My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Smartfren Luncurkan WOWLabs Sebagai Wadah Kokreasi Generasi Muda

by - Desember 07, 2020

 

Tenun Ikat

Smartfren Luncurkan WOWLabs Sebagai Wadah Kokreasi Generasi Muda | Memikat pecinta wastra, berawal dari suka melengkapi outfit of the day dengan obi tenun ikat. Saya kemudian berpikir untuk memproduksinya juga. Obi tenun gambar di atas adalah home made  produksi sendiri. Kain tenun gemilangnya tak kalah dengan batik, beberapa kali saya juga mengunjungi workshop kriya wastra, seperti ikat celup, eco-printing dll. Usaha kecil-kecilan di rumah bertujuan mengembangkan warisan ikat sebagai sumber ekspresi budaya dan inspirasi berkreativitas. Awalnya coba-coba, tak laku pun bisa saya pakai sendiri dan Alhamdulilah banyak diminati.  


Smartfren WOWLabs


Dibutuhkan upaya-upaya panjang untuk merawat negeri sendiri melalui Work From Heart. Baru-baru ini saya membaca di berbagai media bahwa Smartfren meluncurkan WOWLabs, istilah lainnya yang terlintas dalam pikiran saya saat itu seperti jala untuk menciduk benih-benih kreatif dari generasi muda. 


Seiring masyarakat kita yang konsumtif, harus ada media penggerak dan pendorong untuk menciptakan generasi baru yang berperan sebagai kreator dalam melakukan inovasi, baik itu teknologi dan seni. Semakin kesini, saya melihat banyak perubahan, jalan menuju ke sana mulai terbuka. Kini kita bisa melihat tumbuh pesat menjamurnya content creator dan mulai bermunculan pecinta seni dengan karya yang hebat bermunculan seiring sosial media makin berpengaruh di negeri ini. Setidaknya memberikan semangat baru untuk selalu berinovasi dalam berkarya dan berhenti hanya untuk menjadi penikmat saja. 


"Mimpi Membutuhkan Kaki dan Wadah untuk Menapaki Menuju Pencapaian yang Lebih Tinggi"

 

Generasi muda harus pintar untuk kembali berbicara kepada diri sendiri dan menyertakan Tuhan di setiap tindakan. Pernah gak kalian menanyakan pertanyaan dalam diri sendiri mengenai, apa sih yang sebenarnya Tuhan titipkan pada hidup kita yang bermanfaat bagi banyak orang, melalui apa yang kita bisa lakukan sekaligus yang kita sukai? Sehingga kita bisa bekerja dengan hati bahagia untuk mencapai hasil yang maksimal serta mampu bertahan melewati tantangan dan hambatan. 


Anak muda merupakan pencetus ide-ide kreatif yang mampu mengimplementasikan ke dalam bidang usaha kreatif. Banyak mimpi anak-anak muda yang kadang hanya disimpan, mereka menunggu kapal besar untuk berlayar bersama, menerjang ombak dan menaklukkan lautan agar mimpi mereka sampai ke tujuan. Dilihat dari perkembangan jaman, tentunya industri kreatif bisa menjadi tulang punggung perekonomian di masa akan datang, tak ayal banyak platform baru bermunculan hasil karya anak muda Indonesia yang dengungnya bahkan sampai ke manca negara. Tak hanya butuh ilmu dan pintar teknologi, namun butuh keberanian dalam menaklukkan tantangan. Hal ini ada dalam jiwa para generasi muda sekarang. Makna WOWLabs seolah mempunyai arti tersendiri. Memberikan semangat bagi generasi muda kreatif untuk tidak salahnya mencoba. Jangan pernah takut gagal untuk meraih sesuatu dan jadikan kegagalan sebagai pengalaman berharga untuk naik tingkat. 


