My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Lindungi dari COVID-19, Signify Hadirkan Produk UV-C Profesional

by - Agustus 06, 2021

 


Rutinitas setiap pagi, saya selalu membuka jendela kamar belakang, kamar depan dan pintu rumah, agar sirkulasi udara lebih cepat berganti. Vibes pagi hari saat menikmati udara pagi selalu menyenangkan, menyesap kopi dan mendengar gemericik air di kolam ikan. Pagi hari selalu berhasil mengumpulkan semangat dan rasa syukur baru dalam menikmati hidup. Terlebih anak-anak sudah besar, drama ibu-ibu yang terpaksa mengencangkan urat leher-meneriaki mandi pagi, selama pandemi berganti--menjadi teriakan, "Ayooo berjemuuur!" 


Pandemi membuat kami melakukan kebiasaan baru, berjemur di pagi hari bersama kadal di pohon beringin dan iguana di kandang. 


Suami saya termasuk tipikal orang yang memperhatikan kesehatan dan sirkulasi ruangan rumah, walaupun sederhana, setidaknya harus memiliki banyak jendela dan taman mini untuk menanam beberapa pohon sebagai peristirahatan hewan kecil yang singgah entah dari mana, kupu-kupu misalnya. Tumbuhan memberikan peran penting bagi lingkungan untuk menambah oksigen baru. Kehidupan dan lingkungan harus selaras, begitu nasehat kecil yang kadang suami saya berkali-kali ucapkan sehingga saya hafal luar kepala. Ruangan belakang rumah berukuran 3x3 meter, memang sengaja kami biarkan terbuka begitu saja, tidak dibangun full, agar sirkulasi udara di rumah lebih bersih. Kita harus lebih aware untuk memperhatikan kualitas udara yang dihirup sehari-hari. Prinsip ini, sudah ada di pikiran kami, jauh sebelum pandemi. 


Penularan virus Covid-19 melalui udara, dapat terjadi pada ruangan tertutup yang berventilasi kurang baik dan dipadati banyak orang, seperti halnya perkantoran, pabrik, mall dan ruangan publik lainnya. Itu sebabnya, penting sekali untuk selalu menjaga kualitas dan sirkulasi udara bersih di dalam ruangan agar tubuh tetap sehat dan bebas dari virus, bakteri, serta jamur yang dapat menyerang sistem pernapasan. Harapan besar di masa akan datang akan mampu memutus mata rantai COVID-19. Waspadai juga cluster covid orang terdekat, sehingga tidak boleh abai dalam menerapkan protokol kesehatan. 


Webinar Signify


Perlu kalian tahu, bahwa udara bisa 100 kali lebih tercemar di dalam ruangan dibandingkan di luar ruangan. Mungkin itu sebabnya, daerah perkantoran dan ruang publik lainnya lebih rentan terkena virus COVID-19. Terlebih kasus COVID-19 justru makin meningkat akhir-akhir ini bahkan menambah masalah baru dengan virus yang bermutasi menjadi Delta, Alpha, Beta yang semakin berbahaya. 

Pada hari kamis, 5 Agustus kemarin, saya belajar banyak mengenai pengetahuan tentang manfaat UV-C untuk mendesinfeksi udara dengan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya saat mengikuti webinar bersama Signify dengan tema "Desinfeksi Udara dalam Ruang dengan UV-C untuk Mengurangi Resiko Transmisi Virus dan Bakteri melalui Udara" 


Di sekitar lingkungan rumah saya, bahkan masuk ke dalam zona merah dan hitam, sehingga pilihan untuk tetap di rumah supaya lebih aman, menjadi pilihan. Ikhtiar untuk vaksinasi agar terhindar dari virus Covid-19 saja tidak cukup. Menjaga kebersihan dan kesegaran udara di dalam ruangan selama pandemi tak kalah penting. Kita semua beresiko tertular dan menyebarkan virus serta bakteri. Virus Corona selain membelah diri, bisa melompat hingga jarak 9 meter saat bersin. Virus non aktif pada kelembaban 55-70% di suhu 25 derajat Celcius - 26 derajat Celcius. Oleh karena itu kita harus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta protokol kesehatan dengan ketat. Selain menggunakan masker, mencuci tangan, hindari kerumunan, membatasi mobilitas, menjaga jarak, jaga imunitas tubuh dengan rajin berolahraga, istirahat cukup, mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin.


Masa pandemi ini masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, sehingga menjaga kualitas udara ruangan akan membantu melindungi diri di masa pandemi karena berpengaruh terhadap kesehatan. Jujur saja, anak-anak di rumah sudah menjerit rindu ingin sekolah offline. Si sulung merengek tak sabar ingin praktek di tempat kuliah untuk melakukan beberapa penelitian. Si bungsu beda cerita, dia excited di sekolah barunya dan ingin belajar tatap muka untuk belajar bahasa Jepang secara langsung dan ikut beberapa komunitas mengenai pembahasan program komputer. 


