My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Jelajah Tulungagung

by - Desember 21, 2021



Bulan Desember kerap kali menjadi bulan mengulas dan mengingat kejadian setahun belakangan ini. Mengenai apa yang berkesan dan apa sih yang perlu diperbaiki dari tingkah kita. Bicara soal kesan dan kenangan. Tulungagung menjadi tempat paling berkesan yang menutup sempurna perjalanan akhir tahun. 


Saya menukar takjub di sepasang mata saat berkunjung ke Tulungagung. Daerah yang dijuluki seribu warung kopi ini, terletak 154 km arah barat daya dari Kota Surabaya. Penduduknya mengajari saya mengenai keramahtamahan, tukang ngopi dan memberikan yang terbaik bagi orang lain. 



Mengikuti Event Travel Video Competition 2021 | Capture The Spirit of Tulungagung

Jejak kaki ini ditakdirkan Tuhan memulai perjalanan ke daerah yang tak begitu besar namun sakral. Bermula dari stasiun Senen dan berhenti di stasiun Tulungagung jam 2 dini hari. Bersama teman Blogger dan Vlogger kemarin, menjadi kisah paling berkesan saat menuju ke Tanah luhur yang dipilih oleh para Resi pendahulu pada zamannya untuk mendarmakan diri. 




Event Travel Video Competition 2021 yang diselenggarakan oleh Tulungagung All Star dan Dinas Pariwisata Kabupaten Tulungagung bidang Kebudayaan, mengajari saya banyak hal. Pelan-pelan, saya mengumpulkan informasi mengenal Tulungagung melalui kehangatan cerita dari kawan baru yang memang bermukim lama di sini, sebelum gairah sepasang mata yang haus akan keindahan alam Tulungagung tertangkap kornea. 


Camping di Candi Urung dengan mendaki melalui jalur barat melewati pemukiman rumah warga di Desa Sanggrahan, lumayan melatih kaki kaum rebahan yang sudah lama tidak mendaki tipis-tipis. Tenda warna-warni dan gelak tawa dari beberapa kawan melalui perkenalan yang serba baru. Kemudian dilanjut mendengar deburan ombak sambil menginap dan mencicipi ikan bakar diiringi musik Reggae di Pantai Coro, rasanya sungguh menyenangkan.


Letih melumat badan, namun semangat berpetualang tetap menyala. Saya berharap kepala ini sanggup memeluk peristiwa yang kelak datang untuk diingat banyak-banyak. Bidikan kamera setia merekam, merangkai perjalanan dan menyatukannya utuh. Perihal tanggung jawab yang menjadi kewajiban kami setelah kembali yaitu membuat video untuk memperkenalkan Tulungagung lebih dekat kepada kalian semua. Video perjalanan kemarin selengkapnya ada di channel youtube saya. Klik di sini Rekomendasi Wisata Tulungagung.


Buat Konten Video dan Upload youtube dengan Smartfren Unlimited


Bahagia tak disangka, pada akhir acara, saya mendapat apresiasi sebagai juara 1 Travel Video Competition 2021 diantara teman-teman lain di berbagai daerah yang juga berkewajiban sama, membuat konten video. Hal ini menjadi momen paling sempurna dan berkesan penutup tahun 2021 di labirin kepala saya yang sempit dan mencintai Cappucino ini. 


Selama di Tulungagung, saya kerap membuat story ke sosial media di setiap wisata yang kami kunjungi, untuk memperkenalkan wilayah penghasil marmer ini agar lebih dikenal ke masyarakat luas. Perihal kuota, Smartfren bisa diandalkan dengan paket Smartfren Unlimited yang menawarkan kepastian internet setiap hari 24 jam dalam mengakses semua aplikasi. 



Keunggulan paket Unlimited dari Smartfren


  • Unlimited internet
  • Gratis nelpon sepuasnya ke sesama Smartfren
  • Dapat mengakses semua aplikasi
  • Extra unlimited malam (full speed di jam 01.00 - 05.00)


Buat kalian pelanggan setia Smartfren ada beberapa paket unlimited yang bisa kalian pilih, diantaranya: 

  • Unlimited Harian (1 hari)
  • Unlimited Mingguan (7 & 14 hari)
  • Unlimited bulanan (28 hari)


Smartfren terus berinovasi untuk menghubungkan Indonesia. Sehingga banyak generasi muda bisa membuka peluang membangun Indonesia menjadi lebih baik. Komunitas Smartfren juga tersebar ke pelosok daerah yang lebih dikenal dengan sebutan Smartfren Community, program ini tentunya akan membuka peluang bagi banyak kaum milenial. 



Ada banyak event yang diselenggarakan oleh komunitas Smartfren yang berdiri sejak tahun 2015. Kini menjadi wadah inovasi dan kolaborasi bagi para milenial masa kini. Cek selengkapnya di Instagram @smartfrenworld dan @smartfrencommunity


Rekomendasi wisata daerah Tulungagung yang sudah saya datangi ini, rasanya akan asik juga jika kalian kunjungi bersama teman dan kerabat lainnya. Walau ada beberapa poin perlu dibenahi yaitu sarana jalan yang harus segera diperbaiki menuju beberapa tempat wisata oleh pemerintah daerah setempat.


