My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Teman Kreasi Bandung Barat Berhasil Memberdayakan UMKM

by - Agustus 23, 2021

 



"Gak istirahat kak? Sudah malam!" 


"Bentar mi, lagi ngerjain proposal untuk pengabdian masyarakat di Desa Cikidang sebagai upaya membantu memanfaatkan sisa sayuran yang seharusnya jadi sampah diolah kembali menjadi produk yang bisa dimanfaatkan." 


2 minggu ini, anak sulung memang sibuk berjibaku mengupayakan idenya untuk membangun UMKM guna meningkatkan taraf ekonomi di daerah Bandung Barat khususnya daerah Cikidang bersama team dari Institut Teknologi Bandung bekerjasama dengan masyarakat setempat dan para petani lokal dalam usaha mengusahakan pemasukan tambahan bagi masyarakat daerah tersebut. 


Mengintip Produk Unggulan Teman Kreasi Bandung Barat


Bicara mengenai UMKM dan Bandung Barat yang kaya akan tempat wisatanya seperti Sanghyang Heuleut, Sungai Cikahuripan sebagai Green Canyon-nya Bandung Barat, Curug Malela dll. Wisata bernuansa alam yang makin dinikmati menjadi peluang masyarakat sekitar untuk membuat produk jajanan dan merchandise sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang bisa dibeli dan dibawa pulang. Ada beberapa UMKM yang sudah ikut gabung menjadi Teman Kreasi Indonesia (TKI) di daerah Bandung Barat yang membuat jajanan khas, merchandise, bahkan digital marketing antara lain: TKI Bhina Swakarya, TKI Gunung llmu, TKI Cibungur dan TKI Digitalancer. 


Teman Kreasi Indonesia Bhina Swakarya
Produk unggulan TKI Bhina Swakarya adalah Mug cetak, kaos design, tas serta jajanan khas


Teman Kreasi Indonesia Bhina Swakarya


Pernah dengar mengenai Teman Kreasi Bhina Swakarya di daerah Bandung Barat belum? Jika belum, kalian boleh nih kenalan, siapa tahu dapat menginspirasi dan menjadi acuan untuk membangkitkan semangat membuat produk unggulan lainnya di kota kalian. 


Teman Kreasi sendiri merupakan gabungan dari pengusaha lokal yang dibina dan difasilitasi oleh Smartfren agar dapat memberikan dampak kepada masyarakat luas. Kalian juga bisa menjadi salah satu bagian dari Teman Kreasi dengan menghubungi leader Smartfren Community di daerah kalian, loh!  


Generasi muda sekarang sebenarnya banyak yang memiliki ide brilian, penuh kreativitas dan inovatif, namun seringkali tertutup dengan viralnya video yang terkadang sama sekali tidak memberikan manfaat. Gunakanlah kecanggihan teknologi dengan hal yang membuat kalian lebih maju dan produktif dengan cara yang baik, salah satunya bergabung bersama Teman Kreasi dan menjadi member Smartfren Community. Sesuai dengan tagline mereka yang memicu semangat "Buka Peluang Tanpa Batas". 


Jangan jadikan alasan bahwa pandemi dapat melemahkan semangat generasi muda untuk berkarya dan berdaya. Justru hal ini adalah sebuah pecutan untuk semakin produktif dan mencari peluang baru dalam membangkitkan ekonomi serta membangun komunitas untuk saling memberikan dukungan. Kembali melirik Teman Kreasi Bhina Karya Bandung Barat, ada banyak produk-produk yang dihasilkan, antara lain: Mug cetak dengan request desain, jajanan khas Bandung Barat, baju, kaos, tas cantik dll. Permintaan produk bahkan datang dari berbagai kalangan, terutama sekolah, hotel, instansi pemerintah dan swasta. Seperti STKIP Pasundan Cimahi, UPI, UNPAD, PT. Mitra Cool dll serta diperjualbelikan juga melalui online shop dengan bantuan teknologi yang semakin berkembang sekarang ini. 


Teman Kreasi Indonesia Gunung Ilmu
Produk Unggulan TKI Gunung Ilmu yaitu mini pot sukulen


Teman Kreasi Indonesia Gunung Ilmu


Selain Teman Kreasi Bhina Swakarya, ada beberapa Teman Kreasi lainnya yang berada di daerah Bandung Barat yaitu Teman Kreasi Gunung Ilmu dengan produk kekinian minimalis yang cocok untuk dekorasi rumah, terlebih pandemi membuat banyak orang suka menanam. Produk unggulannya yaitu mini pot sukulen dan wadah lilin wangi yang bisa digunakan untuk hampers pernikahan serta aneka dekorasi ruangan lainnya. 




