My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Biskuat Academy, Ciptakan Generasi Tiger Berprestasi dan Gali Potensi Melalui Inner Strength

by - November 13, 2022

 




Anak-anak jaman sekarang hidup di masa-masa yang penuh akan tantangan dan perubahan, kita sebagai orangtua harus bisa membantu mereka untuk dapat menempatkan diri dengan baik dan mengambil kesempatan untuk mengevaluasi kehidupan. 


John Roger seorang Author dan Public Speaker asal Amerika pernah berkata bahwa “Kita harus membangunkan diri, pada kekuatan dan keindahan yang hidup di dalam diri kita saat ini.”


Tidak sedikit anak jaman sekarang tertekan akan stigma kesuksesan dan kepintaran hanya dilihat dari prestasi akademik oleh orangtuanya. Hal yang dilupakan adalah mengenali minat dan bakat khusus yang dimiliki anak.


Satu hal yang membuat pikiran saya terbuka adalah ketika membaca satu teori Howard Gardner (1983), profesor pendidikan di Universitas Harvard, Amerika Serikat, mengenai penjelasan tentang kecerdasan manusia yang beragam. Setiap anak-anak itu unik dan bernilai. Ia merangkum porsi kecerdasan manusia secara seimbang antara kemampuan akademik dan non akademik. 


Mengenal Kecerdasan Manusia Menurut Howard Gardner


Menurut Gardner, Kecerdasan manusia dapat dibedakan dari beberapa kategori yakni: 

  • Kecerdasan linguistik atau bahasa, kemampuan untuk menggunakan dan mengolah kata–kata secara efektif baik secara oral maupun tertulis

  • Kecerdasan matematis-logis, kemampuan yang berkaitan dengan penggunaan bilangan dan logika, nalar kritis orang ini dengan mudah mengembangkan pola sebab akibat

  • Kecerdasan spasial, kemampuan untuk menangkap dunia ruang visual secara tepat, orang dengan kemampuan ini dapat mengenal bentuk dan benda secara tepat serta punya daya imajinasi tinggi berkaitan dengan itu

  • Kecerdasan gerak tubuh, kemampuan hebat dalam menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengeks­presikan gagasan dan perasaan.

  • Kecerdasan musikal, kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan, dan menikmati aneka bentuk musik dan suara, peka terhadap ritme, melodi, dan intonasi, serta mampu memainkan alat musik

  • Kecerdasan interpersonal, kemampuan untuk mengerti dan peka terhadap pera­saan, intensi, motivasi, wa­tak, dan temperamen orang lain. Orang dengan kemampuan ini menonjol dalam berelasi dan berkomunikasi dengan berbagai pihak

  • Kecerdasan intrapersonal, kemampuan berkaitan dengan pengetahuan akan diri sendiri dan bertindak secara adaptif berdasar pengalaman diri serta mampu berefleksi, memiliki kesadaran tinggi akan berbagai gagasan. Orang dengan kecerdasan ini mudah berkonsentrasi dengan baik, suka bekerja sendiri, dan cenderung pendiam

  • Kecerdasan naturalis, kemampuan untuk mengerti flora dan fauna secara baik, dapat menikmati alam, mengenal tanaman dan binatang dengan baik

  • kecerdasan eksistensial, yaitu menyangkut kepekaan dan kemampuan seseorang dalam menjawab persoalan–persoalan terdalam, berkaitan dengan keberadaan atau eksistensi manusia. Sebuah kecerdasan yang berhubungan dengan spiritualitas seseorang karena sudah menyangkut makna dan nilai-nilai dasar kehidupan.




Kenali Diri dan Kembangkan Inner Strength dalam Diri Anak-anak 



Si bungsu memiliki kecerdasan linguistik, ia lebih mudah untuk memahami beberapa bahasa diantaranya inggris dan Jepang serta mudah menangkap dan menyerap  pelajaran dengan tipe belajar Auditori. Tipe-tipe belajar anak juga perlu kita ketahui. 


Namun jangan pernah sepelekan kecerdasan lain yang memicu ke non akademik seperti kecerdasan gerak tubuh, kecerdasan musikal yang belum tergali dan terasah. Jika didukung dan disupport akan memberikan impact yang luar biasa untuk menambah rasa percaya diri dan rasa bahagia. Si kecil sering ikut lomba fashion show, karate, dan sepak bola. Saya sebagai orangtua mendukung penuh hal-hal yang anak-anak gemari.






