My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Kisah Inspiratif Dibalik Buku Bahagia Bersama

by - Oktober 18, 2021


Review Buku Bahagia


Mempelajari benih baik dalam diri seseorang. Saya selalu percaya bahwa setiap manusia memiliki sisi baiknya sendiri. Kondisi, keadaan dan pikiranlah yang membuat seseorang memilih pilihan-pilihan yang salah. Di setiap hati, akan selalu ada kebaikan dengan teropong-teropong berbeda. Tergantung apa yang terlihat, dilihat dan dirasakan. Saya selalu menyebut kebaikan sebagai Panggilan Hati. 


2 minggu setelah drop akibat vertigo, badan dan dipikiran saya seolah sedang diijinkan Tuhan untuk istirahat sebentar dari banyak aktivitas dan berhenti berpikir masalah-masalah rumit. Saya mulai kembali membaca buku-buku baru dan lama yang belum sempat dibaca. Setidaknya sedikit merubah keadaan bahwa rebahan jangan menjadi hal yang sia-sia. Selain menamatkan beberapa drakor ongoing yang belum selesai, membaca buku jadi hal menarik untuk digenapi saat sakit. 


Saat sembuh dan ingin refresh bertandang ke daerah pegunungan bernuansa sejuk untuk memulihkan pikiran, buku Bahagia Bersama yang ditulis Kang Maman menjadi teman perjalanan. Sesekali bahkan saya baca beberapa halaman saat menunggu di rest area dan meneruskannya di lokasi lain untuk mengusir kebosanan dengan cara yang baik tanpa mengeluh. Vibes energi positif dalam buku ini membuat saya sehat pikiran. 




Kisah berbagi, memberi, menyantuni dalam buku Bahagia Bersama karya Kang Maman berkolaborasi dengan JNE dan kartun Mice menjadi pilihan mengisi waktu luang yang tepat. Di kepala hanya tertulis, oke time to reading. Perihal mengenai kata berbagi, saya jadi teringat pepatah lama mengenai sedekah, bahwa sedekah ibarat sungai yang mengalir, kita akan terus mendapatkan manfaat dari air bersihnya dan dengan sedekah pula, maka kita mengambil 1000 langkah menuju surga. Kata-kata manis yang menancap bak pedang lekat-lekat dan menjadi perisai pengingat. 


Saat melihat covernya, awal hanya terpikir, buku ini hanya sekumpulan cerita yang berisi gambar-gambar dengan tulisan yang sedikit dan lebih banyak dialog bergambar, layaknya khas buku komik lainnya. Namun ternyata saya salah, buku Bahagia Bersama adalah gabungan cerita pendek inspiratif tentang makna berbagi yang ditulis Kang Maman namun diseling dengan satu halaman bergambar mengenai inti cerita yang digoreskan oleh kartunis Mice. Buku kisah inspiratif ini menjadi lebih segar dan lebih berwarna. Cerita menyentuh hati, memetik kebahagiaan dengan cara memberi dan diaplikasikan dengan kartun bergambar, setidaknya menjadi jeda dan tanda untuk memulai judul baru pada tulisan inspiratif lainnya. Disajikan banyak pesan berbagi kebahagiaan dari pengalaman kurir paket yang menjelajah banyak tempat dan beberapa hasil tulisan dari para juara lomba JNE Writing Competition. Bacaan baik sekaligus memberikan pelajaran hidup untuk yang membuat kita mengajak saling berbagi dan memberikan kebahagiaan.



