My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Pilihan Lebih Sehat dari Frisian Flag untuk Keluarga

by - April 11, 2021

 

Frisian Flag


Waktu seolah bergeser mengulang cerita, ingatan yang terekam di kepala para sepuh, biasanya selalu penuh makna. Ada hal kecil dan besar, yang bisa kita tangkap hikmahnya. Entah kenapa sejak dahulu, saya paling suka jika diceritakan kisah-kisah lalu, tentang masa kecil dan cerita rumah mama ketika masih tinggal di Palembang. 


Album foto usang di tangan enyang dengan garis-garis yang lebih kuat dan lebih banyak karena dimakan usia, membuat saya paham bahwa pelajaran hidup sudah terangkum di kepalanya selama bertahun-tahun. Hasil jepretan foto hitam putih dari raut wajah gadis yang tersenyum berambut keriting mie ayam itu, seolah sedang berusaha menjelaskan kepada saya, bahwa ia sedang berusaha memberikan senyum termanis yang ia miliki bersama keempat kawannya. Potret perempuan berbaris rapih memegang buku jahit dengan pakaian khas tempo dulu, di pinggir jalanan kota yang tak seriuh kota Palembang sekarang.  


"Waktu mama kamu masih kecil, enyang sering masak sayur jamur hasil metik di kebun belakang. Jaman dahulu masih banyak kebun dan hutan. Kurangnya bekal ilmu mengenai jamur, rupanya yang dipetik hari itu ternyata termasuk jamur beracun. Setelah selesai makan, semua keluarga keracunan. Termasuk enyang sendiri, karena kita selalu makan siang bersama. Pertolongan pertama dikasih susu dan minum air kelapa hijau sama Opa, karena hanya opa yang gak makan jamur, sehabis minum susu dan air kelapa, efeknya langsung muntah-muntah. Alhamdulillah karena izin Allah, kita semua masih selamat, padahal mulut enyang, mama kamu, dan anak enyang yang lain sudah berbusa" Ujar enyang semasa hidup mengenang dan menceritakan kepada saya sambil membolak-balikkan lembaran foto lama. Sampai sini, saya paham betul, bahwa manfaat susu dan air kelapa, memiliki sejuta khasiat. Sekarang enyang sudah tiada, tapi kenangan dan ragam ceritanya, selalu ada, di kepala saya. 




Saya mengingat cerita tersebut, karena kebetulan hari ini sedang mengkonsumsi susu Frisian Flag Purefarm Coconut Delight dengan rasa perpaduan susu dan air kelapa, sekaligus menyimak Webinar mengenai edukasi tambahan perihal kabar baik mengenai Logo Pilihan Lebih Sehat yang digagas BPOM.


Banyak orangtua yang memiliki kebiasaan baik untuk selalu konsumsi susu sebagai pelengkap gizi dan nutrisi. Namun bagi saya yang memiliki anak dengan saluran pencernaan sedikit bermasalah, membuat saya menjadi ibu yang cukup banyak pertimbangan jika memilih produk bagus dan tidak asal pilih dari segi harga termurah dan rasa yang enak saja. Salah pilih kandungan yang tidak cocok di perut anak-anak, akan mengganggu sistem pencernaan mereka hingga menyebabkan sakit perut dan diare. 


Saat anak bungsu beranjak umur 10 tahun, ia tidak bisa minum susu pagi hari karena kerap sakit perut. Kemungkinan terbesar karena tidak cocok kandungannya, kebetulan saat itu ia sedang minum susu bubuk. Lama juga, sekitar setahun ia berhenti konsumsi susu di pagi hari. Sampai akhirnya, saya berinisiatif untuk mengganti dengan pilihan susu UHT yang lebih praktis namun menyehatkan, awalnya hanya setengah gelas untuk membiasakan minum susu pagi hari kembali, karena dia suka sugesti takut sakit perut saat pelajaran berlangsung di sekolah dan mengganggu konsentrasi belajar, namun semakin hari, saya berikan peningkatan menjadi ¾ gelas, kemudian full satu gelas setiap pagi hari untuk mengoptimalkan tumbuh kembang mereka dengan satu paket lengkap sarapan bergizi dan minum susu setiap hari. Susu UHT tak hanya baik untuk anak-anak namun juga bermanfaat untuk semua orang, baik Ibu, Ayah, Si Kecil, dan anggota keluarga lainnya.  


