My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Ciptakan Udara Bersih dengan Philips UV-C Air Disinfection

by - Oktober 26, 2022

 

Ciptakan Udara Bersih


Udara memberikan banyak manfaat dan kontribusi bagi kehidupan manusia. Oleh karenanya penting sekali memperhatikan sirkulasi udara, baik di rumah maupun lokasi lainnya. 


Saya mengidamkan rumah dengan Konsep Tropis Minimalis yang memiliki ruang terbuka lebih banyak untuk menghasilkan kapasitas pertukaran udara yang cukup, guna mendapatkan ruangan nyaman dan sehat. Terlebih suami termasuk hobby menanam, sehingga menyukai tipikal rumah dengan banyak lahan hijaunya. 



Rumah minimalis
Photo via Chavesnamao.com


Konsep Rumah Tropis Minimalis Menjadi Pilihan Menciptakan Sirkulasi Udara yang Baik Dalam Ruangan


Di era kekinian rumah dengan Konsep Tropis Minimalis kini menjadi incaran banyak pasangan. Beberapa Ciri khas Rumah Tropis Minimalis:

  • Terdapat banyak ventilasi sehingga sirkulasi udara yang masuk ke dalam rumah menjadi lebih sehat rumah juga menjadi lebih sejuk 

  • Konsep open space dengan ruang terbuka lebar dan atap yang tinggi

  • Pemilihan warna cat yang netral

  • Terdapat tanaman tropis di taman, dengan lahan hijaunya dari aneka pohon dan tanaman rambat.

  • Memiliki banyak jendela besar, selain terkesan lebih luas juga lebih lega. 


Kualitas udara yang baik di dalam ruang didefinisikan sebagai udara yang bebas bahan cemar yang dapat menyebabkan iritasi dan alergi. Kelembaban dan tekanan udara juga berpengaruh karena dapat mengganggu kesehatan penghuni di dalamnya sehingga sirkulasi udara memiliki peran penting menciptakan ruangan menjadi lebih sehat. 


Sirkulasi udara sendiri sebenarnya terdiri dari dua jenis yang keduanya perlu diperhatikan:

  • Sirkulasi udara yang berlangsung secara alam 

  • Sirkulasi udara yang terjadi atas bantuan alat mekanis misalnya exhaust fan, purifier, cooker hood, Ac dengan penyaring udara dengan anti bakteri, UV-C Air Disinfection dll



Masalah Polusi Udara di Rumah Sakit Menimbulkan Berbagai Penyakit


Tak hanya di rumah saja, ruangan dalam bangunan lain juga penting sekali untuk memperhatikan sirkulasi udara. Salah satu ruangan yang berpotensi mengalami masalah polusi udara dalam ruangan yaitu Rumah Sakit. Rumah sakit yang beroperasi 24 jam sebagai tempat pelayanan kesehatan bagi masyarakat, tentunya harus memiliki ruang dengan memenuhi standar syarat kesehatan yang baik. Hal demikian dapat terlihat dari segi kualitas udara, konstruksi maupun fasilitas pendukungnya. Sistem tata udara dalam rumah sakit juga perlu diperhatikan dalam upaya penyelenggaraan pelayanan medik saat ini. 


Adanya pandemi covid 19 membuat banyak instansi kesehatan mulai berpikir mengenai pembenahan untuk menciptakan sirkulasi udara yang bersih, baik dan sehat. Kini banyak rumah sakit mulai berbenah dengan menerapkan konsep bangunan Healthy dan Friendly. Sistem tata udara rumah sakit berfungsi untuk mengatur temperatur, kelembaban udara relatif, kebersihan udara dan tekanan udara dalam ruang yang dapat mencegah berkembang biak dan tumbuh suburnya mikroorganisme terutama di ruangan-ruangan khusus seperti di ruang operasi, ruang isolasi, IGD dll.