Jelajah Wisata Tulungagung 


🌸Nangkula Park 

🌸Candi Gayatri 

🌸Candi Dadi dan Candi Urung 

🌸Candi Penampihan 

🌸Candi Sanggrahan 

🌸Kedung Minten 

🌸Pantai Coro 

🌸Pantai Sine & Pantai Popoh 


Semua wisata yang saya sebutkan di atas, bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata incaran kalian. 5 hari di sana, saya berkesempatan mencoba kuliner khas, belajar membatik, mengolah masakan dengan cara tradisional dan mengenal adat-istiadat serta budaya daerah Tulungagung. Selain itu tidak ketinggalan mencicipi sensasi kuah kental dan pedasnya ayam lodho, merasakan nikmatnya Sompil (semacam lontong sayur kuah santan dengan taburan bubuk kacang kedelai, acar mentimun dan urap-urapan) kemudian ada sego tahu atau nasi tahu (tahu dicampur telur dadar, dikasih petis, kecap, cabai, taburan kacang goreng dan kecambah) Semuanya dijamin nikmat dan menggoyang lidah kalian.


Mau ngopi asik sambil menunggu keberangkatan kereta sore, bisa mampir dulu ke Onderan Kota yang letaknya tidak begitu jauh dari alun-alun Kabupaten Tulungagung.


Resolusi 2022

Rindu rasanya kembali ke sana dan berkelakar bersama kawan baru rasa saudara dan membuat konten berkualitas untuk di upload ke sosial media. Next resolusi tahun 2022 pengen banget saya eksplore yaitu daerah NTT (Rangko cave, Gunung Kelimutu, Koka Beach dll) serta mengunjungi NTB (Lombok, pantai Segigi, Gili Trawangan). Semoga selalu ada jalan yang Allah berikan untuk diijinkan berkunjung ke sana dan mengeksplore keindahan alam yang Ia ciptakan.


Tidak ada kata terlambat buat kalian juga nih untuk buka peluang mengekspresikan diri dengan cara bermanfaat dengan membuat konten kreatif, agar lebih produktif bersama pilihan andalan internet Smartfren Unlimited, sekaligus membantu wisata daerah lebih dikenal.



You May Also Like

11 komentar

  1. aku belum pernah lho ke tulung agung.. padahal deket banget ya kalau dari blitar. sebelum pandemi minimal setahun sekali aku mesti ke mblitar karena mudik, tapi ya gak kepikiran untuk mampir ke kota tetangga untuk berwisata :D

    BalasHapus
  2. Aku udah liat videonya mba, keren bangeeeet, pantesan jadi juara 1. Btw aku juga pake paket unlimited smartfren mba, bener-bener leluasa ya kalo mau upload konten tuh.

    BalasHapus
  3. banyak candinya ya, waa ternyata banyak wisatanya di tulung agung, mudah2an bisa jalan2 ke sana amiinnn

    BalasHapus
  4. Tulung Agung banyak pantai indahnya ternyata ya candinya juga banyak, baru tau nih jadi pengen ke sana...

    BalasHapus
  5. wah keren banget mbak, selamat yaa, jadi juara pertama membuat video. Memang kalau membuat video itu dibutuhkan ketekunan dan internet yang stabil yaa untuk uploadnya. Btw menarik banget wisata tulungagung. semoga saya bisa menjelajah tulungagung seperti mbak

    BalasHapus
  6. saya udah lama penasaran ingin coba koneksi internet Smartfren nihh, tapi sayang di tempatku belum masuk, hhuuhuhh.

    anyway congrats Mbak jadi juara 1 lomba video traveling, videonyaa kece dan aktif unggah ke sosial media pasti jadi salah satu kuncinya ya Mbak ;)

    BalasHapus
  7. Aku suka banget pakai Smartfren.
    Dan menjadi pengalaman tak terlupakan yaa.. Bepergian tetap bersama jaringan terbaik plus kuota melimpah unlimited. Hanya Smartfren nih..yang menawarkan paket yahuudd..

    BalasHapus
  8. Sama sekali belum pernah ke Tulungagung nih... suatu hari pengin juga menjelajah Tulungagung seperti dirimu, mba. Ikut menikmati ayam lodho dan sompil yang pastinya ga akan terlupakan nih rasanya.

    BalasHapus
  9. Sego tahu Tulungagung ini kayanya mirip sama tahu telornya surabaya ya? Duh, jadi penasaran main ke sana....

    BalasHapus
  10. Waaah..juara satuuu! Selamat yaa, Mbakk. Ikut seneng aku. Semoga semakin semangat bikin kontennya dan suaranya makin menggemaskaaan.

    Btw, jadi pingin jelajah Tulungagung juga. Pingin liat banyaknya kedai kopi di sana.

    BalasHapus
  11. belum pernah ke tulungagung, sepertinya menarik ya! Jelajah nusantara, salah satu bucket list aku di tahun 2022

    BalasHapus