Masuk Sekolah Impian Melalui Jalur Prestasi Non Akademik


Anak saya masuk ke sekolah favorit justru melalui jalur prestasi non akademik karena memiliki sertifikat Juara 3 lomba karate tingkat Kota Bekasi. Sekarang ini, ia lagi gemar bermain sepak bola, menurun dari kakeknya yang dulunya adalah seorang pelatih sepak bola. Bermain sepak bola dibutuhkan skill, belajar teknik, disiplin dan latihan fisik agar menjadi pemain handal. Dibutuhkan pula karakter yang kuat dan positif. Karena sepak bola adalah olahraga team yang membutuhkan strategi dan kerjasama solid. Dengan mendukung pengembangan diri anak sesuai dengan potensi dan kecerdasannya masing-masing, menyebabkan anak lebih sukses di kemudian hari.  


Langkah yang dilakukan untuk menumbuhkan kecerdasan anak ialah dengan memberikan fasilitas pendukung sebagai upaya mengembangkan skill dan mengoptimalkan inner strength di dalam diri anak-anak terutama dalam pengembangan non akademik salah satunya dengan SEPAK BOLA. Melalui olahraga sepak bola, Biskuat percaya bahwa anak dapat mengembangkan berbagai karakter kuat dan positif saat berinteraksi dengan orang lain maupun diri sendiri. 




Biskuat Dukung Anak Berprestasi dan Memiliki Inner Strength 



Seperti halnya tujuan dari Biskuat (Salah satu brand unggulan Mondelez International) yang memiliki purpose-led brand (tujuan mulia) untuk menciptakan #GenerasiTiger yaitu mendorong anak-anak untuk tidak hanya  berprestasi tapi juga memiliki kekuatan baik dari dalam (inner strength) yang tercermin dari karakter positif anak.



Setiap anak memiliki potensi tak terbatas melebihi apa yang terlihat. Kekuatan sejati dan unik seorang anak terletak di dalam diri mereka. Selain prestasi pada bidang akademik, Biskuat juga senantiasa mendorong pencapaian prestasi anak-anak Indonesia di bidang olahraga, seperti sepak bola melalui program Biskuat Academy.



Biskuat bahkan menjadi cemilan favorit anak-anak sebagai bekal sekolah selain nasi, sayur, lauk pauk dan buah-buahan. Karena terbuat dari kebaikan susu dan gandum. Biskuat dilengkapi 9 vitamin dan 6 Mineral untuk mendukung kekuatan yang baik dari dalam diri setiap anak. Hadir dalam dua varian, Cokelat dan Original. Anak-anak di rumah suka rasa coklat.


Cemilan favorit anak-anak, mereka suka yang rasa coklat



Kembangkan Skill Sepak Bola di Biskuat Academy



Biskuat Academy konsisten hadir untuk mengembangkan skill yang dibutuhkan generasi muda agar dapat menjadi pemain sepak bola handal dengan senantiasa mendukung ‘kekuatan baik dari dalam (inner strength)’ anak, seperti berani, percaya diri, baik hati, dan tangguh. 




Anak-anak akan terlatih untuk tidak mudah mundur dari tantangan, ancaman, atau rasa sakit. Anak bisa melakukan hal yang benar bahkan ketika itu tidak lazim untuk melakukannya. Contoh aktivitas yang bisa membantu mereka menjadi berani: Mengikuti klub olahraga, mengikuti kompetisi. Karena ketakutan hanya akan meredam proses pembelajaran, sementara keberanian akan memudahkan anak untuk menaklukkan hal baru dan menemukan fokusnya




Rasa percaya diri merupakan elemen penting yang akan membantu anak melalui masa tumbuh kembang dan membentuk kepribadiannya. Anak yang percaya diri akan tumbuh lebih optimis, mampu memotivasi diri, membuat keputusan, berani mencoba dan memiliki tanggung jawab serta yakin akan kemampuannya sendiri. 




Sifat baik hati akan memudahkan anak-anak dalam bekerja sama nantinya. Hal ini penting dalam sebuah team untuk belajar arti kerjasama dan tidak ingin menonjol sendiri. Bersikap keras terhadap diri sendiri dan orang lain bisa berdampak buruk dalam proses pembelajaran. 




Dunia yang sangat kompetitif saat ini tentunya menuntut anak-anak untuk bisa tahan banting dan kuat batin, guna menahan stres dan melakukan yang terbaik bahkan saat berada di bawah tekanan persaingan sekalipun.



Melalui olahraga sepak bola, Biskuat berharap bahwa anak dapat mengembangkan berbagai karakter kuat dan positif saat berinteraksi dengan orang lain maupun diri sendiri dan menemukan 4 karakter inner strength di atas yang akan membantu proses tumbuh kembangnya ke arah yang positif. 


Biskuat Academy adalah rangkaian acara tahunan dari Biskuat untuk memberikan pembelajaran olahraga bagi anak Indonesia. Acara ini bertujuan mengembangkan kekuatan fisik sekaligus kekuatan baik dari dalam untuk menciptakan #GenerasiTiger. 


