My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Ketahui Mitos dan Fakta Mengenai Saraf Kejepit, Simak Kata Ahli di RS Premier Bintaro

by - Agustus 12, 2022




Baru kali ini saya pergi ke Rumah Sakit disambut robot canggih yang dapat memberikan informasi mengenai jadwal praktek dokter, promo menarik dan layanan yang menyangkut hal penting lainnya di Rumah Sakit Premier Bintaro. Namanya Darby, robot canggih berbentuk rusa ini merupakan maskot RS Premier Bintaro yang bisa menghibur keluarga pasien saat datang dan sahabat premier Bintaro dengan lagu-lagu yang diputarnya.


Keren, ya! 


Seperti tidak sedang berada di Rumah Sakit, rasanya. Darby menjadi ikon unik nan menarik. Saat saya ke sana, banyak  anak-anak kecil yang penasaran melihat robot canggih maskot RS Premier Bintaro satu ini dengan riangnya. Stigma anak-anak yang takut ke Rumah Sakit, seolah terbantahkan saat saya melihat Darby. 




"People Caring for People"


Sesuai dengan komitmen dan filosofi yang dipegang RS Premier Bintaro sangat mengutamakan kenyamanan, keramahan dan kepuasan bagi pasien dan keluarga pasien untuk memberikan yang terbaik dalam peningkatan kualitas dan tanggung jawab dengan layanan berstandar internasional. Hal ini terbukti dengan konsep gedung dengan mengutamakan pencahayaan, sirkulasi udara, banyaknya lahan hijau, tersedianya beberapa cafe di lantai satu dan minimarket serta restoran. Sehingga jika mendadak ada kebutuhan yang perlu dibeli, bisa terpenuhi tanpa harus keluar masuk Rumah Sakit lagi. Ada Starbucks juga, loh! Keluarga pasien bisa nongkrong asik sambil ngopi sembari menunggu antrian. Hehe. 


Harapan saya, semoga banyak Rumah Sakit lainnya ikut bertransformasi sehingga mengubah cara pandang masyarakat terhadap Rumah Sakit, menjadi lebih nyaman dan lebih ramah dikunjungi seperti RS Premier Bintaro. Dengan begitu akan mendorong masyarakat untuk lebih peduli mengenai kesehatan, sehingga yang datang tak hanya masyarakat yang sedang sakit saja. Namun yang menginginkan hidup lebih sehat, menjadi lebih nyaman saat hendak ke RS dengan melakukan medical check up rutin, konsultasi mengenai pencegahan penyakit sejak dini, konsultasi bagaimana mengatur pola hidup menjadi lebih baik, mengatur gizi seimbang dan merawat diri. 


Bertandang ke RS Premier Bintaro bukan tanpa alasan, tujuan utamanya adalah hendak mengikuti Healthy Talk dalam acara Blogger dan Vlogger Gathering untuk mempelajari lebih banyak mengenai materi "Mitos dan Fakta Saraf Kejepit" oleh dr. Omar Luthfi, Sp.OT(K-Spine).





Hospital Tour RS Premier Bintaro 


Selain mengulik mengenai materi saraf kejepit, keberuntungan saya lainnya adalah diajak untuk Hospital Tour. Berkeliling melihat fasilitas-fasilitas apa saja yang ada di RS Premier Bintaro saat ini. Kamar VIP yang tersedia di sana yaitu Premier Room dan Suite Room memiliki fasilitas dan kenyamanan yang tidak kalah dengan hotel bintang 5. Luas, nyaman dan bersih. 


Paket persalinan dengan menggunakan fasilitas kamar Premier dan Suites akan mendapatkan bonus lainnya yaitu video journey selain foto baby dan family. Sehingga kalian memiliki kenangan saat persalinan dalam bentuk video yang diabadikan.


Eoof Garden area untuk berjemur pasien, tersedia juga ruang pojok dahak 


Roof Garden menjadi salah satu ruangan yang tak kalah menarik sebagai area berjemur pasien. Lokasi terbuka yang langsung terkena matahari langsung ini cozy banget karena banyak bunga-bunga indah dan disediakan ruang pojok dahak. Untuk pasien yang hendak ke area Roof Garden harus meminta ijin lebih dahulu. Di jam waktu pagi, pasien bisa ambil udara segar sekaligus berjemur di sini. Saya jadi terbayang beberapa Rumah Sakit yang ada di Drama Korea. Hehe. 


