My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Review Produk Organic Lombok, Skincare Alami Anti Jerawat

by - Februari 01, 2021

 


Organic Lombok


Setiap wanita itu cantik, tergantung kita melihat dari sisi seperti apa. Apakah wajahnya, senyumnya, cara bicaranya, bahkan pikirannya. Setiap orang punya segudang kata untuk menerjemahkan cantik versinya sendiri. 


Cantik itu beragam. Diri yang dicintai akan menampakkan cantiknya sendiri.  Bicara soal cantik wajah dan kulit, tentu tak lepas dari skincare dan diperlukannya proses perawatan rutin harian. Terlebih jika kulit memiliki keluhan berjerawat, harus melakukan perawatan ekstra. 


Kalian sudah tahu belum, ternyata Lombok punya skincare, loh! Skincare alami anti jerawat yang mengandung Spirulina. 


Penasaran gak sih seperti apa? 


Awalnya saya tidak menyangka lombok ternyata punya produk skincare sendiri, apalagi saat tahu ada SPIRUVITA (Produk Jamu Tradisional yang bisa dikonsumsi berbentuk kapsul, namun bisa juga digunakan untuk masker) ini menarik pikir saya dalam hati, kemudian kepincut dengan produk SPIRUSEA (Rangkaian produk skincare yang lengkap merawat tubuh kalian). Me time favorit saya adalah merawat diri dengan bermacam rangkaian skincare di rumah dari ujung kaki sampai ujung kepala. Setelah tahu bahwa Lombok punya skincare sendiri dengan kandungan produk yang serba natural, bahkan menyabet beberapa penghargaan, antara lain; 

  • Top 10 Start-Up Backup se-Indonesia yang diadakan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) tahun 2020 
  • Juara 1 Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2020 Kategori Kecantikan dan Kebugaran yang diadakan oleh Kemenparekraf (untuk produk Spirusea). 

Setelah mencari beberapa info, jiwa kepo saya langsung meronta-ronta, sebab saya suka produk yang serba natural. Bahkan ketika treatment di rumah, kerapkali membuat sendiri masker serba alami dari buah, susu, gandum, beras, madu.  

Melirik pertumbuhan sektor ekonomi kreatif (Ekraf) nasional dari tahun ke tahun, kini makin meningkat. Terutama lonjakan di tahun 2019 grafiknya agak pesat, walau mengalami penurunan sedikit di tahun 2020 terkendala pandemi. Hal ini saya rasa lumrah apabila terjadi penurunan, karena beberapa sektor lainnya juga mengalami hal yang serupa. Namun tetap saja Ekraf menjadi salah satu yang dinilai potensial dalam menggerakkan roda perekonomian Indonesia. Saya pun meyakini bahwa kreativitas akan mendorong inovasi sehingga menciptakan nilai tambah lebih tinggi. Belum lagi ditambah dengan kegiatan lainnya yang ramah lingkungan dan menjadi pemicu pemasukan masyarakat di sekitarnya seperti produk skincare Organic Lombok.  


Skincare dari Organik Lombok terbuat dari bahan-bahan natural seperti biji kopi, kakao, almond, spirulina dll. Memilih skincare tidak bisa main-main, jangan tergiur untuk mencoba produk baru berbekal minimnya pengetahuan tanpa kita cek lebih dahulu kandungannya. Karena bahan-bahan berbahaya yang ada di dalam skincare kalian, bisa menyebabkan kanker kulit, steroid (semacam guratan mirip stretch mark karena endapan zat kimia berbahaya di kulit) serta membuat kulit kering.  


Efek sampingnya biasanya ada yang langsung terlihat, ada pula yang butuh proses bertahun-tahun. Untuk memastikan skincare kalian aman, tidak bisa hanya dilihat dari nomor BPOM yang tertera di produk tersebut, namun kalian harus cek nomor BPOM dengan membuka website Cek BPOM untuk mengecek kevalidan dari kode skincare yang akan kita gunakan, pilih skincare yang jelas ada expired date dan tertera lengkap ingredient-nya. 


