My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Step-step Penggunaan Daily Skincare Scarlett

by - Januari 06, 2022

 

face care scarlett


Sehabis kembali mendaki dan susur pantai ke daerah Jawa Timur, kulit wajah sedikit agak lebih gelap dari biasanya karena terpapar sinar matahari walau sudah menggunakan SPF 50. Kulit orang Indonesia kebanyakan begini, mencerahkannya lama, gelapnya gampang. 


Seminggu absen skincare-an karena meminimalisir bawaan, saya semakin yakin mengenai bagusnya rangkaian facecare Scarlett yang tidak membuat kecanduan dan mengharuskan pake terus. Ketika absen sebentar untuk dihentikan, tidak menimbulkan kendala pada kulit seperti flek hitam dan sebagainya. Hal ini menandakan bahwa ingredient dari produk Scarlett aman dan benar-benar berkualitas. Butuh proses pelan-pelan untuk membuat kulit lebih cerah tanpa mendambakan putih yang instan. Jujur, saya malah takut kalau cream wajah langsung bikin glowing putih seketika, mengelupas dan licin. Setelah kembali mendaki saya melanjutkan kembali untuk skincare-an dengan produk kesayangan saya di rumah. Hasilnya pelan namun pasti, kulit kembali lebih cerah, sehat dan kenyal. 


Saya menggunakan rangkaian facecare Scarlett sudah lumayan lama juga di awal tahun 2021. Produk facecare yang saya miliki saat ini terdiri dari: Brightly Ever After Cream Day, Brightly Ever After Cream Night, Acne Cream Day, Acne Cream Night, Brightly Ever After Serum, Acne Serum, Glowtening Serum, Whitening Facial Wash dan yang terbaru Brightly Essence Toner. Namun yang seringkali saya gunakan adalah rangkaian Brightly dengan efek mencerahkannya dibanding yang Acne, karena kondisi kulit saya yang memang tidak begitu kendala sama yang namanya jerawat. 


Gimana, lengkap banget kan produk Scarlett saya di rumah? Hehe.. 


Rangkaian facecare Scarlett memang secocok itu dan bagus di kulit saya. Harganya juga affordable dan terjangkau semua kalangan baik mahasiswa sampai sosialita. Semua produk Scarlett dibandrol dengan harga Rp. 75.000


Kemasannya yang besar, harga terjangkau serta kualitas yang oke, brand satu ini mampu bersaing dalam sekejap serta happening sebagai produk skincare andalan yang paling dicari saat ini. 


Step-step Penggunaan Daily Skincare di Rumah


daily skincare


Brightening Facial Wash 


Sebelum menggunakan facecare andalan kalian, usahakan wajah harus benar-benar bersih. Saya termasuk yang lebih memilih membersihkan wajah dengan facial wash lebih dahulu dibanding langsung membersihkan wajah dengan cairan dan susu pembersih. Setelah mencuci muka dengan facial wash, bisa dilanjut dengan susu pembersih dan air mawar. 


Facial Wash dari Scarlett ini unik, didalamnya terdapat boba atau butiran bulat kecil berwarna-warni serta kelopak bunga mawar. Warna botol yang bening akan membuat kalian bisa melihat langsung isi dalamnya. Ini memudahkan saya untuk tahu kapan produk face wash saya akan habis, setidaknya bisa langsung prepare untuk membeli produknya yang baru sebelum benar-benar kehabisan. 


Jika kalian mencuci muka menggunakan facial wash Scarlett, maka tidak terlalu banyak busa yang dihasilkan. Saya lebih suka yang sedikit busa untuk pemilihan sabun pembersih wajah, karena jika terlalu banyak busa seringkali menyebabkan kulit wajah jadi lebih kering. After dibilas agak sedikit licin saat basah, namun setelah kering terasa sekali membuat kulit benar-benar terasa lembab. 


SLS Free


Produk ini juga aman banget karena tidak ada kandungan SLS atau biasa dikenal dengan sodium lauryl sulfate. Produk yang menggunakan bahan ini biasanya akan menghasilkan busa berlebih seperti: shampoo, face cleanser dll. Walau dikenal dengan manfaatnya yang efektif untuk menangkap kotoran di wajah serta menghilangkan minyak pada kulit, namun efeknya menyebabkan kulit beraksi berlebihan dalam menghasilkan minyak dan menghilangkan minyak alami pada wajah sehingga cenderung lama kelamaan kulit menjadi kering dan menyebabkan iritasi kulit dan mata. 


