My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Mendekap Kuliner, Meraih Peluang Bersama Yummy App

by - Mei 29, 2020



Setiap mama adalah seorang perempuan yang selalu menyimpan keajaiban di kepalanya. 

Tak terhalang usia, ketika sudah memiliki buah hati, maka si kecil akan menjadi cinta pandangan pertamanya setelah menikah. Di tangan seorang Mama, tumbuh payung kekuatan menghalau hujan tantangan yang jatuh satu-satu dalam fase hidupnya.


Di umur yang menginjak 20 tahun ketika itu, saya ditakdirkan menjadi seorang ibu. Usia yang terbilang muda tak menjadi penghalang dalam memberikan banyak cinta.

Bertahan menjadi Mama muda tangguh di era milenial sekarang ini adalah dengan memperluas wawasan. Hidup seorang Mama akan banyak kejutan.

Seiring berkembangnya zaman, dunia semakin canggih. Hadirnya segala macam portal berita online, beragam aplikasi, serta kumpulan website online menawarkan segudang manfaat. Tentunya menjadi sarana belajar yang kian digemari para Mama milenial. Seperti halnya Popmama menjadi salah satu media online pilihan yang sering saya kunjungi. Di sini tersimpan banyak sekali tips dan trik menarik dalam pola mengasuh, mengedukasi dan membahas banyak hal lain mengenai parenting.


Berawal dari tidak bisa, karena memiliki tanggung jawab lebih dan terbiasa, maka lahirlah sosok baru bak wonder woman di keluarga dengan segala kehebatannya. Di bahu para mama menyimpan sejuta profesi tanpa sertifikat; sebagai guru, sebagai ahli keuangan, sebagai koki, sebagai bodyguard, sebagai supir, dan masih banyak hal lainnya yang tak habis disebutkan satu-persatu.

Popmama menyajikan konten worth-sharing yang trending dan relevan bagi para Mama. Selain membahas Health & Lifestyle di sini juga sangat membantu untuk menggali ilmu semenjak kehamilan melalui tools yang tersedia di sana.


Dengan Due Date Calculator misalnya, kita bisa mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL) dengan kalkulator kehamilan. Selain itu dilengkapi juga dengan tools Ovulation Calculator untuk mengetahui masa subur dengan kalkulator masa subur dan masih banyak lagi tools menarik yang bisa kalian akses.

***

Kejutan Tahun dan Fase Hidup

Tahun ini menawarkan banyak kejutan yang tak terduga dalam fase hidup saya. Semua peristiwa seolah beriringan saling menyapa, dari musibah banjir sampai imbas yang paling terasa adalah ketika suami di PHK karena efek wabah COVID-19.

Penghasilan tetap satu-satunya yang jadi tumpuan hilang setiap bulannya, kami berdua harus putar otak untuk mencari peluang usaha di kondisi sekarang ini yang serba sulit dengan mengandalkan pegangan uang tabungan.

Ide kreatif dan Produktif bersama Yummy App

Yummy App bagi saya menjadi ide awal untuk membuat usaha makanan online kecil-kecilan, di sana banyak sekali ide kreatif yang membuat saya menjadi lebih produktif dengan mencoba resep-resep baru berbagai masakan lengkap dari Nusantara maupun Mancanegara. Step panduan di setiap resepnya mudah dan gampang diikuti, bahkan ada videonya.

Sepengamatan saya, Yummy App merupakan aplikasi resep masakan paling mudah dengan fitur terlengkap yang baru saya temui.

Hanya berawal dari senang memasak dan sering mencoba banyak resep makanan melalui aplikasi Yummy App, saya terbersit ingin membuat kudapan lauk ringan ikan lome' balado kering, rencana hidangan ini kelak akan saya jajakan dengan packing kemasan plastik kedap udara, hingga awet untuk dijual secara online. Ikan lome' kering kami datangkan dari pulau Buru - Kepulauan Riau, karena ikan asin di sana rasanya berbeda, lebih gurih dan tidak terlalu asin, sehingga sangat pas dipadukan dengan bumbu lain. Ikan lome' kering jarang dijual dan ditemui di sini.