Biskuat Academy 2022 kembali mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai wujud nyata komitmen Biskuat untuk terus menggali potensi sepak bola anak Indonesia. Selain itu sejalan dengan visi misi dalam mewujudkan pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, bergotong-royong, dan berkebhinekaan global.


Tahun ini, Biskuat juga menghadirkan Physical Education (PE) Teacher Workshop sebagai bagian dari rangkaian Biskuat Academy 2022, untuk memberikan dukungan kepada para guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjasorkes) di tingkat sekolah dasar.


Melalui program Biskuat Academy 2022, para peserta bisa mendapatkan pengalaman berharga untuk pengembangan dirinya selain itu anak bisa mengembangkan Kekuatan dari dalam untuk mencapai mimpinya.



Cuplikan Video Inspiratif Biskuat Coach Aji





"Dulu, mimpi kami kecil. Tendangan kami pendek seperti gang sempit di kampung kami. Hingga suatu hari dia datang. Saat tempat bermain kami memyempit dia datang membawa kami ke lapangan yang lebih besar. Saat cita-cita kami mengecil, dia menunjukkan mimpi kami lebih tinggi. Bahkan sampai kami kehilangan harapan, dia percaya untuk kami selalu ada jalan. Kami jadi punya mimpi besar di masa depan. Dan kami jadi percaya bahwa di dalam diri kami-–Ada Kekuatan. Agar kami bisa menendang lebih jauh dalam pertandingan yang lebih besar," Besar harapan sepenggal video menginspirasi Coach Aji yang selama 35 tahun melatih anak-anak bermain sepak bola hingga akhirnya sebagian dari mereka menjadi pesepakbola handal Indonesia. Video inspiratif dari Biskuat membuat banyak mata dan hati para orang tua seperti saya, mulai terbuka dalam aspek pemikiran mengenai pentingnya pendidikan non akademik dan minat anak-anak. Bahwa setiap diri anak-anak, selalu memiliki kekuatan.





Kisah Inspiratif Pesepakbola Indonesia 



Mayoritas pesepak bola di Indonesia berasal dari keluarga sederhana yang pas-pasan hingga tak jauh dari garis kemiskinan. Hal itulah yang membuat mereka harus bekerja sejak masih berusia belia. Para pemain yang berasal dari keluarga sederhana menempa hidup dengan bekerja dan dituntut mampu membagi waktu antara sekolah, bekerja, dan berlatih sepak bola. Harapan mereka adalah mimpi untuk menjadi besar. Tempaan mental dan kemandirian, dibayar tuntas seiring cita-cita yang perlahan mulai terwujud yakni sebagai pesepak bola profesional. Jadi buat kalian yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola handal, jangan pantang menyerah. Langkah kaki kalian yang pendek jika memiliki mimpi dan tekad besar, insha Allah akan terwujud, salah satunya dengan mengikuti kelas bola online bersama Biskuat Academy.



Seperti halnya kisah Andik Vermansah pemain terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Saat Andik kecil ia membantu ibunya dengan menjalani profesi sebagai penjual es untuk bertahan hidup. Ia berjualan es di sekitar Stadion Tambaksari Surabaya dan juga sebagai peloper koran. Uang hasil berjualan dan kerja kerasnya, ia pakai untuk membiayai Sekolah Sepak Bola (SSB). Perjuangan masa kecil yang pahit ternyata membuahkan hasil. Andik Vermansah sudah berhasil membela sejumlah klub elite Indonesia diantaranya Persebaya Surabaya, Madura United, dan Bhayangkara FC. Andik juga pernah bermain di Malaysia bersama Selangor FA dan Kedah FA.


Keuntungan Mengikuti Biskuat Academy 


  • Peserta yang mengikuti Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022 berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan dengan kurikulum yang disusun oleh pelatih bersertifikat UEFA yaitu Coach Timo Scheunemann. Tak hanya Coach Timo Scheunemann, Biskuat juga menghadirkan Coach Aji sebagai sosok Pelatih Inspirasional pada Biskuat Academy 2022 yang dalam kesehariannya aktif sebagai pelatih yang berjasa dalam membentuk pemain sepak bola handal di Indonesia

  • Mendapatkan bimbingan langsung dari pemain Tim Nasional Indonesia, sebagai persiapan untuk menjadi pemain bola masa depan, hingga bertemu pemain profesional dari Tim Nasional Sepak Bola Indonesia

  • Berkesempatan memenangkan tour ke stadion sepak bola Real Madrid di Eropa dengan mengikuti tata cara yang sudah tersedia

