My Story

Virtual Diary

Creative Blog

5G Berpotensi Mengubah Hidup di Banyak Sektor

by - Juni 25, 2021

 

Smartfren


Chat WhatsApp masuk jam 9 pagi pada hari kamis.


"Sibuk gak nchie?" sapa kawan lama.


"Nggak, cuma nanti agak slow respon aja ya, mau nyimak trial test jaringan 5G Smartfren bersama Kominfo"

Trial Test


Setengah jam sebelum menyimak, saya justru larut ke sebuah pembahasan menarik mengenai jaringan 5G lebih dahulu bersama teman, mengenai apa saja keuntungan jaringan 5G, manfaatnya bagi pelaku UMKM, sektor industri besar dan masyarakat. Topik santai 5G yang dibahas dalam gawai, setidaknya lebih bermanfaat dibanding ghibah. 


Beberapa teman saya, ada yang menjadi pelaku UMKM, baik itu pembuatan batik, kerajinan tangan seperti tas, perhiasaan dll. Terlebih sebelum pandemi, UMKM dan ultra mikro di Indonesia sebenarnya mulai tumbuh dan semakin berkembang. Diharapkan kelak kehadiran infrastruktur jaringan internet cepat 5G ini akan membantu memberikan manfaat bagi masyarakat untuk menyajikan konten berfaedah yang lebih kreatif lagi dengan membuat video berkualitas tinggi dan membantu perekonomian terutama kemajuan UMKM dan industri besar.


5G berpotensi mengubah hidup di banyak sektor, sebab teknologi ini menjanjikan kecepatan yang  mendukung perkembangan bangsa dan negara. Bukan hanya sekedar mencari hiburan, karena dirasa jaringan saat ini sebenarnya sudah cukup mumpuni jika hanya memenuhi kebutuhan hiburan semata. Diharapkan kelak, akan menumbuhkan banyak aplikasi-aplikasi yang dapat membantu masyarakat lainnya dari kebutuhan 5G yang digadang-gadang memiliki kecepatan internet berkali-kali lipat lebih cepat. 


Keuntungan Jaringan 5G


Kebutuhan teknologi yang cepat amat sangat dibutuhkan. Ada banyak sektor membutuhkan teknologi jaringan yang mampu membuka lebih banyak peluang serta mendorong banyak peningkatan kualitas, produktivitas, serta efisiensi. Kelak hal ini membuat Indonesia menjadi lebih maju beberapa langkah untuk menyukseskan harapan pemerintah memajukan sektor perekonomian, perdagangan, kesehatan, keamanan, dll. 


KOMINFO 5G trial with Smartfren


Tak hanya pemerintah, para pelaku usaha besar, UMKM, bahkan konsumen pun menyambut hangat agar 5G segera di launching. Pada hari kamis (17/6/2022) Provider Smartfren, melakukan trial test jaringan 5G di Indonesia, bertempat di Smartfren Gallery Sabang, Jakarta Pusat. Smartfren melakukan trial test jaringan 5G mereka untuk kedua kalinya, saat ini didukung oleh ZTE dan Qualcomm. Melalui uji coba ini Smartfren berhasil memperlihatkan kecepatan hingga lebih dari 1,8 Gbps di berbagai perangkat Customer Premise Equipment (CPE), seperti modem dan MiFi 5G. Melalui Trial Test ini juga Kominfo ingin mengetahui sejauh mana uji coba dalam hal peningkatan jaringan dan merumuskan langkah-langkah yang tepat untuk mengembangkan layanan 5G di negeri sendiri.


Merza Fachys, President Director Smartfren menuturkan, "Trial ini semacam uji coba satu spektrum yang selama ini belum pernah digunakan untuk layanan yaitu Milimeter Wave (mmWave) di 26 Giga atau 28 Giga. Karena selama ini, seluler paling tinggi bekerja di 2.3 Giga."


