My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Memperingati Maulid Nabi Sinar Mas Land Mengadakan Lomba Membaca Al-Quran

by - Oktober 24, 2021

 

Sinar Mas Land

Kebiasaan-kebiasaan baik membacakan kisah nabi dan mengajak untuk belajar membaca Al-Qur'an tentunya akan memupuk jiwa anak-anak untuk mencintai sumber utama agama Islam sebagai bekal hidupnya. Ketika mulai beranjak besar, distraksi rintangan untuk konsisten belajar Al-Qur'an akan ada, bahkan bisa saja digantikan hal yang lebih menarik seperti gawai, game, dan tayangan televisi maupun sosial media. Namun rintangan tersebut tak sepayah jika hati anak-anak sejak dini sudah tertanam untuk cinta Al-Qur'an. 


"Kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku pada hari kelahiranku, hari wafatku, dan hari aku dibangkitkan hidup (kembali)," firman Allah SWT dalam surat Maryam ayat 33


Peringati Maulid Nabi Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) Adakan Lomba Membaca Al-Qur'an Virtual

Rosulullah adalah suri tauladan yang baik, oleh karena sebagai umat muslim memperingati Maulid Nabi selalu diadakan setiap tahunnya. Kisah Maulid Nabi ini dapat dijadikan momentum untuk meneladani sifat tauladan Rosulullah. Kali ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) sebagai wadah berbagi kebaikan oleh Sinar Mas Land berkolaborasi dengan Yayasan Mama Papa menyelenggarakan kegiatan lomba membaca Al-Qur’an secara daring. Kegiatan lomba tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara dalam Program Berantas Buta Al-Qur’an Virtual 2021 yang sudah dilaksanakan sejak Mei-September. Sekitar 402 anak usia 7-12 tahun dari perwakilan 72 masjid/mushala di sekitar kawasan Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi yang kebetulan tidak begitu jauh dari rumah, namun kali ini dilakukan secara daring melalui zoom karena masih pandemi. Program kebaikan dan kegiatan sosial keagamaan seperti ini rasanya patut diapresiasi. 


Cara Sederhana Mengajari Anak Membaca Al-Qur'an

Setiap huruf dalam Al-Qur'an mendatangkan kebaikan. Lantunan ayat Al-Qur'an menjadi peneduh, penenang dan penolong di hari akhir. Rasulullah SAW bersabda, bahwa ibadah yang paling istimewa adalah membaca Al Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Cara paling sederhana agar anak mencintai Al-Qur'an adalah menjadi contoh yang baik. Anak adalah peniru ulung yang kelak melakukan apa yang ia lihat. Tanamkan bahwa belajar Al-Qur'an merupakan hal yang menyenangkan. Ada banyak mainan edukasi yang membuat anak-anak bisa belajar Al-Qur'an dengan riang sambil bermain. Lakukan secara terus menerus dari hal-hal yang mudah tanpa pemaksaan. Sesekali beri mereka reward berupa hadiah kecil agar memicu untuk terus membaca Al-Qur'an dengan baik. 

Adab Membaca Al-Qur'an


Mengajari anak-anak mengenai adab membaca Al-Qur'an juga tak kalah penting. Agar kelak mereka mengerti bahwa keutamaan dan kebaikan tak hanya sekedar membaca namun sebelum memulai membacanya. Mulailah dengan membersihkan mulut dan berkumur. Rasulullah pernah bersabda bahwa "sesungguhnya mulut-mulut kamu merupakan jalan membaca Al-Qur'an maka bersihkanlah dengan siwak (sikat gigi)"

Selain membersihkan mulut adab lain yang dilakukan adalah mensucikan diri dengan berwudhu, gunakan pakaian yang bersih dan sopan, menghadap kiblat di tempat yang juga bersih dari najis. Sesungguhnya Allah menyukai kebersihan dan keindahan. Membaca Al-Qur'an adalah bagian dari bentuk ibadah kita kepada Allah, maka senantiasa diiringi dengan niat dan membaca basmallah, kemudian diakhiri dengan berdoa. 