Gak mau kan, berupaya tampil cantik malah jadi terpapar bahan berbahaya? 


Organic Lombok Mendukung Pemberdayaan Ekonomi Para Petani Lokal. 


Produk Spirusea dan Spiruvita by Organic Lombok insha Allah aman untuk digunakan dan dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui, karena semua bahan yang digunakan natural. Bahan bakunya berasal dari hasil kekayaan alam di daerah Lombok dengan berkomitmen memberikan social impact bagi masyarakat di sana. Saya lebih tertarik lagi ketika melihat tambak spirulina yang dibudidayakan di daerah Lombok melalui video fanpage facebook Organic Lombok, bagaimana proses panjang spirulina yang disaring lebih dahulu hingga menjadi produk jadi Spiruvita dan Spirusea hingga sampai ke tangan saya. Organic Lombok juga bekerjasama dan berkontribusi dengan para petani Lombok untuk membeli hasil olahan tani mereka. Menurut saya ini adalah bentuk gagasan dan ide cemerlang, inovatif, kreatif serta inspiratif yang mampu menaikkan ekonomi daerah di sana dan menyejahterakan para petani.  


Beberapa produk memanfaatkan hasil petani kopi dan kakao, dengan rangkaian produk Spirusea by Organic Lombok yang membuat senyum petani kopi lokal daerah Lombok Utara memberikan guratan manis di bibir mereka. Bahan baku lainnya seperti coklat, juga berasal dari petani coklat di Lombok Utara. Seperti yang sudah saya kemukakan di atas, bahwa bahan baku pembuatan produk Organic Lombok yang digunakan adalah hasil dari petani-petani lokal di Lombok. Apalagi ketika saya tahu bahwa ada 20 kelompok tani di daerah lombok utara dan lombok timur, yang masing-masing terdiri dari 5-10 petani. Simbiosis mutualisme untuk sama-sama saling menyejahterakan dan mengangkat nama Lombok ke berbagai daerah karena produk yang dihasilkan juga sangat berkualitas, berupa produk Superfood, body care bahkan face care. Brand pada Organic Lombok ini terbagi menjadi dua tipe produk, yakni: Spiruvita yaitu (Obat Herbal Tradisional) yang sangat baik untuk dikonsumsi dan juga Spirusea (Skincare Cosmetics) yang memberi nutrisi dan kesehatan pada kulit.


Beberapa produk dari Organic Lombok yang sudah saya gunakan antara lain: 

  • Shower Gel
  • Body Scrub Kopi
  • Body Butter Almond 
  • Natural Bar Soap Spirulina
  • Peel off Mask
  • Spiruvita 

Sebagai Pioneer brand skincare lokal yang ada di NTB, Organic Lombok sukses membuat saya makin penasaran dan mencari tahu lebih lanjut mengenai produk-produknya. 


Yuk kita masuk pembahasan lebih jauh mengenai Review Produk Spiruvita dan Spirusea dari Organic Lombok satu-satu ya. 

Spiruvita


Spiruvita 

Dengan rutin mengkonsumsi Spiruvita kalian tidak hanya cantik dari luar, namun akan cantik alami dari dalam dan bikin jerawat hilang, karena kandungan Spiruvita akan menjaga kesehatan tubuh dan kulit kalian. Selain itu bisa digunakan untuk masker tinggal dibuka kapsulnya dan bubuknya bisa kalian gunakan untuk masker wajah dicampur air dan bahan alami di rumah yang bisa digunakan untuk campuran masker. Produk ini paling Best Seller dari Organic Lombok dengan formula yang alami yaitu 100% Spirulina dan bahan baku yang berasal dari tumbuhan di Pulau Lombok. Namun untuk produk Spiruvita sendiri dikemas dan diproduksi di Sukoharjo, karena industri jamu yang baik untuk saat ini berada di sana. Bagi kalian yang awam mengenai Spirulina itu apa, Spirulina merupakan jenis ganggang biru-hijau yang dapat dikonsumsi manusia. Kandungan nutrisinya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Zat yang terkandung dalam spirulina diantaranya mengandung vitamin A, asam amino, vitamin B12, B1, B3, B6, vitamin E dan selenium yang dapat menyatukan warna kulit dan melindungi sel-sel dan jaringan kulit dari kerusakan. Bahkan jika kalian rutin mengkonsumsi Spiruvita, bisa membantu menurunkan berat badan, mengurangi kolesterol, meningkatkan metabolisme tubuh, memiliki antioksidan yang tinggi, mampu menghilangkan jerawat, menghilangkan kandungan racun dari bahan kosmetik berbahaya, dan mengurangi bintik-bintik hitam pada wajah serta masih banyak manfaat lainnya. 