Teman Kreasi Indonesia Cibungur dan Digitalancer dengan Produk Unggulan Digital Marketing


Semangat kawan-kawan Teman Kreasi Indonesia Cibungur produk unggulannya adalah Digital contohnya jasa design grafis yang hasilnya bisa diproduksi atau dicetak sekaligus. Bahkan produk unggulan lainnya adalah Digital Marketing. UMKM lainnya yang ingin mengembangkan usahanya di era serba digital dapat dibantu pengembangan Digital Marketingnya bareng Teman Kreasi Cibungur Bandung Barat. Teman Kreasi Digitalancer juga memiliki produk unggulan yang sama yaitu Digital Marketing.  Dengan bergabung bersama Teman Kreasi, kalian akan belajar, mengasah kemampuan, dan mengembangkan Socio Entrepreneur, DigitalPreuner, buka peluang, Co-Creation dan Local Heroes. 


Tertarik menjadi bagian dari Teman Kreasi? Atau penasaran mengenai program Teman Kreasi Indonesia dan benefit apa yang didapat? Jika kalian menjadi bagian dari Teman Kreasi tentunya akan mendapatkan dukungan modal berupa koneksi internet 4G LTE Advance. Sehingga dapat bermanfaat menunjang kemajuan dalam menjalankan kegiatan wirausaha baik secara konvensional maupun digital serta diarahkan untuk melebarkan sayap ke pelosok daerah lain. Dengan dukungan tambahan berupa jaringan potensi pasar dari Smartfren Community yang tersebar di 102 kota di seluruh wilayah Indonesia, diharapkan program ini bisa melahirkan jaringan wirausaha serta kreator baru yang 100% lokal dan 100% Indonesia. Sehingga mampu meningkatkan produksi dan memperluas pasar agar kian berkembang pesat. 


Selain itu ada banyak keuntungan lainnya untuk dapat ikut serta dalam program yang diadakan oleh Teman Kreasi yaitu:

  • Kelas online melalui media digital bertema pengembangan bisnis, 
  • Event hybrid untuk promosi usaha dengan protokol kesehatan ketat,
  • Pendampingan atau business coaching secara virtual.

Teman Kreasi


Mengulik Sejarah Teman Kreasi Indonesia


Teman kreasi sendiri berawal dari program CSR Smartfren di bidang industri kreatif untuk komunitas Topi Bambu Tangerang pada bulan Juni 2019. Sampai akhirnya pada Januari 2020 Smartfren Community membuat Rumah Kreatif pertama di kab. Bandung Barat. Rumah Kreatif inilah yang menjadi cikal-bakal dan pelopor terbentuknya Teman Kreasi Indonesia yang diluncurkan pada bulan Maret 2021 yang bertujuan membuka peluang bagi generasi muda untuk belajar sociopreneurship dalam industri kreatif, bahkan kini sudah mencapai 32 Teman Kreasi yang dibentuk sebagai pusat kreasi UMKM binaan Smartfren. Teman Kreasi Indonesia dibentuk bertujuan untuk mengembangkan semangat kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif di berbagai daerah dimana Smartfren Community berada. Smartfren Community sudah hadir selama 6 tahun, kini meluas hingga 102 kota di Indonesia serta tercatat memiliki 90 ribu member lebih yang tersebar di pelosok negeri dengan 125 Leader.


Dua program unggulan Smartfren Community antara lain:

  • Edukasi Literasi Digital ke Masyarakat
  • Pengembangan sociopreneurship melalui Teman Kreasi Indonesia


Ide kreatif membangun UMKM di tengah pandemi menjadi tantangan baru, terlebih berdiri di tengah para pesaing juga perlu dipikirkan secara masak. Rasa down sebelum berkembang akibat banyaknya UMKM yang kini gulung tikar. Para UMKM baru berupaya membuat keunikan yang ditonjolkan, mencari informasi apa yang kini digemari, paling dicari dan dibutuhkan. 

Smartfren Raih Penghargaan
Smartfren sukses raih penghargaan IDX Award bidang Sustainability


Smartfren Raih Penghargaan IDX Award bidang Sustainability


Kabar baik kembali ditangkap oleh pihak Smartfren tahun ini, bahwa Teman Kreasi Indonesia dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik dan meraih Penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Penghargaan atas ini bukan pertama kalinya Smartfren mendapatkan penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program CSR. Program Corporate Social Responsibility pada 2020 lalu juga berhasil meraih penghargaan utama atas pengembangan Smartfren Community - Integrated Community Development 2020, sehingga 2 tahun ini Smartfren mampu mempertahankan Penghargaan IDX Award bidang Sustainability. 


Sebagai pelanggan setia Smartfren bangga juga nih, karena salah satu provider yang saya gunakan mendapatkan penghargaan di ajang yang sangat bergengsi ajang penghargaan bergengsi yang biasa digelar sebagai bentuk apresiasi pada inovasi yang dilakukan oleh berbagai pihak atau perusahaan. Sejumlah aspek yang dinilai dalam seleksi penghargaan ini adalah inovasi, penyelesaian masalah, kinerja, penciptaan nilai tambah di masyarakat, serta dampak yang diberikan pada perusahaan. Keren ya! 


