My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Sambut Tahun Baru dengan Merencanakan Resolusi Keuangan Baru Bersama KoinWorks P2P Lending Terbaik

by - Desember 15, 2022




Resolusi keuangan



Terlepas dari isu resesi yang semakin menjadi-jadi, gelora saya untuk memilah pengeluaran dengan membelanjakan sesuai kebutuhan penting dan mengerem belanja yang tidak perlu, merupakan bentuk upaya penghematan. Bagian dari penerapan tips jitu juga, untuk mencapai resolusi keuangan akhir tahun ini, yaitu memangkas pengeluaran, guna memperbaiki kondisi keuangan di awal tahun.


Berbagai resolusi keuangan, dibutuhkan untuk mempercepat kita mencapai kebebasan finansial. Dengan adanya perencanaan keuangan yang tepat dan resolusi keuangan yang dibuat, sangat membantu saya untuk mengatur keuangan dengan lebih baik, terarah dan terencana.


Hidup harus realistis sesuai kemampuan, begitu pesan yang saya ingat dari jaman nenek masih hidup. Hidup sebenarnya sederhana, pikiran dan gaya hidup manusia yang membuatnya rumit dan sulit. Oleh karena itu pesan di atas, bisa jadi pertimbangan untuk tidak perlu mempersulit keadaan dengan perilaku konsumtif berlebihan, sehingga melupakan hal paling dasar dari bagaimana memanage keuangan yang baik, yaitu mengatur keuangan agar cash flow tetap positif. Penting sekali menerapkan skala prioritas dari tujuan yang diinginkan. Hal demikian akan membuat kalian lebih fokus dalam mencapai tujuan tersebut.


Menuju akhir tahun dan mendekati awal tahun, menjadi momen yang tepat untuk menyusun resolusi keuangan kembali dalam rangka mewujudkan beragam impian, seperti: memiliki rumah, mengganti mobil baru, renovasi, dan prepare dana pendidikan anak-anak, bahkan merencanakan liburan asik bersama keluarga yang membutuhkan biaya yang cukup besar. 


Beberapa tips dan Rencana Menyusun Resolusi Finansial Demi Kondisi Keuangan yang Lebih Baik di Tahun 2023


Tentukan Skala Prioritas dan Tujuan dengan Perbaikan 


Banyak aspek perbaikan yang bisa dilakukan pada ragam kondisi keuangan seperti melunasi hutang, meningkatkan tabungan, maupun memupuk investasi untuk masa depan. Pentingnya skala prioritas menjadi kunci utama juga agar kehidupan tetap berjalan lancar. Pos-pos penting yang harus dibayarkan—harus didahulukan. Jika cash flow bagus dan terkontrol, sisihkan dana darurat dan investasi. Karena dana darurat dan dana investasi perlu dijadikannya prioritas utama yang harus disimpan, bukan di akhir bulan–namun di awal bulan. 


Bagi kalian yang memiliki kendala hutang di tahun sebelumnya, sebaiknya memprioritaskan strategi untuk melunasi hutang di awal tahun. Hal ini bisa menjadi solusi agar tidak terbebani oleh beban bunga dan cicilan yang menumpuk sehingga dapat mengalihkannya pada pos pengeluaran yang lebih produktif.



Menjaga Cash Flow


Mengecek anggaran finansial secara berkala sangat diperlukan untuk mengontrol pengeluaran dan pemasukan. Dalam gempuran ekonomi yang belum pasti kedepannya, diharapkan kita mampu berhemat dan mengencangkan ikat pinggang untuk tidak tergiur berbelanja yang tidak perlu. Membelanjakan hal-hal yang dibutuhkan saja dan mulai mengubah mindset ke arah yang lebih produktif. Untuk menjaga cash flow tetap positif, saya gunakan dua tabungan berbeda untuk mengkategorikan uang jangka pendek dan jangka panjang. Kebutuhan bulanan, saya sisihkan pada tabungan jangka pendek, sedangkan tabungan jangka panjang merupakan pos-pos lainnya seperti dana darurat, investasi dan uang pendidikan anak-anak sehingga tidak mengacaukan rencana dan dapat menjaga arus kas pribadi agar tetap terkontrol dengan baik. 



Menambah Dana Darurat


Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya ketika dilanda pandemi. Maka dana darurat lah yang menjadi penolong untuk bertahan hidup. Terlebih banyak anggota keluarga saya, yang bekerja di bidang jasa. Seketika usaha bisa langsung lumpuh total saat terjadi pandemi dan sama sekali tidak ada pemasukan. Idealnya, kalian harus mempersiapkan 6-12 kali dana pengeluaran bulanan, jika dana darurat sudah melebihi target yang ditentukan, maka sebagian dana darurat bisa dialokasikan dalam bentuk investasi yang aman. 



Investasi Sesuai Kemampuan 


Jangan cukup puas dengan hasil pemasukan melalui satu pintu. Pastikan memulai investasi baru, masuk dalam salah satu resolusi finansial mu tahun ini. Bagi yang ingin berinvestasi, harus direncanakan dengan benar, pelajari dan kenali seperti apa tujuan investasi tersebut, berapa jangka waktunya, imbal hasil, dan instrumen investasi yang sesuai profil risiko. Beberapa jenis investasi yang dipilih, bisa berupa reksa dana, saham, obligasi, P2P Lending, maupun emas.



Investasi sangat penting untuk memastikan bahwa tujuan keuangan tetap bisa terlaksana. Di jaman sekarang yang serba digital, investasi tidak harus memiliki modal besar, banyak pilihan investasi yang memudahkan. Kalian bisa memulai investasi dari hal yang kecil, sesuaikan dengan kemampuan finansial mu, salah satunya dengan berinvestasi di P2P lending dari KoinWorks. 