Shower Gel


Shower Gel - Seaweed  | Aloevera | Spirulina

Shower gel ini packaging pump agak besar dengan kemasan berwarna hijau daun bergambar khas Organic Lombok yang lucu. Ketika kalian mandi menggunakan shower gel ini, tidak ada busanya. Bagi sebagian orang mungkin aneh ya, jika mandi pake sabun, tapi gak ada busanya. Padahal jika kalian cari ilmu dan gali lagi, sabun yang paling bagus justru yang semakin sedikit busanya karena kandungan kimianya berarti lebih sedikit. Berasa banget deh saat kalian cobain sabun ini, jadi lebih lembab dan berasa mandi dibalut collagen, tapi setelah dibilas gak licin. Shower Gel ini bahkan bisa digunakan juga untuk facial wash dan bisa digunakan juga untuk shampoo. Sebelum ini, saya bahkan beli produk facial wash tanpa busa dengan harga ratusan ribu, karena saya paham sekali produk bagus apalagi untuk wajah lebih baik yang sedikit atau tanpa busa. Lebih hemat karena satu produk bisa digunakan untuk banyak fungsi. Aduh duh.. mana wanginya khas banget, wangi lemon semerbak yang bakalan nempel ke tubuh kalian sepanjang hari, bahkan bikin wangi sekamar mandi. 



Body Scrub Kopi

Body scrub kopi bertuliskan "Hello, i am from Lombok" ini diformulasikan dengan spirulina berfungsi melembabkan kulit, mampu mencerahkan dan mengangkat sel kulit mati. Jika kalian baru pertama coba, wanginya berasa pengen diminum ahaha. Wangi kopi susu. Cobain deh Scrub Kopi by Organic Lombok satu ini. Kalian akan merasakan sensasi kulit terasa lebih bersih dan lembab. Wanginya kopiii banget, bikin nenangin pikiran apalagi buat saya yang pecinta kopi, suka banget sama produk ini karena bahan bakunya 100% natural dan tidak menggunakan bahan berbahaya. Scrubnya ini berasal dari butiran bubuk kopinya yang sekaligus berfungsi mengangkat sel kulit mati. Digosoknya gak bikin sakit, karena ada beberapa body scrub merk lain yang aku coba dengan butiran scrub lebih besar dan cenderung lebih kasar, jadi sedikit sakit kalau proses gosok ke badannya. Saya punya Stretch Mark sedikit di daerah perut setelah melahirkan anak kedua, gak berharap hilang tuntas sih, tapi paling nggak dengan menggunakan rutin body scrub kopi, akan menyamarkan stretch mark. Bisa juga digunakan untuk menscrub ketiak dan wajah kalian. Untuk menscrub wajah bisa kalian gunakan seperti saat menggunakan masker, biarkan sekitar 15 menit hingga kering lalu lanjut scrubbing. Nikmat banget kan ya, maskeran tapi berasa sambil minum kopi susu. Hehe.  



Body Butter Almond

Saya termasuk yang gak sabar ingin coba produk satu ini, karena body butter ini bisa juga digunakan ke wajah juga supaya lembab. Produk ini mengandung almond dan shea butter berguna untuk menghidrasi dan menghaluskan kulit. Packagingnya bulat mirip dengan kemasan body scrub. Teksturnya creamy tidak lengket dan mudah untuk di apply ke kulit. Enyahkan kulit kering, sebab body butter Almond ini membuat kulit lembab seketika. Kalian pasti suka dengan aromanya, wangi lemon segar namun setelah dioles wangi almond dan campuran lemonnya juga jadi berasa nyatu. Membantu untuk mengurangi atau memudarkan stretch mark juga. 