Kandungan Brightening Facial Wash

  • Glutathione
  • Aloevera
  • Rose Petal
  • Vitamin E


Netto 100 ml

Harga Rp. 75.000


essence toner scarlett


Brightly Essence Toner 


Setelah menggunakan facial wash dan wajah dirasa benar-benar bersih. Bisa lanjut ke tahap skincare selanjutnya yaitu Brightly Essence Toner sebelum menggunakan serum. Nah Essence Toner ini bagi saya seperti based skincare yang wajib buat pemakaian awal skincare, supaya produk skincare lain yang akan kalian gunakan menjadi lebih menyerap sempurna.


Selengkapnya mengenai pembahasan Essence Toner ini ada di postingan Brightly Essence Toner - Scarlett Whitening Karena gak cukup rasanya jika digabung dengan review produk lain, karena seriusan saya beneran se-exited itu dengan hasilnya yang super duper bagus di kulit. Kulit wajah jadi terasa kencang, glowing, lembab dan sehat. Lovely so much!


Kandungan Brightly Essence Toner

  • Natural Vitamin C
  • Glutathione 
  • Witch Hazel Extract 
  • Jeju Propolis Extract 
  • Allantoin
  • Niacinamide
  • Grape Water


Netto 100 ml

Harga Rp. 75.000


serum scarlett


Brightly Ever After Serum


Skincare yang gak kalah ketinggalan dan menjadi hal wajib aku gunakan adalah serum. Serum menjadi point penting yang merawat wajah. Perlu penggunaan yang benar juga supaya produk ini memberikan hasil yang maksimal. Saya sebenarnya punya dua serum series dari Scarlett ini termasuk yang Acne Serum, cuma jarang dipakai karena memang kulitnya jarang jerawatan. Nah serum Acne ini gak cuma bisa dipake di wajah saja, terkadang saya gunakan juga nih buat jerawat-jerawat suami yang suka muncul di badan. Kandungannya yang Non fragrance, Non Alkohol dan mengandung Salicylic Acid & Tea Tree Water ampuh banget buat urusan ngempesin jerawat. 


Serum Acne Jangan Digabung dengan Brightly Ever After Serum


Btw jika kalian sedang menggunakan Acne Serum lebih baik jangan digabung dengan yang brightly ever after serumnya. Gunakan salah satu dulu, sampai kendala jerawat kalian hilang, baru deh dilanjut sama yang Brightly Ever After serumnya. Efeknya setelah digunakan itu bikin jerawat cepet kering, kempes dan lama-lama hilang.  


Oke, kita lanjut bahas Brightly Ever After Serum yang rutin banget saya gunakan untuk skincare daily. Konsentrasi tertinggi di serum ini adalah Niacinamide dibanding dengan Glutathione-nya yang ampuh untuk mencerahkan kulit, menjaga skin barrier, melembabkan kulit dan memudarkan pigmentasi selain itu ada Vitamin C yang konsentrasinya lebih tinggi di serum ini dibanding yang ada di kandungan Acne Serum. Sesuai namanya juga jelas ya, bahwa Brightly Ever After Serum ini memang fokus untuk mencerahkan kulit kalian. Kandungan serum ini sama-sama Non Fragrance, Non parfume dan Non Alcohol. 


Pernah denger gak kalau Niacinamide dan Vitamin C tidak disarankan untuk digabung? 


Pertanyaan ini sering banget berkecamuk di pikiran, karena selama ini menganggap ketika kedua zat aktif ini digabungkan akan mengurangi fungsi masing-masing. Selain itu juga vitamin C dapat mengubah niacinamide menjadi Niacin. 


Saya sempat membaca artikel kesehatan mengenai wawancara Dermatolog Balquist Farida dari Skin & Co Clinic, bahwa sebenarnya kedua zat ini tidak masalah untuk digabungkan.  


Niacinamide sendiri memiliki efek whitening, antioksidan dan tergolong ringan sehingga dijual bebas juga di pasaran. Memang benar vitamin C dapat mengubah niacinamide menjadi niacin. Namun, proses ini memerlukan waktu yang sangat lama atau suhu yang sangat tinggi. Jadi sebenarnya tidak masalah jika digabungkan. Namun kembali lagi ke sensitifnya kulit kalian. Jika dirasa mempengaruhi kondisi kulit dan memperburuk lebih baik jangan gunakan bersamaan. 