Ada banyak sekali quote yang masih teringat dan bisa saya petik maknanya, menjadi penyemangat dan pengingat. Memasukkan energi positif baru ke dalam pikiran saya. Sebab saya selalu memiliki prinsip bahwa pikiran kita harus terus dipupuk dengan banyak kata-kata baik agar terserap, sehingga kepala dan tubuh akan merealisasikannya melalui perbuatan dan tindakan. Quotes manis yang saya ingat dalam buku ini salah satunya adalah:

"Orang-orang baik tidak hidup untuk dirinya sendiri, ia hidup juga untuk orang lain. Menjadi cahaya. Setidaknya, membawa cahaya, memberi, dan membagikannya kepada sesama"

 

"Kebaikan seperti lilin-lilin yang tetap menyala menerangi dunia. Allah 'bekerja' dengan cara-Nya. Firman-Nya mewujud di semesta"


Selain kumpulan kisah inspiratif yang bisa kalian tangkap hikmah dibaliknya, ada banyak kumpulan cerita yang dirangkum dari penggalan kisah menarik pengalaman para kurir JNE, cerita dari para juara JNE Writing Competition kategori jurnalis dan blogger yang tak kalah menarik untuk dibaca. 


Setelah membaca buku ini saya semakin dekat satu langkah mengenal JNE dan memahami bagaimana peran JNE kian tetap berkibar selama puluhan tahun dalam dunia ekspedisi karena menerapkan nilai-nilai berbagi, memberi dan menyantuni. Keselarasan berbisnis tak hanya memikirkan cuan, sebab berbisnis dengan Tuhan akan lebih menguntungkan. Kita akan belajar matematika rejeki, bahwa berbagi tidak akan mengurangi justru sebaliknya, tentunya juga dengan usaha dan kerja keras. 


Kisah menarik lainnya dalam buku Bahagia Bersama yang saya tangkap adalah mengenai cerita pak Welly (49 thn) seorang penyandang disabilitas yang bekerja selama 18 tahun sebagai karyawan tetap JNE. JNE memang telah lama membuka diri menyambut hangat penyandang disabilitas, baik itu disabilitas sensorik netra dan tuna netra, juga mempekerjakan tunarungu, tunawicara dan sejumlah penyandang disabilitas lainnya. Bahkan jika karyawan mengalami cacat atau meninggal saat menjalankan pekerjaannya, JNE memberikan kompensasi dengan menyantuni istri dan anak-anaknya sesuai dengan gaji terakhir karyawan tersebut. Selain itu anak-anaknya disekolahkan hingga tingkat SMA, sementara santunan untuk istri karyawan hingga ia menikah lagi atau meninggal. 


Bahagia bersama


Perusahaan ekspedisi besar ini, berawal dari 8 orang karyawan saat didirikan pada tahun 1990, makin lama tumbuh kian pesat hingga memiliki 66 cabang utama di seluruh Indonesia, 400 cabang yang bekerjasama dengan mitra JNE, serta 7000 counter agen JNE dengan total karyawan kurang lebih mencapai 18.000an. Kebetulan tepat pada tanggal 26 November 2021 nanti, JNE akan merayakan hari jadinya yang ke 31 tahun. Semoga JNE kian berjaya dan selalu menjadi pilihan nomor satu ditengah menjamurnya ekspedisi lain, sebab JNE selalu menerapkan 4 hal 'Baik' yang tidak dilupakan dan ditanamkan. Dengan membaca buku ini saya semakin memahami konsep BAIK Perusahaan raksasa ekspedisi kenapa bisa sebesar sekarang dengan menerapkan:

  • Pelayanan yang BAIK
  • Pengelolaan usaha yang BAIK
  • Jiwa sosial yang Baik
  • Perilaku yang BAIK

Tagline yang selalu diusung JNE yaitu Berbagi, memberi, menyantuni merupakan nilai-nilai luhur yang masih dipegang sampai sekarang. Sedangkan judul buku 'Bahagia Bersama' dipersembahkan  dengan merepresentasikan visi – misi perusahaan untuk mengantarkan kebahagiaan ke seluruh Indonesia.


Buku Bahagia Bersama tak hanya sekedar judul, kisah inspiratif di dalamnya sanggup memberikan bahagia baru dalam hati saya sebagai pembaca. Semoga setiap tulisan baik yang terbaca, selalu bisa menjadi embun penyejuk, mengalir, menyiram benih baik dalam banyak hal.


You May Also Like

17 komentar

  1. Suka liat cover bukunya, lucu aja gitu :D
    Btw JNE memang udah sejak lama ya hadir membantu masyarakat ya, dan selama itu sama kayak taglinenya Berbagi, memberi, menyantuni.