Dengan tuntutan keadaan, Signify yang merupakan pemimpin dunia di bidang pencahayaan, terus berinovasi memberikan kontribusi untuk menciptakan udara lebih bersih melalui Teknologi Ultraviolet-C dengan luminer dan perlengkapan baru untuk penggunaan profesional di Indonesia. 


Perlu kalian ketahui bahwa radiasi UV-C tidak terlihat oleh mata manusia dengan panjang gelombang antara 200 - 280 nanometer (nm). Pada panjang gelombang tertentu 253.7 nm dapat digunakan untuk desinfeksi atau pemurnian karena memecah DNA mikroorganisme dan membuatnya tidak berbahaya serta tidak lagi dapat bereproduksi. Pemanfaatan teknologi UV-C dapat menjadi solusi disinfeksi udara, permukaan, benda dan air yang tentunya efektif dalam meningkatkan protokol kesehatan di dalam ruangan


Penting juga pemahaman masyarakat terkait kewaspadaan dalam memilih dan menggunakan produk UV-C lainnya. Alih-alih untuk kesehatan malah jadi berbahaya nantinya. Sebab sinar UV-C yang terpapar langsung akan menyebabkan iritasi kulit, cedera mata, kanker dll. Penggunaan teknologi UV-C harus dilakukan secara bijaksana agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. 


Lindungi dari COVID-19, Signify Produksi UV-C untuk Profesional


Awal saya mengenal produk UV-C dari blog mbak Lidya mengenai Philips UV-C Disinfection Desk Lamp yang dapat digunakan untuk mendesinfektan permukaan di dalam ruangan. Penggunaannya saat mensterilkan ruangan dilakukan saat ruangan kosong dan tidak ada orang. Keunggulannya produk tipe ini memiliki fitur setting time, berapa lama produk ini beroperasi dan dilengkapi fitur otomatis pendeteksi gerak, sehingga akan mati sendiri jika terdeteksi adanya gerakan di dalam ruangan tersebut. Aman untuk makhluk hidup ketika kita gunakan dengan benar dan sesuai aturan. Produk tekhnologi UV-C untuk rumah tangga selain Philips Disinfection UV-C Desk Lamp, ada juga Philips UV-C Disinfection Box & Chamber.


Inovasi terkini dari Signify adalah pencahayaan desinfeksi UV-C dengan luminer dan perlengkapan baru untuk penggunaan profesional di Indonesia. Salah satunya adalah Teknologi UV-C Upper Air yang aman dan dapat digunakan terus-menerus walaupun ada orang beraktifitas di dalam ruangan tersebut. Produk ini membantu memberikan perlindungan tambahan dari bahayanya transmisi virus dan bakteri penyebab penyakit dengan menjaga kualitas udara di dalam ruangan tertutup. 


Pencahayaan UV-C


Signify dan Innovative Bionalysis Memvalidasi Efektivitas Sinar UV-C Signify Dalam Mendesinfeksi Udara

Dalam uji laboratorium, bahkan sumber cahaya UV-C dapat melumpuhkan 99% virus SARS-Cov-2 di permukaan hanya dalam waktu 10 menit. Virus dan bakteri dilemahkan dengan memecah DNA atau RNA mikroorganisme termasuk virus dan bakteri, menjadi tidak berbahaya, jadi virus ini dilemahkan agar tidak berbahaya bukan dihilangkan. Metode desinfeksi ini sudah terbukti, digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit dengan mendesinfeksi udara, air, dan permukaan.


Philips UV-C


Philips UV-C Disinfection Upper Air 

Lampu Philips UV-C Disinfection Upper Air dapat dipasang pada dinding dan plafon, dengan model kekinian, menarik dan minimalis sesuai trend saat ini. Produk profesional ini sebagai solusi desinfeksi udara ruang atas yang dipasang pada ketinggian minimal 2,3 meter. Tentunya telah melalui riset dan uji coba dengan hitung-hitungannya tersendiri sehingga aman digunakan saat orang-orang beraktifitas di bawah ruangan karena dikombinasikan dengan pelindung dan optik. Teknik pemasangan instalasi juga harus dilakukan oleh para profesional bersertifikat, mulai dari konsultasi, perencanaan, hingga pemasangan, dengan mengikuti petunjuk serta instruksi keselamatan guna menghindari resiko paparan langsung terhadap manusia dan hewan, karena dapat merusak kulit dan mata mereka. Cocok digunakan untuk tempat ibadah, sekolah, ruang kesehatan, restoran, hotel, supermarket dll. 