Jenis kulit normal cenderung kering atau normal + kombinasi tanpa ada kendala jerawat cocok menggunakan Brightly Ever After Serum


Serum ini saya rasa lebih cocok ke jenis kulit normal cenderung kering, namun jenis kulit yang normal dan kombinasi berminyak di area tertentu seperti saya, malah cocok banget menggunakan serum ini. Buat kalian yang punya keluhan ingin menghilangkan bekas jerawat (bukan sedang berjerawat ya), kulit kusam, noda hitam, menggelap karena sinar matahari, hiperpigmentasi, rasanya cocok jika kalian gunakan Brightly Ever After Serum Scarlett ini. 


Tekstur


Teksturnya cair dan agak keruh. Aromanya juga karena serum ini non parfume jadi wangi herbal dari ingredientnya aja, but at least masih bisa diterima gak yang aroma gimana-gimana banget. 


Netto 15 ml

Harga Rp. 75.000


serum glowing scarlett


Glowtening Serum 


Semenjak Scarlett ngeluarin Glowtening serum, langsung penasaran banget dong. Apalagi warnanya yang putih susu, berasa banget bakalan bikin wajah glowing sempurna. Teman soalnya sudah ada yang pake duluan dan bagus banget wajahnya.  


Packaging dan Tekstur


Perihal packaging Scarlett gak usah diragukan lagi deh, sebenarnya sudah sering banget saya bahas mengenai packaging Scarlett yang memang totalitas sempurna dengan bubble wrap berlapis-lapis, bikin semua produknya anti tumpah, gak pecah dan aman banget sampai ke tangan kalian. 


Jarang banget saya mendengar keluhan kalau produk Scarlett ada kendala saat di pengiriman yang bikin bocor kemana-mana. Padahal rata2 produknya cair, baik itu shower scrub, serum, dan semua yang serba cair lainnya. 


Hal terpenting again yang membuat bahagia adalah produk Scarlett tuh lengkap dengan menampilkan tanggal expired, jadi kita bisa tahu nih sampai kapan skincare ini bisa aman kita gunakan. Karena banyak juga produk skincare yang tidak menampilkan expired date-nya. Ukurannya juga travel size dan gak makan tempat. 


Saat pengambilan serum juga enak karena dilengkapi dengan pipet yang bisa kita atur berapa banyak serum yang akan kita gunakan. Warnanya milky, teksturnya cair seputih susu namun gak yang cair yang cepat tumpah, beda sama yang Brightly Ever After serum dan Acne Serum yang lebih cair banget. Teksturnya ringan digunakan dan gak berat. Aromanya juga natural herbal dari kandungan alami produknya karena ada campuran Aloevera, Calendula Oil, Olive oil dan licorice extract. 


Netto 15 ml

Harga Rp. 75.000


Perbedaan tekstur serum scarlett
Perbedaan tekstur serum brightening ever after (cair dan bening keruh) sedangkan serum Glowtening berwarna putih susu lebih kental sedikit dibanding dengan serum brightening ever after


Oke sekarang kita bahas mengenai Kandungannya dulu nih! 

Kandungan Glowtening Serum

  • Tranexamic Acid (Melindungi kulit dari sinar UV, meredakan peradangan serta meratakan warna kulit)
  • Niacinamide (Mencerahkan, mengendalikan produksi minyak pada wajah, menyamar noda hitam dan melembabkan)
  • Geranium Oil (Mencegah penuaan dini, menyamarkan garis halus dan mengencangkan kulit wajah)
  • Allantoin (Antioksidan yang mampu merangsang pertumbuhan kolagen)


Apakah Serum Glowtening bisa digunakan sehabis menggunakan Serum Brightly ever after? 


Yes, bisa banget. Serum ini gak ada kandungan eksfoliasi atau kandungan yang tidak disarankan untuk digabungkan dengan zat aktif lainnya. Jadi aman, bahkan biasanya saya gunakan setelah Brightly Ever After Serum. Supaya lebih perfect combo dalam hal mencerahkan dan membuat wajah lebih glowing dan kenyal. Jadi kulit wajah kita terlihat benar-benar sehat dan fresh. 


Cara Menggunakan Serum Glowtening

  • Teteskan 2-3 tetes serum, usap, pijat perlahan
  • Ratakan serum ke seluruh kulit wajah sambil sesekali ditepuk pelan sampai benar-benar meresap
  • Gunakan saat pagi dan malam hari

cream scarlett


Brightly Ever After Cream Day dan Brightly Ever After Cream Night


Setelah melalui tahap rangkaian skincare di atas, lanjut menggunakan Brightly Ever After Cream day jika digunakan pagi hari dan Brightly Ever After Cream Night saat malam hari yang bermanfaat meningkatkan kadar hidrasi, menutrisi kulit sehingga kulit wajah menjadi lebih lembab, elastisitas dan glowing. Teksturnya cream putih yang gampang di blend dan ringan karena lebih cair menurut saya dibanding day cream biasanya. 


