My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Kunci Kulit Awet Muda

by - Oktober 19, 2020




Kunci Kulit Awet Muda | Ketika bertemu orang lain yang seumuran, namun seseorang menganggap kita jauh lebih tua darinya, apa tanggapan kalian? 


Atau menghindari bertemu kawan lama saat reuni, karena merasa wajah kita seperti 5 tahun lebih tua dari mereka.


Tidak sedikit wanita yang merasa down dan merasa rendah diri karena kendala kerutan di kulit, flek hitam, jerawat dan kulit kusam. 


Ubah pikiran untuk selalu stay positive. Tak perlu merasa rendah diri dan kecewa, hapus kerutan dengan mempelajari banyak hal mengenai perawatan kulit dari sekarang. 


Di kepala setiap wanita rasanya terkumpul satu harapan ingin tampil cantik, bahagia tanpa kerutan, pemilik kulit cerah dan bersih. Kita semua pasti tahu bahwa hidup serba sementara. Tua itu pasti. Kerutan di wajah akan hadir tanpa permisi. Mencegah, merawat dan menjaga adalah bagian dari sebuah pilihan dan rasa syukur.



Berbekal pemikiran demikian, saya tertarik menebalkan ilmu baru dan menyimak dari ahlinya via zoom mengenai pembahasan Skin Session Class with Dr. Melyawati Hermawan SpKK bersama Wardah yang sudah saya rangkum. Sebenarnya saya sudah dua kali ikut sharing session mengenai perawatan kulit yang diadakan Wardah Banten oleh kak Ghea, sebelum ini saya seringkali menyimak melalui IG TV Wardah Beauty Banten.  


Hal baik yang bermanfaat perlu diceritakan kembali. Apalagi pembahasan mengenai kesehatan kulit, anti aging, dan seputar hal tentang cantik yang diminati banyak wanita. 


Kehidupan selalu berproses, tidak terkecuali kulit. Penurunan fungsi kulit yang terjadi secara alamiah ini sering dipersulit dan dipercepat oleh sejumlah gangguan kronik dari lingkungan, terutama sinar matahari, paparan radiasi ultraviolet (UV) dan inframerah (IR) serta sejumlah karsinogen dari lingkungan yang berasal dari polusi udara. 



Sinar matahari adalah penyebab utama penuaan kulit. Walau di rumah saja, kita dianjurkan untuk rajin memakai Sunscreen. 


Mengenal SPF dan Fungsinya


SPF yang dianjurkan bagi wanita yang tinggal di daerah tropis seperti wanita Indonesia menurut Dr. Melyawati memilih produk sunscreen minimal SPF 30. Namun bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan rasa nyaman atas suatu produk di kulit kalian ya. Karena semakin tinggi SPF Dr. melyawati menjelaskan akan semakin pekat dan kental. 


Mungkin ada pertanyaan dibenak kalian mengenai. Apa sih perbedaan SPF 15, 20, 30 dan 50?


Hal ini saya rasa sering dilontarkan banyak wanita juga, termasuk saya saat minimnya ilmu mengenai skincare dan perawatan kulit. 


Jadi gini, nilai SPF (Sun Protektor Faktor) yang tertera dalam suatu produk akan menentukan berapa kali waktu yang dibutuhkan untuk melindungi kulit kita. Biasanya nih, kulit normal manusia bisa bertahan di bawah sinar matahari sekitar 10-15 menit, hingga kulit perlu mendapat perlindungan dari produk tabir surya.


Bayangkan jika kita tidak menggunakan tabir surya? Hanya dalam waktu lebih kurang 10 menit kulit bisa terbakar dan menghitam. Dari sinilah akan timbul flek dan keluhan kulit yang lain. 


Produk yang mengandung SPF 15, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 15 (Kadar SPF) = 150 menit atau 2,5 jam.


Produk yang mengandung SPF 25, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 25 = 250 menit atau 4 jam 10 menit.