Dengan kebiasaan baik minum susu setiap hari, insha Allah anak akan tumbuh sehat optimal dan pintar. Entah kenapa, sebagai ibu jika sehari tidak menyediakan segelas susu di meja makan untuk orang tercinta saat sarapan pagi hari, sepertinya ada yang janggal. Susu mengandung banyak nutrisi, seperti protein, lemak, vitamin D, dan kalsium, yang dibutuhkan di segala usia. Sebagai booster energi pagi hari untuk membantu aktivitas padatnya.


Logo pilihan lebih sehat


Karena saya suka kepraktisan, jadi suka stok susu kemasan di kulkas dengan banyak varian. Nah susu Purefarm Flavour Milk ini variannya banyak, ada rasa strawberry, coklat, kacang hijau, ketan hitam dll. Kemasannya yang praktis tinggal sedot, bisa diminum di mana saja, tanpa khawatir tumpah. Bisa diminum baik itu saat sedang belajar daring maupun seperti saya saat sambil membaca buku komik atau sambil nonton drakor. Kalau Papanya anak-anak suka minta ditambahin potongan kurma. 


Saat ini, saya lagi stok susu UHT Purefarm Flavour Milk rasa Coconut Delight, uniknya rasa susu dan air kelapa muda murni menyatu di sini. Apalagi dd vio pecinta air kelapa, tiap ke Restoran pesan minumannya pasti es kelapa muda yang ada batoknya. Hehe. Purefarm Flavour Milk, varian Coconut Delight jadi favorit selain rasa coklat di rumah. Sudah coba belum? Enak deh, apalagi diminum dingin. Rasa awal yang ada dipikiran, takut gak enak, karena membayangkan rasa santan kemudian kita minum, tapi ternyata tidak, rasanya gabungan air kelapa dikasih susu, enak dan nyegerin. Ditambah sebentar lagi mau Ramadhan, wah bisa jadi tambahan inspirasi buat campuran minuman lainnya untuk takjil supaya tetap sehat dan bergizi. ❤️



Susu UHT seperti yang kita ketahui, terbuat dari susu sapi segar yang kandungan nutrisinya dipertahankan seperti aslinya, kemudian melewati proses pasteurisasi dengan teknik pengolahan ultra-high temperature. Kini Frisian Flag bahkan ikut berkontribusi untuk berdamai dengan bumi dengan menggunakan sedotan kertas. Selain Jaga Gizi, juga Jaga Bumi dan semakin berinovasi dengan banyak rasa. 



Kebaikan yang terkandung dalam susu UHT


  • Mendukung kerja sistem saraf 
  • Membantu pertumbuhan Tulang dan Gigi
  • Membantu optimalkan tumbuh kembang anak
  • Sumber energi
  • Terpenuhinya nutrisi yang seimbang


Susu UHT sebagai campuran Makanan dan Minuman


Susu UHT bahkan bisa digunakan untuk campuran makanan dan minuman penyerta. Bahkan saat membuat muffin, puding, dalgona coffee, cream soup. Saya terbiasa menggunakan susu Frisian Flag sebagai bahan tambahan untuk aneka masakan dan minuman karena rasanya yang lebih gurih. Setidaknya membuat cemilan sehat dan bergizi menjadi langkah awal melindungi dan mencintai keluarga di rumah. Bahkan suka intip di website mereka untuk melihat resep minuman, ada banyak loh resep minuman buka puasa di sana. 




Logo Pilihan Lebih Sehat


Kini dengan adanya Logo Pilihan Lebih Sehat mempermudah saya sebagai konsumen, untuk memilih pangan olahan yang sehat bagi anggota keluarga di rumah, dengan hanya melihat tanda ceklis hijau bertuliskan Logo Pilihan Lebih Sehat yang digagas oleh BPOM. Belanja lebih cepat, karena kemasan yang sudah memiliki logo tersebut dijamin rendah lemak, gula dan garam, karena sudah memenuhi standar maksimal yang ditentukan BPOM. 


Sebagai ibu rumah tangga yang berpacu dengan waktu untuk mampu mengerjakan banyak hal, logo pilihan lebih sehat dirasakan dapat menghemat waktu untuk memilih produk pangan olahan. Ketelitian seorang ibu sebagai pahlawan gizi keluarga kerap berhati-hati dan selalu melihat Informasi Nilai Gizi (ING) pada suatu produk. Walaupun pencantuman ING baru dimulai setelah penerbitan Per BPOM No. 22 Tahun 2018. Namun ada pengecualian untuk usaha mikro dan kecil pangan olahan dan beberapa produk pengecualian seperti kopi, teh, rempah-rempah, bumbu dan kondimen.