Rumah sakit ini didukung dengan fasilitas-fasilitas canggih dengan layanan berstandar internasional diantaranya tersedianya mesin MRI 3.0 Tesla yang dilengkapi AI yang bisa deep learning dan Robotic Spine Surgery, sehingga luka sayatan operasi lebih kecil, akurat dan proses penyembuhan bisa menjadi lebih cepat. MRI 3 tesla memiliki software dan hardware khusus, CT Scan 256 slice, USG, Skrining Payudara Panoramic, Dental Mamografi, Radiologi Umum, General X-Ray 2 dan Deteksi Osteoporosis. Keunggulan teknologi ini menjadikan RS Premier Bintaro sebagai satu-satunya rumah sakit di Kota Tangerang Selatan yang memiliki kecanggihan teknologi tersebut. Dengan adanya MRI 3 Tesla kualitas image yang dihasilkan tentunya lebih bagus, sehingga sangat membantu untuk menegakkan diagnosis menjadi lebih baik. Selain itu, durasi pemeriksaan 40-60% lebih singkat dibandingkan versi pendahulunya. 


Layanan Unggulan RS Premier Bintaro 


Layanan unggulan di RS Premier Bintaro meliputi: Orthopedic Center, Spine Center, Klinik Bedah Tangan, Bedah penggantian Pinggul dan Lutut, Vascular Center, Stroke Center, Skin & Laser Clinic dan Sport Clinic. Selain layanan unggulan yang telah disebutkan layanan lainnya yaitu: Visa Medical Check Up, General Medical Check Up dan Sleep Clinic. 


Lokasinya strategis dan tidak jauh dari pintu tol. Rumah sakit yang nyaman menurut saya, karena banyak tanaman hijaunya. Area lobby dan pendaftaran memiliki konsep open space, sehingga terkesan lebih lapang karena ruang terbuka lebar. Bahkan bagi saya mirip mall atau pusat perbelanjaan. Hehe. 


Saya jadi teringat kutipan satu ini, setiap memasuki Rumah Sakit. 


"Kita tidak tahu indahnya sembuh, sampai kita merasakan sakit"


Nikmat sehat rasanya berkah yang terkadang luput kita syukuri. Terlebih jika suami seringkali mengalami nyeri pinggang dan terindikasi ada gejala saraf kejepit atau istilah kedokteran disebut sebagai HNP (Hernia Nukleus Pulposus). Untuk riwayat penyakit suami saya, disebabkan pernah jatuh di ketinggian 2 meter yang menghantam bagian pinggang belakang. Mulai terasa nyeri 5 tahun belakangan ini. Kalau sudah kambuh, jangankan untuk berjalan, bangun dari tempat tidur saja susah. Hanya mampu berguling ke kiri dan ke kanan saja, itu pun merasakan nyeri hebat jika salah posisi. 


Blogger & Vlogger Gathering 


Mitos & Fakta Saraf Kejepit 


Jika ada keluarga di rumah mengalami gejala mengenai saraf kejepit, bisa melakukan penanganan awal lebih dahulu:

  • Bed rest maksimum 2 hari
  • Penggunaan alat bantu (Korset)
  • Perubahan gaya hidup
  • Menuruni berat badan menjadi ideal
  • Menghindari gerakan-gerakan pencetus nyeri seperti mengangkat beban berat dengan posisi yang salah
  • Minum obat-obatan anti nyeri, radang dan vitamin
  • Program rehab medik oleh Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi 


Ada banyak hal mengenai saraf kejepit diluaran sana yang akan diluruskan oleh dr. Omar Luthfi SpOT (k) Spine mengenai Mitos dan Fakta Saraf Kejepit. 


Apakah nyeri punggung bawah / sakit pinggang merupakan saraf kejepit? 


Jawabannya adalah Mitos


Karena tidak semua nyeri punggung bawah merupakan saraf kejepit. Nyeri punggung bisa dikarenakan beberapa cedera lain, seperti di bagian bantalan. Namun nyeri punggung belakang merupakan salah satu gejala dari saraf kejepit. Ketika ada tanda-tanda saraf kejepit, harus dipahami dan diagnosis lebih dahulu, karena penting banget supaya tidak membahayakan dan lebih dini. 


Gejala Saraf Kejepit diantaranya:

  • Nyeri menjalar hingga ke tungkai bawah
  • Kesemutan dan mati rasa
  • Kelemahan gerakan tungkai
  • Gangguan rangsang BAB dan BAK


Mitos lainnya adalah saraf kejepit harus melakukan operasi sebagai tindakan penyembuhan. Sedangkan faktanya adalah penanganan diagnosis bisa dengan cara konservatif (tanpa operasi dengan pemberian obat-obatan, menjaga pola makan, fisioterapi dll) jika dirasa tidak membuahkan hasil maka bisa dilakukan dengan penanganan berikutnya yaitu operatif (penanganan untuk operasi HNP sendiri ada beberapa jenisnya tergantung label HNP yang dialami).


Metode urut dan kretek bisa meringankan nyeri punggung bawah?


Jawabnya Fakta


Namun tidak semua nyeri punggung bawah boleh dilakukan pemijatan, bahkan ada yang bisa menyebabkan nyeri yang lebih serius 

 

Kapan harus dilakukan operasi pada pasien Saraf Kejepit? 

