My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Tradisi Imlek, Kampung Cina dan Double Pao (Bagi-bagi Bakpao dan Angpao)

by - Februari 06, 2022

 

Imlek


Keluarga opa dan adik ipar, termasuk keturunan Tionghoa, sehingga perayaan imlek bagi saya tak asing di telinga. Bahkan setiap tahun selalu merasakan dodol cina atau biasa disebut kue keranjang sebagai suguhan wajib ketika imlek saat bertandang. Kultur orang Tionghoa selalu mempercayai keseimbangan hidup, bahwa manusia memiliki sinergi dengan alam dan tingkah laku yang masih sangat kental. Mereka mempercayai hal-hal yang memberikan keberuntungan, entah itu dari makanan, lokasi tempat dan banyak hal lainnya. Semua teliti diperhitungkan. 


Tradisi Imlek


Tradisi imlek juga erat dalam menyajikan makanan keberuntungan selama musim festival 16 hari, terutama pada malam Tahun Baru Imlek yang selalu dipercaya membawa keberkahan untuk tahun yang akan datang. Selain dodol, mie panjang umur, yu sheng, manisan segi delapan, jeruk dll. Makanan tersebut melambangkan beraneka ragam kepercayaan yang diyakini secara turun-temurun. Bisa diartikan pengharapan, panjang umur, kekayaan, ikatan erat kekeluargaan dan keberuntungan. Di Kepulauan Riau, tempat kampung suami. Perayaan Imlek lebih meriah, penduduk asli daerah sana selain suku Melayu, banyak juga ditemui orang Tionghoa.


Lampion, angpao dan dekorasi warna merah mendominasi gedung-gedung besar saat perayaan tahun baru imlek seperti biasa di tahun Macan Air. Banyak diskon dan promo imlek bisa kalian buru. Bahkan beberapa retail pakaian di mall besar ikut bagi-bagi angpao. Kalian bisa raih angpao yang disematkan di pohon sakura artificial saat berbelanja minimal harga tertentu. Lumayan bahagia dapat potongan dari angpao yang berhadiah voucher yang bisa ditukarkan langsung dengan memotong nominal harga belanjaan sesuai keberuntungan masing-masing. 


JNE
Santunan Imlek JNE Medan (Pict: sumut24.co)


JNE Berbagi Kebahagiaan


Di momen spesial ini, JNE pun tak kalah ketinggalan untuk ikut menyebarkan kebahagiaan dengan pelanggan setianya. Selain menggelar program khusus di 16 kota (Jambi, Pekanbaru, Surabaya, Semarang, Palembang, Tanjungpinang, Bogor, Manado, Pontianak, Tangerang, Singkawang, Batam, Silangit, Pangkalpinang, Medan dan Malang) dengan memasang dekorasi tematik imlek pada 25 Januari - 6 Februari. 


Memberikan kebahagiaan dan manfaat besar terhadap bangsa dan negara menjadi kebiasaan baik yang terus diusung oleh JNE. Hal tersebut dibuktikan dengan memberikan santunan ke panti asuhan multikultural, klenteng dan vihara yang berada di 16 kota tersebut serta membagikan mangkok dan sumpit sebagai tradisi serta simbol rasa hormat dan kemakmuran di tahun-tahun berikutnya. 


Promo imlek JNE


'Double Pao' (Bagi-bagi bakpao dan angpao)


Selain santunan dan dekorasi tematik, ada program unggulan Imlek yaitu berbagi kebahagiaan “Double Pao” (bagi-bagi bakpao dan angpao) menjadi aktivasi menarik dan unik dalam merayakan imlek kali ini. Pemenang akan berkesempatan mendapatkan bakpao frozen dan angpao voucher. Program ini dilaksanakan di kota Singkawang, Medan, Pontianak, Semarang dan Surabaya. 


Tebak Kata Lampion Bareng si Joni


Jangan lupa juga ikutan memeriahkan Imlek bareng JNE dengan bermain #GameSiJoni di social media @jne_id yang akan berbagi rejeki menarik kepada masyarakat berupa merchandise menarik dan angpao untuk para pelanggan yang beruntung dengan bermain tebak kata lampion yang bergerak. Bermain seru, mengasyikkan dan bisa mendatangkan rejeki hanya dengan follow akun JNE dan like postingan, kemudian jawab di kolom komen tulisan di lampion, mention 3 orang teman kamu dan sertakan hastag #JNEMajuIndonesia dan #JNELampionHarapan kuis berlangsung pada tgl 26-29 Januari 2022. Aku spill aja ya jawabannya: "Keberuntungan, kebahagiaan, kesejahteraan, kemakmuran" yuk cuus langsung ikutan meluncur di kolom komen. Hehe. 