Peel off Mask

Produk ini favorit anakku banget sebagai pecinta masker. Dia rajin kalau pake masker, bagian dari relaksasi ngilangin mumet tugas kuliah kalau lagi maskeran, ujarnya. Ahaha. Formulanya menggunakan bahan Spirulina dan rumput laut yang secara alami mengandung vitamin dan mineral. Berfungsi untuk mendetoksifikasi wajah, mencegah penuaan dini, membuat kulit cerah, mengatasi jerawat, menghilangkan noda hitam, menjaga kelembaban kulit. Wah, banyak ya manfaatnya! Kemasannya tube dengan tutup flip gampang dibuka, warnanya kehijauan karena mengandung rumput laut. Saat awal pemakaian akan ada rasa sensasi dingin. Kulit berasa seperti ketarik. 


Cara mengaplikasikannya tinggal dibalur ke wajah, saya sarankan jangan terlalu tipis ya, agar maksimal mengangkat komedo dan sel-sel kulit mati. Setelah rata didiamkan sebentar sekitar 15 menit lalu dilepaskan, saat pengelupasan mudah sekali dan tidak akan membuat kulit kalian sakit. 



Natural Bar Soap Spirulina

Natural bar soap Spirulina dari Organic Lombok, ada dua varian yaitu Charcoal+Seaweed Bar Soap for Moisturizing & Brightening Skin, serta Spirulina+Kefir+Tea Tree Bar Soap for Acne & All Skin Types. Nah yang aku gunakan sekarang ini Nourishing Soap Spirulina | Kefir | Tea Tree


Produk ini cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi serta mudah berjerawat. Sehingga mampu mengurangi minyak berlebih pada wajah dan mencerahkan. Aku sering juga maskeran dengan kefir dan memang bagus di kulit. Nah produk ini selain mengandung spirulina, tea tree juga mengandung kefir. Semua produk sabun dari Organic Lombok tidak banyak mengeluarkan busa karena bahan-bahan pada produknya semua natural. Karena saya orangnya hemat, jadi sabunnya dipotong-potong menjadi lebih kecil seperti potongan pizza supaya mudah dibawa saat liburan untuk cuci muka agar hemat tempat dan lebih simple. 



Eco Green Commitment

Selain memperhatikan kandungan alaminya, Organic Lombok juga berkomitmen untuk berdamai dengan bumi, mencintai alam dengan kemasan yang ramah lingkungan dan gampang terurai. Aku sering melihat plastik yang modelnya hasil dari daur ulang limbah plastik juga dan gampang terurai jadi lebih tipis. Namun plastik yang digunakan Organic Lombok ini, bahannya beda. Tidak seperti plastiknya yang biasa kita gunakan, namun menggunakan plastik cassava yang akan hancur jika terkena air. Kemasannya selain menggunakan plastik cassava, alternatif pembelian sedang dan besar menggunakan besek bambu dan kardus. Selain itu Organic Lombok bekerja sama dengan Bank Sampah NTB Mandiri, program bring back kemasan. Dimana setiap kemasan kosong produk yang dikembalikan ke kantor/pabrik ada program pendukung lainnya dari Organic Lombok, jadi kalian bisa menukar kemasan produk kosong yang kalian beli dengan point yang nanti bisa diakumulasikan. Kemasan tersebut selanjutnya akan diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat oleh Bank Sampah NTB Mandiri.


Saya langsung kepincut dengan produk dari Organic Lombok yang sangat memperhatikan kandungan produk yang aman hingga sampai ke tangan konsumennya, bagian dari cinta bumi dan cinta petani, serta menggunakan bahan yang natural demi cantik yang alami dan aman. 


Aaah.. langsung jatuh cinta. 