Seperti yang kita tahu, selama ini Smartfren selalu menghadirkan banyak hal wow di beberapa tahun belakangan ini serta melibatkan generasi muda dalam setiap programnya. Program-program bermanfaat yang membangun dan memberikan semangat anak muda, sudah tercermin melalui rumah kreatif bersama Smartfren Community. Inisiatif yang tidak kalah wow kali ini, Smartfren menghadirkan platform bernama WOWLabs, hal ini tentu membuka peluang bagi anak muda Indonesia yang penuh kreatifitas dan semangat berkarya dengan mensupport industri kreatif Indonesia agar terus tumbuh dengan media kokreasi. 


Semangat gotong royong yang kental akan dituangkan ke dalam WOWLabs untuk menginspirasi dan memberikan pecutan semangat berkreasi melalui filsafat hidup yang sudah lama terpatri dalam jiwa. Gotong Royong bersama-sama membuka peluang bagi generasi muda yang memiliki ide dan karya-karya gemilang dengan harapan besar kelak akan mengubah wajah Indonesia. Smartfren juga menggandeng brand, kreator-kreator lokal inspiratif yang dimiliki Indonesia, yakni Show the Monster, Hana Madness, Pijak Bumi, Stayhoops, dan Ahha Official Store untuk bersama-sama membuka berbagai peluang berkreasi dan berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik dan lebih gemilang. Melalui WOWLabs ini, Smartfren dan brand serta kreator lokal tersebut akan bersama-sama kokreasi produk limited edition. Saat ini, produk yang sudah tersedia adalah sepatu limited edition buatan Pijak Bumi dan kaos kaki buatan Stayhoops yang keduanya dibuat dengan desain karya Addy Debil. Sebagian hasil penjualan produk limited edition tersebut akan digunakan memperkuat pembangunan berbasis komunitas di seluruh wilayah operasional Smartfren. Salah satunya dengan menyalurkan komputer dan sarana pendukung kegiatan ekonomi kreatif serta pendidikan melalui Rumah Kreatif Smartfren. Saat ini Smartfren Community memiliki 11 Rumah Kreatif yang antara lain berada di Natuna, Tangerang, Cilegon, Bojonegoro, Surabaya, dan Cilacap.


Melirik Langkah Nyata Rumah Kreatif Bojonegoro bersama Smartfren Community 


Jujur, melihat channel youtube-nya kak Didik membuka mata saya mengenai peran Smartfren yang begitu besar untuk mendukung generasi muda lebih kreatif dan maju. Banyak program yang sudah dilakukan dari Rumah Kreatif Bojonegoro melalui Smartfren Community Goes to Campus, Smartfren Community Goes to school & Smartfren Community Goes to Village yang tentunya juga bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Bojonegoro bersama dinas komunikasi dan informatika Kabupaten Bojonegoro dan masih banyak kegiatan positif lainnya seperti pendampingan pembuatan website bagi komunitas dan mengemas produk UMKM serta pengadaan kelas online dengan tema yang sangat mendukung pemuda Indonesia untuk lebih kreatif dan berkarya. 


Rumah Kreatif Smartfren


Rumah-rumah kreatif Smartfren juga bisa digunakan bagi anak-anak yang tidak bisa sekolah untuk mendapatkan akses internet, menggali ilmu dan mencari materi-materi sekolah yang dibutuhkan. Terlebih kondisi sekarang banyak pelajar membutuh akses internet yang tinggi untuk daring dan tidak sedikit terkendala sarana dan prasarana yang tidak memadai. Rumah Kreatif Smartfren terbuka untuk siapapun yang membutuhkan akses internet untuk kegiatan yang bermanfaat. Tinggal datang ke sana, maka kalian bisa mendapatkan akses internet secara gratis untuk belajar dan masyarakat juga bisa memanfaatkan rumah kreatif Smartfren sebagai bentuk kepedulian pendidikan di Indonesia lainnya. 


