My Story

Virtual Diary

Creative Blog

TIKI, Rantai Penghubung Sekaleng Oksigen, Makna Berbagi dan Mencicipi Sotong Pangkong khas Pontianak

by - Juli 20, 2021

 

TIKI

TIKI, Rantai Penghubung Sekaleng Oksigen untuk Adik


Rangkaian kebiasaan baru tercipta, menyajikan ramuan herbal Qusthul Hindi lalu meletakkannya ke atas meja bulat kaca di teras depan yang sempit dan sederhana. Aromanya menusuk dan menyengat, anak pertama selalu mengejek bahwa baunya aneh yang tak biasa, seolah mirip rempah ribuan tahun dari Madagaskar. Ah, demi sehat, apa pun harus diredam dan dikendalikan.


Sebuah pesan pendek muncul di baki ponsel grup WhatsApp keluarga, rupanya dari adik ipar yang biasa saya panggil Koko, sebaris kalimat singkat membuat dada saya sesak kesekian kalinya.


"Mama, udah gak ada" 


Rapalan doa paling panjang agar Almarhumah diberikan tempat yang terbaik, bermunculan secepat kilat dari kerabat. Kabar duka kedua yang datang, tepat selang seminggu saat sepupunya dinyatakan tiada, sakit yang sama---covid. 


Pandemi membuat banyak hati patah, kau bisa melihat teror ketakutan akan sesak dan kematian, terpuruknya perekonomian, perjuangan hidup, bahkan duka mendalam. 


Di gelap pandemi menerpa, semua menjadi tahun-tahun paling berat, namun saya percaya, bahwa setiap kebaikan tak pernah kehabisan tempat.


Dari sekian kabar duka, setidaknya mampu menjadi refleksi bagi diri untuk melihat jejak di tahun-tahun terakhir. Mengulang skenario Tuhan dan imbas dari pilihan hidup kita sendiri. Mengulas kembali tentang bersyukur dan nikmat hidup. Sehat tanpa aksi rebutan susu beruang dan bernafas lega tanpa antri membeli oksigen yang harganya semakin meroket dan langka. Banyak hal menjadi pelajaran berarti yang tak bisa diganti dan ilmu yang tak bisa dibeli. 

Titipan kilat

TIKI - Make People Happy 


Kurir paket bagi saya adalah penyambung tangan kami, memberikan keperluan yang dibutuhkan untuk orang tersayang di lokasi terjauh sekalipun. Terutama keluarga yang terkena Covid dan mengharuskan isolasi mandiri di rumah. 

Berbagi paket kiriman obat-obatan (Dokpri) 


Kalian akan merasakan atmosfer yang berbeda ketika berbelanja tak hanya untuk mencapai kebahagiaan dalam mencintai diri sendiri, namun memberikan paket bingkisan, obat-obatan, makanan dan ramuan herbal kepada keluarga lainnya. Ini tentang rasa peduli, tentang keberlangsungan hidup seseorang. Dan Cinta. 


***


Nyeri tak sampai di sana, selesai pemakaman mama adik ipar, dua hari kemudian, adik saya yang sedang hamil 5 bulan dinyatakan positif covid. Keluhan kepala berat, badan lemas, penciuman hilang menjadi pertanda. Fix, harus isolasi mandiri di rumah bersama satu anak paling kecil yang juga dinyatakan positif Covid. 


Kekhawatiran kembali bertambah. 


Obat-obatan
Kiriman paket Qusthul Hindi, madu dll (Dokpri)

Satu-satu mulai kami rinci beberapa hal yang dibutuhkan: Oximeter, oksigen kaleng 500cc, madu, bermacam vitamin, Qusthul hindi dll. Kami melihat kembali beberapa produk yang diperlukan, memastikan semua lengkap untuk di-packing kemudian.


Disinilah keluarga berperan, saling bantu kala dibutuhkan, layaknya merajut jaring kehidupan. Semua yang kita lakukan selalu saling berkaitan, begitu juga kebaikan. Kesulitan hidup, terkadang menciptakan banyak dermawan. Cobaan adalah bagian lain dari sebuah pertanda---tanda Tuhan sayang. 