  • Mendapatkan E-certificate untuk seluruh peserta dan sertifikat fisik dengan tanda tangan kemendikbud Ristek dan Kemenpora untuk finalis

  • Mendapatkan hadiah hiburan menarik antara lain: Jersey, kaos kaki, backpack, bola, topi dan hadiah mingguan voucher @Rp.100.000 dan Bola


Jadwal kelas online bisa berubah sewaktu-waktu, selengkapnya bisa cek di website Biskuat Academy 



Cara Bergabung Mengikuti Biskuat Academy


STEP 1

Kalian hanya perlu membeli Biskuat Kemasan Khusus lalu BELI salah satu paket Biskuat di bawah ini (berlaku untuk semua rasa)

  • 1 Biskuat 121.6 gram
  • 1 Biskuat 60.8gram
  • 2 Biskuat 22,8 gram
  • 2 Biskuat 7,6 gram

Lalu temukan Kode Unik di belakang kemasan


STEP 2

Daftar via Whatsapp dengan Mengirimkan Pesan ke nomor Whatsapp 0812 1222 5919


STEP 3

Ikuti Biskuat Academy dan menangkan hadiah dan kesempatan tur ke Stadion Bola Internasional serta mendapatkan hadiah menarik lainnya.



Yuk, gabung sekarang ke sekolah bola online Biskuat Academy dan gali potensi si kecil di olahraga Sepakbola Indonesia!.



Artikel ini diikutsertakan pada lomba KEB X Biskuat Academy







You May Also Like

13 komentar

  1. Keren nih generasi tiger. Kuat luar dalam, ya. Moga makin banyak generasi penerus yang memiliki keduanya

    BalasHapus
  2. ternyata ada begitu banyak manfaat bermain sepak bola. Salah satunya untuk mengembangkan inner strength anak ya, Mbak. btw aku menyambut senang nih hadirnya biskuat academy ini, karena ini bisa jadi kesempatan bagi anak-anak yang punya mimpi untuk menjadi pemain sepak bola handal.

    BalasHapus
  3. Kelas biskuat accademy secara online tidak hanya tahu praktek tapi juga strategi dalam mencetak gol

    BalasHapus
  4. Jadi generasi Tiger, mengapa tidak? Karena banyak kesempatan dan menggali potensi yaitu kekuatan baik dalam diri. Semangat buat anak-anak Indonesia raih mimpi

    BalasHapus
  5. Wah ini cocok untuk adik saya yang hobi main bola. Sempat ikut les bola juga. Siapa tahu rejekinya bisa belajar banyak hal di Biskuat Academy.

    BalasHapus
  6. Iya sekarang kalau berprestasi di bidang olahraga bisa juga buat masuk sekolah yaa. Teman2 taekwondo anak2ku gtu soalnya hehe.
    Wah Biskuat Academy ini program yang bagus ya supaya anak bisa menonjolkan kemampuan olahraganya, khususnya sepak bola.

    BalasHapus
  7. Inner strength is really something important that we all need to develop and build from early ages! Program Biskuat Academy ini akan banyak membawa manfaat untuk anak - anak kita

    BalasHapus
  8. Itu biskuat cokelat gak hanya favorit anak-anak sih, saya pun doyan. Enak, kaya gizi, harganya terjangkau pula. Pas banget jadi teman ngopi cantik sambil ngedrakor di rumah.

    BalasHapus
  9. Bagus nih programnya ya.... Inner strength kalau sejak dini sudah dikembangkan dan dioptimalkan bakalan tangguh luar dalam nih anak-anak kita....

    BalasHapus
  10. Program yg super WOW bgt.

    Ortu harus baca nih
    Untuk tahu lebih banyak serba serbi inner strength juga kan

    BalasHapus
  11. Andik salah satu pemain bola favorit, inspiratif yah perjalanan karir bolanya, semoga anak-anak yang join Biskuat academy jadi lebih termotivasi

    BalasHapus
  12. MashaAllah~
    Senang sekali karena pengasuhan dan pendidikan yang bersinergi akan menghasilkan bibit unggul yang penuh bakat sesuai dengan karakter anak.
    Keren banget, kak Dessy.. ananda bisa masuk sekolah favorit melalui jalur prestasi non akademik.

    Bersama Program Biskuat Academy 2022, membentuk karakter anak dengan inner strenght untuk bekal di masa depan.

    BalasHapus
  13. Masya Allah seru banget si kakak, berprestasi di bidang karate bisa jadi modal masuk sekolah favorit. Btw gimana ya caranya supaya si anak mau ikut ekskul olahraga? anakku masih maunya main bebas aja padahal tiap sore main sepak bola tapi enggak mau ikut seperti SSB gitu.

    BalasHapus