Saya bahkan sudah pernah membahas mengenai Cream ini lebih lengkap di Review Brighty Ever After Day Cream & Night Cream Scarlett 


Perbedaan kandungan Brightly Ever After Day Cream dan Night Cream Scarlett


Brightly Ever After Day Cream terdapat kandungan: 

Glutathione, Rainbow Algae, Hexapeptide-8, Rosehip Oil, Poreaway, Tri Ceramide & Aqua Peptide Glow.


Brightly Ever After Night Cream terdapat kandungan: 

Glutathione, Niacinamide, Natural Vitamin C, Hexapeptide-8, Poreaway, Green Caviar & Aqua Peptide Glow.


Netto 20 gr

Harga Rp. 75.000


Cream Wajah Scarlett


So, saat penggunaan skincare yang perlu diperhatikan adalah selain kandungannya, gunakan step-step urutan penggunaan skincare yang benar ya! Nah dalam rangkaian Scarlett ini dahulukan:

  • Facial wash
  • Essence toner
  • Serum (pilih salah satu brightly serum or acne serum jangan digabung)
  • Serum glowtening
  • Day cream untuk pagi hari dan night cream untuk malam hari
  • Bisa dilanjut dengan sunscreen untuk pagi hari


Buat kalian yang tertarik menggunakan rangkaian face care Scarlett bisa diintip di IG @Scarlett_whitening kemudian klik bio mereka di sana ada link pembelian yang bisa kalian pilih. Semoga review kali ini bermanfaat dan membantu kalian semua dalam memilih produk skincare Scarlett yang cocok di kulit kalian ya. See u again di next postingan lainnya. ❤️



You May Also Like

11 komentar

  1. serum sama moisturizernya aku udah pakai sejak lama mba, kalau facial wash, toner dan serum glowteningnya aku baru coba hehehee

    BalasHapus
  2. Produknya Scarlett lengkap bingiit, jadi makin rajin merawat muka yah. Saya juga pake Scarlett. Awalnya coba facial foam sama serumnya, dipake rajin ada perubahan yang bagus di kulitku. Akhirnya pake creamnya. Cream malamnya tuh cocok dan bikin muka bersih

    Sampai sekarang juga masih pake Scarlett

    BalasHapus
  3. Produk Scarlet selalu hits, dimana-mana ada! Saya pun selalu langganan memakai bodycarenya merk Scarlet. Yang skincare, mau nih juga rutin pake

    BalasHapus
  4. Aku lagi coba juga nih produk terbarunya yaitu toner. Lengkap ya rangkaian skincarenya Scarlett Whitening. Nungguin terobosan lainnya nih!

    BalasHapus
  5. Kalau serum yang glowtening ma brightly bisa dioakai berbarengan, gak? Kalau yang acne kan gak disarankan. Saya jadi dapat info baru lagi setelah baca postingan ini. Jadi tau kalau Niacinamide dan Vitamin C bisa tetap aman kalau digabung

    BalasHapus
  6. Rangkaian skincare dari Scarlett memang keren banget mbak, apalagi cocok untuk kulit yang mudah kusam. Btw aku belum pernah coba toner nya mbak.

    BalasHapus
  7. Sebagai penghuni Jawa Timur, i feel you Mbaaak.... Wkwkwk... Matahari di sini emang kejam yak T.T Aku juga cocok ni sama kandungan glutathione dan vitamin C.... ngefek banget bikin cerah....

    BalasHapus
  8. Wah lengkaap, pengen deh punya lengkap begini, biar all out gt merawat wajah. Btw makasih review-nya mbak Dessyyy

    BalasHapus
  9. wah, kayanya bagus nih scarlett skincare perawatan wajah. aku habisin serum aku dulu, nanti pengen beralih ke scarlett ah.

    BalasHapus
  10. Kujuga pakai toner dan serumnya. Yang bikin saya penasaran adalah krim siang dan krim malamnya

    BalasHapus
  11. Rangkaian produk Scarlett face care nya lengkap banget. Bisa bikin kulit kembali ke warna asli dan membuat kulit Sehat setelah diajakin seseruan berlibir ke pantai.
    Hihii..

    Yang bikin happy lainnya tuh..harganya flat. Ini bisa sekalian borong produk Scarlett yang lainnya.

    BalasHapus