Oximeter rupanya sudah tersedia, di sana. Namun kabar lainnya bahwa oksigen kaleng, justru belum ada sedangkan oksigen sangat diperlukan. Chat di marketplace beberapa toko selalu dibalas dengan stok habis. Butuh beberapa waktu untuk menemukan toko yang menyatakan stok masih tersedia. Walau harus merogoh kocek lebih karena kenaikan harga. 


Setelah memastikan rating penjualan seller bagus. Langsung memasukkan produk yang dibeli ke dalam keranjang belanja, mengisi alamat dan memilih ekspedisi terpercaya. TIKI bekerjasama di Tokopedia dan Bukalapak, kebetulan seller mengaktifkan pilihan ekspedisi TIKI namun biasanya hanya ada pilihan reguler dengan tarif per 1 kg sebesar 8 ribu rupiah. Sebagai pemain lama di bidang ekspedisi, tentunya kredibilitas TIKI tidak diragukan. Saya butuh ekspedisi yang pasti-pasti saja, agar sampai tepat waktu tanpa drama paket salah sortir dan ke kirim ke kota lain. Banyak yang mengalami kendala seperti ini dengan ekspedisi lain, jujur sedikit membuat pusing. 

Aplikasi TIKI

Obat-obatan dan rempah herbal, rencana akan dipaketkan kemudian melalui TIKI ONS (Over Night Service) dengan begitu saya bisa kirim hari ini, insya Allah besok sampai. Jika terjadi kendala keterlambatan saat sudah memilih produk TIKI ONS, maka ada Money Back Guarantee yang bisa kalian komplain ke CS TIKI. Saat pandemi dipermudah dengan hadirnya layanan JEMPOL (Jemput Online) paket secara gratis yang bisa kalian request melalui aplikasi TIKI dan download di Play Store. Terlebih kondisi sekarang yang membuat saya berpikir dua kali untuk keluar rumah. Layanan JEMPOL sangat membantu dan memudahkan, bisa melakukan booking pickup pengiriman dari wilayah Jakarta ke luar Jakarta.


Kalian juga bisa memanfaatkan layanan TIKI PUTAR (Jemput dan Antar) dengan komitmen waktu pengantaran hingga 3 jam untuk pengiriman dari dan ke wilayah di Provinsi DKI Jakarta dengan harga flat yang super hemat. Biasanya kakak dan adik yang tinggal di apartemen bilangan Jakarta seringkali memanfaatkan layanan pilihan pengiriman secara instan untuk wilayah pengantaran dalam kota yang sering disebut dengan istilah city courier. Hanya memesan melalui aplikasi TIKI maka Kurir TIKI akan menjemput barang kiriman ke lokasi yang telah ditentukan, gratis tanpa dipungut biaya; dan langsung mengantarkannya ke lokasi tujuan kalian. 


***


Di saat keterangan saturasi adik saya makin turun, paket oksigen datang tepat waktu. 


"Alhamdulillah, oksigennya sudah sampai" pesan singkat yang sedikit melegakan. Bahagia rasanya jika paket sampai sesuai estimasi, mungkin ini terdengar sederhana, namun bagi adik saya yang sangat membutuhkan di kala sesak, tentunya menjadi wujud ucapan terima kasih saya kepada TIKI melalui tulisan ini. 


Estimasi waktu pengiriman TIKI yang sesuai adalah point plus dari saya. Wajarlah, TIKI hadir sejak 1970 bergelut di dunia ekspedisi sebelum banyak ekspedisi baru bermunculan, tentunya sudah memiliki jangkauan yang luas. 


