My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Sambut Ramadhan DeHakims dan Aisha Keem Meluncurkan Single Religi

by - April 08, 2022

 

Aisha Keem
Aisha Keem Putri sulung Irfan Hakim yang mantap menjejakkan karirnya di industri musik tanah air 


Lagu-lagu religi lawas, selalu abadi dan akrab di telinga. Lirik yang mudah dihafal dan dicerna. Memiliki makna yang begitu dalam dan mendidik dalam setiap bait kalimat menjadi magnet tersendiri, sehingga abadi di ingatan banyak kepala.  


"Sajadah Panjang" & "Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya" tentu nada dan liriknya sudah akrab di telinga banyak orang dan menjadi pilihan playlist Ramadhan favorit sepanjang masa. Lagu lawas legend yang tak bosan didengar dan tidak termakan zaman. Bahkan keponakan saya yang kecil hafal liriknya karena mamanya sering menyetel lagu tersebut sebagai playlist Ramadhan dari tahun ke tahun via YouTube. Lagu ini dibawakan pertama kali oleh group Band Bimbo bersaudara yang terdiri dari (Sam Bimbo, Acil Bimbo, Jaka Bimbo dan Iin Parlina). Group ikonik dengan karya-karyanya yang easylistening untuk khazanah musik religi.


Sejak kecil saya sering menyanyikan lagu ini, karena seringkali diputar di televisi. Jaman dahulu musik biasa dinikmati melalui tabung kaca dan radio. Walau terkadang radio seringkali terkendala frekuensi, namun saya tetap menikmatinya. 


Semenjak berkembangnya zaman, ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mendengar lagu-lagu kesukaan secara jernih, diantaranya YouTube, Joox, Spotify, SoundCloud dll. Hanya melalui genggaman tangan, kalian bisa menikmatinya sambil berdendang dimanapun dan kapanpun.


Di bulan Ramadhan kali ini (8/4/2022) deHakims dan Aisha Keem putri dari Irfan Hakim mengeluarkan single terbaru religi kembali. Presenter Irfan Hakim saat ini fokus mengembangkan 5 channel YouTube di bawah bendera Irfan Hakim Management, yaitu deHakims channel, deHakims Junior, deHakim Aviary, deHakims Story dan Aisha Keem. 


deHakims
Keluarga de'Hakims


Sedikit selayang pandang dan sekapur sirih mengenai pasangan Irfan Hakim dan Della Sabrina yang menikah di tahun 2007 ini, telah dikaruniai lima orang anak yaitu Aisha Maydina Hakim (14 tahun), si kembar Rakana Hakim & Raina Hakim (12 tahun), Chafidz Djalu Hakim (8 tahun), dan Dzaky Mohammed Hakim (3 tahun). 


Ramadhan tahun ini, deHakims dan Aisha Keem hadir dengan gebrakan baru membawa dua judul lagu-lagu legend dari Group Bimbo yaitu "Sajadah Panjang" & "Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya". 


"Sajadah Panjang" mengangkat tema tentang mengingatkan kita, betapa kehidupan kerap melenakan sehingga melupakan ibadah. Lagu yang kelak bisa menjadi reminder dan cermin terhadap diri sendiri ketika kita mendengarkannya.


"Ada anak bertanya pada bapaknya

Buat apa berlapar-lapar puasa

Ada anak bertanya pada bapaknya

Tadarus tarawih apalah gunanya" 


Sepenggal bait dari lagu ini sungguh mendidik dan penuh makna. Pertanyaan mendasar bagi setiap anak yang kerap ingin tahu mengapa orang perlu menahan nafsu berpuasa sebulan penuh. Sebuah proses arti pendidikan anak dengan baik, karena disanalah ia mempelajari bahwa anak dipersilahkan menanyakan apapun yang selama ini dikerjakan kepada orangtuanya. 


Single terbaru deHakims


"Single lagu religi yang dibuat, diharapkan bisa menjadi karya yang layak diterima dan dinikmati oleh masyarakat. Selain itu bisa menjadi kenangan yang dapat dilihat kembali. Sebuah momen yang tentunya bisa menjadi cerita dan perjalanan manis ketika anak-anaknya besar" ujar Irfan Hakim kepada awak media. 


Pembuatan video klip "Sajadah Panjang" bahkan diceritakan hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat, mengambil lokasi Surabaya dan Jogja ketika Aisha menyelesaikan lomba berkudanya. Kedua single Ramadhan ini dibantu oleh beberapa kerabat, aransemen musiknya dikerjakan oleh sahabat lama Irfan Hakim, Aceng Uan. Sementara recording dan mixing dilakukan oleh Irwan Simanjuntak.  


