My Story

Virtual Diary

Creative Blog

JNE, Deklarasikan Hari Bahagia Bersama dan Peluncuran Buku

by - September 08, 2021

 


Kebaikan-kebaikan hidup seringkali saya temui dalam sebuah cerita pada buku-buku yang saya konsumsi. Menjadi vitamin dan mengobati pikiran yang sedikit ruwet dengan keadaan sekarang yang serba terbatas. Buku adalah cara ringan membuka jendela dari banyak kesan, pesan, serta pengalaman orang yang kemudian dituliskan. Ada kisah cinta, berbagi, peduli, kondisi dan nasib.


Beberapa buku yang saya sukai, bahkan ada yang tidak masuk dalam kategori best seller atau pengarangnya tidak terkenal. Namun alur cerita singkat sederhana yang ia torehkan, mampu melekat. Kisah-kisah menggugah hati mampu menjadi pencerah dan siraman rohani untuk memberikan vibes positif dalam hidup yang terkadang suka lupa bersyukur. 


Hari Bahagia Bersama


JNE Deklarasikan Hari Bahagia Bersama dan Peluncuran Buku "Bahagia Bersama"

Bicara perihal buku, JNE mendeklarasikan Hari Bahagia Bersama pada hari Selasa, 7 September 2021 yang ditandai dengan peluncuran buku berjudul “Bahagia Bersama”. Mengingat JNE sendiri sudah berbagi kebahagiaan bersama pelanggan selama 31 Tahun. Bertempat di Studio Markplus.Inc, EightyEight @Kasablanka, Jalan Raya Casablanca no.88, Menteng Dalam Jakarta Selatan. Launching secara virtual ini, selain membicarakan mengenai Buku Bahagia Bersama, juga mengulik kisah inspiratif lainnya yang dipetik dalam kehidupan, membuat melek mata, hati dan pikiran. Teman JNE dan masyarakat luas bisa dapat menyaksikan secara online melalui tayangan langsung di Youtube JNE. Acara ini dihadiri oleh M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE, Maman Suherman Penulis dan Penggiat Literasi, Muhammad “MICE” Misrad kartunis, Andy F. Noya, Melanie Subono, serta Ivan Gunawan. 


Buku ini adalah gebrakan segar dari kolaborasi antara JNE, Kang Maman (Maman Suherman) dan Kartun Mice (Muhammad Misrad) sosok yang dikenal sebagai Mice seorang ilustrator yang membuat isi buku Bahagia Bersama yang ditulis Kang Maman menjadi menarik dengan guratan-guratan gambar kartun yang khas, lucu dan ciamik. 


Memetik Kisah Inspiratif dari Buku "Bahagia Bersama" 

Saya sempat melihat salah satu buku ini berada pada halaman yang digelar di web Gramedia beserta deretan buku Kang Maman lainnya seperti: Ibu: Sebuah Obituari Cinta, Cinta itu alasan sekaligus tujuan, Ada Nama yang Abadi di Hati tapi Tak Bisa Dinikahi dll. Segudang pengalaman yang tertulis di biografinya menjadi sebuah catatan panjang dan membuat saya berpikir, buku Kang Maman sudah pasti isinya berbobot. Kang Maman sendiri sudah mengenyam menjadi jurnalis sejak tahun 1986 ketika masih menjadi mahasiswa jurusan kriminolog Universitas Indonesia. Kemudian berkarir di kelompok Kompas Gramedia mulai 1988 hingga 2004 dengan posisi terakhir sebagai pemimpin redaksi. Jika ditelisik lebih lanjut pengalaman lain dari Kang Maman, ia juga berkarya di biro iklan/rumah produksi selama 8 tahun sehingga berhasil memproduksi 50 judul dan ribuan episode acara TV. Pengalaman hidup yang ia torehkan menarik perhatian saya, karena jika dibandingkan dengan diri ini yang hanya seorang penulis blog karbitan, rasanya jauh, ibarat gunung dan gundukan pasir sisa bangunan. Ahaha. 