Produk yang mengandung SPF 30, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 30 = 300 menit atau 5 jam


Produk yang mengandung SPF 50, akan memberikan ketahanan selama 10 menit x 50 = 500 menit atau 8 jam lebih.


Nah untuk produk sunscreen juga memiliki sebutan UVA dan UVB yang mengindikasikan tipe sinar matahari.


Kita gali lebih dalam lagi yuk. Boleh sambil membawa cemilan agar bacanya sedikit lebih menyenangkan dan gak mumet. 


Sinar matahari mengandung UVA dan UVB. Lebih mudahnya sebagai orang awam kita bisa lihat dari huruf belakangnya saja deh, A berarti Aging (Penuaan) sedangkan B berarti Burning (Pembakaran). Saya rasa dengan begini akan mudah dihapal dan dimengerti. 


UVA berarti sinar matahari yang masuk dapat menembus ke dalam lapisan kulit yang menyebabkan penuaan dini, keriput dan kanker. Sedangkan dalam UVB, diperuntukan untuk memberi perlindungan dari kulit terbakar yang menyebabkan kanker kulit. Jadi dengan berbekal ilmu ini kita bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan peruntukkan kulit kita. Sebaiknya yang mengandung keduanya ya.



Skin aging dipengaruhi oleh beberapa faktor;


Faktor internal  

  • Hormon. Fungsi mengatur dan memperbaiki fungsi tubuh. Pada usia muda, berbagai Hormon masih berfungsi baik dalam mengendalikan berbagai fungsi organ tubuh. Ketika manusia menjadi tua, produksi hormon menurun, sehingga fungsi tubuh menjadi terganggu.
  • Sistem kekebalan yang menurun
  • Genetik (Ada beberapa orang yang diberkahi dengan jenis kulit yang lebih slow dalam proses penuaan)


Faktor Eksternal 

  • Paparan sinar matahari
  • AC paparan AC yang berlebihan dalam ruangan
  • Pola hidup tidak sehat
  • Stress dll

Cara mencegah penuaan dini yang dijelaskan oleh Dr. Melyawati Hermawan SpKK yang saya tangkap saat itu diantaranya;

  • Menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit
  • Sering menggunakan sunscreen
  • Pola hidup sehat
  • Menggunakan moisturizer (Menjaga kelembaban kulit karena kunci kulit awet muda salah satunya kelembapan dan hidrasi )
  • Tidur cukup


Seputar Pertanyaan Kulit


Beberapa pertanyaan dari partisipan lain yang mungkin saja satu pemikiran dengan apa yang kalian tanyakan juga, sebagian sudah saya rangkum di sini, bukan dari "Hanya Katanya" melainkan dijawab langsung oleh Dr. Melyawati Hermawan SpKK dan Kak Gea Saputri dari Wardah Banten.  


Dok saya suka menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab kulit saya, apakah itu cukup dok untuk melembabkan kulit saya sehari-hari? 


Jawaban (Dr. Melyawati Hermawan SpKK)

(Pilihan moisturizer yang baik setidaknya yang mengandung 2 komponen, yaitu minyak dan air. Karena kulit membutuhkan kedua komponen pelembab tersebut, Jadi pelembab yang hanya mengandung minyak saja tidak disarankan, kulit juga butuh pelembab yang mengandung air)


Jika kita memiliki flek hitam, bagaimana pencegahannya? 


Pertanyaan ini dijawab oleh Kak Gea Saputri dari Wardah Banten bahwa

untuk flek hitam sebenarnya merupakan salah satu dari Hiperpigmentasi kulit. Bisa karena bekas jerawat yang terlalu sering dipencet, hormon, usia, genetik, merokok, konsumsi obat-obatan tertentu (contohnya Pil KB), dan salah satunya yang paling berpengaruh adalah sering terpapar sinar matahari. Untuk mencegah hal tersebut bisa dirutinkan penggunaan Sunscreen yang ada SPF dan PA. 