Keunggulan Belajar Cepat Al-Qur'an dengan Metode Mama Papa

Penanaman nilai Al-Quran sejak dini sangat diperlukan, ada banyak metode yang bisa diterapkan untuk anak-anak agar cepat belajar membaca Al-Qur'an seperti metode Mama Papa. Melalui program BBQ (Berantas Buta Al-Qur'an) yang merupakan pembekalan materi atau Training of Trainer (TOT) mengenai cara membaca Al-Quran secara cepat dalam waktu 3 jam saja dengan mempelajari metode Mama Papa yang digunakan oleh Yayasan Mama Papa pimpinan Ustadz Muhammad Taslim. 


Lomba baca Alquran
Dalam rangka memperingati Maulid Nabi, Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) berkolaborasi dengan Yayasan Mama Papa menyelenggarakan kegiatan lomba membaca Al-Qur’an secara daring

"Metode Mama Papa merupakan cara cepat membaca Al-Qur’an menggunakan pendekatan cerita. Cara bacanya pun hampir mirip dengan membaca Arab Melayu. Menariknya, huruf-huruf hijaiyah yang berjumlah 29 dikenalkan dengan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti bagi mereka yang belajar membaca Al-Qur’an.” ujar Ustadz Muhammad Taslim, Penulis Buku Metode Mama Papa


Menurut saya metode Mama Papa jadi lebih mudah dipahami, dengan memberikan training pengajaran yang tepat kepada para ustadz dan guru mengaji perwakilan masjid, kemudian hasil gali ilmu tadi disalurkan kembali secara estafet dengan memberikan pengajaran membaca Al-Qur'an melalui metode Mama Papa di setiap jamaah masjid dan anak didiknya. Pelatihan (training of trainers) cara cepat membaca Al-Qur'an menggunakan metode Mama Papa, merupakan rangkaian kegiatan Program BBQ Virtual 2021 yang menggandeng 144 ustaz dan guru mengaji selama 3 bulan secara intensif. Selama pelatihan, mereka dibekali buku panduan dan alat peraga berupa salinan digital agar lebih mudah memahami metode tersebut.

Program berantas buta Al-Quran
Ratusan peserta yang terdiri dari anak usia 7-15 tahun sangat antusias mengikuti kegiatan lomba membaca Al-Qur’an


Tingginya antusias para guru mengaji serta anak-anak usia Sekolah Dasar yang mengikuti program ini di tahun-tahun sebelumnya, maka event ini diadakan kembali pada tahun ini. Mekanisme perlombaan ini dibagi ke dalam tiga kategori dengan total hadiah sebesar 42 juta, di antaranya: 

  • Kategori A untuk anak usia 7-9 tahun,
  • Kategori B untuk anak usia 10-12 tahun, 
  • Kategori C untuk anak usia 13-15 tahun 

BBQ
Simbolis penyerahan hadiah lomba membaca Al-Qur’an

Melalui metode pengajaran yang tepat akan membuat anak gemar membaca Al-Quran, terlebih jika ada reward menarik dalam hal membaca Al-Qur'an dengan lancar seperti mengikuti beberapa perlombaan bergengsi, salah satunya yang diadakan oleh Sinar Mas Land. Para peserta lomba merupakan anak -anak yang telah diajarkan baca Al Qur’an dengan metode Mama Papa.


Semoga program Berantas Buta Al-Qur'an yang diadakan Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) berkolaborasi dengan Yayasan Mama Papa dapat terus berkelanjutan. Insha Allah, Allah Ta'ala berkenan mencurahkan taufik-Nya agar kita bisa mengajarkannya Al-Qur'an kepada anak-anak dan juga oranglain, serta mampu mengamalkannya secara konsisten, sebab belajar Al-Qur'an harus terus dipupuk dan dibiasakan agar terbiasa menjadi sebuah kegiatan harian. 



You May Also Like

19 komentar

  1. Masyallah meski pandemi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tetap berjalan dengan baik melalui lomba baca al auran yang akan menggiring generasi anak bangsa cinta Al Quran ya mba, terharu aku

    BalasHapus
  2. Sudah lama nggak mendengar atau melihat lomba islami seperti ini. Bagus juga Sinar Mas Land memanfaatkan momentum Peringatan Maulud Nabi dengan lomba Baca Al Quran. Perlu ditambahkan juga seperti lomba adzan, lomba gerakan sholat, dan lain-lain hehe

    BalasHapus
  3. Masha Allah, dengar anak bisa mengaji dengan benar saja udah bahagia luar biasa ya, apalagi bisa memenangkan lomba seperti ini.
    Senang banget deh, melihat anak-anak jadi antusias mengikuti lomba baca Alquran :)

    BalasHapus
  4. Berkah berlimpaaahhh untuk SinarMas Land
    Keren banget, kok ya tebersit ide korporasi utk bikin acara ini.
    Mantuull abis!