Tentunya saya sebagai orang tua menyambut baik pencantuman logo Pilihan Lebih Sehat ini, walaupun untuk sementara masih dalam proses pelaksanaan karena masih dilakukan secara bertahap. Namun untuk sekarang ini, logo tersebut telah ditetapkan profil gizi untuk 2 jenis pangan lebih dahulu, yaitu:

  1. Minuman siap konsumsi
  2. Pasta dan Mie instan
*Tanpa menggunakan BTP pemanis


Profil gizi mencangkup pembatasan zat gizi tertentu dalam pangan yang berkontribusi pada peningkatan prevalensi PTM dan juga mengatur zat gizi positif sesuai produk tersebut, untuk sementara ini sudah ditetapkan untuk kedua jenis pangan olahan antara lain:

Minuman siap konsumsi

Gula (seluruh monosakarida dan disakarida tidak termasuk laktosa) sendiri memiliki batas maksimum 6 gram per 100 ml

Pasta dan Mie instan 

Lemak total memiliki batas maksimal 20 g per 100 g

Sedangkan untuk garam batas maksimal 900 mg per 100 g


Jadi gak worry dan lebih cepat memilih produk yang hendak kita masukkan ke keranjang belanjaan. Jadilah pahlawan bagi keluarga tercinta di rumah yang bijak memilih konsumsi pangan olahan sehat dengan teliti memilih kemasan produk dengan Logo Pilihan Lebih Sehat. 


Sewaktu anak-anak kecil bahkan saya sering membuat cerita sebagai bahan wejangan untuk mereka, agar ia merasa diajak bermain dan diceritakan sambil diselipkan cerita edukasi untuk menanamkan perilaku rajin minum susu dengan judul "Si Dudung yang Pintar Memilih Jajanan Sehat", mengisahkan bagaimana perilaku si Dudung yang rajin minum susu agar tubuhnya sehat dan juara kelas di sekolah. Yuk, ajari buah hati di rumah untuk ikut ditanamkan dengan memberikan edukasi memilih produk sehat yang baik. ❤️

You May Also Like

26 komentar

  1. Dengan adanya logo ini bikin belanja jadi lebih mudah ya. Pilih yang ada logo lebih sehatnya jadi lebih tenang. oiya, frisian flag ini enak dijadiin es kopi..

    BalasHapus
  2. Aku suka juga konsumsi susu Frisian Flag. Yang coconut apalagi. Anakku juga suka dan ini pilihan banget. BIkin sehat dan juga kuat :)

    BalasHapus
  3. yang coconut delight itu enak buat campuran kopi mbak, diminum langsung juga enak sih hehee gurih

    BalasHapus
  4. Kalau saya sekeluarga suka dengan susu UHT yang plain atau rasa apapun. Dan menurut saya yang coconut delight ini ringan rasanya. Buat yang gak begitu suka rasa susu plain, kayaknya bisa coba coconut delight

    BalasHapus
  5. Aku zaman kecil pernah keracunan juga dan dikasi degan ijo hehe
    Wah jadi sekarang Frisian Flag juga sudah ada logo Pilihan lebih sehatnya ya mbak, jd gak ragu lagi beli karena rendah gula gak bikin risiko obesitas

    BalasHapus
  6. Aku baru tahu Frisian Flag ada rasa ketan hitam juga. Hihi

    Favorit keluarga kami itu yang Coconut Delight, soalnya memang pada suka beli kelapa muda sih, jadinya ya pas tahu ini ada UHTnya ya langsung otomatis suka

    BalasHapus
  7. Semoga nanti makin banyak lagi ya mbak makanan atau minuman yang mencantumkan logo pilihan lebih sehat ini jd kita gak ragu deh kalai memilihkan produk2 yang akan dikonsumsi oleh keluarga kita, khususnya anak2

    BalasHapus
  8. Sekarang kalau belanja makanan atau minuman gak cuma lihat tanggal expirednya ya tapi juga lihat sudah ada logo pilihan lebih sehat ini atau blm hehe

    BalasHapus
  9. Logo untuk pilihan makanan lebih sehat ini bikin bundanya merasa nyaman yah saat si kecil mengonsumsi makanan tertentu, selain lebih terjamin nutrisi dan kebersihannya juga banyak manfaat untuk kesehatan si kecil.

