My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Resep Cireng Nasi Kobe Simple dan Lezat

by - Maret 23, 2022

 


Cireng Nasi


Ketika nenek masih ada, tidak ada istilah buang nasi. Nasi sisa selalu bisa jadi panganan lezat melalui tangan emasnya. Entah itu nasi kering dari panci yang dibuat bubur manado, kerupuk, empek-empek nasi, hingga cireng nasi. 


"Jangan buang-buang makanan, setiap satu butir nasi yang kita buang, dia akan menangis" Wejangan nenek yang seringkali saya ingat ketika tidak ingin menghabiskan makanan sewaktu kecil. 


Kebiasaan nenek membuat cireng nasi, membuat saya terinspirasi ketika sudah berumah tangga. Dulu, nenek hanya menggunakan bahan nasi dan tepung tapioka, namun karena kini banyak produk dengan formula baru hadir, seperti Kobe Tepung Bumbu Putih yang aman tanpa pengawet dan pewarna buatan. Saya menggunakan Kobe Tepung Bumbu Putih sebagai campuran membuat Cireng Nasi Kobe yang enak dan garing. Ada banyak resep lainnya di Dapur kobe yang bisa kalian jadikan referensi resep masakan di rumah.


Uniknya dari tepung ini, berbentuk kristal dengan butiran-butiran tepung sehingga cireng nasi yang saya buat menjadi lebih renyah diluar, lembut di dalam. Kobe Tepung Bumbu Putih juga bisa digunakan untuk membuat lapisan gorengan apa saja sehingga lebih krispi dan lebih tebal. 


Tepung Bumbu Kobe Memiliki banyak varian yang bisa kalian pilih: ada Kobe Tepung Bumbu Putih, Kobe Tepung Tempe Kriuk, Kobe Tepung Bumbu Serbaguna, Kobe Tepung Kentucky Super Crispy, Tepung Pisang Goreng, Kobe Tepung Bakwan dan Perkedel. Dengan tepung bumbu modern formula baru ini, kita bisa jadi koki nomor satu kesayangan di rumah nantinya. Karena masakan yang dihasilkan menjadi lebih enak, garing dan gurih.


Harganya yang terjangkau dan mudah didapat di minimarket dekat rumah. Saya selalu stock di rumah sebagai bahan pelengkap masakan lainnya supaya gorengan menjadi lebih enak dan lebih kriuk. Awalnya saya pikir Kobe merupakan perusahaan asal jepang jika dilihat dari namanya, ternyata saya salah. Hehe. Kobe sendiri adalah singkatan dari kepanjangan kalimat (Kata Orang Banyak Enak) yang dulunya merupakan industri rumahan asal Semarang namun kini menjadi perusahaan besar yang memproduksi tepung bumbu pertama di Indonesia semenjak 1979.


Nah, kali ini saya ingin membuat cemilan sore dengan bahan nasi sisa semalam yaitu Cireng Nasi Kobe Bumbu Rujak. Terkadang suhu panas pada panci di magic com seringkali membuat nasi menjadi kering di bagian pinggir dan bawah. Solusinya jangan langsung dibuang bunda, bisa kita manfaatkan menjadi makanan dan camilan pagi atau sore ditemani teh hangat. 


Bahagia rasanya jika masakan kita dipuji enak dan lezat oleh orang-orang tercinta di rumah. Selain semangat memasak jadi memotivasi lagi untuk coba resep baru cireng nasi yang dimodifikasi dengan tambahan bahan pelengkap lainnya. Akan lebih sedap disantap dan garing jika disajikan selagi hangat, supaya tekstur renyahnya lebih terasa. 


Kebiasaan bekerja atau belajar di rumah, kerap membuat kita seringkali merasa lapar. Jadi, menyiapkan camilan bisa menjadi opsi dan tips menarik supaya kegiatan di rumah lebih menyenangkan dan tidak membosankan.


Cara membuatnya Cireng Nasi Kobe sangat praktis dan tidak memerlukan waktu lama. Cemilan santai yang kerap menjadi pilihan untuk tidak membuang nasi sisa di rumah. Bunda juga bisa menggunakan nasi hangat yang masih baru jika tidak ada nasi sisa.