TIKI SDS KITA


Mendekap Kuliner Nusantara Sotong Pangkong Khas Pontianak melalui Layanan SDS KITA dari TIKI


Menariknya lagi, saat tahu ada layanan SDS KITA (KulIner NusanTAra) saya langsung terbayang untuk pesan makanan oleh-oleh khas Kalimantan yang bisa kita cicipi pada hari yang sama. Rindu mencicipi kembali Sotong Pangkong khas Pontianak. Menu unik dari kota di garis khatulistiwa yang dulunya banyak dihuni oleh etnis Tionghoa. Bagi pecinta kuliner Nusantara rasanya layanan SDS KITA harus kalian manfaatkan. Sotong Pangkong sendiri merupakan menu makanan yang dibuat dari sotong kering yang diasinkan. Perlu kalian ketahui, Sotong adalah hewan laut yang hampir mirip dengan cumi-cumi, kebetulan suami adalah anak kepulauan yang sehari-harinya selalu mencintai makanan laut. Perbedaannya tulang belakang sotong lebih keras dan berbentuk pipih sedangkan tulang belakang cumi berbentuk lonjong dan tidak begitu keras. 


Kenikmatan Sotong Pangkong seolah menari-nari di pikiran saya. Biasanya saya hanya meminta kiriman Sotong Kering saja kemudian diolah di sini menjadi Sotong Pangkong karena proses pembuatannya cukup sederhana. Tidak melalui proses ditumis atau digoreng seperti menu seafood lainnya, namun dipanggang. Keunikan dari makanan ini adalah ketika Sotong Kering selesai dipanggang maka harus di pukul-pukul lebih dahulu hingga dagingnya menjadi pipih. Kata "Pangkong" sendiri berarti "Pukul" agar daging Sotong berserat dan mudah dimakan. Alangkah lebih nikmat jika disirami dengan kuah sambal kacang khas Pontianak dan kuah asam pedas perpaduan cuka dan cabai. Rasa gurih alami dari sotong dengan rasa pedas sambal yang menggelitik di lidah menjadi perpaduan unik sekaligus sedap. 


Makanan tradisional khas Pontianak ini akan menjadi candu dari kuliner tradisional yang kerap dirindukan karena memiliki cita rasa yang tak biasa dengan tekstur kenyal, liat dan gurih. Namun saya rasa, kuliner ini cocok buat kalian yang giginya yang masih utuh semua. Ahaha. Rada Alot. 


Selain minta dikirimin Sotong Kering biasanya saya request sambal Ebi Kapuas yang gurih dan berbumbu. Bentuknya mirip abon dengan aroma dan rasa yang mantap. Rasa sambel ebinya unik dan segar serta tahan berbulan-bulan. Enak buat taburan nasi hangat saat sarapan dan bubur. Sambal Ebi Kapuas ini, bahan bakunya dari Ebi Jermal yang diambil dari lepas pantai desa Padang Tikar, Kubu Raya, Kalimantan Barat. Entah kenapa rasanya selalu bikin ketagihan. Jermal sendiri merupakan alat tradisional menangkap ikan berbentuk pagar dari pancang kayu dan diberi pintu semacam bubu, dibelakangnya diberi jala untuk dapat diangkat setelah mendapatkan hasil laut seperti ikan, ebi dll. Udang ebi yang ditangkap langsung diasinkan dan menjadi bahan baku sambal ebi kapuas. Walaupun terkadang sudah banyak tersedia di supermarket, namun lebih puas rasanya jika dikirim langsung dari Pontianak bersamaan dengan Sotong Kering. Hehe. 


Dengan layanan SDS KITA bukan hal sulit lagi jika kalian ingin mencicipi kuliner Nusantara di Indonesia. Mumpung lagi ada promo nih, per tanggal 16 JUNI -15 AGUSTUS 2021 mengirim paket makanan mulai dari Rp. 25.000/KG tergantung kota pengirim dan tujuan. Pengiriman daerah Pontianak ke Jabodetabek sekitar Rp. 45.000/Kg berlaku untuk pengiriman dengan TIKI SDS melalui Sales Counter, Gerai TIKI, JEMPOL App di kota Jakarta, Bandung, Sukabumi, Cianjur, Lampung, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, dan Mataram. Mumpung promo manfaatkan untuk mencicip dan mendekap Kuliner Nusantara langsung dari rumah.

