My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Youtap Bangun Digitalisasi Pasar dan UMKM

by - Mei 20, 2022


Youtap Pos


"Warung boleh tradisional tetapi pengelolaan tidak boleh ketinggalan zaman" 


Petikan di atas diharapkan menjadi pemicu untuk menumbuhkan era baru, dimana warung tradisional bisa naik kelas menjadi mini market. Terlebih di era digitalisasi yang semua bisa dilakukan melalui smartphone, salah satunya melalui Youtap yang menyediakan sarana bagi para UMKM tumbuh, berkembang dan kian bertambah besar dengan mengambil langkah digital. 


Teknologi tepat guna inilah yang dirasa akan dapat membantu para pelaku usaha mendapatkan solusi bisnis digital secara komprehensif hanya dalam satu aplikasi saja yang bisa untuk semua dan melakukan banyak hal:


  • Memulai usaha

  • Punya usaha

  • Kelola usaha

  • Mengembangkan usaha


Youtap Pos, Solusi Digital yang Serba Bisa


Hadirnya Youtap dirasa sangat tepat dan dibutuhkan di era yang serba canggih dan sulit setelah pandemi, sebagai wadah memberdayakan ratusan ribu pelaku usaha, khususnya UMKM di Indonesia agar mampu Go Digital. Memanfaatkan kecanggihan teknologi sebagai tempat untuk memulai usaha dan sebagai portal usaha yang memudahkan dalam bertransaksi, serta ada pilihan paket usaha yang bisa dipilih jika usaha kita semakin berkembang menjadi Mitra Usaha Youtap. 


Dengan hanya mendownload aplikasi kasir digital Youtap POS maka kalian bisa mengelola usaha semakin mudah, karena sudah ada pos-posnya dan memiliki QR-nya sendiri, sehingga tinggal scan kode QRIS (LinkAja, ShopeePay, GoPay, DANA, OVO, m-BCA, Kredivo BRImo, Sakuku, serta e-Wallet dan m-Banking lainnya). Youtap POS menjadi solusi kasir modern yang menghadirkan fitur pencatatan digital yang memudahkan dalam pilihan pembayaran. Kalian sebagai pelaku usaha akan dapat dengan mudah memasukkan barang dagangan dengan scan barcode untuk mencatat harga dan mengelola barang.



Ragam Fitur Youtap


Beragam Fitur Youtap POS Memudahkan Para Pelaku Usaha


Beragam fitur dan inovasi yang ditawarkan menjadi solusi bisnis untuk mengelola usaha menjadi lebih baik dan lebih mudah. Terutama dalam hal menginput produk, membantu pembayaran non tunai (cashless), melihat analisa penjualan baik harian, mingguan, bulanan, tahunan dll. Ada banyak fitur-fitur kekinian yang memudahkan untuk mengelola usaha diantaranya:


  • Fitur Kasir Digital

  • E-Menu (Buku Menu Digital)

  • Add on Product

  • Pembayaran melalui QRIS dan Semua Cashless

  • Analisa Pintar

  • Riwayat Transaksi

  • Kalkulator Digital

  • Open bill

  • Analisa Produk

  • Belanja Stok

  • Promo Penjualan, QR, Scan Barcode dengan aplikasi snap by Youtap


Fitur-fitur lengkap yang ditawarkan sangat membantu mengelola usaha dengan lebih mudah dan cepat. Sehingga tak perlu monoton harus berada di belakang meja kasir terus-menerus. Pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih ringkas dalam menangani berbagai transaksi. Semua terekap lengkap dan rapi, bahkan bisa langsung di print. Selain itu laporan transaksi penjualan dapat dicek secara real time melalui tablet, ponsel, atau laptop. Fitur kasir digitalnya komplit banget, kalian coba sendiri deh, baru bisa tahu secara pasti bagaimana Youtap sangat memudahkan untuk mengelola bisnis karena fitur-fiturnya mudah dimengerti, jika kesulitan bisa menghubungi CS mereka, maka akan dipandu cara menggunakannya. 


