My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Rekomendasi Lokasi Kost Dekat Kampus ITB Ganesha

by - Februari 02, 2022

 

Kost Dekat ITB


Rekomendasi Lokasi Kost Dekat Kampus ITB Ganesha | Sebelum memilih lokasi kost dekat kampus ITB, pastikan dulu nih, apakah putra-putri anda, mendapatkan pendidikan di gedung ITB Ganesha atau ITB Jatinangor. Karena kedua lokasi tersebut berbeda dan jaraknya lumayan jauh. ITB Ganesha atau biasa disebut kampus Ganesha merupakan kampus ITB pusat, sedangkan cabang kampus ITB selain Jatinangor namun ada juga di daerah Cirebon. Menurut pengalaman saya, kost di daerah ITB Ganesha harganya jauh lebih mahal dibanding lokasi kost ITB di daerah Jatinangor. 


Baca juga: Tips Masuk Perguruan Tinggi Negeri Lewat Jalur SNMPTN


Anak sulung kebetulan mengenyam pendidikan di Universitas ITB yang berlokasi di gedung Ganesha. Dinamakan Kampus Ganesha karena berada pada daerah Jl. Ganesha nomor 10, Bandung. Lokasi kost yang menurut saya lumayan dekat dengan kampus ITB Ganesha yang bisa dijadikan rekomendasi antara lain: 


Cisitu


Daerah Cisitu menjadi tempat paling diburu oleh mahasiswa Kampus ITB Ganesha karena jarak yang relatif dekat dengan kampus sekitar 10 menit. Lokasinya juga saya rasa cukup strategis, dekat dengan laundry, minimarket dan warung makan, serta cafe coffe. Kost di lokasi ini termasuk lumayan mahal rata-rata 1,2 juta sebulan.


Jalan Cisitu sendiri sebenarnya terbagi 3 terletak mulai dari Cisitu Baru, Cisitu Lama hingga ke Cisitu Indah. Ketiganya saling berdekatan.


Daerah Cisitu Lama ada beberapa yang masuk gang kecil, sehingga jika putra/putri yang membawa kendaraan patut jadi pertimbangan, namun asiknya  dekat dengan banyak tempat makan modern, salah satunya MCDONALD'S sehingga jika uang transferan masuk, lumayan bisa makan enak sambil jalan kaki. Hehe.


Transportasi kendaraan umum juga gampang, dengan harga yang cukup murah sebesar Rp. 2000 rupiah sekali jalan. 


Selain Cisitu Lama, ada juga Cisitu Baru dan Cisitu Indah. Kebanyakan kost daerah Cisitu Indah masuk ke perumahan komplek.


Tubagus Ismail


Rata-rata bangunan kost di Tubagus Ismail lebih bagus dan bersih karena ditata layaknya perumahan komplek. Harganya bervariatif, namun rata-rata lebih mahal dibanding daerah di Cisitu Lama dan Cisitu Indah. Kawasan Jalan Tubagus Ismail berada di sebelah timur laut dari Kampus ITB. Bagi kantong berduit dan memiliki kendaraan bisa jadi pilihan, karena akses jalan yang lumayan luas dibanding daerah cisitu lama dan pelesiran. Kekurangan lokasi ini sering macet karena berada di simpang dago. 


Pelesiran


Pelesiran bisa dibilang surga jajanan. Karena tempat makan di kawasan ini bertebaran sehingga tidak khawatir kelaparan, namun jalan utama Pelesiran layaknya jalan Cisitu yang sempit sehingga tidak disarankan bagi mahasiswa yang memiliki mobil. Lokasinya tinggal nyebrang dari gerbang masuk Kampus ITB Ganesha. Tempat tinggal di kawasan ini memiliki harga termurah apabila dibandingkan dengan kawasan favorit lainnya (Cisitu dan Tubagus Ismail). 


Taman Hewan


Daerah yang dikenal sebagai sebutan Taman Hewan ini dikarenakan lokasinya persis di belakang Kebun Binatang Bandung. Daerah Taman Hewan tempatnya sangat sejuk karena banyak pepohonan. Kost di sini adalah pilihan yang tepat karena paling dekat dengan kampus ITB Ganesha. Akses angkot 24 jam memudahkan untuk transportasi putra dan putri jika hendak kost di sana, namun sayangnya penerangan saat malam di jalan Taman Hewan sangat minim. 


Dago Asri


Jika kalian mahasiswa berkantong tebal dan anak Sultan. Rasanya Dago Asri adalah pilihan kost paling tepat. Kost-an di sini memilikinya fasilitas yang lengkap (water heater, catering, balkon, tv, parkiran yg luas dll) namun sayangnya jaraknya lumayan jauh jika dibandingkan dengan lokasi yang saya sebutkan di atas.


Pilihan kost tergantung kenyamanan dan budget kalian. Selain strategis dan memiliki fasilitas yang sesuai dibutuhkan, jangan lupa pastikan lingkungan sekitarnya aman, ya! Semoga rekomendasi kostan dekat dengan ITB Ganesha di postingan kali ini bisa membantu kalian. 



You May Also Like

0 komentar