Belanja Online


Aman dan Nyaman Berbelanja Online


Trend belanja online masih menjadi pilihan. Belanja online dibutuhkan ketelitian dan jeli melihat seller yang tepat dengan melihat review serta testimoni dari pembeli terdahulu. Jangan sampai kalian hendak membeli barang kebutuhan penting dan tergiur barang murah, terjebak seller nakal yang bersemayam di E-commerce. 


Pengalaman Unik Tante Membeli Speaker, Dikirim Tasbih


Mungkin terdengar lucu bagi kita saat mendengarnya. Namun ini kenyataan yang didapatkan dari sekian kekecewaan tante saya yang mengeluh di grup keluarga. Padahal sudah pilih sistem COD. Apesnya saat barang datang, tante saya ada keperluan pergi keluar. Hanya berpesan pada anaknya, bahwa jika kurir datang berikan uang yang ada di lemari bawah kaca. Rupanya setelah diselidiki, seller tersebut selalu melakukan penipuan dan mengirim tasbih di setiap barang yang dipesan kepada konsumennya. Hal yang dipelajari dari cerita ini adalah, kurangnya ketelitian dan jeli memilih seller yang tepat.   


Kekecewaan atas perilaku penjual nakal masih saja terjadi, beberapa buyer ada yang enggan komplain ke e-commerce dengan alasan macam-macam: males ribet, tidak mengerti cara komplain, sudah komplain namun tidak memiliki cukup bukti, lupa video unboxing dan lain sebagainya yang pada akhirnya pengajuan banding pengembalian dana ke E-commerce dinyatakan kalah.  


Ada beberapa tips nih, sebagai pembeli untuk belanja aman dan nyaman berbelanja online:

  • Cari tahu reputasi penjual seperti apa, cari reset lebih dahulu mengenai keaktifan toko sudah berapa lama
  • Cek ulasan produk yang ingin buyer beli yang sudah lebih dahulu membeli, lihat review dan testimoni
  • Jangan tergiur harga lebih murah sehingga terjebak penjual nakal dengan mencantumkan harga yang tidak masuk akal dan mencurigakan
  • Cermati syarat dan ketentuan, baik itu masa garansi dll
  • Sebaiknya pilih platform marketplace agar aman dan tidak melakukan pembayaran di luar marketplace
  • Selalu prepare untuk video unboxing paket kalian untuk bukti kuat saat komplain jika barang tidak sesuai


TIKI, Berkontribusi dalam Pengembangan Pelaku UMKM dan Hadirkan Layanan SERLOK (Seller Online Booking) untuk Berikan Benefit Lebih Ke Seller


TIKI memiliki fasilitas layanan lainnya yang cukup komplit, jika dijabarkan semua mungkin kalian akan membaca tulisan saya hingga keesokan harinya, hehe. Layanan TIKI sangat lengkap, salah satu yang menarik hati adalah TIKI SERLOK (Seller Online Booking) 


Layanan TIKI SERLOK masuk dalam Top Innovation Choice Award 2021 atas inovasi layanan Seller Online Booking


Layanan ini memberikan profit lebih bagi seller untuk jadi member online seller TIKI Serlok, gratis tanpa biaya tambahan, sesuai dengan persyaratan saja. Banyak keuntungannya, salah satunya adalah diskon sebesar 18%, fleksibel pembayaran H+2 menggunakan virtual account, fasilitas pick up gratis, hingga bonus dan rewarding seller. Dengan kemudahan dan keuntungan lebih yang ditawarkan bagi para online seller dalam melakukan transaksi pengiriman menggunakan TIKI, hal ini sejalan dengan tujuan TIKI untuk mendukung UMKM agar mampu berdaya. 


Cara menjadi member online TIKI Serlok cukup mudah, UMKM harus merupakan online seller yang memiliki toko online di Instagram dan Facebook, dapat berbadan hukum maupun orang perseorangan dan membuat akun di Aplikasi TIKI, jika disetujuinya maka kalian sudah dapat menikmati Layanan TIKI Serlok. 