Sebagai pengguna baru, bagi saya aplikasi kasir digital ini memberikan tampilan yang enak dilihat dan terpenting mudah dimengerti dan digunakan. Terlebih untuk pelaku usaha kuliner, sangat mudah mengupload beberapa menu sesuai kategori, serta detail menu yang bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Bahkan kita bisa menambahkan pilihan untuk menambahkan topping yang beraneka ragam dan pilihan ukuran dari small, medium hingga large yang bisa pelanggan pilih nantinya. Fitur lainnya ada pilihan open bill dan barcode menu juga, tinggal scan barcode aja deh, sehingga pelanggan bisa mengakses menu digital dan pesan melalui hape.



Belanja Stok di Youtap


Double Untung dengan Fitur Belanja Stok di Youtap


Pengalaman terbesar dari beberapa kendala pemilik usaha, manakala stok habis biasanya akan terpaksa menutup usahanya secara sementara. Alasannya beragam, dari kekurangan orang dan tidak ada waktu untuk belanja kebutuhan usaha. Melalui sharing cerita dengan pelaku usaha dekat rumah yang membuka usaha kecil-kecilan, permasalahan yang seringkali terjadi adalah kesulitannya memasok barang secara rutin, sehingga stock yang ada lebih dulu habis. Hal ini bisa sangat berpengaruh kepada omset juga nantinya, bahkan kehilangan pelanggan karena toko tutup sementara. 


Kini melalui aplikasi Youtap POS, ada banyak banget benefit yang didapatkan dari fitur inovasi baru yaitu Belanja Stok. Kita bisa mengatur dan memilih pasokan barang dari pemasok terpercaya atau mitra supplier lebih dari 260 Merchant di Youtap dengan produk-produk yang berkualitas dan dapat disesuaikan dengan daerah distribusi maupun jasa kirim yang terpercaya. Perihal harga tidak perlu khawatir, tentunya lebih murah. Harga yang ditawarkan langsung dari pemasoknya atau pabriknya sendiri. Sudah hitungan harga spesial yang jauh lebih murah dan tidak menutup kemungkinan adanya tambahan promo lainnya. 


Hanya melalui ponsel dan tidak perlu kemana-mana, para pelaku usaha bisa tetap aman untuk mendapatkan pasokan barang yang akan dikirim sesuai jadwal yang bisa ditentukan sendiri, sehingga menghemat waktu dan transportasi, serta tidak perlu lagi sampai harus menutup usaha warung, toko, restoran, atau merchant kalian. Waktu kirim juga fleksibel, bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha, yang tentunya bisa diatur lebih cepat mengenai kapan barang akan dikirimkan sehingga lebih terencana dan menyederhanakan proses pengelolaan. 


Double Untung dengan adanya Aplikasi Youtap yang memudahkan para pelaku usaha mengembangkan bisnisnya. So, gak perlu drama lagi ketika mau belanja stok barang, kini makin mudah.


  • Download aplikasi Youtap POS di Playstore/Appstore. 

  • Registrasi instan tidak sampai 1 menit, lalu aktivasi akun Youtap POS

  • Setelahnya kita bisa menikmati banyak fitur lainnya dari Youtap

  • Fitur yang paling saya suka adalah fitur belanja stock barang

  • Sesimple kita pilih produk dan jumlah yang diperlukan

  • Pengiriman dilakukan setiap hari dan langsung dari pabrik atau sesuai dengan jadwal kebutuhan yang kita inginkan. Bisa diatur pengiriman setiap minggunya. 

  • Masuk ke pembayaran melalui E wallet atau m Banking via Qris di Youtap 

  • Transaksinya lengkap dan secara otomatis akan tercatat di status transaksi pemesanan kalian sehingga lebih mudah dan praktis dalam pembukuannya nanti

  • Setelah proses semua selesai, barang akan dikirim ke alamat tujuan.