Kobe tepung bumbu
Bahan-bahan yang dibutuhkan


Resep Cireng Nasi Kobe Bumbu Rujak


Bahan Cireng Nasi Kobe


  • 200 gr nasi putih

  • 100 ml air

  • 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih (75 gr)

  • 10 gr daun bawang, saya gunakan hanya daun saja tanpa batang putihnya (diiris tipis-tipis)

  • Minyak goreng secukupnya



Daun bawang potong tipis-tipis


Bahan Bumbu Rujak


  • 1 sendok makan kacang tanah (digoreng)

  • Terasi (jika tidak suka bisa di-skip)

  • 100 gr gula merah

  • 50 ml air hangat

  • 1 sachet boncabe level 10 rasa original atau sesuai selera (saya gunakan level 15)

  • 1 sendok air asam


Cara membuat Cireng Nasi Kobe


  • Jika menggunakan nasi putih sisa yang masih bagus maka tinggal dicampurkan dengan air 100 ml air. Namun jika bunda menggunakan nasi sisa kering yang sudah sedikit mengeras, maka biasanya saya masak dengan 100 ml air hingga lembut lebih dahulu. Lalu campurkan 75 gr Kobe Tepung Bumbu Putih dan 10 gr daun bawang (jika adonan dirasa terlalu kering, tambah air lagi secukupnya). Aduk hingga tercampur rata. 

  • Bulat-bulatkan dari setengah sendok makan adonan, hingga adonan habis. 

  • Panaskan wajan. Lalu goreng hingga kuning kecoklatan atau matang. 

  • Cireng Nasi Kobe siap disajikan. 


Kobe Tepung Bumbu Putih berbentuk kristal dengan butiran-butiran tepung yang membuat lebih garing ketika digoreng


Cara Membuat Bumbu Rujak


  • Haluskan kacang tanah, gula merah, terasi dan air hangat.

  • Tuang BonCabe dan air asam, aduk hingga rata.

  • Bumbu rujak siap disajikan sebagai pelengkap cocolan Cireng Nasi Kobe


Pelengkap cocolan Cireng Nasi Kobe bisa bunda kreasikan sendiri di rumah. Bisa ditambah dengan keju, udang rebon, tuna, teri nasi dll. Selain itu, saya seringkali membuat dengan cocolan lain selain bumbu rujak supaya lebih bervariasi dan tidak bosan yaitu cocolan kuah cuko, sambal bumbu kacang, sambal mangga dan sambal terasi. 


Menurut kamu, lebih suka cocolan mana nih untuk Cireng Nasi Kobe menurut selera lidah kalian?  



You May Also Like

8 komentar

  1. wah mbaa.. menarik ini, jadi bisa memanfaatkan nasi yang sisa yaa.. aku sih kebetulan jarang ada sisa nasi. tapi kalau di rumah ortuku, nasi yang sisa tuh dijemur trus dibawa rewangku ke desa buat makan hewan ternak haha.. kalau sekarang, bisa kita olah lagi jadi camilan ya

    BalasHapus
  2. Ide menu camilan yang bisa banget dipraktekkan kala memiliki nasi yang nanggung jumlahnya. Biasanya suka bingung yaa...mau diapain. Kalau ada Kobe Tepung Bumbu Putih, bisa digoreng dan diolah kembali dengan rasa yang yummii~

    BalasHapus
  3. Wah cireng unik dari nasi... jadi pengen nyoba nih,kreatif Mba kepikiran banget dibuat dari nasi.Masya Allah :D

    BalasHapus
  4. AKu biasanya keabisan ide dan ujung2ny jd nasgor hehe
    Lumayan banget nih dibikin cireng nasi, kyknya ank2 pun seneng apalagi bumbunya simple dan krn pakai kobe jd berasa enak ya mbak, dicemilnya pakai bumbu rujak nyaam

    BalasHapus
  5. Ibuku paling anti buang nasi sisa. Kalau nggak dijemur buat karak atau diadoni dijadikan krupuk nasi. Enak lho digoreng buat camilan sehari-hari atau dimakan sebagai lauk

    BalasHapus
  6. menarik nih bikin cemilan cireng nasi kobe, mudah dan lezat pastinya yaa, anakku juga pasti suka deh nih

    BalasHapus
  7. tepung kobe emang enak dipake buat tepungin apa aja, dulu kalau saya nasi sisa tu dijemur mba, kalau udah kering disangrai asli enak banget dipake lauk kaya kremes tapi versi bantet wkwk

    BalasHapus
  8. Kayaknya lebih cocok jenis sambal yang kayak model cuko gitu. Jadi yang air gula jawa diberi campuran air asam jawa itu. Waahh jadi pengin praktik bikin cirengnya nih. Itu nanti hasilnya bisa kopong di bagian dalam juga kah mba kayak cireng pada umumnya?

    BalasHapus