Ekstra Poin Khusus Member JLC


Buat member JLC (JNE Loyalty Card) di Imlek ini ada program khusus juga yang dihadirkan, jika kalian ingin kirim paket di periode 1-9 Februari 2022 berlaku di seluruh titik transaksi nasional yaitu: pemberian ekstra poin khusus untuk member JLC dengan minimum transaksi 450 ribu/hari (berlaku akumulasi pengiriman). Ada diskon ongkir juga nih sebesar 20% pada pengiriman paket internasional ke China, Hongkong, Taiwan dan Singapore. 


Aktifitas pengiriman paket pun menjadi semakin menyenangkan. Terlebih jika ingin berkirim paket rasa sayang untuk diberikan kepada kerabat di luar negeri saat Imlek datang. 2 tahun belakangan ini menjadi tahun yang penuh perjuangan. Jatuh, menangis, bangkit, tertawa dan kerja keras. Namun harapan tak pernah ketinggalan. Ia terus lahir setiap hari sebagai cara bertahan hidup dan bersyukur. Bisnis UMKM menjadi salah satu sektor yang paling merasakan dampak wabah Virus Corona (Covid-19). Banyak upaya yang dilakukan agar UMKM kian terus bergeliat dan tumbuh. Upaya lain yang dilakukan memberikan pelatihan serta pendampingan UMKM menuju digital marketing, dengan pemanfaatan e-learning, e-commerce serta literasi digital. 


Kampung cina
Wisata Kampung Cina (pict: Sindonews)


Cerita Imlek pelaku UMKM di Kampung Cina


Beberapa pelaku UMKM di Kampung Cina pernah bercerita, bahwa ketika Imlek biasanya penjualan meningkat diantaranya adalah Lucky Bamboo yang masih tinggi permintaan di pasar internasional sehingga dapat memberikan rezeki juga bagi para petani lokal saat imlek tiba. Permintaan pakaian cheongsam atau baju qipao, payung tradisional Tiongkok juga terjadi kenaikan, hal ini tentu menjadi peluang bisnis dalam meraup rejeki yang menguntungkan. Saat wisata kampung cina masih ramai, saya sekeluarga sering ke berkunjung ke sana ketika tahun baru Imlek dikarenakan lokasinya tak begitu jauh dari rumah. Mengenal budaya Tionghoa yang kental akan gaya arsitektural beserta filosofi, warna, inspirasi menjadi nikmat tersendiri. Hal penting lainnya adalah bisa memberikan edukasi kepada anak-anak mengenai keragaman budaya di tanah air.


Gong Xi Fa Cai, semoga kita semua diberikan kesehatan, keberkahan dan keberuntungan. 


You May Also Like

6 komentar

  1. double pao hahaa bagi angpao dan bapao, perut kenyang hati senang ya mba intinya

    BalasHapus
  2. Menarik banget ulasannya mba. Kalau imlek sudah pasti ada tradisi angpao dan juga menjadi momen menjemput rejeki ya mba untuk pelaku umkm di kampung cina.

    BalasHapus
  3. Imlek bikin hati hangat dan bahagia meski saat ini tengah menghadapi masa pandemi kembali.
    Semoga dengan rejeki Double Pao, kita bisa saling memberikan kehangatan meski tak bisa bertegu sapa di dunia nyata.

    BalasHapus
  4. Aku udah lama sekali nggak ke kampung Cina yang dikawasan Kota Wisata Cibubur. Seru disana mau nyewa kostum juga bisa

    BalasHapus
  5. Jadi ingat waktu kerja di salah satu perusahaan di Makassar dulu yang bos besarnya adalah Chinese. Setiap imlek seluruh karyawannya dibagi-bagi amplop (benaran amplop) angpao 😁

    BalasHapus
  6. Thank you, Mbak, sudah berbagi cerita. Jadi tahu tentang Kampung Cina di Riau, tradisinya, dan inovaso JNE. Ngomong2 JNE ini masi jadi andalanku nih untuk kirim2 barang yang aman dan cepat sampai

    BalasHapus