Sekilas melihat Cover bukunya seolah mengajak saya kembali mengingat serial kartun Doyok yang seringkali ada di surat kabar. Cerita kartun singkat sarat makna, dikemas sederhana, menggemaskan dan menarik, kerap berada pada halaman depan. Kisah berbagi kebahagiaan disajikan secara apik sehingga dapat menjadi pengingat kita. Berbagi akan mampu merekahkan senyum banyak orang. Berbagi tak perlu mengukur tentang banyak atau sedikit, bukan pula mengenai materi dan mengurangi rejeki. Dalam buku Bahagia Bersama yang ditulis Kang Maman dan diilustrasikan Mice akan disajikan banyak pesan berbagi kebahagiaan dari pengalaman kurir paket yang menjelajah banyak tempat, menjadi banyak cerita baru yang segar. Selain itu, dalam buku ini disajikan pula hasil karya liputan jurnalis dan blogger yang dilombakan dalam rangka ulang tahun JNE. Serta tulisan-tulisan inspiratif lainnya. 


Webinar hari ini membuat saya ikut bahagia atas cerita sederhana pengalaman banyak narasumber perihal berbagi kebaikan menurut versi mereka yang masing-masing mempunyai andil menebarkan benih baik, diantaranya Rumah Harapan Melanie oleh Melanie Subono, Yayasan Benih Baik oleh Andy F Noya serta Yayasan Mega Bintang yang pada saat pandemi mencoba bergerak membantu dengan kiriman sembako ke Tambora. Karena dengan berbagi, jiwa kita menjadi penuh dan komplit. 


Webinar JNE


Ada banyak quotes hari ini mengenai makna berbagi yang saya tangkap dalam bincang bermakna launching virtual Buku Bahagia Bersama.  


"Jujur kepada diri sendiri, konsekuen atas pilihan hidup yang kita pilih adalah bagian dari bentuk kebahagiaan" (Ivan Gunawan)


Menjadi kartunis harus lucu, oleh karena itu harus lebih dahulu menjadi pribadi yang bahagia. Jika pembaca tertawa, maka bahagia yang kita dapat akan tumbuh dua kali lipat" (Mice)


"Tanam kebaikan selagi banyak kesempatan" (Andy F Noya)


"Jangan mati sebelum berguna" (Melanie Subono)


"Jika bisa berbisnis dengan Tuhan dan lebih menguntungkan, maka saya akan memilih berbisnis dengan Tuhan" (M. Feriadi Soeprapto) 


Nilai-nilai Luhur yang Diterapkan JNE

Sebaris kalimat dari Quotes Pak Feri mengetuk hati saya, dibalik cerita singkat Pak Andy F Noya bersama yayasan yang ia dirikan yaitu Benih Baik, ada kisah manis tersembunyi di dalamnya.  Bermula saat menawarkan kerjasama mengantarkan paket secara gratis untuk mengirimkan bantuan sebagai bentuk saling menyambung kebaikan, dengan mengirim paket donasi ribuan tabung gas oksigen dari Yayasan Benih Baik. JNE menjadi perusahaan paling depan yang tak hanya sekedar berbisnis, namun menurunkan nilai-nilai kebaikan, membangun dan memberikan manfaat, bahwa berbisnis kepada Tuhan, tentunya akan lebih menguntungkan. 


"Bahagia Bersama" Cerminan Prinsip Berbagi, Memberi, Menyantuni


Tagline "Connecting Happiness" sudah diusung JNE sejak lama, bertujuan menghantarkan kebahagiaan kepada masyarakat. "Bahagia Bersama” merupakan cermin dari prinsip Berbagi, Memberi dan Menyantuni yang selama ini JNE jalankan dan pertahanan. Kini JNE sudah memiliki 7000 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai rantai penghubung kebahagiaan kepada kita semua. 


Ketika paket datang, siapa pun akan senang. Menjadi kebahagiaan baru, bahwa kiriman dari sanak keluarga dan juga barang yang dibeli telah sampai ke tangan kita dengan aman. Kebahagiaan tak hanya tersirat di wajah pengirim dan penerima namun menjadi bahagia bagi JNE.  


Buku Bahagia Bersama


Euforia Hari Bahagia Bersama tak hanya itu saja, JNE juga menyelenggarakan berbagai program antara lain mengadakan aktivasi melalui akun resmi instagram JNE_ID yang bertemakan “The Unsung Hero”. Kuis ini mengajak netizen untuk menceritakan hal baik yang pernah dialami dan pemenang yang terpilih akan mendapatkan e-wallet dengan total hadiah 10 juta rupiah. Bahkan saya sudah ikutan menjawab pertanyaan di Channel youtube JNE mengenai untold Story, berbincang bersama Kang Maman dengan melemparkan sebuah pertanyaan, Judul buku apa yang ditulis Kang Maman dan Kartun Mice? Ah, Pasti kalian sudah tahu semua nih jawabannya. 


