My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Melek Investasi, Raih Kebebasan Finansial Sejak Dini

by - November 12, 2022

 

KoinWorks



Sudah seberapa matang kalian merencanakan keuangan untuk masa depan? 


Pentingnya Merencanakan Keuangan


Sebagian besar generasi muda rata-rata menghabiskan uangnya untuk hal yang bersifat sekunder bahkan tersier. Lalu abai terhadap perencanaan keuangan di masa depan yang mengakibatkan kesulitan ekonomi di kemudian hari. Siapa pun ingin mencapai kebebasan finansial sehingga tidak perlu cemas dan khawatir akan kondisi keuangan, karena sudah memiliki uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan. 



Bagaimana cara mencapai financial freedom di usia 35? 



Melalui acara SmartVestor bersama KoinWorks pada tanggal 10 November 2022 bertempat di Calibrew Coffee, BSD Tangerang. Saya menggali lebih dalam mengenai pembahasan menarik dengan tema: "Wujudkan Aset Impian Melalui Perencanaan Keuangan." 


Dalam acara ini juga dibahas mengenai  financial freedom dan kapan waktu yang tepat untuk untuk berinvestasi serta mendengar sharing dari kawan-kawan yang hadir mengenai pencapaian finansial mereka di tahun ini. Acara SmartVestor kemarin, dihadiri oleh narasumber Samuel Ray (HR. Professional, writer dan Content Creator serta Mbak Emilia Dian Prabawati selaku Lead Financial Consultant KoinWorks. 


Smartvestor
Penjelasan Ko Sam mengenai Financial Independence di acara SmartVestor BSD 


Financial Freedom dan Cara Mencapainya di Usia Muda, Menurut Samuel Ray


Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living (Cermat Mengatur Keuangan)


Menurut Ko Sam, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial. Salah satunya adalah menerapkan gaya hidup frugal atau cermat dalam mengatur keuangan. Cermat mengatur keuangan berbeda dengan pelit. Frugal Living sendiri adalah teknik budgeting. Ia menerangkan, bila seorang frugalist harus punya budget untuk segala sesuatu dan dapat menentukan prioritas dari uang yang ingin digunakan. Smart dalam memilih bagian-bagian mana dari hidup kita yang memiliki nilai tambah dan bagian mana yang tidak. 



Kejar Pertumbuhan Karir, Bisnis & Berinvestasi 


Ko Sam juga mengatakan, "Ketika dapat penghasilan tambahan, idealnya pengeluaran tetap bukan malah meningkat" Lalu mulailah memberanikan diri untuk berinvestasi di tempat yang terpercaya hingga paham dan mengerti. Kenali produk-produk investasi yang sesuai serta faktor resiko dalam investasi yang dipilih. Jika belum mengerti maka bertanya. Jangan berinvestasi karena ikut-ikutan. Ko Sam bahkan merinci persentase Investasi yang ia lakukan yaitu 65% di reksadana saham indeks, 25% di P2P, 15 di Aset emas, valuta asing dan deposito. 



Investasi



"If you don't know how you care for money , money will stay away from you" --- Robert Kiyosaki



Buat kalian yang bingung berinvestasi kemana? Maka Ko Sam juga menyarankan untuk berinvestasi di banyak instrumen, salah satunya P2P KoinWorks.


KoinWorks merupakan super finansial apps. Dalam aplikasi ini kalian bisa menggunakan beberapa aktivitas yang produktif hanya dengan satu klik saja diantaranya: 


  • Meminjam (Digunakan untuk pinjaman produktif sebagai upaya mengekspansi atau mengembangkan bisnis 

  • Ekspansi bisnis hingga optimasi operasional bisnis (KoinBill, KoinGaji, KoinInvoice, KoinBisnis, KoinLearn)

  • Investment (KoinP2p, KoinRobo, KoinGold/Emas digital dan KoinBond)