Walau dibuat secara singkat, namun aransemen ulang lagu "Sajadah Panjang" dikemas apik dan berbeda diantara banyak penyanyi pendahulunya. Sentuhan alat musik Saluang (alat musik tradisional dari Minang) menambah merdu, syahdu dan keunikan tersendiri yang menjadi pembeda serta intro yang ciamik yang menambah nilai lagu ini. Sederhana, filosofis dan kontekstual. 


Ketika awal pertama kali mendengarkan melalui youtube, sukses membuat saya terhanyut dan merinding mendengarnya. Suara Aisha yang halus menjadi pemantik yang membuat lagu ini enak untuk dinikmati.




Video klip “Sajadah Panjang” dan “Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya” ditayangkan di deHakims Channel. Selain itu, semua channel deHakims menyajikan program khusus dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, diantaranya adalah program “Ngabuburit” yang tayang di deHakims Channel, “Cuanky si Kucing Ajaib” di deHakims Junior, “Artis Hijrah” di deHakims Story dan program lainnya di setiap channel. 


Nah, buat kalian jangan lewatkan single religi ‘Sajadah Panjang’ & "Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya" untuk menemani selama menjalankan ibadah puasa.


You May Also Like

14 komentar

  1. Merinding menyimak video Sajadah Panjang di atas ... :')

    Masya Allah ya, barus 14 tahun usia Aisha Keem tapi sudah berkarya. Saya dulu 14 tahun ngapain saja ya.

    BalasHapus
  2. widihhhh.. keren nih dehakims udah merambah ke dunia musik jugaaaa.. cuss ah, mau dengerin dulu musiknya..

    BalasHapus
  3. Aku senang banget lihat keluarga ini yang kompak dan saling menyayangi mba. Salut juga mereka bisa memproduksi single ramadhan tahun ini ya mba

    BalasHapus
  4. Selalu suka deh tiap liat keluarga nya Irfan Hakim. Adem dan kompak banget soalnya. bener-bener menginspirasi banyak orang.

    BalasHapus
  5. Ya Allah..
    Aku lihat MVnya merinding banget.
    MashaAllah...aransemen ulang yang bagus sekali dan dinyanyikan dengan kompak oleh deHakims dan Aisha Keem.

    Suaranya clear sekali yaa.. Aisha Keem ini.
    Sukses terus, nak Sholih.

    BalasHapus
  6. walau bukan muslim tapi saya suka mendengarkan musik religi saat bulan puasa mba, liriknya suka bikin saya merinding, seperti lagu ada anak bertanya pada bapa, trus saat tangan dan kaki berbicara

    BalasHapus
  7. Lagunya emang identik dengan bulan Ramadan. Sekarang kalau ada pembawa lagu ini keluarga baru, yaitu the hakim ini, Bimbo mulai bergeser kah?

    BalasHapus
  8. Senang banget lihat keluarga Irfan Hakim apalagi lihat anak-anaknya yg punya talenta. Semoga lagu ini memberikan banyak berkah ya mbak.

    BalasHapus
  9. Mantap nih gebrakan yang dilakukan sulungnya Irfan Hakim. Luar biasa yaaa transformasi Irfan Hakim beserta keluarganya yang saat ini bisa menginspirasi banyak orang.

    BalasHapus
  10. Baru nyadar ternyata Irfan Hakim punya anak 5 :D
    Kompak pula keluarganya :D
    Salah satunya yang berprestasi ini ya? Pas banget momennya mengeluarkan single religi di masa Ramadan gini.

    BalasHapus
  11. Tadi pas baca judul Dehakims, langsung ingatnya Irfan Hakim. Sebelum membaca jadi menebak-nebak, eh ternyata bener yaa.. Salut ih sama kekompakan keluarga mereka, sampai berkarya bareng gini.

    BalasHapus
  12. edisi khusus Ramadhan yaaa mba.. yang pasti penuh dengan pesan baik dan juga kereeen deh lihat profilnta yaaa

    BalasHapus
  13. Sepakat banget. Lagu-lagu religinya Bimbo, abadi melintas jaman.. Rasanya, bisa juga saya ajarkan ke cucu-cucu saya kelak..
    Sukses buat putri kembarnya Irfan Hakim

    BalasHapus
  14. keren ini lagu religi barunya. semoga semakin sukses dan mewarnai industri musik religi yaa.. kita emang butuh lebih banyak lagu2 baru yang easy listening

    BalasHapus