Buku “Bahagia Bersama” dapat dibeli secara offline di toko buku Gramedia dan juga secara online melalui website gramedia.com serta toko resmi JNE di Tokopedia dan Shopee. Ada banyak program menarik yang ditawarkan terkait buku Bahagia Bersama, yang tentunya dapat diikuti semua orang melalui akun resmi sosial media JNE. Jika kalian tertarik dengan buku inspiratif karya Kang Maman dan Kartun Mice dalam rangka Bahagia Bersama with JNE, kalian juga bisa tukarkan 200 poin JLC (JNE Loyalty Card) untuk mendapatkan buku "Bahagia Bersama" dan tote bag eksklusif secara gratis. Info lainnya bagi yang sudah PO sampai dengan tgl 8 September, nikmati harga spesial yang ditawarkan sekaligus bonus E Toll dengan saldo 20K. 

Gimana? 

Lumayan pake banget kan?


Semoga JNE terus mempertahankan nilai-nilai luhur mengenai prinsip berbagi, memberi dan menyantuni serta menebar kebahagiaan untuk kita semua. Terlebih bagi saya, sebab JNE termasuk salah satu ekspedisi yang memiliki peran besar juga untuk kirim-kirim barang ke anak pertama yang sekarang kost di Bandung. Paket ungkapan cinta serta pahlawan penyambung tangan kami, karena kebetulan ada beberapa buku pelajaran yang sempat tertinggal di rumah dan harus cepat dikirimkan. ❤️  



You May Also Like

12 komentar

  1. Menarik nih isi bukunya, Mbak. Biasanya cerita-cerita pengalaman di lapangan yang dialami oleh kurir paket banyak yang menyentuh perasaan. Apalagi ditambah karya-karya dari jurnalis, blogger, dan kisah inspiratif lainnya. Semoga buku Bahagia Bersama dapat menjadi inspirasi banyak orang, ya.

    BalasHapus
  2. Buku yang wajib dipunya. Baru lihat covernya aja udah bikin ngakak. Aura kebahagiaan langsung berasa hehehe.

    BalasHapus
  3. Membaca tulisan ini, berasa vibes bahagianya, bener2 Bahagia Bersama yang dibagikan untuk sesama juga nih, keren banget JNE. Hahhaa, Pakeet, beneran covernya lucuuuuu.
    Aku mauu jugaa dan kepo sama isi2nyaa. Sukses ya Kang Mamaan, belom apa2 dah nularin bahagia nih, apalagi kalo baca bukunya yaa.

    BalasHapus
  4. Aku senang sekali pas ikut acara ini mba. Aura bahagianya terasa sekali. Dan senang ya teryata masih banyak orang yang mau berbagi kepada orang lain

    BalasHapus
  5. Menarik bukunya ini. Betul mba, dengan berbagi, apalagi dengan orang2 yang benar2 butuh, akan membuat kita bahagia. Makasih sharing nya :)

    BalasHapus
  6. menarik ya kayaknya bukunya hehee tapi bener sih paling happy tuh kalau ada kang paket yang teriak pakeeeettt hahahaa

    BalasHapus
  7. Buat yang mau bahagia wajib beli nih buku ya Mam. Aku hepi banget ikutan ini banyak yang bisa dipetik hikmahnya apalagi soal berbagi

    BalasHapus
  8. Wah Kang Maman menulis buku Bahagia Bersama ini utk JNE ya.. Penasaran dg isinya nih..pasti bagus seperti buku2 beliau lainnya ya

    BalasHapus
  9. Bukunya tampak menginspirasi yaa..
    Suka banget sama quote "Jangan mati sebelum berguna".

    Semoga kita semua bisa bahagia dan melakukan hal-hal yang menyebarkan kebahagiaan.

    BalasHapus
  10. Aku ga sabar pingin buru-buru baca bukunya nih, penasaran dengan isi bukuanya yang penuh inspirasi untuk saling berbagi dan membuat bahagia

    BalasHapus
  11. Lucu banget cover bukunya kang Maman terbaru yaa. Pasti isinya juga bagus yaa. Btw, barakallah untuk JNE yang telah menggulirkan event ini. Semoga akan memberikan kebahagiaan kepada kita semua.

    BalasHapus
  12. JNE memang pantas jika bertahan sampai 30 tahun seperti ini karena ownernya saja prinsipnya sudah hitung-hitungan non duniawi. Kalau sudah begitu, sejahtera terus hidup dan bisnisnya

    BalasHapus