"Nchie, resep gulai ikannya sebenernya sudah enak, tapi entah kenapa sedikit berbeda dengan buatan Mama Ka Aris di Riau" Terang suami kala itu. Saya pun mengangguk dan berpikiran sama. Padahal bumbu dan prosesnya sesuai dengan resep milik mama mertua. Setelah sekian lama, saya baru sadar, rupanya mama mertua selalu membuat gulai tidak menggunakan cabai basah melainkan cabai kering giling. Pantas saja rasanya berbeda, cabai kering akan menghasilkan warna yang lebih merah namun tidak begitu pedas, untuk dibuat gulai akan menghasilkan rasa yang tentunya lebih enak dan menggugah selera. Itulah kenapa, masakan setiap orang - suka berbeda, terkadang mereka punya rahasia bumbu sendiri, walau terlihat simple perbedaannya, namun akan merubah rasa.

Di kepulauan Riau, masakan lebih dominan menggunakan cabai kering, karena lebih murah. Sedangkan sayur-mayur dan cabai basah di sana lebih mahal, namun entah kenapa kebiasaan memakai cabe kering giling membuat masakan daerah sana menjadi lebih nikmat untuk disantap.

Resep gulai ikan ala Riau ini insha Allah nanti akan saya share di yummy app. Karena di aplikasi ini kita bisa berbagi resep sehingga bisa bermanfaat bagi banyak orang. Selain itu keuntungan lainnya, kalian bisa menghasilkan uang tambahan, apalagi bila kalian suka memasak, jika rajin meng-upload resep masakan dan lolos kualifikasi untuk masuk ke Yummy App maka setiap resep yang berhasil publish akan mendapatkan 100 poin, setara dengan 10 ribu rupiah. Kalian bisa redeem akumulasi pointnya dan ditukarkan dengan pundi-pundi rupiah ke tabungan kalian. Asik kan! Sekali  dayung, dua tiga pulau terlampaui.


Selain itu jika kalian share kode referral dan mengajak kerabat dan kawan untuk download menggunakan referal code milik kita, maka akan mendapatkan 100 point juga yang tentunya masih sama, setara dengan 10 ribu rupiah. Yuk gabung sekarang bersama Yummy App dengan kode referral dessy-muchlinta


Jangan lupa selesaikan misi, agar kalian mendapatkan tambahan hadiah menarik dari Yummy App.

Mengenal Yummy App dan Keunggulannya



Di aplikasi ini, resepnya lengkap. Tak hanya kumpulan masakan harian saja namun tersedia resep minuman, kue, camilan yang praktis, dengan 5 langkah mudah dan anti-gagal.


Selain itu dimasak dan dikurasi langsung oleh Chef ternama dan chef handal dari Yumny App. Dengan hanya mendownload App-nya kita bisa mengakses GRATIS kumpulan resep aneka masakan. Bisa disesuaikan berdasarkan bahan-bahan yang tersedia di rumah dengan fitur-fitur pelengkap sehingga menjadi lebih mudah.

Daftarnya Mudah

Cara mendaftar akun di aplikasi Yummy App juga cukup dibilang sederhana, hanya dengan mendownload melalui Google playstore maupun App store, klik "daftar" kemudian registrasi secara manual atau hubungkan dengan Facebook, saya memilih option kedua agar lebih mempermudah, hanya menunggu verifikasi akun melalui no telp dengan kode yang diberikan, aplikasi ini siap digunakan. Kalian juga bisa melihat caranya melalui video ini-->


Fitur-fitur di Yummy App yang Memudahkan



Yummy App dilengkapi dengan beberapa fitur yang memudahkan

Fitur Komunitas

Jika kalian hobby masak, bisa nih gabung bersama anggota komunitas Yummy lainnya. Kamu bisa dapetin uang tambahan dari resep yang kamu upload, dari hobby bisa menjadi passion.

Fitur Filter Harga
Jangan khawatir mau masak tapi budget pas-pasan, yummy akan memfilter resep berdasarkan budget yang kamu punya. So, bisa tetap makan enak walau tanggal tua.

Fitur Filter Waktu
Ingin masak cepat dan sedikit buru-buru? Tenang, ada filter waktu yang membuat kalian bisa mencari resep dan membuatnya dengan waktu singkat yang kalian sesuaikan.

