untuk daerah yang beriklim tropis. Setiap daerah ketahanan dari lem tidak akan sama. Tinggal di daerah beriklim tropis, apalagi daerah tempat saya adalah Bekasi yang panasnya seperti berada di dekat matahari, suhu yang panas menyengat tentu akan membuat lem cepat retak karena ada beberapa yang tak tahan panas. Dengan formula dan teknologi terkini membuat RUGlue mempunyai kelebihan dibandingkan lem pipa PVC lainnya. 

Penyambungan RuGlue


Solusi Cegah Banjir dengan Rucika Rainwater System


Rucika sendiri sekarang ini berkolaborasi strategis dengan perusahaan asal Jepang, Maezawa Kasei Industries untuk menghasilkan produk-produk inovatif lainnya seperti Rucika Hygienic System dan Rucika Rainwater System. 


Rasa tertarik mengenai Rucika Rainwater System membuat saya melipir ke website www.rucika.co.id untuk mengenal lebih jauh sebagai upaya dan solusi mencegah banjir.


Qodarullah tahun kemarin rumah kami diterpa banjir, banyak barang-barang yang rusak karena musibah ini, seperti mixer, kamera slr, furniture dll. Dengan menggunakan Rucika Rainwater System setidaknya banjir bisa dicegah dengan sistem sumur resapan yang dipadukan dengan teknologi perpipaan dan aliran air hujan, sehingga menjadikan sistem ini lebih modern dan mudah diaplikasikan bahkan di halaman rumah sekalipun. 


Pengelolaan Air hujan yang Baik, Kembali ke Tanah dan Dimanfaatkan


Di Indonesia sendiri air hujan belum dikelola dengan baik, pengembangan-pengembangan inovatif seperti ini perlu digaungkan di negara kita. Sumber banjir salah satunya adalah hal tersebut. Maka solusi terbaik adalah air hujan harus diserapkan kembali ke tanah atau dimanfaatkan kembali. Berawal dari ide demikian pada akhirnya diadopsi oleh Rucika Rainwater System. 


Jepang sendiri kenyataanya dulu mengalami hal yang sama dengan Indonesia, banjir dan pembuangan air bau dimana-mana. Namun karena terus berinovasi dan melakukan pengembangan mereka bisa mengatasi itu, sehingga kini Jepang bisa kita lihat menjadi negara paling bersih di dunia, karena ia berhasil menghalau masalah pembuangan air dengan memanfaatkan hal tersebut. System Plumbing inilah yang ingin Rucika bawa ke Indonesia. 


Menarik rasanya bagi saya yang memang area perumahan berada dekat bantaran kali Cikeas. Kurangnya resapan air, seringkali menjadi penyebab langganan banjir. Kadang air menggenang sampai ke teras halaman depan. Hal ini menjadi buah pembicaraan hangat di meja makan. Bahwa Rainwater System juga bisa secara retail tidak harus skala besar, bisa diterapkan juga di rumah dengan membutuhkan lahan 1 meter. 


Mengusung Ide Kreatif, Inovatif Terdepan, dan Ramah Lingkungan


Banyak artikel bermanfaat juga di website Rucika menjadi bahan edukasi dan pertimbangan ide kreatif dan inovatif ke depan. Ide terbersit muncul untuk melakukan pembahasan lebih lanjut dengan RT dan RW setempat untuk membuat drainase seperti ini di wilayah kami di berbagai titik, bisa dengan hasil patungan warga, sedikitnya bisa membantu mencegah banjir dengan banyak titik pemasangan. Sebab Rucika Rainwater memiliki fungsi sebagai Infiltration atau resapan air hujan sehingga bisa menyimpan air hujan sementara sebelum air hujan meresap kembali ke tanah. Hal ini menjadi upaya membantu lingkungan juga. Selain itu Rucika Rainwater juga dapat berfungsi sebagai storage atau penyimpanan air hujan berkapasitas besar yang kemudian bisa dimanfaatkan kembali untuk kegunaan sehari-hari, seperti menyiram tanaman, mencuci mobil, menyiram debu jalanan dan lain-lain.