Tanaman hias dan cupang
Tanaman hias dan koleksi ikan cupang milik mama


TIKI Pioner dalam Pengiriman Tanaman dan Ikan Hias


Sebelum pandemi melanda, suami termasuk yang hobby memelihara ikan KOI, ia fasih jika disuruh menjelaskan varietas Koi. Ada rasa bahagia saat melihat dan memberi makan ikan langsung dari tangan dan ikan mulai mendekat. Jenis koi antara lain ada Kohaku, Taisho Sanke dan Tancho. Koi jenis tancho yang paling saya suka karena ada tanda bulat di kepalanya, sedangkan tubuh lainnya bersih seputih susu. Mirip ikan peri bulan di film kartun Avatar. Menurut pepatah, koi jenis ini pembawa hoki dan keberuntungan. Bicara perihal ikan, ada ikan Cupang yang menjadi primadona di saat pandemi. 


Pelihara ikan Cupang tidak asing bagi saya, karena ketika bertandang ke rumah om, sering berbincang mengenai kiat dan tips merawat Cupang. Kebetulan om saya termasuk pebisnis ikan cupang, berbagai jenis ikan cupang dibudidayakan di kompleks perikanan Jakarta Selatan, tempat tinggal beliau. 


Hobby mama juga sama, selain pelihara ikan Cupang yang biasa dibeli dari Om, beliau pecinta tanaman jenis Aglonema. Jauh sebelum tanaman hias jenis ini booming saat pandemi. Genus ini memiliki sekitar 30 spesies, diantaranya Aglonema lipstik, Red Peacock, Red Anjamani, Suksom, Emerald Bay, Rotundum Aceh, Sultan Brunei dll. Hampir semua jenis Aglaonema di rumah mama dapat ditemui.


Semenjak pandemi, orang lebih banyak beraktivitas di rumah untuk menghilangkan kebosanan, hobby baru bermunculan melakukan aktivitas mengusir bosan seperti bersepeda, memelihara ikan dan memelihara tanaman hias. 


Tanaman dan ikan hias termasuk kategori special cargo yang dalam proses pengirimannya membutuhkan penanganan khusus, sehingga diharapkan paket sampai tanpa adanya kendala dan aman ke tujuan. Belum lagi adanya kebijakan pengiriman jalur udara terkait surat karantina, surcharge (biaya tambahan) dll. Seller perlu mencari tahu informasi terkait hal ini dan edukasi mengenai bagaimana pengiriman, packing yang baik, sehingga diperlukan ekspedisi yang dapat dipercaya. Jangan sampai kiriman tertolak karena kena sensor X Ray bandara dan tidak mengerti cara mengurus surat karantina. Sehingga pada akhirnya tertahan dan akibat terburuk adalah tanaman bisa rusak dan ikan hias bisa mati, karena proses yang rumit dan makan waktu. 


Kalian pebisnis di bidang tanaman dan ikan hias atau ingin membeli tanaman dan ikan hiasnya dikirim secara aman? Tak perlu resah lagi, TIKI bahkan menyediakan layanan menyeluruh mulai dari layanan pengemasan khusus, layanan pengurusan surat karantina, serta pilihan pengiriman via udara, laut dan darat yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, sehingga insha Allah aman.  


Dari banyak cerita kawan dan kerabat yang memiliki bisnis dan bidang ini, TIKI paling unggul untuk pengiriman tanaman hias dan ikan. Karena kenyataan di lapangan banyak ekspedisi lain yang menolak terkait barang yang akan dikirimkan. TIKI bahkan open untuk membantu kesulitan packing tanaman hias. 