    Selalu ada yang diberikan untuk masyarakat selain pelayanannya yang penuh inovasi :)

    BalasHapus
  2. buku ini sempet berseliweran di beranda ku mbaaa..
    menarik juga bukunya dilengkapi dengan ilustrasi ya..
    bisa dibeli dimana mba bukunya?

    BalasHapus
  3. Belum pernah kecewa sama pelayanan JNE. Malah sekarang makin banyak inovasi yg bikin paket cepet sampai. Selamat menjelang usia baru ya untuk JNE!

    BalasHapus
  4. Awal ngelihat covernya, tak pikir juga komik mba. Begitu baca ulasan lengkapnya ternyata beragam kisah bahagia bersama. JNE memang keren pelayanannya. Selamat menyambut pertambahan usia JNE, semoga tetap yang Terbaik.

    BalasHapus
  5. buku Bahagia Bersama ini semacam paket komplit. Banyak pesan yang jleb banget. Sekaligus juga menghibur. Kang Maman pintar merangkai kata. Semakin menarik dengan kartun dari Mice

    BalasHapus
  6. Aku suka buku ini karna walau terkesan ringan tapi punya nilai bobot dalam kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
  7. Menjadi cahaya bagi orang lain, manfaat banget ya jadinya. Kadang memang kita gak bisa menduga cara Allah bekerja itu kuasaNya

    BalasHapus
  8. Aku beneran kepo dengan buku ini sepertinya buku yang menarik dan harus dibaca. Sudah lama ga review buku jadi pengen review juga deh...

    BalasHapus
  9. Mba, aku jadi pengen beli bukunya deh abis baca reviewmu ini, aku suka bukunya entertaining plus sarat makna juga bs belajar dari kisah inspiratif mereka

    BalasHapus
  10. Wah udah 331 tahun ya JNE jadi pengirim paket2 kita selama ini.
    Gak nyangka kalau awalnya cuma 8 org pegawainya dan bisa sebesar sekarang nih perusahaannya. Dekat rumahku ada satu kantor JNE pusatnya di situ kyknya utk area kab Bogor.
    Bukunya bagus ya mbak, banyak inspirasi2 dan pesan2 kebaikan ada di dalamnya. Kalau udah baca yang positif2 gitu bawaanya jd ingin melakukaan hal serupa yaaa

    BalasHapus
  11. Wahhh aku sudah sering lihat cover buku ini di medsos dan pengen banget baca. Kalau Kang Maman yg nulis kayaknya memang isinya gak biasa sih, ya. Dari judulnya, Bahagia bersama, sepertinya memang akan menyuntikkan energi positif ke pembacanya :)

    BalasHapus
  12. Saya tuh termasuk orang yang suka baca buku bergambar. Menarik aja gitu. Terus apalagi kalo cerita di dalam buku itu relate sama kehidupan sehari2 hehe

    BalasHapus
  13. Menyenangkan sekali ada ulasan buku Bahagia Bersama dari JNE.
    Plus banyak quote yang insightful. Jadi tetap semangat jalani hari dan selalu bahagia.

    BalasHapus
  14. Wah ini buku hasil kolaborasi Kang Maman dan Mice ya? Covernya aja unik gitu dan isinya pasti menarik. Apalagi yang nulis Kang Maman, ngena banget biasanya dengan kehidupan masa kini. Mau beli juga ah

    BalasHapus
  15. Inspiratif banget nih buku kolaborasi karya Kang Maman dan Mice Cartoon ini. Salut dengan semangat kebaikan yang selalu diusung oleh JNE dan ditularkan kepada para karyawannya.

    BalasHapus
  16. keren ya buku kolaborasinya, ada katun Mice dan ceritanya inspiratif banget. buku bahagia bersama ini bisa ngingetin kita lagi untuk mau saling berbagi dan memberi.

    BalasHapus
  17. penasaran banget sama perjalanan JNE karena sebagau salah satu ekspedisi langgananku dari dulu jadi pengen baca juga bukunya

    BalasHapus