My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Persiapan Apa Saja yang Diperlukan Saat Menjalankan Ibadah Umroh?

by - Juni 14, 2022

 

Umroh


Mekkah adalah kota berkah yang memiliki banyak keajaiban dan keberkahan. Negeri yang dijamin keamanannya oleh Allah. Perjalanan spiritual ke sana menjadi impian bagi banyak umat muslim. Ada banyak cerita dari keluarga dekat saat menjalankan ibadah umroh dan tips sederhana yang dibawa pulang dan akan saya ceritakan kembali sebagai penyambung kisah bagaimana Madinah dan Mekkah membuat kita rindu untuk bertandang ke sana.



"Tiang-tiang Masjid Nabawi terlihat indah dan berdiri megah. Suasana spiritual yang lebih khidmat langsung terasa jika kita berkunjung ke sana. Karpet Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, wangiii sekali" ujar kerabat menceritakan dengan semangat perjalanannya selepas ke Tanah Suci. 

 

Terlebih jika memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri tiba, pemberian wewangian terbaik minyak oud menjadi lebih sering agar para tamu Allah lebih khidmat dalam beribadah. Begitulah Islam memuliakan untuk menyempurnakan ibadah. Islam cinta keindahan, kebersihan dan suka wewangian. Di sana banyak yang menawari minyak oud untuk mengharumkan diri secara gratis. Minyak oud sendiri merupakan parfum yang dikenal sebagai campuran parfum mahal karena proses pembuatannya yang berasal dari ekstraksi pohon berumur antara 70 hingga 150 tahun. Umumnya pohon tersebut tumbuh di daerah tropis Asia yaitu keluarga Aquilaria (gaharu). Minyak oud memiliki aroma manis nan eksotis.


Suasana Madinah lebih tenang dibanding Mekkah yang lebih sibuk dan ramai. Di kedua kota ini suhunya tergolong ekstrem. Udara di sana sungguh panas, namun anehnya jarang sekali berkeringat. Beda jika di Bekasi, panasnya mampu membuat basah pakaian. Bertandang ke kota Mekkah disuguhi pemandangan gersang dan banyak gunung batu dimana-mana. Namun kalian tetap rindu dan ingin kembali ke sana. 


Persiapan Saat Menjalankan Ibadah Umroh Pertama Kali


Ada beberapa tips ketika kalian akan umroh dari ringkasan pengalaman para kerabat: 


  • Persiapkan niat, perlengkapan ibadah dan ilmu yang cukup
  • Lakukan Medical Check Up sebelum berangkat untuk memastikan kesehatan
  • Siapkan Sunscreen dan kacamata hitam karena suhu panas di Madinah dan Mekkah termasuk eksrem
  • Jangan pernah melepas tanda pengenal, sehingga jika terlepas dari rombongan bisa mudah ditemukan
  • Bawalah pakaian seperlunya, agar tidak terlalu merepotkan karena kelebihan bagasi. Jika pakaian anda kurang, disana banyak penjual pakaian dengan harga yang tidak terlalu mahal. Bahkan gamis abaya bisa kalian beli dengan harga 50-100 ribu apabila dirupiahkan jika pintar menawar. Penjual di Mekkah dan Madinah banyak yang bisa berbahasa Indonesia. Siapkan juga uang pas. Karena menurut pengalaman, uang kembalian seringkali dibawa kabur jika berbelanja melalui pedagang keliling. 
  • Persiapkan pakaian dalam untuk umroh sekali pakai, sehingga lebih praktis dan tak makan tempat
  • Prepare obat-obatan dari rumah sesuai kebutuhan, karena membeli obat di Mekkah dan Madinah harganya jauh lebih mahal
  • Perhatikan siklus haid bulanan, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan untuk meresepkan obat penunda haid agar dapat beribadah dengan tenang tanpa halangan
  • Selalu ingat nama hotel dan memfotokan tampak depan hotel
  • Hafalkan pintu masuk Masjid Nabawi yang terdekat dengan hotel kalian menginap, karena Masjid Nabawi sangat luas sekali
  • Selalu bawa tas selempang untuk meletakkan barang berharga
  • Usahakan jika berpergian ditemani oleh teman satu rombongan
  • Selesai menjalankan ibadah wajib, ketika ada waktu luang untuk jalan-jalan, usahakan tidak membawa kamera profesional, karena akan ada banyak pemeriksaan yang mengakibatkan tidak diijinkan masuk. Sebaiknya bawa kamera kecil atau ponsel saja
  • Siapkan mental dan fisik dalam menjalankan ibadah umroh dan kerap menjaga kesehatan



Allah Memampukan Orang-orang yang Terpanggil


Hidup hakikatnya adalah tentang beribadah kepada Allah, agar kita tahu jalan Pulang sebelum Berpulang. 