    BalasHapus
  5. MasyaAllah... ada metode baru lagi ya, untuk memudahkan anak2 dalam membaca AlQuran juga tentunya supaya anak2 lebih cinta lagi pada AlQuran. Alhamdulillah

    BalasHapus
  6. Bagus nih programnya. Merinding aku kalau bahas tentang baca Al Quran

    BalasHapus
  7. Pandemi bukan halangan untuk para penghafal Al Qur'an meraih target nya
    Semoga sehat selalu. Aamiin... ..

    BalasHapus
  8. Walaah keren pisan ini Sinar MAs Land, mengadakan event Maulid Nabi.
    Dan aku kepo banget sama Metode Mama Papa ini, jadi lebih mudah dipahami yaa oleh anak2.
    Semoga makin banyak yang tertarik dan bersemangat dalam mebaca Al Quran yaa.

    BalasHapus
  9. masyaAllah keren banget! pandemi tidak menghambat kita untuk berkarya dan beribadah tentunya. semoga dengan adanya lomba baca al quran seperti ini, bisa menambah semangat kita dalam mempelajari tahsin dan tajwid al quran, serta memperdalam kecintaan kita terhadap al quran, aamiin.

    BalasHapus
  10. Aku penasaran sama metode baca Quran mama papa ini kaya gimana, bagus juga ya programnay untuk memberantas buta baca al quran

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah, semoga kebaikan Sinar Mas Land mengadakan lomba membaca Al-Quran pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW membawa berkah untuk semua.
    Sekarang mempelajari membaca Al-Quran semakin banyak metodenya ya, tinggal dipilih mana yang cocok. Salah satunya metode Mama Papa ini.

    BalasHapus
  12. Aamiin ...Semoga program Berantas Buta Al-Qur'an yang diadakan Sinar Mas Land berkolaborasi dengan Yayasan Mama Papa dapat terus berkelanjutan. Dengan begitu kegiatan belajar Al-Qur'an bisa terus dipupuk dan dibiasakan agar terbiasa menjadi sebuah kegiatan harian.

    BalasHapus
  13. Dengan Al Qur'an kita bisa menjadi mulia dunia akhirat, seneng banget ada acara seperti ini memupuk cinta al qur'an sejak dini. Bukan untuk siapa2 tapi kita juga yang akan merasakan berkah kemuliaan Al Qur'an ini ya Mba... :)

    BalasHapus
  14. Masyaallah, kepengen banget punya anak pintar mengaji. ternyata ada metodenya ya supaya anak mudah memahami.
    ngomongin lomba baca Al-Quran, aku jadi ingat jaman SMP, sering ikutan lomba MTQ tapi kalah terusss.. haha..

    BalasHapus
  15. Bagus sekali ini lomba tapi satu sisi juga memudahkan serta memotivasi untuk semakin memperbanyak niat untuk mengaji. Total hadiah Rp 42 juga wah gedenyaa

    BalasHapus
  16. Wah keren nih event yang diadakan Sinar Mas Land dalam rangka peringatan hari maulid nabi. Hadiahnya juga besar ya. Semoga dengan adanya event ini anak2 maupun orang tua yg mendampingi juga ikut termotivasi ya untuk semakin semangat berinteraksi dengan Alquran

    BalasHapus
  17. Betul..
    Dengan metode pembelajaran yang menyenangkan membaca Al-Qur'an akan menjadi habit bukan paksaan.
    Anak muslim menjadi generasi yang gemar membaca dan mentadabburi Al-Quran, qalamullah.

    BalasHapus
  18. Saya baru tahu juga ada metode ini. Soalnya selama ini pakai metode Ummi aja untuk anaknya ngaji.

    BalasHapus
  19. Wah bagus ya mbak untuk acara Sinar Mas Land dengan menggelar Lomba Baca Alquran melalui virtual. Apalagi menambah pengetahuan tentang keagamaan ya mbak.

    BalasHapus