Signify


Cegah Healthcare-Associated Infections” (HAIs) / Infeksi Nosokomial melalui Transmisi Udara di Lingkungan Pelayanan Kesehatan 


Banyak ilmu yang didapat melalui perbincangan dengan Dr. Cahyarini Dwiatmo, Sp.MK(K) yang menjadi salah satu narasumber perwakilan PERDALIN pusat, dalam acara Signify yang diadakan di The Terrace  Senayan pada tanggal 25 Oktober 2022 mengenai pembahasan "Mencegah & Mengendalikan Resiko Infeksi yang Ditularkan Melalui Udara di Lingkungan Pelayanan Kesehatan" hadir juga narasumber lainnya yaitu Bapak Wibawa Jati Kusuma selaku Chief Commercial Operation Signify Indonesia, dr Jaka Pradita, Sp.P dokter spesialis pulmonologi dan Selebritis Meisya Siregar


Menurut Dr.Rini kita harus aware mengenai resiko terhadap penularan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri atau patogen lainnya dari beberapa media, termasuk transmisi udara (airborne) seperti influenza, Tuberculosis, Sars, Mers, Covid, Varicella, Mumps, Measles dan masih banyak penyakit lainnya. Dalam hal ini perlu adanya pencegahan dan pengendalian terhadap infeksi Nosokomial.


Mengenai Infeksi Nosokomial (Hospital acquired infection) kini lebih dikenal dengan julukan lainnya yang biasa kita dengar sebagai “Healthcare-Associated infections” (HAIs) merupakan salah satu penyakit menular yang bisa didapatkan dari fasilitas pelayanan kesehatan atau ketika menjalani perawatan di rumah sakit yang dapat terjadi antar pasien, tenaga kesehatan dan pengunjung yang berada di fasilitas tersebut. 


Beberapa bentuk penyakit akibat Healthcare-Associated Infections (HAIs) diantaranya adalah:

  • infeksi aliran darah

  • pneumonia

  • infeksi saluran kemih (ISK)

  • infeksi luka operasi (ILO)


Lingkungan rumah sakit memiliki banyak komponen yang berpotensi memiliki pengaruh langsung pada HAIs, termasuk desain bangsal dan fasilitas ruang operasi, kualitas udara, suplai air, makanan, dan penanganan limbah medis dan cucian. Healthcare-Associated Infections (HAIs) yang ditularkan melalui infeksi udara di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, tidak bisa dianggap remeh karena dapat menimbulkan komplikasi penyakit serius seperti sepsis bahkan kematian, loh!


Duuh serem ya? 



Pencegahan & Pengendalian Penyakit yang Ditularkan Melalui Udara


Ventilasi yang baik diperlukan agar udara dapat bersirkulasi dengan baik untuk mengurangi penularan virus dan bakteri. Penggunaan desinfeksi udara UV-C teknologi juga dapat berperan penting dalam meningkatkan kualitas udara di fasilitas pelayanan kesehatan. Bagaimana cara mencegah dan mengendalikan penyakit yang ditularkan melalui udara? 


Pencegahan secara Individual 


  • Hindari kontak erat dengan pasien yang menunjukkan gejala

  • Isolasi mandiri

  • Kenakan masker

  • Etika batuk

  • Cuci tangan

  • Hindari menyentuh wajah tanpa mencuci tangan sebelumnya

  • Vaksin


Pencegahan dengan memanfaatkan teknologi UVGI (Ultraviolet Germicidal Irradiation)


UVGI merupakan lampu yang dapat menghasilkan sinar UV-C yang mampu membunuh atau menonaktifkan mikroorganisme (bakteri virus, jamur) dengan menggunakan teknologi sinar Ultraviolet. Biasanya diaplikasikan dengan meletakkan di atas ruangan, di dalam ruangan dan di dalam ducting ventilasi. Lebih praktis dan semakin memudahkan untuk mendesinfeksi udara di rumah, kalian hanya perlu mencolokkan dan menyalakannya saja, dan pembersih udara desinfeksi pun akan bekerja. Hal paling penting dalam memanfaatkan teknologi sinar UV adalah memastikan produk yang digunakan memiliki lisensi sesuai standar. Karena jika terjadi kebocoran sinar UV akan berbahaya bahkan menyebabkan kanker. 