Dengan membeli produk Organic Lombok, maka kalian juga akan menyumbangkan senyum dan kesejahteraan bagi para petani lokal di daerah Lombok. Yuk ceki-ceki produknya di Instagram @OrganicLombok atau langsung melipir ke shopee, tokopedia, bukalapak @OrganicLombokOfficial dan bisa berkunjung di website OrganicLombok.com 

Pancarkan cantik naturalmu, dengan produk skincare alami dari Organic Lombok membuat kulit lebih bersih dan cerah, jerawat pun bye bye. ❤️







You May Also Like

18 komentar

  1. Bagus-bagus produknya, pakejing dan kemasan kece. Gak sangka Lombok punya Jenama seapik Organic Lombok. Bangga.

    BalasHapus
  2. Aku suka kalau ada produk organik seperti ini, mba. Bagus juga kan aman. Dan satu sisi khas nusantara banget ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk seperti ini bisa jadi pilihan jika ini back to nature ya mba. Mau coba juga ah meluncur beli

      Hapus
  3. Packagingnya cakep banget ya mba. Yang natural gini emang lebih aman ya, walaupun untuk sabunnya ga ada busanya. Justru malah beneran organik nih kalau gini, aman untuk kulit karena tidak mengandung zat yang menghasilkan banyak busa itu.

    BalasHapus
  4. Pas kulit wajah lagi agak jerawatan, saya pakai Organic Lombok. Alhamdulillah mulai ada perubahan. Udah agak berkurang jerawat-jerawat kecil di wajah

    BalasHapus
  5. Baca ini jadi inget kalau peel of mask dah habis hehe. Btw skincare organik sekarang banyak digandrungi ya kak saole terbuat dari bahan alami dan pernah aku baca kalau skincare organik juga aman buat bumil.

    BalasHapus
  6. wah, baru tau aku produk organic lombok ini. aku malah gagal fokus sama packaging nya yg ngegemesin itu. hehe.. btw, bisa untuk cowok gak ya? suamiku jerawatnya gak ilang2 soale..

    BalasHapus
  7. jadi ini produk organiknya Lombok yaa mba... aku suka banget liat packagingnya. Cakep yaa. dan kayaknya worth a try nih

    BalasHapus
  8. produk yg menarik dan aku sangat tertarik dengan produk ini krn merupakan produk lokal dan mengandung bahan-bahan alami

    BalasHapus
  9. Ini merupakan pilihan bijak untuk melakukan perawatan dengan produk lokal yang menggunakan bahan organik

    BalasHapus
  10. Penasaran sama spiruvita, sudah lama pingin konsumsi suplemen kulit juga, biar perawatannya lengkap luar dalam.

    BalasHapus
  11. Bahan2nya lokal, memberdayakan petani dan perajin lokal juga ya mbak.
    Keren udah diakui dengan prestasi bahwa kualitasnya gak kalah dr skincare pabrikan maupun dari LN yaa
    Aku penasaran sama Peel of masknya, kyknya kok enak banget maskeran pakai itu :D

    BalasHapus
  12. Menarik produknya ya mba asli Lombok jadi pengen cobain juga apalagi produknya khas begini nih penasaran sama shower gelnya mba, aku paling suka yang wangi haha

    BalasHapus
  13. shower gel-nya nih menarik. Produk organik dari segi harga relatif lebih tinggi tapi enggak bohong soal komposisinya yang beneran melembabkan. Nilai plus lagi karena ini produk lokal!

    BalasHapus
  14. aku suka banget deh sama kemasannya kak, unik banget. yang terpenting kandungan dan sudah terdaftar ya kak.

    BalasHapus
  15. Bener-bener menghidupi banyak lini yaa..
    Asli dari petani Lombok dan semua bahannya alami.
    Selalu yakin kalau bahannya alami, meski lama dan berproses, in syaa Allah hasilnya bagus untuk kesehatan.

    BalasHapus
  16. Yang alami pasti lebih aman meskipun mungkin hasilnya terlihat lebih lama ya, mba. Baru kali ini ketemu sama skincare wajah dan tubuh yang alami banget sampai ke tampilannya juga, bangga juga sih Lombok punya organic produk seperti ini, mba.

    BalasHapus