Petikan kecil yang menjadi pengingat dan tak pernah saya lupakan, "Bahwa Allah tak hanya memanggil orang-orang yang mampu, namun memampukan orang-orang yang terpanggil".


Jamaah Umroh JNE
Jamaah Umroh karyawan JNE kloter pertama

Berbagi Kebahagiaan, JNE Beri Hadiah Umroh Gratis Bagi 140 Karyawannya

Seperti halnya perusahaan raksasa ekspedisi JNE yang selalu berbagi kebahagiaan, keberkahan, menebar kebaikan dan menjadi penghubung berkah dengan memberangkatkan ratusan karyawannya ke Tanah Suci. Setelah vakum 2 tahun akibat pandemi, kini JNE mulai memberangkatkan kembali para karyawannya ke Tanah Suci. Ide umroh gratis sebagai reward terbaik bagi karyawan digagas sejak lama oleh (alm) H. Soeprapto yang merupakan founder JNE Tepatnya sekitar 140 Ksatria dan Srikandi JNE, sebutan bagi karyawan JNE yang menjadi jamaah umrah kloter pertama dan mulai berada di Tanah Suci pada 16 – 24 Mei 2022 yang lalu. 


Pemilihan karyawan yang mendapatkan reward terbaik berupa umroh ini dilakukan dengan mempertimbangkan prestasi dan kontribusi yang telah diberikan kepada perusahaan selama lebih dari 12 tahun bekerja dari berbagai kantor cabang JNE di seluruh Indonesia dan kantor pusat. Hal ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh karyawan JNE untuk terus mengabdi dan memberikan kinerja terbaikNya. 


Perjalanan ke Tanah Suci menjadi momen paling berkesan bagi Yeni, salah satu jamaah umrah yang bekerja sebagai sekretariat JNE Semarang. Ia mengungkapkan betapa gembiranya bisa menyelesaikan sholat di Raudhah dan rangkaian ibadah umrah lainnya bersama para karyawan JNE yang dipandu oleh Ustadz Akhyar Mahpudin. 


Ciri khas Raudhah berkarpet hijau dan tiang yang berbeda


Tips Sholat di Raudhah


Raudhah (Taman Surga) berada di dalam Masjid Nabawi antara mimbar dan rumah Rasulullah (kini dijadikan makam Beliau bersama para sahabatnya). Pahala beribadah di Raudhah digandakan berkali-kali lipat. Raudhah juga dipercaya menjadi salah satu tempat paling mustajab untuk berdoa. Itu sebabnya lokasi ini menjadi incaran paling dituju oleh Jamaah untuk sholat dan berdoa. 


Menurut pengalaman mama ketika berada di Raudhah, sempat salah lokasi saat sholat di sana. Karena rupanya Raudhah memiliki ciri khas tiang dan karpet yang berbeda dari tiang lainnya, yaitu berwarna hijau keputihan yang tidak begitu luas hanya sekitar 22 meter x 15 meter, sedangkan area lainnya dengan karpet berwarna merah, bukan Raudhah. Jadi pastikan kalian berada di tempat yang benar yaitu berkarpet hijau. 


Jamaah wanita bisa memasuki Raudhah melalui pintu 25 di Masjid Nabawi. Perhatikan juga pola buka tutup masuk Raudhah bagi jamaah muslimah karena tidak setiap waktu dibuka dan ada waktu-waktu tertentu. Waktu buka tutup menuju Raudhah bisa berubah sesuai dengan situasi dan kondisi. Tips sederhana saat memasuki Raudhah, usahakan 5 menit sebelum adzan masuk ke Raudhah karena selama 30 menit pintu masuk dan keluar akan ditutup saat adzan, sehingga kita bisa lebih lama berada di sana. Selain dari itu, waktunya dibatasi maksimal 15 menit untuk sholat dan berdoa di Raudhah karena harus bergantian dengan jamaah lainnya. 