Ciptakan Udara Bersih dengan Philips UV-C Air Disinfection 


Kini dengan semakin berkembangnya teknologi maka ada solusi untuk menciptakan kualitas udara yang bersih pada ruang tertutup yaitu hadirnya Philips UV-C Air Disinfection yang efektif menonaktifkan 99,99% virus. Produk ini aman digunakan bersamaan dengan kegiatan yang berlangsung sehingga tidak mengganggu aktivitas bisnis dan lainnya, namun dalam penggantian lampu UV-C hanya dapat dilakukan oleh teknisi.



Dengan pengalaman di bidang pencahayaan ultraviolet selama lebih dari 40 tahun, Signify memiliki rekam jejak terpercaya dalam teknologi UV-C, serta telah meluncurkan berbagai produk desinfeksi UV-C (udara, permukaan, dan benda), untuk penggunaan rumah tangga hingga profesional seperti di rumah sakit, gedung perkantoran, sekolah, salon rambut & kecantikan, perbankan, gerai makanan, transportasi serta fasilitas umum lainnya.


Berbagai macam produk Philips UV-C Disinfection Air yang bisa kalian gunakan sebagai cara pencegahan untuk menciptakan udara yang bersih dalam ruangan antara lain:


Philips UV-C
Philips UV-C Disinfection Upper Air


UV-C Disinfection Upper Air (Kedua alat ini dapat mudah dipasang pada dinding dan plafon dengan ketinggian minimal 2,3 meter tanpa merubah struktur plafon. Desainnya minimalis sehingga cocok untuk dipadukan dengan konsep interior manapun. 2 jenis produk Philips UV-C Disinfection Upper Air diantaranya:

  • Philips UV-C Disinfection Upper Air Ceiling Mounted (Dipasang pada langit-langit udara bagian atas)

  • Philips UV-C Disinfection Upper Air wall Mounted (Dipasang pada dinding udara bagian atas)


Philips UV-C Disinfection Air Unit & Philips UV-C Disinfection Air Cleaner Grey 


UV-C Disinfection Air Portable (Mudah dipindahkan saat akan beraktifitas)

  • Philips UV-C Disinfection Air Unit (Produk ini ada dua pilihan yaitu: 2 UV-C Lamps 84 watt & 4 UV-C Lamps 120 watt, memiliki roda di bawah sehingga dapat mudah dipindah-pindahkan

  • Philips UV-C Disinfection Air Cleaner Grey (memiliki 3 ukuran: Small (25 watt), medium (53 watt), Large (90 watt)

  • Philips UV-C Air Disinfection with HEPA filter 


Keunggulan


  • Pengujian laboratorium, alat UV-C ini menonaktifkan 99% virus SARS-COV-2 di udara setelah 90 menit beroperasi. Berdasarkan hasil tes laboratorium yang diselenggarakan oleh Innovative Bioanalysis, sebuah laboratorium yang sudah disertifikasi CAP, CLIA, dan AABB di ruangan dengan sirkulasi udara yang cukup.

  • Desinfeksi udara di ruangan hanya dalam beberapa jam.

  • Aman digunakan di sekitar manusia, hewan peliharaan, dan tanaman.

  • Mudah digunakan dengan panel kontrol yang mudah diakses.

  • Mode Sunyi dengan pengoperasian tanpa suara untuk suasana yang lebih tenang. Tetap nyaman saat makan malam dan tidur.

  • Disinfeksi efektif karena tabung berkualitas tinggi dari Signify UVC dengan driver yang didesain khusus, memastikan output bekerja maksimal dan memblokir cahaya dari ruang lampu UV-C, yang dapat memastikan tidak ada kebocoran cahaya UV-C dari perangkat.


Resiko Infeksi udara kini makin menghantui, dengan memanfaatkan teknologi sinar UV maka UVC Disinfection Air diharapkan menjadi solusi penyebaran penyakit, terutama yang melalui transmisi udara, sehingga masyarakat dan pemangku kepentingan dapat melakukan solusi jitu pencegahan penyebaran penyakit dengan memanfaatkan teknologi yang dapat membunuh virus dan bakteri dengan cara yang aman dan memiliki lisensi sesuai standar. 