4 Macam Investasi di Koinworks yang Bisa Kalian Pilih

  • KoinP2P | Instrumen investasi berbasis p2p. Memungkinkan lander untuk melakukan analisa terhadap borrower dengan membaca fact sheet. Sebagai pendana kita perlu tau sehat atau tidaknya bisnis borrower dari informasi keuangan.  Setiap investasi tentunya memiliki resiko, termasuk p2p. Resiko p2p antara lain keterlambatan, restruktur, gagal bayar. Kini ada produk baru KoinP2P grade S dari KoinWorks yang sangat minim resiko karena para peminjam sudah berkali-kali melakukan transaksi dengan pembayaran yang lancar tanpa riwayat gagal bayar, namun dengan bunga yang agak rendah sekitar 10-11%. Bagi kalian yang moderat dan agresif, bahkan lebih banyak lagi pilihan produk yang bisa digunakan misalnya KoinP2P dari beberapa grade tinggal diteliti dan dipelajari saja profil peminjam dan tingkat resikonya terhadap produk investasi yang kita pilih. 
  • KoinRobo | Pendanaan P2P lending dengan diversifikasi ke banyak loan yang merupakan loan-loan pilihan dari KoinRobo sehingga imbal hasilnya lebih terukur. Di KoinRobo kalian bisa pilih tenor dan bisa lihat langsung kira-kira berapa imbal hasilnya, lalu pilih nominal yang ingin di investasikan. 
  • KoinGold | Investasi Emas Digital yang dapat kita beli mulai dari Rp. 10.000 melalui shopeepay. Jika kalian ingin yang pasti-pasti aja dan relatif aman, bisa pilih instrumen emas digital. Bahkan dengan dana 10 ribu melalui shopeepay kalian sudah bisa berinvestasi di instrumen ini. Investasi emas digital lebih cocok pada pengguna yang ingin Investasi jangka panjang agar bisa merasakan hasilnya dari keuntungan pembelian emas dan penjualan emas.
  • KoinBond | KoinBond juga cocok bagi kalian yang konservatif ingin mendukung pemerintah, di KoinBond ini kalian bisa membeli obligasi pemerintah, dijamin pemerintah dan bunganya lebih tinggi dibanding produk deposito.

Bagaimana Cara Mewujudkan Finansial Impian dengan Instrumen Investasi yang Tepat


Tentukan Tujuan atau Target Keuangan 


Seperti halnya sebuah perjalanan, kita tentu akan memilih tujuan ketika akan memulai sesuatu, misalnya untuk membeli ponsel, membeli rumah, membeli mobil, tanah dll. Baru kita bisa tentukan produk apa yang cocok dan durasi untuk berinvestasi: 

  • Investasi jangka Pendek (1-3 tahun)
  • Investasi Jangka Menengah (3-10 tahun) 
  • Investasi Jangka Panjang (>10 tahun)


Memilih Instrumen Investasi yang Tepat


Jika tujuan sudah ditentukan, maka tentukan alat yang digunakan untuk mewujudkan tujuan tersebut, yaitu dengan memilih instrumen nvestasi yang tepat. Lalu pelajari produk resiko atas investasi yang dipilih dan paham mengenai diri sendiri, sehingga kita paham resiko apa saja yang akan kita terima. Faktor resiko di Koinworks dari konservatif, moderat, hingga agresif semua tersedia. Tinggal kita yang akan menentukan pilihan. Buat kalian jika ingin cari investasi yang aman dan minim resiko di KoinWorks juga disediakan, namun dengan imbal hasilnya yang tidak begitu besar. Atau jika kalian tipe moderat dan agresif ingin imbal hasil besar, namun faktor resiko juga tentunya akan lebih tinggi. Tergantung pilihan dari para lender nantinya.


Beranikan diri berinvestasi 


Pemikiran yang dewasa membuat kami harus mengambil beberapa langkah ke depan dan berpikir bahwa roda kehidupan selalu berputar. Oleh karenanya penting sekali untuk prepare mengenai keberlanjutan hidup masa tua. Sehingga tidak kaget jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, suatu hari nanti. Harapan bagi kami bukanlah perencanaan keuangan, perencanaan keuangan harus dicatat, diterapkan secara disiplin dan konsisten.



Saya jadi teringat salah satu percakapan dengan salah satu kawan etnis Tionghoa. Prinsip keluarga mereka secara turun temurun, walaupun bekerja, harus tetap punya usaha dan investasi agar kelak tak hanya sebagai karyawan, namun tetap bisa menjadi boss di luar. Mungkin itu sebabnya orang etnis Tionghoa banyak yang sukses dan mandiri secara finansial. Karena berani mengambil keputusan dan berani untuk membuka peluang. 




Investasi harus memiliki beberapa cabang istilahnya, kini saya mulai tertarik untuk mulai mencoba P2P Lending. Alasannya karena bunganya tergolong lebih besar dengan resiko yang lebih kecil dibanding saham atau forex. P2P Lending terpercaya salah satunya adalah KoinWorks.  


Koinworks merupakan layanan P2P lending yang resmi dan sudah terdaftar di OJK yang menyediakan fasilitas pinjaman berbasis marketplace online sebuah wadah yang mempertemukan pendana dengan peminjam yang berasal dari para UKM–UKM Indonesia dengan pengajuan kerja dan proses yang simpel. Nah, layanan ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk berinvestasi, loh!


Berinvestasi di koinworks bahkan tak harus dengan modal besar. Sisa uang belanja saja bisa untuk membuka investasi. Bicara mengenai investasi tentu kita akan membahas mengenai imbal hasil dan biaya layanan. 