Semoga keberkahan dan kecintaan kita kepada Islam dan Baginda Rasulullah menjadi jalan untuk masuk dalam bagian dari orang-orang yang terpanggil dan dimampukan oleh Allah. 



You May Also Like

12 komentar

  1. Salut banget terhadap JNE yang begitu memerhatikan karyawan-karyawannya. Memberangkatkan ibadah umrah untuk 140 karyawan adalah sesuatu yang istimewa dan tentunya membawa berkah. Oh, ini khusus bagi mereka yang telah bekerja di JNE selama lebih dari 12 tahun ya sesuai prestasi dan kontribusinya? Mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, selalu salut sama perusahaan yang menghadiahkan umroh bagi para karyawannya.

      Hapus
  2. Alhamdulillah ya Allah, yang sudah bisa umroh dan bisa terus menambah kadar keimanan kepada Allah SWT. Saya sendiri belum pernah umroh dan bahkan naik haji. Suatu hari nanti rasanya ingin sekali pergi ke Mekkah atau Madinah untuk menyempurnakan keislaman saya.

    Btw, tips2 untuk pergi umroh di atas sangat bermanfaat sekali dan menambah wawasan saya pastinya. Makasih ya kak atas artikelnya yang laur biasa ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin kak, semoga kita menjadi manusia terpilih yang dipanggil oleh Allah ke Tanah Suci..

      Hapus
  3. Berdasarkan pengalaman pribadi, mempersiapkan hal-hal kecil untuk persiapan umroh itu penting. Barang-barang receh sebisa mungkin dibawa dari tanah air, seperti sandal, toiletris, makanan kecil, minuman instant (sachet) dll. Tahu kenapa? Yup betul... Tidak ada yang murah di sana.

    BalasHapus
  4. Menjadi kebahagiaan ketika kedua orang tua kami bisa umroh, subhanallah tiada bisa diungkap dengan kata kecuali niat suatu saat bisa ibadah haji atau umroh. Aamiin

    BalasHapus
  5. Mempersiapkan umroh memang sangat penting,apalagi bisa meng-umroh-kan kedua orang tua, itu luar biasa, aamiin ya robbal alamin

    BalasHapus
  6. MashaAllah. Membaca tulisan ini membangkitkan rasa kangen saya yang membuncah akan Mekka dan Madinah. Ingin kembali lagi bersama suami dan anak-anak. InshaAllah, tentu saja dengan mengikuti beberapa persiapan yang telah disebutkan di atas. Terutama untuk kita kaum perempuan ya. Akan lebih baik jika selama proses ibadah kita tidak dalam keadaan haid, sehingga fisik lebih sehat dan bisa mengikuti semua tahap ibadah dengan sebaik-baiknya.

    BalasHapus
  7. Mempersiapkan kebutuhan umroh dari tanah air akan membuat ibadah jadi tenang dan khusuk ya.
    Keren banget JNE yang sudah memberangkatkan karyawannya untuk umroh, kesetiaan karyawan selama lebih dari 12 tahun mendapatkan apresiasi yang bagus.

    BalasHapus
  8. Ya Allah bahagia mereka yang sudah dipanggil jadi Tamu Allah. Buat saya yg entah kapan, memang persiapan itu harus selalu dilakukan ya. Pengalaman teman-teman semuanya jadi pelajaran. Semoga ada waktu dan kesempatan serta rezekinya saya bisa jadi Tamu Allah juga. Aamiin ..

    BalasHapus
  9. Alhamdulilah tulisannya sangat bermanfaat Mbak Dessy
    Saya berencana umroh dan selama ini hanya mendapat tips membawa barang standar
    sementara tips dari Mbak Dessy sangat detail dan sangat berguna

    BalasHapus
  10. Wah ini tulisan yg bermanfaat mbak
    Pas banget buat yg mau berangkat haji atau umroh

    BalasHapus