Smartfren Memberikan Peluang Bagi Generasi Muda Melalui Media Kokreasi WowLabs


Kehausan anak muda milenial dengan banyak ide kreatifnya memicu Smartfren memberikan wadah menampung ide mereka. Nah Smartfren datang di waktu yang tepat untuk menampung ide mewujudkan mimpi generasi muda kreatif. Pesan-pesan yang saya tangkap dari WOWLabs adalah bahwa di setiap goresan, setiap anyaman, mengisahkan cerita, jalin kedekatan, mengukir prestasi menyatu dalam komunitas, berbagi cerita dan harapan memajukan Indonesia.


Ide Awal Terbentuknya WOWLabs


Ide awal terbentuknya WOWLabs terinspirasi dari banyak anak muda kreatif dan sukses di bidangnya, hal ini tentu tidak mudah karena dibutuhkan sebuah proses panjang untuk mencapai itu semua sehingga karyanya bisa dikenal banyak orang. Kenapa dinamakan WOWLabs karena Smartfren ingin mengajak kerjasama kreator muda untuk membentuk produk yang bagus bersama brand lokal dan konten kreator yang juga memberikan impact kepada banyak orang. Karena talenta-talenta anak muda Indonesia banyak yang kreatif, namun mereka membutuhkan wadah untuk menyatukan ide dan membutuhkan media untuk mempopulerkan itu semua. Peran Addy Debil juga tidak kalah penting sebagai inspirasi awal terbentuknya WOWLabs. Sebelum ini sebenarnya Smartfren juga telah menjalin kemitraan dengan kreator muda Indonesia Addy Debil, seniman grafis yang hasil karyanya ditampilkan dalam WOW Virtual Concert 2020 lalu yang sama-sama memiliki visi misi yang sama dengan Smartfren yaitu fresh, positif, berkesan. Selain itu desain karyanya juga disematkan dalam kaos dan masker yang dijual melalui Ahha Official Store, untuk kemudian hasilnya didonasikan melalui Benih Baik kepada masyarakat yang membutuhkan. Namun ternyata juga diminati oleh banyak orang. Dengan demikian terpikir bahwa ternyata produk lokal juga tidak kalah bagus dan dapat bersaing di pasar tanah air sehingga terbentuklah ide WOWLabs. 


Hasil-hasil dari WOWLabs berupa fashion baik itu baju, sepatu, kaos kaki, tidak hanya nyaman dipakai namun juga keren. Mencerminkan anak muda banget, pesannya mengangkat celetukan kekinian seperti anti julid, hoax, pansos, yang digabung dengan coretan-coretan sketsa gambar menarik. 


WOWLabs wadah kokreasi


Masyarakat Indonesia juga semakin cerdas dan mulai melirik produk lokal karena memang kualitas produk lokal tidak kalah dengan brand luar. Perilaku bangga dengan produk lokal di sosial media yang digaungkan para influencer dan content creator juga bisa menghantarkan perilaku positif untuk bangga dengan produk anak negeri. 



Kreator muda yang tergabung dalam WOWLabs ada Hana Madness dan Show the Monster. Perlu diketahui bahwa Hana Madness dan Show the Monster adalah kreator lokal yang fokus pada pengelolaan intellectual property (IP) berupa desain karakter. Sedangkan Ahha Official Store merupakan brand lokal milik youtuber Atta Halilintar yang sempat dijuluki di King of YouTube-nya Indonesia ini memproduksi berbagai produk fashion anak muda seperti outer dan t-shirt. Sedangkan Stayhoops merupakan brand lokal yang memproduksi antara lain kaos kaki dan masker.