Ide Kreatif Membangun UMKM Kekinian di Tengah Pandemi


Alat Kesehatan


Kebetulan di daerah tempat tinggal saya banyak UMKM konveksi produksi pembuatan boneka. Kini selama pandemi permintaan boneka turun drastis akibat dampak penyebaran COVID-19 sehingga mereka beralih membuat sesuatu yang lebih dibutuhkan masyarakat yaitu masker. Bahkan ketika awal pandemi dan banyak daerah mengalami kelangkaan pasokan masker. Para UMKM yang beralih memproduksi masker kain justru menjadi bagian yang membantu pemerintah untuk meminimalisir penularan virus.


Selain masker, sanitizer dan desinfektan juga sangat dibutuhkan. Sehingga bisa menjadi peluang para UMKM baru untuk memproduksi produk-produk kesehatan untuk memutus mata rantai virus dan bakteri.


Aksesoris


Kini konektor masker hijab dan strap mask menjadi aksesoris yang juga sedang digemari. Produk penunjang saat menggunakan masker dengan aneka model menjadi trend saat ini mampu mempercantik ootd kalian. 


Hobby


Beberapa orang mulai bosan di rumah serta mencari hobby baru, bercocok tanam dan gemar memelihara tanaman hias, ikan cupang, kucing mulai booming kembali dan digemari. 


Teman Kreasi Buka Peluang Tumbuhnya Sektor Ekonomi UMKM Kreatif dan Digital


Program Teman Kreasi Indonesia, menjadi sarana pemberdayaan berkelanjutan berbasis pengembangan dan penguatan komunitas kreatif di masyarakat. Prinsip kokreasi yang diusung dan saling mendukung, diharapkan dapat mendorong lahirnya banyak wirausahawan sosial, wirausahawan digital, serta kreator lokal di Indonesia. Semoga Smartfren kian berinovasi dan sinergi antara perusahaan, pelanggan, dan masyarakat dapat membuka peluang menuju Indonesia yang lebih baik.


You May Also Like

13 komentar

  1. Wahh.. kegiatannya positif banget ya... keren dan bermamfaat.

    BalasHapus
  2. Seru dan bermanfaat nih infonya. Mug itu keren ya, Mbak. Aku suka Mug seperti itu dengan motif gambar kartun gitu. Baru tahu nih kalau ada program Teman Kreasi Indonesia setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
  3. Keren TKI Bandung Barat, ada 4 ya TKInya di sana dengan bidang yang berbeda-beda. Semoga setelah mendapat award pengusaha di sana makin berkembang dan sukses

    BalasHapus
  4. sekarang semua berubah ya Mbak, UMKM juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini.
    sukses terus buat Teman Kreasi Bandung Barat yang sudah berhasil memberdayakan UMKM, dan semoga UMKM pun bisa terus memberi yang terbaik :)

    BalasHapus
  5. Keren deh smartfren turut aktif meningkatkan produktivitas masyarakat, ya. Memang layak dapat penghargaan.

    BalasHapus
  6. keren2 ya produk unggulan dari UMKM yg tergabung dlm Teman Kreasi ini.. Semoga sukses selalu..

    BalasHapus
  7. Keren ini Teman Kreasi Bandung Barat program-programnya, bisa bantu banget tuh untuk memajukan UMKM, mana produk-produknya juga menarik. Sukses terus ya

    BalasHapus
  8. aku baru tau nih ada program teman kreasi yang memberdayakan umkm seperti ini. semoga kegiatannya terus berlangsung ya mba ;)

    BalasHapus
  9. Banyak banget kreatifitas dr taman kreasi ini ya mba, berharap temen2 ukm bisa trus bertahan apalagi di masa pandemi ini. Ada instagram taman kreasi ini mba?

    BalasHapus
  10. Luar biasa kak. sangat bermanfaat. Apalagi kegiatan seperti ini ditengah pandemi. tentu sangat akan bermanfaat bagi masyarakat dan para UMKM

    BalasHapus
  11. Mantaps nih jadi pengen bisa berkreasi dengan kiprah yang banyak menebar manfaat utk sesama... duh peer banget nih. Semoga jadi inspirasi juga buat yg lain nih.

    BalasHapus
  12. Jadi pengen punya yang tempat lilin sama lepek putih itu
    Biasalah buat props foto pasti bagus banget ini
    Mau kepo kepo ah supaya dapat promo

    BalasHapus
  13. Teman kreasi asli luar biasa ini sih. Gemes semua ama produknya UMKM Indonesia pasti bisa go internasional

    BalasHapus