My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Transformasi Hidup Menuju Kesehatan Optimal: Rajin Berolahraga dan Suplemen Kesehatan sebagai Kunci Utama

by - Februari 26, 2024

 

Imun daya tahan tubuh


Semakin bertambahnya waktu, saya merasa tubuh sering sakit dan gampang lemas karena pola hidup yang tidak sehat, seringkali rebahan, minum kopi sachet, kurang air putih dan nonton Netflix seharian. Upaya mengubah pola hidup ke arah yang lebih sehat dimulai dengan mengubah mindset untuk rajin bergerak dan membuat satu komitmen untuk berolahraga. Karena tulang dan badan sehat adalah investasi yang tak ternilai di masa tua. 


Untuk mengubah pola hidup dari malas (mager) menjadi lebih produktif dan berolahraga, saya mulai dengan langkah-langkah kecil dan realistis. Tentukan tujuan yang dapat dicapai secara bertahap dan sesuaikan dengan kemampuan fisik lebih dahulu. Hindari memaksakan diri untuk berolahraga secara intensif dalam waktu lama, karena hal tersebut dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau bahkan cedera, bahkan saya pernah mengalaminya. Setelahnya saya berusaha mendengarkan bahasa raga, sebagai pemilik tubuh yang amat sangat mengerti kapan harus berhenti dan berikan waktu pemulihan yang cukup setelah beraktivitas fisik. Usahakan ada jadwal waktu khusus untuk berolahraga dalam rutinitas harian dengan waktu singkat lebih dahulu, bertahap, baru ditambah waktunya, seperti pagi atau sore hari. Pelan-pelan secara rutin. 


Cari jenis olahraga yang bisa dinikmati, sehingga lebih mudah untuk mempertahankan konsistensi. Saya biasanya treadmill dan yoga sebentar di rumah atau zumba mengikuti arahan trainer di YouTube. Libatkan teman atau keluarga, agar dapat saling mendukung. Selain itu, kurangi waktu yang dihabiskan untuk aktivitas yang kurang produktif, seperti menonton TV atau menghabiskan waktu berlebihan di media sosial.




Perubahan Kecil Mengubah Pola Hidup 


Dalam perjalanan menuju gaya hidup yang lebih sehat, terdapat dua pilar utama yang telah saya temukan membawa dampak positif signifikan: rajin berolahraga dan mengonsumsi vitamin secara teratur. Yuk, mulai eksplorasi perubahan-perubahan kecil yang dapat mengubah hidup. 


1. Rutin Berolahraga: Membangkitkan Energi dan Kesehatan


Berolahraga secara teratur bukan hanya tentang penampilan fisik tetapi juga mengenai kesehatan holistik. Saya mulai dengan aktivitas yang bisa dinikmati, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang. Jangan terlalu membebani diri pada awalnya, tetapi tingkatkan intensitas seiring waktu. 


Sesuaikan rutinitas olahraga dengan jadwal harian. Contohnya, berolahraga di pagi hari untuk memberikan dorongan energi atau pada sore hari untuk melepaskan stres. Jadikan olahraga sebagai waktu yang dinanti-nanti, bukan kewajiban yang membebani. Proses olahraga itu memang berat, namun konsisten adalah mendapatkan hasil yang maksimal. 


Saya mengalami rasa nyeri di bagian dengkul jika terlalu banyak naik tangga, sehingga beban untuk berlari, saya jadwalkan mulai hanya setengah jam saja dan biasanya bisa menempuh jarak 3 Km. Saya lakukan rutin setiap hari, hingga sebulan pertama, lalu bertahap saya naikkan menjadi 4-5 Km. 


Dulu saya sedikit sekali konsumsi air putih. Rasa lelah dengan rajin berolahraga membuat saya kini lebih banyak mengkonsumsi air putih. Berlari memang menjadi cepat haus setelahnya dan hal ini membantu saya untuk minum air lebih banyak setiap hari. 



Konsistensi dan Pencapaian Tujuan


Perubahan pola hidup memerlukan konsistensi. Tentukan tujuan yang realistis untuk menjadi langkah-langkah kecil. Catat kemajuan dan rayakan setiap pencapaian. Ini akan memotivasi untuk terus melangkah maju. Saya selalu melihat progress olahraga melalui aplikasi VeryFitPro salah satu aplikasi yang sinkron melalui jam tangan saat melakukan aktifitas olahraga harian sehingga tercatat langsung di sana.


Ingatlah bahwa transformasi bukanlah kilas balik, melainkan perjalanan. Jadikan proses ini sebagai bagian yang dinikmati, maka kalian akan menemukan bahwa hidup yang lebih sehat dapat diakses melalui langkah-langkah kecil yang dilakukan dengan tekad yang kuat.


Echinacea


Suplemen Kesehatan sebagai Pendukung Kesehatan Optimal


Suplemen kesehatan dapat menjadi tambahan berharga untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter untuk menentukan jenis dan dosis vitamin yang sesuai dengan kebutuhan kamu.


Vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin D untuk kesehatan tulang, dan omega-3 untuk fungsi otak, dan suplemen kesehatan untuk menambah imun daya tahan tubuh setelah sakit merupakan salah satu suplemen kesehatan  yang dapat memberikan manfaat luar biasa. Selalu pilih suplemen kesehatan yang berkualitas tinggi dan konsumsi sesuai dengan petunjuk pakai.




Echinacea: Kekuatan Herbal untuk Meningkatkan Kesehatan


Suplemen kesehatan terbuat dari herbal/golongan jamu yang saya konsumsi saat ini adalah Echinacea MPL yang mengandung 500 mg Ekstrak Echinacea purpurea, merupakan suplemen kesehatan herbal yang sering dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sudah tersertifikasi Halal serta BPOM. Beberapa penelitian menunjukkan potensi Echinacea dalam mengurangi risiko infeksi pernapasan. Bahkan Echinacea atau coneflower merupakan salah satu jenis bunga yang banyak tumbuh di Amerika dan Eropa. Dari berbagai spesies, ada tiga jenis echinacea yang sering digunakan untuk pengobatan, yaitu Echinacea purpurea, Echinacea angustifolia, dan Echinacea pallida. Ketiga jenis echinacea ini kaya akan senyawa aktif (alkaloid, asam fenolik, asam rosmarinat, asam sikorat, dan asam kafeat) yang dapat memberikan efek antiradang atau bekerja sebagai antioksidan. 


Cara penggunaan : Diminum 1x sehari 1 kaplet, disarankan dikonsumsi jika dirasa tubuh dalam kondisi tidak sehat (menjelang sakit / saat dirasa tubuh tidak fit), diminum setelah makan. Produk ini tidak boleh dikonsumsi berturut-turut selama lebih dari 8 minggu, karena tubuh kita sendiri sudah memproduksi imun juga, namun ada saatnya kita sedang tidak fit seperti habis sakit. 



Suplemen herbal


Manfaat Echinacea 


Adapun ragam manfaat Echinacea untuk kesehatan antara lain: 


Penguat Sistem Kekebalan Tubuh


Echinacea dikenal sebagai booster alami sistem kekebalan tubuh. Senyawa-senyawa aktif di dalamnya, seperti flavonoid dan asam fenolat, dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih dan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh kita. Dengan rutin mengkonsumsi echinacea, kita dapat memberikan perlindungan ekstra. Insha Allah ikhtiar yang baik akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat


2. Pemulihan Cepat dari Infeksi


Saya biasanya saat terserang flu dan batuk selain berat badan turun cepat, kondisi badan lemas biasanya. Namun setelah konsumsi suplemen untuk imun Echinacea dapat mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi durasi gejala infeksi pernapasan, seperti pilek dan flu. Kemampuannya meredakan peradangan membantu tubuh untuk pulih lebih cepat dan mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh infeksi. Bahkan setelah sakit dengan konsumsi Echinacea membuat badan fit lebih cepat, bahkan bisa langsung handle arisan keluarga di saat badan dalam proses pemulihan akibat terserang flu dan batuk. 


3. Perlindungan Terhadap Radikal Bebas


Echinacea kaya akan antioksidan, senyawa yang melawan radikal bebas dalam tubuh. Dengan menangkal radikal bebas, echinacea dapat membantu mencegah kerusakan sel dan jaringan, serta mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung.


4. Mengurangi Gejala Alergi


Bagi mereka yang menderita alergi, echinacea dapat memberikan bantuan. Kandungan anti inflamasi alami dalam echinacea dapat membantu mengurangi reaksi alergi dan gejalanya, seperti hidung tersumbat dan mata gatal. Jadi pertimbangan juga buat anak saya, yang jika kambuh alerginya seringkali bersin-bersin. 



5. Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan Atas


Echinacea sering digunakan untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan atas. Baik untuk mencegah infeksi atau meredakan gejala yang sudah muncul, echinacea dapat menjadi pendukung utama kesehatan sistem pernapasan kita.


Sebelum mengkonsumsi suplemen, sebaiknya disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk memastikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan kamu ya. 


Perubahan pola hidup memerlukan waktu dan kesabaran, jadi tetapkan harapan yang realistis dan rayakan setiap kemajuan kecil yang akan capai. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum memulai program olahraga baru, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu.


Selamat mengubah hidup menuju kesehatan yang lebih baik! 💪🌱





You May Also Like

14 komentar

  1. Betul mbak..
    Setelah rutin olahraga (meski cuma jalan santai pagi) mempengaruhi mood sepanjang hari.
    Bagi saya, mood pagi itu awal dari mood seharian, hehee
    Jadi sebiasa mungkin, mood itu harus dijaga sepanjang hari.

    Thx mbak, sharingnya...