Aplikasi TIKI


Produk TIKI yang bisa kalian pilih

  • SDS (Same Day Service) Kiriman tiba di hari yang sama. Prediksi estimasi daerah sesama Jakarta paket bisa sampai sekitar 3 jam sedangkan Jabodetabek maksimal sekitar 8 jam. 
  • ONS (Over Night Service) Kirim hari ini, esok tiba
  • TDS (Two Days Service) Kiriman tiba dalam dua hari
  • REG (Regular Service) Estimasi tiba 3-4 hari
  • ECO (Economi Service) Kiriman hemat ongkir 7-14 hari
  • TRC (Trucking Service) Kiriman dengan berat min. 10 Kg
  • INT (International Service)


Dari sekian tahun menggunakan ekspedisi, saya sangat mendapatkan pengalaman berkesan dengan TIKI, dari sekaleng oksigen untuk adik, harapan mencicipi kuliner Nusantara, membeli tanaman hias, semua bisa dengan perantara TIKI. Walau hanya di rumah saja, kalian tetap bisa merasakan sensasi bahagia berbelanja, mendekap kuliner nusantara, mendapat profit tambahan sebagai seller dan memberikan kemudahan dengan kirim paket ke seluruh pelosok daerah dengan jangkauan yang luas, pilih TIKI AJA. Jangan lupa untuk selalu saling berbagi, kirim paket ke sanak keluarga, karena kita menghabiskan seluruh hidup untuk menumbuhkan CINTA. Tulisan ini adalah cara saya mengirimkan dan memaknai sebuah pesan, tentang ucapan Terima Kasih untuk para superhero yang melayani dan mengantarkan sepenuh hati kiriman paket kami. ❤️🤍


#PakeTikiAja
#MakePeopleHappy
#BeraniBerubah
#TIKIID


You May Also Like

9 komentar

  1. Di masa pandemi seperti ini peran jasa kurir seperti Tiki ini besar ya Mbak. Ketika saya sakit pun adik2 memberikan perhatian dengan mengirimkan suplemen.

    BalasHapus
  2. TIKI ini brand yang ada sejak aku kecil sampai punya anak yang sudah besar2 ..keren masih bertahan sampai sekarang. Jadi semakin percaya TIKI karena sudah sangat berpengalaman yah..hehe.

    BalasHapus
  3. Hadirnya beragam fitur TIKI memberikan banyak kemudahan khususnya bagi seller yah. Semoga kedepannya TIKI makin the best dalam memberikan pelayanan

    BalasHapus
  4. Wah Tiki makin keren ya, banyak banget inovasinya, apalagi di masa pandemi gini, yang namanya ekspedisi banyak dibutuhkan orang-orang, dan Tiki hadir memberikan inovasi untuk pelayanan yang lebih memuaskan, keren deh :)

    BalasHapus
  5. Semogaaaaa adek dan keluarga segera pulih ya Mbaaa

    Aduh, aku jadi pengin pesen oleh2 nusantara
    pakai TIKI aja pengirimannya, mumpung lagi ada promo ye kan

    BalasHapus
  6. Belanja online memang harus hati-hati banget ya saat ini. Aku juga sebelum belanja online harus melihat review tokonya dulu dan chatting dulu dengan penjual karena kadang-kadang ada penjual yang tidak fast respon. Asik memang ketika belanja online memilih TIKI sebagai jasa pengiriman barang.

    BalasHapus
  7. Peran jasa kurir sekarang sangat penting, ketika kondisi tak memungkinkan untuk saling mengunjungi dan memberikan sesuatu kepada sanak sodara, kurir lah yang menjadi perpanjangan tangan. Termasuk jualan dan belanja online juga

    BalasHapus
  8. alhamdulillah ya mbak, di tengah keadaan pandemi yang gak menentu ini, masih bisa kirim oksigen sesuai dengan estimasi dan diterima dalam keadaan baik. saya juga dari dulu mengiirim barang menggunakan tiki mbak, cuma belum jadi member aja. ternyata sekarang ada aplikasinya yaa,

    BalasHapus
  9. ekspedisi memang selalu jadi andalan di masa pandemi gini ya...
    ALhamdulillah TIKI Bisa diandalkan!

    BalasHapus