Fitur Filter Porsi
Dengan filter porsi ini kalian tidak perlu sibuk lagi memikirkan beberapa takaran yang harus dikurangi atau dilebihkan jika hanya ingin makan untuk dua orang saja. Bisa gunakan filter porsi untuk 2 orang, 4 orang, atau bahkan lebih. Maka resep akan terfilter sesuai porsi resep yang kalian inginkan

Fitur Memasak
Kalian bisa memilih dengan bahan yang ada di kulkas karena fitur "Memasak" di Yummy App jadi solusinya dengan beragam resep.

Resep Favorite di Yummy App


Resep favorite saya di Yummy App justru ada di resep dasar Kulit Tortila, resep ini membantu saya untuk mendapatkan ide cemilan yang bisa dijajakan online, membuatnya mudah, dapat disimpan dan tentunya awet.
Informasinya lengkap, ada keterangan beberapa lama waktu yang dibutuhkan, untuk berapa porsi dan kisaran harga yang dikeluarkan. Proses pembuatannya juga dilengkapi dengan video sehingga kita dapat mengikuti step-stepnya langsung dengan melihat videonya.


Saya percaya, bahwa setiap masakan ibu, selalu menjadi menu terbaik bagi anak-anaknya. Tak hanya sebatas bumbu dan bahan, namun ada keajaiban lain yaitu rasa cinta serta curah perhatian ditransfer melalui tangannya.

Hari ini, wangi masakan menghias rumah kami sejak pagi. Setidaknya gizi terpenuhi, kasih sayang saya menyelimuti.

Semangat untuk para Mama agar selalu produktif dan kreatif. Hanya dengan satu genggaman di aplikasi ponsel, kita bisa melakukan langkah kecil yang baik untuk diri sendiri dan share tuang ide masakan ke para Mama di seluruh dunia.

DessyAchieriny

Picture : Dessyachieriny, Popmama & Yummy App
Olahrgrafis : Dessyachieriny
Infografis : Dessyachieriny
video ; Youtube Yummy App
*Tulisan ini diikutkan dalam Blog Competition Yummy App



You May Also Like

48 komentar

  1. Halo Mama Milenials, suka deh dengan kreatifnya, emang bener yaa seorang mama banyak banget keajaiban di kepalanya.
    Waah, 20 tahun, aku masih kuliah, tapi seru banget perjalannnya tuh. Biasanya kalo nikah masih muda ntr punya anak kek adek kaka.
    Btw, aku baru tahu app Yummy ini, nanti aku donlot, kebeneran suka masak2, pen bikin tortila tuuh. Makasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak, aku lulus sekolah langsung dilamar. Iya bener,Alhamdulilah sekarang anakku kuliah jadi kaya temen main. 😁 Suamiku gak mau nunggu katanya takut keburu aku diambil orang. Ahaha. Aplikasi Yummy App-nya bermanfaat banget buat belajar masak, ditambah aku memang suka masak. 🥰

      Hapus
  2. Sepakat dengan kutipan paling ujung atas, setiap mama itu pasti wow dengan segala keterbatasan yang mereka miliki. Apalagi dlm hal kuliner di tambah aplikasi ini pasti jadi lebih wow lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, iya kak Lina. Apa pun yang dulunya gak bisa, insha Allah jadi bisa kalau punya niat dan usaha. Aplikasinya ringan tapi segudang manfaat buat liat resep harian

      Hapus
  3. Saya kalau mau cari resep dari Yummy ini mbak karena banyak banget resep yang bagus di sini dan cocok untuk dibuat. Btw cara pembuatannya juga jelas kadang disajikan dengan video.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bener, tiap bingung mau masak apa aku tinggal klik filter bahan yg ada di kulkas. Keluar deh beberapa resep yg kira2 bisa dibuat.

      Hapus
  4. Wah, keren sekali sih aplikasinya bisa memperluas wawasan banget buat belajar masak yah. Apalagi selama ini aku masaknya kebanyakan pake resep sesuai kata hati aja dan main cemplung-cemplung aja nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga kadang pake takaran kira-kira kalau masak, namun dengan adanya aplikasi Yummy jadi lebih gampang bgt masak tinggal ngikutin step sambil baca bahan dan nonton gak ada videonya jadi gak ada yg kelewat

      Hapus
  5. MasyaAllah hebatnya ibu muda ini.. usia 20 sudah punya anak tapi tetap bisa produktif 😍.
    Kalo kita rajin membagi resep bisa dapet cuan juga di aplikasi yummy app ini ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang anakku udh kuliah mbak, dulu umur 20-an butuh belajar ilmu parenting sana-sini, sekarang ilmu parenting tinggal buka Popmama.