Kisah Inspiratif Hana Madness yang Patut Dicontoh Generasi Muda


Ada cerita unik dari Hana Madness kenapa ia terjun dan membuat sebuah karya keren saat ini diawali dari diri sendiri, dari Crisis Psychology atau mental health yang dialami. Sehingga seni dijadikan sebagai medium untuk menumpahkan semua kegelisahan menjadi satu karya yang keren. Percaya deh, kalian akan terlihat keren ketika memiliki prestasi dan bermanfaat bagi banyak orang. Bukan malah terpuruk kepada hal negatif dan narkoba. Saat berkesenian ia sama sekali tidak terbesit untuk mendapatkan apresiasi, hanya ingin menyembuhkan diri sendiri sebagai upaya menjaga kewarasannya untuk menuang kegelisahan hidup selama ini. Berkat obsesi, rasa percaya diri, berani berbuat sesuatu untuk diri sendiri, bangkit dari keterpurukan. Perlahan tapi pasti sebuah proses hidup membuat ia berkembang, bahkan karyanya dikenal di luar negeri terutama di Inggris melalui Festival seni dan disabilitas terbesar, Inggris. Kini ia bergabung menjadi Keluarga Smartfren dengan adanya WOWLabs. Bagi saya ini adalah kisah inspiratif yang harus diangkat dan juga patut dicontoh bagi generasi muda sekarang, bahwa keterpurukan hidup dijadikan pecutan menjadi anak muda yang gemilang dan bisa tersenyum karena pencapaian. 


Smartfren Wowlabs terbuka untuk semua content creator, musisi, brand lokal yang ingin bergabung bersama Smartfren untuk memberikan impact positif kepada banyak orang dan membangun negeri sendiri untuk memajukan industri kreatif dengan kokreasi. Wadah ini semoga membuka peluang dari awalnya adalah tantangan. Karena internet dan teknologi tentunya dapat membuka peluang bagi banyak orang di berbagai pelosok negeri ini.  Sebagian hasilnya juga akan dikembalikan untuk membangun Indonesia yang lebih baik seperti adanya pengadaan komputer dan sarana lain di rumah-rumah kreatif Smartfren yang bergerak mengembangkan ekonomi kreatif dan pendidikan yang sudah tersebar di banyak kota dan sudah dirasakan manfaatnya. 


Dengan kolaborasi diharapkan mampu bersinergi antara inovasi dan kreatif untuk menciptakan peluang baru, bermanfaat tidak hanya untuk diri namun banyak pihak, baik di pasar dalam negeri dan luar negeri. Jadilah bagian yang mencintai produk sendiri dan bangga dengan hasil karya anak bangsa.  

You May Also Like

8 komentar

  1. Brand lokal sekarang semakin banyak yang bagus. Apalagi kalau ada nuansa Indonesia paling saya suka. Semakin kreatif dan bikin bangga pakai produk lokal. Smarfren keren juga ya mewadahi ini

    BalasHapus
  2. aku lagi suka sukanya nih ama produk lokal karya anak bangsa. Jadi aku mendukung insya Allah semua karya anak bangsa agar bisa jadi tuan di negeri sendiri

    BalasHapus
  3. "Mimpi Membutuhkan Kaki dan Wadah untuk Menapaki Menuju Pencapaian yang Lebih Tinggi"

    Setuju banget, Mba. Dan saya salut, karena SMARTFREN menyediakan wadah bagi para kreator konten ya. keren banget bisa memfasilitasi bakat

    BalasHapus
  4. Anak muda jaman now tinggal kemauan dan dedikasinya aja ya. Fasilitas hampir sudah tersedia dengan baik. Tinggal menjalankan. Kece. Sayang saya sudab tidak muda lagi


    Hehehe

    BalasHapus
  5. Smartfren sudah yang paling oke.
    Target marketnya jelas dan konsisten melakukan perubahan untuk anak muda.
    Salut dengan WOWLabs dan kak Didik yang bergerak di Bojonegoro (aku juga nonton youtube yang menginspirasi).

    BalasHapus
  6. Allhamdulillah senang banget ada program smartfren gini
    itu ada kak didik Bojonegoro ngajar, keren. Anak muda inspiratif.

    BalasHapus
  7. Saya beberapa kali lihat channel youtube milik Kak Didik, kontennya selalu menarik. Waktu itu kolaborasi juga dengan smartfren mengulas tentang media digital. Alhamdulillah sekarang ada WOWLabs yang bisa memfasilitasi anak muda yang kreatif ya...

    BalasHapus
  8. Setuju sama Hanna biasanya dari keterpurukan akan memecut untuk bisa menjadi lebih baik lagi ya mba

    BalasHapus