    BalasHapus
  2. Betul mbak..
    Setelah rutin olahraga (meski cuma jalan santai pagi) mempengaruhi mood sepanjang hari.
    Bagi saya, mood pagi itu awal dari mood seharian, hehee
    Jadi sebiasa mungkin, mood itu harus dijaga sepanjang hari.

    Thx mbak, sharingnya...

    BalasHapus
  3. kondisi cuaca dan lingkungan saat ini yang memungkinkan banyaknya radikal bebas memang perlu diantisipasi ya kak, salah satunya bisa mengandalkan konsumsi suplemen ini dan penerapan gaya hidup sehat secara rutin juga

    BalasHapus
  4. Informasi yang sedang dicari banget ini, karena berasa tubuh sedang membutuhkan suplemen karena merasa suka kecapek an dan lelah, tapi begadang untuk menonton series yg disukai juga masih lanjut, hiks. Minum suplemen ngeri alergi. Echinacea ternyata suplemen yg dapat membantu mengurangi alergi. Makasih infonya kak.

    BalasHapus
  5. Suka banget, ka Dessy..
    Tubuh fit, kulit cantik dan semakin produktif dalam menjalani berbagai aktivitas. Mager memang kudu dilawan banget. Tapi namanya badan lagi gak fit tuh yaa.. bisa jadi karena keseringan di rumah, jadi pas aktivitas keluar rumah, badannya adaptasi lagi. Aku butuh banget nih Ekstrak Echinacea purpurea. Karena terbukti bahan aktif yang terdapat di Echinacea bisa memperbaiki imun tubuh. Dijual bebas kah, ka Dessy?

    BalasHapus
  6. yang saya cari nih
    suplemen herbal untuk imunitas tubuh
    Karena akhir-akhir ini kerasa saya gampang sakit
    Hanya ketemu anak sakit aja saya langsung ketularan
    Butuh suplemen agar kekebalan tubuh bertambah

    BalasHapus
  7. Saya juga ingin mulai rutin olahraga nih, walopun masih belum konsisten tapi setidaknya kesadaran tuk lebih banyak bergerak sudah mulai muncul. dan saya percaya tidak ada istilah terlambat hehe. kalo tuk suplemen saya belum pernah coba tapi kayaknya baca kandungan echinacea ini menarik juga nih

    BalasHapus
  8. Bener deh, udahlah hidup ga sehat-sehat amat, lebih tepatnya emang gak sehat. Doyan ngemil, jarang olahraga, sering begadang, .. ga ada konsumsi suplemen kesehatan pun. Gak salah tuh ungkapan, hidup sehat tuh murah kok, nanti pas sakit baru berasa mahalnya. Kayaknya emang perlu sedia Echinacea MPL di rumah, pastinya sambil pelan-pelan mengubah gaya hidup.

    BalasHapus
  9. Saya pun merasakannya. Semakin bertambah usia, pastinya semakin banyak keterbatasan. Kalau dulu bisa aman makan apa saja, sekarang tidak bisa lagi. makanya harus mulai menerapkan pola hidup sehat. termasuk minum suplemen juga.

    BalasHapus
  10. Kita eh saya tuh bandel, baru merasakan pentingnya gaya hidup sehat kalau udah ngalamin yang namanya sakit. Emang ya penyesalan tuh di akhir, kalau di awal namanya apa anak-anak? ya! pendaftaran.. hahaha. Minum kopi sachet, makan demennya yang proses pengolahannya super panjang (padahal makan makanan alami tuh jauh lebih murah dan simple), keseringan overthinking, begadang, malas olahraga, gak konsumsi suplemen kesehatan, tapi cita-cita... punya badan fit dan sehat. Kyahahahaha~

    BalasHapus
  11. Pastinya kalau punya tubuh yang sehat maka kita akan semangat dalam menjalani hari-hari ya mbak. Nah minum Echinacea ini berguna banget untuk imunitas tubuh

    BalasHapus
  12. Saya merasa tertampar kak, soalnya baru masuk 30 an udah berasa jomponya karena kebiasaan mageran, rebahan, dan konsumsi makanan juga waktu istirahat malam yang gak baik. Nah okahraga jadi PR utama saya karena suka ngga konsisten hehe. Saya setuju sih selain olahraga dan petbaiki kebiasan gaya hidup yang buruk konsumsi suplemen kayak Echinacea MPL memang dibutuhkan

    BalasHapus
  13. Aku juga konsumsi ini dan alhamdulillah cocok. Kemarin habis liburan dari Bali aku sempat flu, alhamdulillah terbantu pulih habis minum ini.

    BalasHapus
  14. Echinacea berarti ini golongan suplemen herbal ya Mba. Bertambahnya usia seiring juga dengan menurunnya metabolisme diri, apalagi seperti saya yang masih jarang banget olahraganya. Pasti butuh suplemen agar staminanya tetap kuat dan bisa diandalkan. Gak enak banget emang klo sakit lagi menghampiri ya Mba

    BalasHapus