You May Also Like

14 komentar

  1. Sekarang tuh ya, udara makin nggak bersahabat, banyak polusi bahkan virus yang mengintai kesehatan kita semua, apalagi kalau punya anak-anak yang sensitif dan alergian ya, kayaknya butuh banget alat Philips UV-C Air Disinfection ini

    BalasHapus
  2. Sejak pandemi aku pengen banget punya alat kayak giniii... Apalagi karena sama-sama kerja, banyak ruangan yg jarang dibuka jendelanya. Berasa nggak sehat deh menghirup udara di kamar. Tapi sayang, bentuknya kecil, harga nggak murah.

    BalasHapus
  3. Pengin banget punya alat ini, mba. Udara segar dan sirkulasi yang baik itu perlu banget di rumah. Biar ga terkena penyakit yang menular lewat udara ya.

    BalasHapus
  4. jadi ingat penjelasan pakar lingkungan dari DPKLTS yang bilang penduduk Bandung hanya punya waktu 1 1/2 jam menghirup udara bersih dan itu hanya pada waktu subuh
    Untung sekarang ada Philips UVC air disinfection ya? Sehingga anggota keluarga bisa sehat karena menghirup udara bersih

    BalasHapus
  5. Canggih bener ya PHILIPS UVC AIR Disinfection ini. Saya langsung membayangkan, jika alat ini dipasang di dalam kamar tidur, peredaran udara saat harus ditutup penuh karena menyalakan AC, bisa tetap terjaga kebersihannya. Tidur pun pastinya akan lebih sehat dan nyaman.

    Ih jadi tergoda deh saya. Lapor pak suami ah hahahaha. Siapa tahun permohonan purchasingnya lolos hahahaha.

    BalasHapus
  6. Pastinya butuh bgt produk ini di tiap rumah tangga
    Untuk.menjaga dan memastikan kondisi rumah selalu sehaattt sentosa ya mba 😍🙏

    BalasHapus
  7. Memang paling enak kalau udara di sekitar kita bersih ya . Bebas menyakit dan bikin nyaman

    BalasHapus
  8. Saya pakai Philips UV-C yang keluaran lama. Saat pandemi membantu banget buat disinfeksi ruangan. Tapi, yang lama gak ada pelindungnya. Makanya ruangan harus dikosongkan ketika lagi didisinfeksi. Makanya pengen juga yang baru ini. Biar bisa tetap beraktivitas meskipun alatnya sedang diaktifkan

    BalasHapus
  9. Kami juga di rumah sudah pasang untuk beberapa ruangan, kak Dessy..
    Mengingat suamiku punya alergi terhadap debu.
    Alhamdulillah memang jadi sangat membantu sekali dalam membersihkan udara.

    BalasHapus
  10. wuah boleh nih, cocok buat aku yang bersin-bersin karena debu dan kelembaban. Aku ingat2 namanya biar suatu hari kalo beli gak bingung lagi

    BalasHapus
  11. Di rumah juga pakai lampu merk ini mbak, soalnya awet dan juga hemat daya, cobain aah tipe yang ini 🥰

    BalasHapus
  12. Produk Philips yang saya gunakan beragam kak mulai lampu , blender , setrika , oven , soalnya terbukti awet dan berkualitas keren emang jadi kepo mau cob philips UVC Air Disinfection

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah rumahku termasuk rumah yang nyaman dengan banyak ventilasi udara, jendela besar, juga banyak kutanami bunga. Apalagi tinggal di pedesaan yang notabenenya lebih asri. Tapi nyobain UVC Air Disinfectan juga solusi banget buat ciptakan udara bersih dan segar. Kan juga jadinya kita lebih sehat.

    BalasHapus
  14. Philips ini ya, urusan inovasi selalu mengagumkan. Keren dan bermanfaat. Dari lampu hingga peralatan rumah tangga produksi Philips selalu berkualitas. Gak salah deh aku juga milih banyak produk di rumah dengan merk ini. Walopun harga sedikit beda dari yang lain, tapi kualitasnya memang jauh. Jadi kepengen juga nih pake UVC Air Disinfectan ini.

    BalasHapus