  • Gagal terapi konservatif (nyeri menetap selama 6 minggu)
  • Terjadi kelemahan anggota gerak
  • Terdapat instabilitas atau gangguan bentuk tulang belakang
  • Berpotensi menyebabkan kelumpuhan


Apakah operasi tulang belakang beresiko tinggi terhadap terjadinya kelumpuhan? 


Jawabnya adalah Mitos


Jadi pasien tidak perlu takut dengan operasi saraf kejepit karena teknologi dan keilmuan dan keahlian kedokteran saat ini sudah sangat maju. Bahkan resiko kelumpuhan secara umum hanya 0,2%. Ilmu pengetahuan yang semakin maju dibarengi dengan peralatan yang semakin canggih sehingga penanganan saraf kejepit bisa dilakukan dengan teknik dekompresi saraf dengan endoscopy dan kemajuan teknologi menggunakan Robotic Spine Surgery yang minim sayatan dan lebih akurat sehingga operasi bisa dilakukan lebih cepat dan pasien bisa beraktivitas kembali. 


Materi mengenai saraf kejepit yang saya dapat oleh dr. Omar Luthfi SpOT (k) Spine di Aula Krakatau RS Premier Bintaro sangat bermanfaat sekali bagi saya yang suami sendiri mengalami penyakit serupa. Semoga kita semua selalu sehat ya. 




You May Also Like

11 komentar

  1. aku pernah denger kalau saraf kejepit tuh jangan dioperasi karena bisa lumpuh. Akan tetapi ternyata itu mitos ya mbak. Kalaupun ada kemungkinannya hanya 0,2 % aja ya.

    BalasHapus
  2. Membaca postingan beberapa blogger tentang RS ini, aku jadi semakin tertarik dengan vibes nya. Kelihatan sekali tempatnya nyaman, hangat dan bikin betah. Fasilitasnya juga lengkap dan bersih. Bikin betah orang yang berobat. Yang ngantar juga bisa menikmati waktu-waktu menunggu dengan baik. Cocok disebut sebagai rumah sehat ini sih.

    BalasHapus
  3. RS nya baguuuss BGT 😍😍😍 layanan jg ciamik.
    Rutin kasih edukasi secara gratis ya
    .jadi makin paham ttg saraf kejepiitkejepiitt

    BalasHapus
  4. penasaran banget dengan RS Premier Bintaro

    apakah selain penyakit umum lainnya, RS Premier Bintaro mengkhususkan pada penyakit saraf seperti bedah saraf , epilepsi dll

    kalo iya, terobosan banget tuh, karena kebanyakan RS fokus ke sakit jantung dll dan belum ada yang melirik penyakit saraf yang banyak macamnya

    BalasHapus
  5. Ternyata saraf kejepit itu tidak langsung di operasi ya kak, masih bisa dengan cara minum obat dulu.Wow keren ya RS Premier Bintaro banyak fasilitasnya untuk pasien dan suasananya nyaman ya. Top deh

    BalasHapus
  6. Kabar gembira jika kena syaraf kejepit tidak harus melakukan operasi dalam penyembuhan. Secara gak semua orang berani ambil tindakan operasi meski mau sembuh dan sehat sedia kala ya

    BalasHapus
  7. RS nya bersahabat ya kak. Bikin anak-anak nggak takut ke RS nih jadinya. Apalagi ada si Darby. Eh ngomong-ngomong saraf kejepit, aku sering dengar nih. Ngeri juga ya jadinya. Apalagi aku sering merasakan nyeri pinggang. Hehee

    BalasHapus
  8. Dengan interior yang nyaman dan fasilitas yang oke, RS Premier Bintaro bisa menjadi kepercayaan keluarga ketika ada yang membutuhkan bantuan medis. Dengan ruangan yang ramah dan aesthetic juga serba digital (ada robot imut yang sigap membantu), rasanya bisa mempercepat penyembuhan pasien.

    BalasHapus
  9. stigma bahwa rumah sakit itu menyeramkan bisa terpatahkan saat berkunjung RS Premier Bintaro ini yaa. Suasananya yang nyaman bikin semangat pasien untuk cepat sembuh

    BalasHapus
  10. Kayak bukan RS ya..
    Setujuuu saya, semoga Rumah Sakit lainnya ikut bertransformasi sehingga mengubah cara pandang masyarakat terhadap Rumah Sakit, seperti RS Premier Bintaro ini yang nyaman dan ramah dikunjungi

    BalasHapus
  11. Roof garden nya kayak di hotel ya.
    Ada robot pintar juga, pastinya jadi daya tarik sendiri buat anak-anak, jadi nggak perlu takut lagi kalau terpaksa harus dibawa ke RS.

    Wah info yang membahagiakan ini, ternyata syaraf kejepit bisa disembuhkan tanpa harus operasi

    BalasHapus