Benefit Belanja Stok Menggunakan Youtap


  • Bisa atur dan pesan stok barang setiap minggu hanya melalui ponsel, kapan saja dan dimana saja

  • Hemat waktu 

  • Mendapatkan harga yang jauh lebih murah langsung dari pemasok/pabrik dan promo tambahan lainnya

  • Pengiriman dengan waktu yang fleksibel, cepat, terjadwal dan terencana

  • Riwayat transaksi jelas dan otomatis tercatat


Proses Pencairan Dana dari Transaksi yang Masuk di Youtap 


Selain membahas inovasi dari fitur-fitur terbaru, tentu akan lebih penasaran bagaimana proses pencairan dana dari transaksi yang masuk juga kan? Nah, Transaksi yang masuk di Youtap sampai pukul 24.00 WIB akan ditransfer ke pemilik merchant keesokan harinya. Proses pencarian dana sendiri dilakukan pada hari dan jam operasional yaitu Senin - Jumat pukul 09.00 - 17.00 WIB. Sedangkan transaksi yang berlangsung dari Sabtu - Minggu akan diproses di hari Senin berikutnya. 



Melihat bagaimana Lapak Buah Amar mengelola bisnis buah lokalnya menggunakan metode penjualan secara digital melalui Youtap. Beneran berasa tukang buah naik kelas, hehe… keren banget jadinya. Saya langsung tertarik mendownload di playstore karena banyak kemudahan yang ditawarkan. Dengan satu aplikasi saja, sudah dapat melihat laporan transaksi dan grafik penjualan, serta membantu merinci apa saja item produk yang banyak dibeli oleh pelanggan dll. 


Tak hanya datang langsung, produk yang ditawarkan bisa dibeli juga oleh pelanggan melalui hp masing-masing di rumah. Buat saya, Youtap bisa jadi andalan sebagai aplikasi teman dagang yang sangat membantu pengelolaan bagi pemilik bisnis dan UMKM serta mudah digunakan, praktis dan lengkap. So,  sudah siap gak nih, memulai usaha dan mengelola usaha bareng teman dagang Youtap?





You May Also Like

9 komentar

  1. Kalau stok aman maka saat puasa dan lebaran bikin tenang karena permintaan di bulan tersebut memang lagi meningkat.

    BalasHapus
  2. youtap ini bakal memudahkan buat yang memiliki bisnis UMKM dan sejenisnya ya kak, kalo semua bisa go digital pemasarannya pun jadi lebih mudah ya

    BalasHapus
  3. Aplikasi Youtap ternyata oke banget ya. Selain soal kasirnya, kita bisa belanja stok dari rumah aja. Kan kadang tuh gak sempat pergi karena ribet. Mana suplier-nya banyak dan terpercaya lagi

    BalasHapus
  4. Wah saya baru tau kalau ada aplikasi Youtap yang bisa membantu UMKM loh Kak. Selain sebagai kasir digital, ternyata bisa belanja stok juga ya di Youtap. Satu aplikasi bisa buat macem-macem gini sangat membantu dong pastinya

    BalasHapus
  5. Walah ada toh aplikasi POS baru di Indonesia yakni Youtap. Dari fitur-fiturnya cukup lengkap dan cocok untuk UMKM

    BalasHapus
  6. Kehadiran Youtap ini simple ya, terutama menerima pembayaran QRIS, jadi kekinian banget ini untuk menjadi sahabat pelaku usaha

    BalasHapus
  7. Yes, satu lagi teknologi hadir utk memudahkan UMKM. Mau instal ah. Sapa tau bahan yang aku butuhkan buat jualan jauh lebih murah di youtap. Makasih infonya ya mbak.

    BalasHapus
  8. saya masih kurang ngerti nih sama aplikasi youtap ini. kalau misalnya kita mau promo produk, itu kerja sama dengan marketplace atau gimana mbak biar orang tahu produk kita sedang promo?

    BalasHapus
  9. Youtap ini membantu UMKM kecil ya Mba. Meski usahanya belum besar tapi terbantu sekali dengan Youtab. Apalagi harga produk juga lebih terjangkau karena langsung dari pabrik. Makin cuan deh, mantap!

    BalasHapus