My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION, Laptop Modern Tema Luar Angkasa

by - September 17, 2022

 

Laptop Asus


Sudah sejak lama si sulung mulai menjerit-jerit menyarankan ganti laptop baru. Seingat saya sejak semester 3. Laptop yang terlalu berat dan kurang mumpuni jadi alasan untuk minta di lem biru – lempar ganti yang baru. 


Level kekayaan yang tidak seindah Raffi Ahmad dan Rizky Febian, membuat saya harus mengencangkan ikat pinggang untuk menabung. Sayang saja rasanya jika hanya membeli laptop spesifikasi rendah. Niat hati biar sekalian miliki yang bagus, supaya bisa digunakan untuk kuliah dan kerja lapangan. 


Kegiatannya yang padat, masuk hutan keluar hutan untuk mencari dan mempelajari spesies tanaman, rasanya perlu laptop performa baik yang juga tahan guncangan dan kelembaban. Saya masih setia melirik brand ASUS karena dua laptop di rumah sudah menemani lebih dari 10 tahun dan masih saja awet, yaah walaupun performanya sudah ketinggalan jauh karena laptop Asus edisi lama. Laptop ASUS terakhir yang kami miliki masih di harga 10 juta ke bawah. 


Notifikasi email Undangan Asus tampil pada baki ponsel. Mungkin ini yang namanya istilah "Sambil menyelam minum air" diajak seru-seruan bareng untuk menghadiri Launching produk Asus menjadi bagian cara jitu juga mencari referensi produk laptop Asus apa saja yang bagus buat rekomendasi.




Launching Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS)



Bertempat di Ballroom Djakarta Theater launching Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION digelar. Meriah dan keseruannya pecah abis. Dimeriahkan oleh Rizky Febian, Cici Panda dan Tasya Kamila. Ada banyak games seru saat launching event yang bisa ditukarkan berupa hadiah menarik, jika kalian berhasil menyelesaikan misinya. Asus Indonesia memang sangat agresif dan selalu berinovasi mengeluarkan produk-produk baru yang selalu keren abis. 


Happy banget liat peluncuran laptop unik yang sangat futuristik dalam segi desain bertemakan luar angkasa. Sebelum melihat bentuk fisiknya secara langsung pada launching perdananya, saya sudah kepo maksimal melihat review bang David aka Gadgetin di Channel youtube miliknya. Sampai akhirnya melihat sendiri desain yang waah serba luar angkasa baik dari cover, bagian keyboard dan kemasannya. Sebagai penggemar Star Wars dan segala yang berbentuk luar angkasa, rasanya ingin saya bawa pulang. Sayang saja, doorprize di acara launching tidak nyangkut Ahaha. Karena satu orang yang beruntung bisa membawa pulang laptop sekece ini. 


Asus space edition



Laptop Unik Desain Futuristik, Tema Luar Angkasa 


Laptop ini tercipta karena ASUS memperingati 25 tahun sejak kehadiran laptop ASUS yang melakukan perjalanan ke antariksa. Dari segi kemasan kardusnya saja sudah gahar dan eksklusif. Dilengkapi sandi-sandi serta ornamen gambar luar angkasa. Kardus pada kemasan charger dan laptop masing-masing memiliki kotak yang unik dan tak biasa, bahkan kotak charger memiliki fungsi ganda bisa digunakan sebagai penyangga laptop. 

Ornamen garis futuristik pada laptop ini hampir mirip dengan perpaduan Golden Record Voyager (rekaman fonograf yang disertakan dalam dua penerbangan pesawat luar angkasa Voyager saat diluncurkan pada tahun 1977) dan gabungan struktur MIR Space Station tanpa panel surya yang mengingatkan saya dengan laptop ASUS P6300. Benar atau tidaknya mengenai penjelasan tentang arti simbol-simbol atau ornamen garis futuristik yang tertera dalam laptop unik space edition ini, harap dimaklumi saja, karena saya bukan sarjana astronomi ahaha. 




Jadi flashback kembali mengenang Laptop ASUS P6300 yang menjadi laptop pertama ASUS menembus antariksa. Digunakan sebagai perangkat pendukung untuk misi stasiun luar angkasa MIR. Mampu bertahan di lingkungan gravitasi mikro yang penuh dengan radiasi kosmik selama 600 hari tanpa kendala. Tentunya hal ini menjadi tonggak sejarah bagi ASUS untuk semakin berinovasi dengan produk-produk lainnya. 


Bayangkan saja, di luar angkasa banyak sekali radiasi kosmik yang akan merusak transistor. Sedangkan CPU merupakan bagian dari milyaran transistor. Case laptop yang terbuat dari titanium rasanya masuk akal dan pas untuk melindungi komponen elektronik di dalamnya dari radiasi kosmik. Terlebih di luar angkasa banyak tembakan elektron yang tidak tersaring atmosfer sehingga bisa menyebabkan bit error, namun laptop ASUS tetap tangguh.




Spesifikasi Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION


Cover dan Body yang Kokoh


Performa dan kualitasnya gak main-main. Desain yang keren dengan warna Zero-G Titanium menambah kegantengan laptop satu ini. Warna-warna yang biasa digunakan berbagai wahana antariksa. Body yang kokoh hampir tidak ada plastik  dan sama sekali tidak terlihat ringkih, karena laptop ini menggunakan bahan aerospace-grade aluminum. 


Fitur ZenVision yang Kekinian


Kelebihan laptop ini dilengkapi dengan ZenVision yaitu layar OLED berukuran 3,5 inci yang berada dibalik layar utama 14 inci. Tampilan layar ZenVision bisa diganti-ganti dan dikustomisasi melalui preset dan mode animasi yang disediakan melalui aplikasi MY ASUS. Kalian bisa memilih tema astronot, waktu, text mo dll. Layar ZenVision ini sebenarnya digunakan buat gegayaan saja sepertinya, biar keliatan tambah keren dan berasa punya laptop kekinian, ahaha. Di belakang laptop ini juga tertera kalimat "Ad Astra Per Aspera" yang biasa digunakan sebagai motto astronot yang bisa diartikan "Inspirasi kami membawa ke bintang-bintang".