Di koinworks kalian akan mendapatkan keuntungan hingga 18% p.a dan mulai mendanai hanya dengan Rp100.000 tanpa dikenakan biaya tersembunyi. Serta mendapatkan kenyamanan dan keamanan. Uang terjamin saat akan mendanai. Melalui Koinworks uang yang disalurkan kepada peminjam, dipastikan mendapatkan jaminan 100% uang kembali berkat adanya dana proteksi. Karena buat saya keamanan dalam berinvestasi itu menjadi hal yang paling penting dan utama sebelum terjun langsung berinvestasi. 


Caranya juga sangat mudah, kalian hanya mendownload aplikasi KoinWorks, lalu daftar sebagai personal account agar bisa menjadi pendana, lender atau investor, lalu pengguna bisa mendanai produk-produk dari KoinWorks yang sesuai. Jika kalian tertarik untuk menambah aset dan ingin memulai KoinWorks bisa download dengan klik link download berikut dan gunakan kode KLDESSY. Di jaman digital sekarang, bahkan kaum rebahan saja bisa mencari cuan. 




 

You May Also Like

14 komentar

  1. Sedari muda harus bs kelola keuangan dgn baik ya.

    Karena emang butuh pembiasaan, agar kita bs mencapai merdeka finansial dgn optimal.

    BalasHapus
  2. Capai kebebasan berfinansial atau juga bisa persiapan untuk menghadapi yang konon katanya tahun depan resesi, bisa dilakukan dengan berinvestasi. Jadi punya tabungan masa depan ya

    BalasHapus
  3. Sudah denger nih Koinworks, cuma belum pernah coba, mungkin nanti kalo sudah sempat bisa gabung. Lagi baru baca tulisan kakak, yang banyak membahas tentang merdeka finansial di atas, sip..

    BalasHapus
  4. Baru tau kalo banyak pilihan investasi di Koinworks
    Udah lama pingin invest emas dan p2p lending dan koinworks memberi kesempatan dengan nominal kecil

    BalasHapus
  5. Yes, kaum muda harus mulai sadar akan pentingnya investasi. Dulu, saat usia saya 30an, saya malah berinvestasi dalam bentuk tanah yang saat ini sudah saya bangun menjadi sebuah rumah. Saat ini, tak perlu investasi yang berisiko. Cukup berinvestasi di Koinworks... Praktis, mudah dan tersedia banyak pilihan...

    BalasHapus
  6. Masih muda udah invest ini keren banget mba. Bikin target financial buat jangka panjang pasti butuh uang ya, dicicil nabung dan investnya mulai dari sekarang lewat KoinWorks

    BalasHapus
  7. Yes agree
    Frugal living ga sama dengan pelit
    Frugal living lebih ke cermat dalam mengeluarkan uang
    Lalu untuk mencapai finansial freedom memang kita harus berani investasi yaa
    Untuk kebutuhan masa depan

    BalasHapus
  8. Berinvestasi di Koinwork jadi salah satu cara kita meraih kebebasan finansial ya mbak

    BalasHapus
  9. Pernah daftar koinworks tapi baru ngeh juga ada fitur investasi dengan pilihan beragam. Auto cek dulu aplikasinya nih biar semakin cepat meraih kemerdekaan finansial

    BalasHapus
  10. Ya Allah..
    Quotenya ngena banget kak Dessy..

    Memang uang tuh panas yaa.. Bisa jadi kalau gak dimanfaatkan untuk investasi, malah habis terpakai dan ujung-ujungnya setelah evaluasi, pasti larinya banyakan ke kuliner atau fashion deh..

    Kudu banget belajar investasi di koinworks.

    BalasHapus
  11. Bener banget. masa mudah harus disiapkan matang-matang biar bebas finansial di masa mendatang nanti. Salah satu caranya yaitu berinvestasi.

    BalasHapus
  12. Walau usia sudah tak muda lagi, namun pembelajaran soal investasi harus terus disimak, untuk membimbing anak-anak kita sendiri kelak, dapat berinvestasi dengan tepat.

    BalasHapus
  13. semakin muda usia kita meraih kebebasan finansial, semakin cerah masa depan kita yaa. Investasi ini memang penting banget dan harus terus disosialisasikan agar semakin banyak yang sadar dan terpacu untuk meraih kebebasan finansial

    BalasHapus
  14. Penting sekali memiliki kebebasan finansial di usia muda. Sejak dini sudah mempersiapkan keuangan yang mapan untuk masa depan. Btw, sudah pakai koinworks juga nih dan merasakan manfaatnya juga.

    BalasHapus