Karena sinar ultraviolet itu kalau udah siang atau menuju jam 9 keatas bisa memberikan dampak langsung ke kulit, yaitu muncul flek hitam. Kalau misalkan sudah terlanjur ada flek hitamnya tp masih tipis bisa menggunakan bahan aktif seperti Vit-C, Niacinamide, Licorice Extract, Retinol (Grand Retinoid Active), Abuthin, dll (bahan bahan yang aman). 


Jika flek hitamnya cukup tebal dan agak banyak, bisa melakukan tindakan laser di dokter. Karena  bahan² yang saya sebutkan diatas murni dan alami. Cuma prosesnya agak lama. 


Bagaimana dengan pemakaian eye cream yang benar? 


Jawaban (Kak Gea Saputri, Wardah Banten)

Untuk penggunaan eye cream supaya lebih maksimal bisa digunakan pagi dan malam, sebelum menggunakan krim pagi dan krim malam. Areanya bisa seluruh bagian mata, contohnya bawah mata, kelopak mata, dan di pinggiran mata. Hindari aplikasi yang terlalu menekan dan digeser. Diusahakan di tap-tap saja menggunakan jari manis.


Pengaplikasian Skincare dengan cara di tap tap atau diusap?


Saya mulai mencari tahu nih, kenapa sih penggunaan skincare disarankan dengan cara di tap tap, rupanya setelah saya pelajari ada beberapa produk yang penggunaannya dengan cara diusap pelan, ada juga yang lebih efektif dengan cara di tap tap. 


Produk skincare pembersih kulit wajah seperti sabun pembersih, toner, atau cleansing oil, aplikasikan dengan cara mengusap lembut, karena kita perlu mengangkat kotoran dan sisa makeup dari permukaan kulit. Perlu diperhatikan bahwa hindari menggosok terlalu keras, karena bisa jadi kita malah menarik kulit dan menyebabkan keriput/kendur. Ibarat sebuah baju, ketika tertarik maka bajunya akan lebih melar. 


Sedangkan produk skincare yang berfungsi menutrisi dan memberi kelembaban seperti pelembab, serum, krim mata, dan tabir surya, cara penggunaannya disarankan dengan cara di tap tap atau menepuk-nepuk lembut. Agar proses penyerapan produknya meresap ke kulit secara maksimal dan sempurna ke dalam jaringan lapisan kulit.


Area yang perlu perhatian khusus adalah bagian mata. Disarankan tidak menarik kulit lewat gerakan mengoles/mengusap yang terlampau kuat, juga saat membersihkan makeup mata. Sebab area mata biasanya tipis dan minim kelenjar minyak, sehingga kulit sekitar mata paling cepat menunjukkan kekeringan dan timbulnya kerutan. 


Documentasi Foto: @CrystallurebyWardah


Menarik ya, pembahasan kulit rasanya tiada habis untuk dibahas. Saya tertarik juga nih mengenai produk paket Crystallure Wardah yang mengandung peptida. 


Sebab peptida yang bisa meningkatkan elastisitas kulit. Peptida dikenal bisa memperbaharui jaringan/sel-sel kulit kita dan lebih merawat garis halus yang sudah terlihat di area wajah.


Nah istimewanya dari Crystallure ini juga memiliki kandungan Peptida. Akan tetapi, peptida yang dikandung oleh Crystallure dilapisi oleh Gold Crystals. Dimana Gold itu sudah dikenal untuk membantu mencerahkan kulit wajah dan meratakan warna kulit. Jika kita menggunakan secara rutin, kulit selain lembab juga tidak kusam. Hydra Gel dari Crystallure juga dapat menjaga kelembapan dan hidrasi sehingga membuat kulit lembut dan garis halus berkurang.


Mulai sekarang, jangan malas merawat wajah ya. Hapus garis kerutan dengan cara pencegahan yang tepat. ❤️

You May Also Like

19 komentar

  1. kalau wardah, saya lebih tertarik dengan hyrda rosenya mbak, karena kebetulan jenis kulit saya kering jadi lebih cocok dengan seri itu hehee

    BalasHapus
  2. Mba Desyyyy makasiii TIPS-nya
    Jujur, setiap buka blog ini aku membatin, "Ini glowing paripurna banget siiikk narablognya. Apakah doi artis atau selebgram?"
    Ternyata ini tho kunci awet mudanya.