Saat laptop dinyalakan, terpampang nyata wallpaper dengan ilustrasi milky way berupa black hole supermasif. Laptop yang dibekali dengan layar 14.0" dan resolusi 2880 x 1800pixels, Glossy display, Touch screen, With stylus support, Screen-to-body ratio: 92 % makin nyaman dan enak dilihat sehingga mampu melindungi kesehatan mata dalam jangka panjang. Diperkaya dengan warna yang tajam dan sangat akurat. Layar OLED Asus didukung teknologi HDR dan response timenya sangat kencang. 


Performa powerfull Buat Kalian yang Super Produktif 


Laptop dengan berat 1.4kg ini ditenagai kartu grafis Intel Iris Xᵉ Graphics dan didukung sistem operasi Windows 11 Pro. Menggunakan Processor : Intel® Core™ i9-12900H processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores) untuk spesifikasi tertinggi dan Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores). Penyimpan internal berkapasitas 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD, RAM 32GB LPDDR5 dan RAM 16GB LPDDR5  on board sehingga laptop Zenbook 14X OLED Space Edition semakin powerful dan tampil istimewa. 


Suhu Tetap Stabil Jika Dijalankan Dalam Waktu Lama


Zenbook 14X Oled Space Edition juga dilengkapi dengan teknologi pendingin IceCool, memiliki kipas ganda dengan 87 bilang dan heat pipe berukuran 6mm dan 8mm sehingga mampu mempercepat perpindahan panas. Karena paling bete jika menggunakan laptop terlalu lama namun cepat overheat. 


Tahan Getaran, Guncangan dan Suhu Ekstrim


Segi kualitas jangan ditanya, laptop ini tahan guncangan, suhu ekstrim, getaran, dan kelembaban. Serta lolos uji ketahanan US Space Systems Command Standard (SMC-S-016A) dan memenuhi standar ketahanan Departemen Pertahanan Amerika Serikat (MIL - STD 810H). Bisa tahan pada getaran 20 - 2000 hz dan tahan di suhu minus 24 derajat Celcius sampai suhu 61 derajat Celcius.



Keunggulan 

Keyboard ergonomis dan nyaman digunakan. Desain melengkung ke tengah memberikan sentuhan yang nyaman sehingga mengetik bisa menjadi lebih cepat dan akurat. 

Dalam segi keamanan privacy, laptop ini menyediakan fitur finger print untuk menyalakannya. 

Bagian Touchpad dilengkapi Asus NumberPad dengan dimensi touchpad yang cukup besar untuk laptop berukuran 14 inci. 



Price


Untuk harga disesuaikan dengan spesifikasi pada laptop ini,

🪐Core i7 / 16GB RAM berada pada harga Rp. 26,9 juta

🪐Core i9 / 32GB RAM berada pada harga Rp. 30,9 juta


Secara keseluruhan Laptop ASUS Zencook 14X OLED SPACE EDITION ini terkesan mewah, futuristik dan ekslusif tak hanya dari segi desain namun performa dan software yang digunakan. Bagaimana, apakah hati kalian sudah bergetar melihat laptop keren satu ini?


 



You May Also Like

10 komentar

  1. Udah spek gahar, ternyata suhu laptopnya tetap bersahabat ya kak.
    Berarti kan buat dipakai lama kerja gak jadi panas-panas manja.

    BalasHapus
  2. Keren ya modelnya, speknya juga mumpuni banget, pakai laptop gini nggak takut lagi kalau diajak kerja bagai kudah nyaris 24 jam, hahaha.
    Soalnya laptop saya sering pingsan gara-gara ikut saya kerja lama banget, maklum mamak-mamak, disambi mulu :D

    BalasHapus
  3. Aduh laptop Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION bikin saya menyesali keputusan beli laptop yang sekarang
    Huhuhu laptop Asus ini keren bangeetttt, layarnya, speknya bikin saya males matiin laptop deh ^^

    BalasHapus
  4. ASUS emang keren ya, belum juga laptop ASUS idaman terbeli, udah muncul spesifikasi yang baru lagi. ASUS Zenbook 14X Space edition, yang dilengkapi dengan ZenVision pula. keren banget!

    BalasHapus
  5. Saat kerja jadi aman deh gak usah pakai kipas angin lagi karena laptop kalau panas cepat rusak

    BalasHapus
  6. keren banget laptopnya, Mba. Udahlah tampilannya elegan, spesifikasinya juga mantap banget. Ini mah laptop idaman

    BalasHapus
  7. Melihat spesifikasi laptop asusnya memang impian jika mengoperasikannya untuk supporting pekerjaan

    BalasHapus
  8. Wah seru banget bisa datang ke acaranya Asus ini ya mbak
    Memang Asus ini selalu berinovasi ya
    Produk produknya selalu penuh keunggulan

    BalasHapus
  9. Gatau gimana ya...liat ASUS tuh selalu terpukau aja gitu..
    Ternyata memang sedang ada versi limited editionnya yaa.. Asus Zenbook 14X OLED SPACE EDITION dengan performa terbaik di kelasnya, maka pantas banget dibanderol dengan harga 30 juta.

    BalasHapus
  10. Rata-rata laptop gahar milik Asus ini layarnya maksimal ya mba, bordernya tipis banget sehingga puas dengan tampilan layarnya. Duh...mantep banget pastinya untuk desain, terlebih memori nya gedhe

    BalasHapus