Metodenya seperti tangki reservoir air yang dipasang di bawah tanah, berfungsi sebagai penyimpanan air dengan menggunakan cover Geomembrane sehingga dapat digunakan kembali sebagai contoh untuk air siram taman atau sebagai sumur resapan air hujan dengan menggunakan cover permeable Geotextile. Keren ya… 


Mengenal Istilah Plumbing dan Sejarahnya


Saat saya sudah mengulas banyak hal mengenai pipa dan saluran air, mungkin sebagian dari kalian masih merasa asing mengenai istilah Plumbing? Hari ini bahkan saya belajar banyak mengenai sejarah pembuatan pipa. Perlu kalian tahu bahwa pipa pertama kali dibuat di jaman Romawi, berbahan dari timah hitam (plumbum) sehingga istilah tersebut kini dikenal menjadi Plumbing


Plumbing sendiri adalah Segala sesuatu yang berhubungan dengan pipa, dan peralatannya mencangkup air bersih, air limbah dan air hujan yang dihubungkan dengan sistem lain yang dibenarkan. Fungsinya untuk menyebarkan air bersih ke lokasi-lokasi tertentu dengan kapasitas yang cukup serta pembuangan air kotor dari tempat tertentu tanpa mencemarkan lingkungan sekitarnya. Orang jaman dahulu sudah kreatif mereka menggunakan bahan dari alam seperti bambu untuk mengalirkan air.


Ingat Rucika -- Ingat solusi perpipaan terdepan dan inovatif serta ramah lingkungan dengan aneka produk pipa PVC kualitas terbaik dan tahan lama, dilengkapi dengan produk sambungan pipa lebih dari 300 item serta lem RuGlue yang kuat merekat yang dikembangkan khusus untuk daerah tropis. Sebagai ibu rumah tangga yang banyak pertimbangan, saya rasa Rucika adalah solusi tepat sistem perpipaan di rumah. Selengkapnya bisa kalian cek ke Website Rucika sekaligus jadi acuan untuk melihat keunggulan-keunggulan produk Rucika lainnya dilengkapi dengan brosur harganya. 


Salam hangat



You May Also Like

27 komentar

  1. waaa aku kurang paham nih kalo soal kaya giniaaan, tapi kemaren kemaren pipa saluran air dari torn sempet bermasalah mau aku rekomendasiin pipa ini ah ke tukangnya hihihi, terima kasih infonyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak Demia... Iya kak jangan asal pilih pipa, untuk jangka panjang masalahnya

      Hapus
  2. Waduh ya ... kalau pipa paralonnya pecah baru gak ketahuan di mana, repot juga ya. Nah, perlu juga tahu soal perpipaan begini supaya tidak bisa dibohongin sama yang kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Drama banget jadi harus bongkar keramik mbak... Malah repot, mending dari awal pilih pipa bagus.

      Hapus
  3. Saya harus belajar banyak tentang begini. Kebiasaan menyerahkan semua urusan rumah ke suami hehehe. Tetapi, Rucika memang nama yang gak asing

    BalasHapus
  4. wah nambah ilmu ni soal perpipaan. selama ini awam soal beginian
    dan merk rucika ini memang udah top untuk perpipaan ya

    BalasHapus
  5. Pipa buangan kalau bocor atau pecah di tengah tuh emang bikin drama. Jadi banyak yang dikorbankan karena harus bongkar-bongkar. Jadi pas pasang yang sekalian beli yang bagus kaya Pipa Rucika

    BalasHapus
  6. keren mba paham per-pipa-an hahhaa saya mah kaga ngarti, biasanya kl ada ap2 pak suami yang turun tangan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku suka ikut beli ke material bahkan mbak, kalau lagi bangun rumah suka ngobrol sama tukangnya. Jadi sedikit banyak lumayan ngerti hehe

      Hapus
  7. Aku gak paham kalo sudah ttg bangunan, perpipaan dan semacamnya ini, biasanya cuma percaya aja dengan tukang. Ternyata gak bisa pasrah aja sama mereka, harus dicek2 juga ya kerjaannya gimana. Ini dapur dan teras belakang mulai 2 th bocor terus kalau hujan, sdh ada 6 kali manggil tukang buat betulin masih tetap bocor, sepertinya harus dirombak total. Makasih buat sharing ttg pipa rucikanya.