    BalasHapus
  10. Senangnya...
    Kini semakin banyak produk pilihan lebih sehat.
    Logo yang sangat memudahkan konsumen untuk memilih yang terbaik untuk keluarga.

    BalasHapus
  11. Dengan adanya logo lebih sehat ini milih makanan atau minuman jadi lebih mudah ya

    BalasHapus
  12. anak - anakku di rumah juga masih minum susu mba dan one of my boy's fave is from this brand, the choco one

    BalasHapus
  13. Aku pernah nyoba juga yang varian ini dulu karena salah ambil di rak supermarket tadinya mau susu murni UHT eh taunya yang coconut delight tapi rasanya suka juga ternyata...hehe...

    BalasHapus
  14. Asik, asiik kalo grocery shopping, aku juga amati packaging produk
    dan ofkorss cari yg ada logo PILIHAN LEBIH SEHAT
    mantuulll abis nih Frisian Flag

    BalasHapus
  15. ngebantu banget nih pas belanja kan ngga sepet cek-cek kandungan detail ya kak dengan adanya logo jadi udah tau nih.

    BalasHapus
  16. Susu Frisian flag ini aq sama suami rasa coconut delight doyan, oia emang harus perhatikan logo pada saat beli. Kayak kmrn aq beli dikemasannya ga ada logo ceklist hijau gitu

    BalasHapus
  17. Ini membantu kita banget ya Mom, sebagai panduan kl beli produk pangan olahan kaya susu siap minum, tinggal pilih Frisian Flag aja

    BalasHapus
  18. Waaah sekarang kemasan Frisian Flag baru ya lebih ramah lingkungan. Dan yang paling penting adalah produknya lebih menyehatkan dibanding yang sejenis :)

    BalasHapus
  19. Suka banget sama susu Frisian Flag purefarm ini karena banyak banget pilihan rasanya, ditambah ternyata ada logo pilihan lebih sehatnya, jadi makin yakin selama ini gak salah pilih

    BalasHapus
  20. Susu kesukaan orang-orang di rumah nih. Enak dn gurih. Sehari bisa habis sebox besar lho. Ditambah cereal sebagai sarapan enak banget. Btw, penting banget ya sekarang memilih produk yang dikonsumsi dengan lebih teliti. Dari kehalalan, lulus BPOM, hingga ke logo produk yang lebih sehat ya. Untuk memastikan semua yang kita pilih, apalagi yang masuk ke dalam perut lebih sehat. Supaya kita selalu sehat. Apalagi di masa pandemi beginii. Perut dan tubuh yang sehat ini andalan banget buat menangkal gangguan dari luar. Termasuk virus. Susu ini salah satu dari sumber makanan bergizi yang bisa meningkatkan imun di tubuh. Jangan skip susu deh ya di masa kayak sekarang mah. Terutama anak-anak.

    BalasHapus
  21. Dengan adanya Logo Pilihan Lebih Sehat kita para ibu sngat terbantu sekali saat belanja apalagi produk kemasan aku dah gk ragu2 lagi konsumsi Frisian Flag sebagai susu pilihan keluarga

    BalasHapus
  22. Dengan ada nya logo centang hijau untuk lebih sehat, moms jadi lebih mudah untuk memberikan susu yang baik untuk keluarga..

    BalasHapus
  23. Adanya logo pilihan lebih sehat ini memang memudahkan kita sebagai konsumen untuk memilih makanan sehat untuk keluarga ya...jadi nggak bingung saat memilih. Kebetulan dari dulu suka dengan frisian flag pure farm. Jadi lebih mantab lagi sekarang...

    BalasHapus
  24. akhirnya aku tau logo kemasan makanan yang layak untuk dikonsumsi, pokoknya yg ada centang hijaunya, noted

    BalasHapus
  25. Kayaknya seger ya Frisian Flag yg Coconut Delight ini. Pengen coba deh.

    Bagus ada label yg memudahkan utk membeli produk makanan dg pilihan yang lebih sehat. Biar lebih bijak milih yg gizinya lebih sehat buat keluarga

    BalasHapus
  26. Selama ini aku kurang aware sama logo2 yang ada di kemasan, ternyata selain tanggal kadaluarsa wajib cek lainnya ya Mba. Makasi Sharingnya

    BalasHapus