Banyak industri lain yang menanti hadirnya 5G di Indonesia, sebab dengan begitu tentunya akan jalan jauh lebih sempurna jika koneksi 5G sudah tersedia seperti: agro bisnis, healthy, transportasi dll. Terlebih industri manufakturing yang banyak melakukan otomatisasi. Jika jaringan 5G tersedia tentu akan berjalan dan jauh lebih sempurna. 

Manfaat 5G


Manfaat Layanan 5G di Beberapa Sektor


Kesehatan


Sejak dahulu telemedis memang sudah ada, namun jaringan internet belum secanggih saat ini sehingga jarang digunakan. Bayangkan jika adanya layanan 5G yang kelak menjadi solusi tantangan permasalahan medis terselesaikan. Mengirimkan file-file besar berupa input data dari mesin medis, dengan kecepatan jaringan yang tinggi, maka tidak perlu membutuhkan waktu lama agar hasilnya dapat dikirim dan diterima ke rumah sakit di kota lain. Dengan begitu meminimalisir kondisi terburuk karena pasien telat ditindaklanjuti sehingga mampu menyelamatkan banyak nyawa. 


Manfaat lainnya, dokter bisa memantau pasien walaupun berada di kota lain secara real time dengan koneksi 5G, serta membantu sebuah inovasi baru mengenai pengembangan kecerdasan buatan (AI), terlebih untuk menangani pasien. 


Pemasaran 

Koneksi 5G memungkinkan kita memasarkan produk melalui jarak jauh, seperti apartemen, mobil, melalui virtual reality dengan ketajaman gambar berkualitas bagus. Konsumen bisa diajak untuk melihat isi dalam mobil, mengganti warna sendiri sesuai yang diinginkan dan mendapatkan gambaran produk yang diinginkan dan mendongkrak keinginan beli menjadi meningkat. 


Para UMKM dan pedagang kecil nantinya juga dapat mempermudah berkomunikasi secara langsung menggunakan video dengan pembeli secara lancar tanpa tersendat dan terputus-putus serta gambar yang lebih jernih. 


Pariwisata


Dengan memanfaatkan Virtual Reality yang membuat seolah kita hadir secara fisik di dunia non fisik dengan memunculkan gambar, suara, rangsangan yang menjadikan salah satu solusi virtual tourism bagi para wisatawan. Tamu negara yang datang bahkan bisa merasakan sensasi dan diajak melihat keindahan wisata di Indonesia yang kaya akan budaya lokal. Layanan 5G akan dapat diandalkan untuk kegiatan promosi dan hiburan digital sehingga mampu menarik pengunjung.


Pengawasan dan Keamanan


Bahkan jika layanan 5G sudah hadir, maka akan membantu dalam segi pengawasan sejumlah bandara yang selama ini sudah menggunakan pola virtual dan dapat digunakan untuk transfer data dari anak perusahaan ke pusat jadi lebih jernih serta menghemat biaya kunjungan ke lapangan. Selain itu jaringan 5G tentunya dapat membantu pengawasan lalu lintas dalam waktu yang real-time dan kualitas gambar yang jernih. Belum lagi mengenai stabilitas dan kecepatan pengoperasian sistem alarm 5G akan mengubah wajah industri keamanan.



Transportasi


Pernah nonton Film Kit Riders mobil canggih yang bisa berjalan sendiri dan bicara dengan bantuan tekhnologi? Nah melirik tekhnologi mobil otonom dan semi otonom memiliki hubungan erat dengan kemunculan jaringan data 5G dan AI. Kelak akan memicu lahirnya mesin otomotif cerdas, sehingga bermunculan tekhnologi mobil smart dan canggih terbaru yang dapat berjalan sendiri sampai ke tujuan dengan input data dari penggunanya.


Saat Smartfren melakukan trial test pertama di medio tahun 2019, Smartfren berhasil melakukan pengujian 5G menggunakan frekuensi 28 GHz di pusat produksi minyak Marunda Reffinery di Marunda, Jawa Barat. Saat tahap pengujian kecepatan 5G tembus sampai 8,7 Gbps di perangkat pemakai. Adapun pengujian tersebut diselenggarakan dengan skenario penggunaan 5G sebagai pengendalian jalur logistik pengiriman barang serta aplikasi pemeliharaan peralatan produksi di restricted area dengan teknik virtual reality (VR) serta drone, sedangkan uji coba kedua kalinya yang berlangsung di sabang, Jakarta Pusat, memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada berbagai variasi perangkat, seperti penggunaan 5G pada Modem WiFi (MiFi), serta pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game dan augmented reality (AR).