    BalasHapus
  8. aku gak paham soal bangunan dan pipa2an. tp ini menarik mbaa. karena rumahku suka merembes dan bocor. apa itu gegara pipanya juga yaa..

    BalasHapus
  9. Wah..untung segera ketahuan ya mba..meskipun sudah sempat menimbulkan drama juga..hehe.. Trmksh sharingnya jadi bisa lebih berhati-hati milih bahan berkualitas. Rucika utk pipa ya.. catet deh..

    BalasHapus
  10. Wah, pipa berkualitas memang mutlak diperlukan setiap rumah tangga sih ya
    Supaya urusan air jadi beresss, ga pake ribet

    BalasHapus
  11. ini bagus yaaa mba, noted kebetulan lagi ada rencana membangun rumah. Boleh nih nanti pipanya coba rucika

    BalasHapus
  12. Usaha keluarga kami jual beli rumah kecil-kecilan mba dan biasanya sering beli pipa Rucika ini untuk instalasi air, bagus dan harganya terjangkau

    BalasHapus
  13. kalau urusan pipa rusak or bocor memang bahaya bangeet ya mba..makanya harus pakai yang kualitasnya juga okeeee

    BalasHapus
  14. Produk pipa dari rucika memang paling bagus dan awet. Di kampus saya dl bahkan sering menggunakan produk ini ketika praktik lapangan membuat sumur bor materi sanitasi.

    BalasHapus
  15. Penting banget nih memakai pipa yang terbaik untuk perairan di rumah. Karena itu akan tertanam di rumah, kalau pakai yg kurang bagus masa harus bongkar, hehehe

    BalasHapus
  16. iya masalah pembuangan air di dapur itu beneran mengganggu ya mbak. Saya juga ini sedang mencari pipa yang pas dan awet untuk pembuangan air cuci piring. Makasih rekomendasinya ya mbak.

    BalasHapus
  17. Iya bener repot juga kalau sampai pecah dan kita tidak tau dimana pecahnya.. jadi harus bongkar banyak tempat. Perlu juga pengetahuan tentang perpipa an supaya ga dibohongi yak hehe...

    BalasHapus
  18. Suamiku yang lebih paham urusan seperti ini mba. Tapi baca ini aku jadi paham bagaimaanpun harus memilih yang kuat dan dari brand terpercaya ya

    BalasHapus
  19. wuahh banyak banget yaa mbak keunggulan yang dimiliki dari Rucika Exoplas ini. BTW, saya gak pernah tahu sama sekali lho tentang merk pipa pvc, jadi baru tahu merk Rucika ini~

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah dapet rekomendasi pipa terbaik darimu Mam. Biasanya kan kita nggak ngerti ya urusan beginian. Tapi sekarang udah tahu nih pipa yang layak untuk mengganti misalnya ada kebocoran air di rumah.

    BalasHapus
  21. Memang memilih pipa harus teliti, harus memilih yang memang berkualitas, apalagi biasanya akan ditanam di tanah maka dari itu harus dipilih yang terbaik biar tahan lama dan tidak bocor demi kenyamanan hidup keluarga kita.

    BalasHapus
  22. Ingat pipa Rucika ingat iklan air mengalir sampai jauh. Memang pipa yg terkenal dengan kualitas mumpuni dan tahan lama ya mbak.

    BalasHapus
  23. Unik ya...
    Aku baru tahu kali ini ada macam-macam merk pipa. Tapi sebagai perempuan, wajib tau...agar bisa benahi kalau sewaktu-waktu ada kerusakan.

    BalasHapus
  24. Ternyata banyak juga ya merk pipa dan macam-macamnya, selama ini tahu beres aja soal pipa di rumah.

    BalasHapus