      Hapus
  6. Yummy ini memang aplikasi yang bagus banget ya mbak, saya juga cari informasi dari sini untuk buat beberapa resep makanan. Kita pun bisa upload resep dan dapat poin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, bisa dijadikan penghasilan tambahan selain menyalurkan hobby.

      Hapus
  7. Makasih infonya ttg Yummy App mba. Menarik nih fiturnya, berbeda dg yang lain

    BalasHapus
  8. Hello mom dessy.. semangat ya agar selalu produktif dan kreatif.. jadi hanya dengan satu genggaman di aplikasi ponsel yaitu menggunakan Yummpy apps bisa melakukan langkah kecil yang baik untuk diri sendiri dan share tuang ide masakan ke para Mama di seluruh dunia yaa.. keceh ini sih

    BalasHapus
  9. Saya nemuin bumbu dari cabe kering ini di kampung halaman mama mertua, Lombok. Disana juga suka memasak dengan cabe kering, cabe merah kering pokoknya semua yang kering kering hihi.. Dan saya juga suka berhenti pas scroll beranda Facebook kalau ada Yummy lewat, keren keren sih videonya.. Install juga ah, kalo ada bau bau duit gitu semangat hahahaaa.. Salam kenal, Mbak :)

    BalasHapus
  10. aku baru tahu kalau yummy ada app-nya, aku sering nge-save videonya di IG hihihi

    BalasHapus
  11. Bener banget deh mama itu ajaib aneh tapi nyata :-D
    Dulu gak bisa masak skearang pinter banget (kata diri sendiri sih hihihi).
    Dessy lebih banyak makan asam garam daripada aku, jadi aku harus berguru banget deh.
    Semangat terus ya tahun yang penuh ujian, Insya Allah segera berlalu. Muter otaknya hati2 ya Des takut kecengklak.
    Kalau usaha makanan cocok buat Dessy deh tuh suka masak kan, cari idenya dari Yummy App deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin terimakasih Mbak Lid. Muter otaknya pelan-pelan biar gak kecengklak 😂

      Hapus
  12. Jadi tau resep Tortilla deh Mbak Dessy... Btw saya juga donlot nih Yummy App, masak bareng ama anak, seru²an deh bikin camilan hehe

    BalasHapus
  13. aku juga udah download aplikasi yummy nih, emang membantu banget sih yaaa, jadinya aku juga seneng masak yang simpel simpel heheheh

    BalasHapus
  14. Menjadi ibu di usia berapapun mempunyai tantangannya sndiri2..begitupun menjadi ibu di usia muda tentu tantangannya juga tak sedikit ya.. Salut deh!

    BalasHapus
  15. wah aplikasi fav para bunda ini mah :) apalagi selama pandemi ini kayaknya para bunda jadi makin mahir memasak ya

    BalasHapus
  16. Suka sama konsep aplikasi Yummy App. Selain bisa nambah ilmu baru soal resep masakan, bisa nambah penghasilan juga. Semangat ya Mba Dessy

    BalasHapus
  17. super young yet productive. I just found out about this app mba and it looks like something fun to try indeed

    BalasHapus
  18. Aku juga sudah pakai Yummy Alp. Seru, aplikasinya user friendly banget. Mudah digunakan. Dan fiturnya juga lengkap.

    BalasHapus
  19. Salut aku mba, udh jadi mom di usia yg msh sangat muda, gk mudah menjadi ibu ��
    Btw otw download appnya ah, pengen belajar masak juga nih biar lbh kreatif di dapur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku aja gak nyangka kalau nikah di usia muda. Takdir, jodoh, maut, kita gak ada yang tahu. Alhamdulillah punya suami beda 13 tahun lebih tua jadi bisa ngemong aku. Rumah tangga itu jika dibangun dengan saling bantu, dukung, saling pengertian insha Allah berjalan lancar.