    BalasHapus
  3. Aku semakin paham deh soal angka angka yang tertera dalam kemasan sunscreen jadi basic nya kita pake sesuai kebutuhan, kalau aku prefer yang 30 dan 50

    BalasHapus
  4. Parah sih, kebiasaan buruk aku adalah kalo lagi bersihin make up bagian mata suka dikucek-kucek gitu karena gemes kalo bekas eye liner atau maskara susah hilang.

    ternyata mata merupakan bagian yang paling peka dan harus berhalus-halus yaah, kapok deh aku hehehe

    BalasHapus
  5. Masukan yg berguna banget ini buat saya. Pake sunscreen meski di rumah aja ya.

    BalasHapus
  6. Pembahasannya lengkap, Mbak. Saya jadi mengerti perbedaan angka-angka SPF dan lain lain ... kalo saya masuh nyari sunscreen yang pas juga ini. Punya sunscreen tapi bruntusan kalau sudah dipakainya.

    BalasHapus
  7. Kerutan di wajah emang kaya tamu tak diundang ya main dateng aja. Tapi kalau dirawat secara terartur setidaknya bisa mengurangi dan menyamarkan jadi bisa terlihat muda terus. Banyak yang mengabaikan tabir surya padahal ini penting banget ya

    BalasHapus
  8. Penasaran banget ama varian Wardah yang baru ini, saya sering make Wardah, dan udah nyobain beberapa variannya.

    Yang ini cucok deh buat kulit wanita usia kayak saya, biar awet muda terosss (berasa tuwah, huhuhu)

    BalasHapus
  9. Jadi ngerti deh perbedaan Spf 15, 30 dan 50 juga taptap dan usap lembut nambah ilmu lagi saya tentang kecantikan :D

    BalasHapus
  10. Serius loh aku baru tau spf 15 30 50 dari tulisan mba huhu, kudet banget yak. Selama ini asal beli spf aja, makasih nih sharingnya nambah insight bagi newbie sprti aku di dunia kecantikan

    BalasHapus
  11. Karena usia semakin bertambah produk yang anti aging sekarang jadi prioritas. Hahaha. Makasih review dan ulasannya ya lengkap

    BalasHapus
  12. Lengakap banget ulasannya kak dhessy. So, bagi sy merawt kulit di umur 30an, lebih ke spesifik memakai skin care yg anti aging

    BalasHapus
  13. Penasaran banget sama produknya Wardah yang baru ini, aku juga pake beberapa produknya wardaaah, jadi pengen beli jga deh yang ini

    BalasHapus
  14. There are so many ways to ensure that we have a glowing and healthy skin. Discipline and good treatment are among them..

    BalasHapus
  15. Oh saya baru tau kalau rajin pakai Moisturizer bisa mencegah penuaan dini. Klo gitu makin rajin deh pakai setiap hari

    BalasHapus
  16. Sekarang saya jadi paham dengan angka SPF 15, 30 dan 50 ternyata menunjukkan lamanya ketahanan produk saat digunakan.
    Harus rajin melakukan perawatan ya, agar kulit awet muda

    BalasHapus
  17. Kalau saya pakai SPF di atas 30 itu kalau pergi mendaki gunung atau ke pantai dimana paparan sinar matahari langsung mengenai kulit. Terlebih saat mendaki sinar UV dua kali lebih kuat dibanding di dataran rendah.

    BalasHapus
  18. Uww, aku baru tau Crystallure by Wardah.
    Packangingnya asa mewah yaa...suka banget.

    BalasHapus
  19. Saya baru tahu kalau kandungan SPF juga berkaitan dengan daya tahan lotion itu melindungi kita. Kirain selama ini ukurannya itu menyesuaikan dengan seberapa panas gtu, jd makin kita aktivitas di luar kudu pakai yg tinggi hehe. Makasih infonya mbak :D

    BalasHapus