Hanya perihal waktu kita menunggu jaringan 5G hadir di tengah-tengah kita, semoga implementasi 5G akan mendapatkan manfaat besar bagi semua kalangan. Smartfren is also ready, hanya tinggal menunggu waktu saja. 



You May Also Like

16 komentar

  1. Jika kelak dengan 5G sudah terkoneksi dengan berbagai sektor di atas ... wah makin banyak manfaatnya untuk masyarakat ya, Mbak.

    BalasHapus
  2. Jaringan 5G masuk ke Indonesia tuh rasanya surga banget. Sebagai pelajar IT yang doyan donlot aplikasi sudah tentu sangat2 membutuhkan jaringan yg lebih cepat dari sebelumnya. Berharap smartfren bisa memenuhi itu semua. Biar segera bisa nonton2 cantik dan donlot sepuasnya hehe..

    BalasHapus
  3. Bangga banget dengan terobosan yg dilakukan SmartFren!
    Waaa, kebayang kalo udah ada 5G pasti internetan ngebut jayaaa
    memudahkan banget utk semua digital activities ya mba

    BalasHapus
  4. Wah ngebayangin di masa depan banyak hal udah dikendalikan oleh teknologi canggih, nyetir tinggal kasih perintah dan tekan tombol

    BalasHapus
  5. Betul juga ya..dengan 5G UMKM akan makin bisa berkompetisi dalam pengenalan dan pemasaran produknya di dunia maya.. Belum lagi di bidang2 lain.. mantaaab deh..

    BalasHapus
  6. iya benar, 5G mendukung banyak sektor salah satunya pariwisata. Ya berhubung masih di rumah aja, butuh jalan-jalan lewat dunia maya pakai teknologi VR biar kelihatan makin nyata.

    BalasHapus
  7. Wuih sekarang sudah 5G perasaan baru kemarin 3G lanjut 4G eh sekarang sudah berkembang ke 5G. Cepat banget memang perkembangan teknologi itu ya Mba...

    BalasHapus
  8. Mantapp..
    Pantesan kini semakin marak HP dengan fasilitas jaringan 5G. Karena ke depannya Indonesia akan lebih baik dan lebih maju dengan jaringan internet tanpa batas yang cepat.

    BalasHapus
  9. Jaringan 5G pastinya banyak dibutuhkan di berbagai sektor ya buat membantu kinerja supaya bisa lebih cepat lagi

    BalasHapus
  10. Sumpah keren banget terobosan barunya. Semakin meningkatnya kebutuhan teknologi, maka inovasi teknologi pun ikut berkembang pesat. Akhirnya ada 5G juga. Jadi gak sabar.

    BalasHapus
  11. wah keren banget smartfren udah bisa 5G, auto beli ah :D

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah ya mbak setelah kita dimanjain sama 4G sekarang udah masuk 5G. Apalagi dengan kelebihan dan manfaat yang besar ya mbak, akan menguntungkan semua pihak

    BalasHapus
  13. jaringan internet udah 5G aja yaa, pasti makin laju nih dan pekerjaan kita pun pasti akan semakin dimudahkan

    BalasHapus
  14. Aduuh semakin sulit aja nih bunda harus belajar. Pengoperasian 4G aja masih bingung eeee...udah bakal nyusul Fifth Genetation. hiks.

    BalasHapus
  15. Teknologi sudah merambah kesemua sektor. Untuk itulah hidup kita perlu teknologi yang mumpuni 5G smartfren

    BalasHapus
  16. Asik Indonesia udah mulai masuk 5G ya Mam, semoga bisa ngerasain kecepatannya yang kataknya wuz wuz.

    BalasHapus