      Hapus
  20. Wah bener ni mbak..
    Yummy app bisa jadi peluang nambah penghasilan saat di rumah saja

    BalasHapus
  21. Keren banget mbak, usia 20 tahun sudah jadi ibu. So pasti banyak banget yaa suka dan dukanya. Suka baca ceritanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, gak pernah nyangka juga bisa jadi ibu di usia muda. Kalau Allah sudah kasih jodoh, manusia gak ada yg bisa menolak rencananya. Kebetulan beda umur juga jauh, 13 tahun. Hehe. Belajar banyak juga dari suami. Alhamdulillah, yang terpenting adalah kerjasama, jalin komunikasi yang baik dan saling memahami. Insha Allah setiap Ibu bisa menjadi Mama hebat bagi anaknya.

      Hapus
  22. Makasih rekomendasinya Mbak. Aku dong langsung search di app store dan langsung install haha. Biar nggak bingung mau masak apa setiap harinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak Lina, aku berawal dari sosial media karena sering liat resep masak, setelah tahu kalau ada aplikasinya langsung install, biar gak bingung lagi mau masak apa. 🤭

      Hapus
  23. Tahun ini emang banyak kejutan ya dan kitanya dituntut untuk kreatif menyikapinya. Keren Mbak Dessy super kreatif banget ini. Aku suka tampilan blognya, dan makin suka waktu baca tentang Yummy App yang ternyata aplikasi oke banget buat para ibu di rumah, bisa berkreasi dan berbagi, eh dapat tambahan penghasilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Mbak Mon, aku karena memang dasarnya seneng masak setelah tahu aplikasi ini langsung download. 😁

      Hapus
  24. Oke banget deh ini aplikasi masak. Buat yang suka masak atau yang lagi belajar masak bisa berguna banget trus cucok banyak fiturnya. Pasti helpful banget apalagi bisa nyimpen resep ya.

    BalasHapus
  25. waahh baru tahu nih Yummy App bisa jadi tempat nambah uang jajan juga, selama ini sering lihat resep2 dari Yummy versi webnya atau videonya gitu karena praktis dan bahannya juga simple2 kan ya.
    cuss juga aahh install Yummy.

    BalasHapus
  26. Leh uga nih aplikasi Yummy App ini. Aku yang nda bisa masak bakalan terbantu banget yaaa.. Mau juga ah kulik berbagai fitur di dalamnya. Siapa tau ntar lama-lama bisa masak dan jadi favorit keluarga dong masakanku.

    BalasHapus
  27. Seru banget aplikasinya...!
    Tampilan buat usernya juga oke banget dan kekinian. love banget liatnya <3

    BalasHapus
  28. Aku baru tahu aplikasi ini deh. Mudah juga ya fitur fiturnya jadi ga ribet. Pengen juga bisa masak yang nyummi hihi

    BalasHapus
  29. Kebetulan nih pas lagi rajin masak akunya
    Ah jadi ga sabar mau segera kulik dan coba resep yang ada

    BalasHapus
  30. Di tempat sekarang saya tinggal ternyata cabai kering menjadi bahan baku masakan. Ternyata ini dia rahasia warna merah tapi tak pedas pada masakan. Akhirnya ikutan masak dengan cabai kering juga.

    BalasHapus
  31. Keren ya aplikasi ini. Ada kode referallnya juga yang membuat untung.

    BalasHapus
  32. aplikasi andalan nih kalo udah bingung mau masak apa..., terus jadi kepengen terus buat nyoba resep baru

    BalasHapus
  33. Buat yang ga punya keahlian masak juga bermanfaat ya kalau kita gabung di Yummy ini. Langsung cus mau download aplikasinya dan intip semua menu yang ada deh

    BalasHapus
  34. wah ada sep arnold juga yaa haha aku sempet download appnya juga, mbak, memang ngebantu banget nih terutama buat siapin menu2 anak.

    BalasHapus
  35. Aku salfok sama foto pertama mba, duh cantik banget dah punya anak gadis. Jadi kayak Kaka adik deh jadinya. Hebat mba udah jadi mama muda tangguh di usia 20 . Owh iya aku juga intip nih yummy app. Bermanfaat banget buat yang mau belajar masak dan ga bisa masak kayak aku hehhehe. Resep2 nya oke banget

    BalasHapus
  36. Wah makasih lho mom infonya aku jadi gal binggu lagi kalo mau cari menu2 yang ku mau masak

    BalasHapus
  37. Asik nih sekarang sudah ada Yummy App. Jadi bisa cari resep-resep masakan yang kita inginkan ya. Btw, salam kenal ya, kak.

    BalasHapus