Produktivitas harus tetap jalan seiring pandemi, sehingga kontribusi yang dilakukan Signify menjadi solusi dan pilihan terbaik sebuah perlindungan ekstra disaat berbagai organisasi di belahan dunia sedang mencari cara untuk terus beroperasi, mengembangkan ekonomi dan melayani masyarakat. Produk profesional lampu UV-C Philips lainnya dipasang dan diaplikasikan sesuai instruksi keselamatan yang spesifik untuk masing-masing produk. Semoga bumi lekas pulih, sehingga harapan serta impian kita untuk kembali beraktivitas normal seperti sedia kala kelak dapat terealisasi dalam waktu dekat. Jangan abai protokol kesehatan, perhatikan sirkulasi udara yang kita hirup, stay safe and stay healthy. 



You May Also Like

14 komentar

  1. saya jugaa kalau pagi senang banget hirup udara pagi gitu, rasanya segaaar banget. Sekarang kalau pagi itu saya kasih tugas ke Si Kakak tuk buka jendela begitu bangun pagi, hihhh.
    dapur juga harus ada jendela biar sirkulasi udara terjaga apalagi saat masak.
    alatnya keren ya Mbak, bisa betah di rumah nih kalau udara tetap terjaga gini :)

    BalasHapus
  2. Seru ya acara webinarnya. Pagi hari memang asik untuk memulai hari karena pagi hari itu sejuk dan dingin. Aku pun selalu teriak "ayo berjemur" kepada emakku, kakakku, dan keponakanku. Karena berjemur menjadi aktivitas yang sering dilakukan semua orang selama masa pandemi ini.

    BalasHapus
  3. wah pas banget utk ruanhan kantor nih.. Trmksh infonya mba, kuteruskan ke yg berwenang di kantor ah..

    BalasHapus
  4. Bagus sekali nih alatnya, di rumah jadi tetap segar ya, mbak.
    Aku juga paling senang kalau pagi² buka jendel kamar. Udara pagi memang bikin seger banget ��

    BalasHapus
  5. baru tau, udara bisa di desinfeksi. bener banget nih udara di dalam ruangan juga harus steril biar sehat semua, jauh dari virus ya mbaa..

    BalasHapus
  6. Wahh, keren nih Signify! Inovasinya luar biasa dan selalu terkini gitu ya.

    Ada pencahayaan desinfeksi UV-C dengan luminer dan perlengkapan baru untuk penggunaan profesional di Indonesia. Pastinya banyak yg butuh nihh.

    Apalagi Teknologi UV-C Upper Air nya aman dan dapat digunakan terus-menerus walaupun ada orang beraktifitas di dalam ruangan tersebut.

    Cocok banget dipakai untuk masa pandemi seperti sekarang, karena Produk ini membantu memberikan perlindungan tambahan dari bahayanya transmisi virus dan bakteri penyebab penyakit dengan menjaga kualitas udara di dalam ruangan tertutup.


    BalasHapus
  7. Baru tahu soal gebrakan baru dari Philips UV-C Disinfection Upper Air diriku Mam, sebagai salah satu solusi teknologi di tengah pandemi ini sih ya Mam.

    BalasHapus
  8. Produknya multfungsi banget ya mbak. Bisa jadi lampu sekaligus desinfeksi udah di ruangan.

    BalasHapus
  9. Benar sekali ya, penting menjaga diri dan sekitar agar tetap aman dimasa pandemi, ini prodaknya sangat mendukung dimasa pandemi

    BalasHapus
  10. Penemuan baru lagi ya mba dari Philips. Berarti ini alatnya menyala terus bersamaan dengan aktivitas orang di dalam ruangan tersebut ya?

    Kalau dulu kan ada tuh alat yang dihidupkan selama beberapa menit tapi ruang harus dikosongkan dulu. Beda kayaknya yaaa..

    BalasHapus
  11. Pengej juga nih punya desinfektan udara soalnya rumahku perumahan untuk sirkulasi udara agak kurang

    BalasHapus
  12. kalau udara yang kita hirup, di luar maupun di dalam ruangan, sehat dan bersih, in sya Allah kesehatan kita juga terjaga yaa mba

    BalasHapus
  13. Wah sama banget nih semenjak pandemi ibuku selalu bukain semua jendela, pintu di pagi hari biar dpt sinar matahari dan udara pagi.

    Sekarang juga makin mantep ada teknologi kayak desinfeksi dari Philips ini ya

    BalasHapus
  14. wah sangat bermanfaat, terimakasih infonya ya kak :D

    BalasHapus