Dengan Satu Klik, Wujudkan Finansial Impian


KoinWorks menjadi partner pilihan investasi yang tepat bagi saya karena memiliki banyak produk Investasi yang ditawarkan sesuai dengan pilihan yang kita inginkan. Salah satu produk yang ditawarkan oleh KoinWorks dan ingin saya coba adalah KoinRobo yang merupakan pendanaan berbasis p2p lending dengan diversifikasi otomatis yang akan menyalurkan dana pengguna ke beberapa pinjaman untuk memitigasi risiko pendanaan dan mengoptimalkan imbal hasil. Sehingga saya lebih mudah dalam melakukan pendanaan karena produk ini memiliki imbal hasil terprediksi hingga 14% p.a, dengan berbagai tenor mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan. 



KoinRobo


Mengenal KoinRobo dan Kelebihannya 


Penggunaannya Sangat Mudah dan Sederhana 


KoinRobo merupakan inovasi yang berhasil membuat pendanaan produktif menjadi sederhana. Sebagai pemula, saya tidak dipusingkan untuk menyeleksi peminjam dan harus membuka fact sheet peminjam satu persatu. Keunggulan utama dan alasan utama memilih KoinRobo, yakni adanya proses pendanaan di Koinworks yang disederhanakan. 


Penggunaan KoinRobo sangat sederhana:


  • Klik menu Invest & Lend yang kalian inginkan

  • Klik produk Koin Robo 

(Best Performing minimal Rp. 100.000, Robo Prime minimal Rp. 20.000.000, Robo Pro minim Rp. 50.0000.000)

  • Pilih tenor yang diinginkan

  • Masukkan budget atau dana yang ingin kalian salurkan di KoinRobo

  • Pilih dampak sosial yang anda inginkan

  • Klik checkout, dan pastikan proses Checkout pada Cart KoinRobo kamu telah berhasil

  • Pengembalian pinjaman KoinRobo akan dilakukan menggunakan metode Lump Sum (Pada pengembalian dengan metode ini, pendana akan mendapatkan pengembalian pokok dan bunga sekaligus di akhir tenor dalam sekali pembayaran, misalnya di bulan ke-3 atau di bulan ke-12, tergantung pilihan tenor yang ditentukan.



Berapa sih, Nominal Pendanaan Minimal Melalui KoinRobo?


Investasi di KoinRobo tidak perlu memiliki uang banyak. Pendanaan di KoinRobo bisa dimulai dari Rp100.000 (Best Performing, Female-Led, Lokal Support Lokal), minimal Rp 20 juta untuk Robo Prime dan minimal Rp50 juta untuk Robo Pro.


Kalian bisa memilih dan menentukan sendiri saat akan mendanai, bahkan bisa mendanai satu atau banyak produk KoinRobo sekaligus pada waktu yang bersamaan.


Memiliki Fitur Auto Rollover



KoinRobo memiliki fitur Auto Rollover yang dapat digunakan pengguna untuk mendapatkan compounding effect, agar dana yang dihasilkan lebih optimal.


Fitur Auto Rollover ini, sama halnya seperti fitur yang sudah banyak digunakan pengguna pada produk Koin P2P, yaitu Auto Purchase yang merupakan fitur opsional, kita sebagai pendana bebas memilih hendak memanfaatkan fitur tersebut atau tidak. 


Jika pengguna melakukan pendanaan di salah satu dari empat produk KoinRobo dan mengaktifkan fitur ini kamu bisa mendanai kembali modal awal dan keuntungan yang kamu dapatkan secara otomatis pada produk KoinRobo yang sama.


Fitur Auto Rollover tersebut memiliki 2 pilihan:


Dana Pokok


Pendanaan akan diperpanjang secara otomatis menggunakan dana pokok ketika Robo jatuh tempo, sementara bunga yang dihasilkan akan dicairkan ke saldo KoinWorks. sehingga imbal hasil dapat dicairkan sehingga bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Tenor mengikuti kesepakatan pengaturan awal. 


Dana Pokok dan bunga


Auto rollover modal + imbal hasil untuk dapat mengembangkan aset dengan lebih cepat. Pilihan ini akan membuat pendanaan diperpanjang secara otomatis menggunakan dana pokok dan bunga yang dihasilkan. Kalian akan menerima total imbal hasil, di tanggal jatuh tempo berikutnya ketika kamu menonaktifkan fitur Auto Rollover. Tetap tetap mengikuti pengaturan awal. 



KoinRobo Berdampak Sosial


Berdampak Sosial


Di KoinRobo, kamu turut memberikan dampak sosial dengan membantu UMKM dan pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Ada 3 pilihan Social Impact: 

  • Best Performing | Pendanaan akan disalurkan ke pelaku usaha terbaik di industrinya

  • Female Led | Membantu para wanita Indonesia untuk mengembangkan bisnis yang mereka miliki.

  • Lokal Support Lokal | Mendukung pemilik brand lokal di Indonesia serta mendorong bisnis karya anak bangsa untuk membangun perekonomian dalam negeri.



Saya yakin bahwa setiap orang pasti punya harapan akan perubahan ke arah positif dalam hidupnya.Buat kalian yang cari solusi Finansial di tahun 2023 bisa dicoba beberapa solusi di atas untuk menjaga dan mengatur keuangan kalian dengan baik. Nah buat yang ingin cari Investasi apa saja yang tepat di tahun ini, bisa coba KoinRobo dari KoinWorks. Kalian bisa download aplikasi KoinWorks di sini dan pakai kode KLDESSY untuk mendapatkan KOIN 350.000 yang dapat kalian gunakan untuk mendanai di KoinP2P.


You May Also Like

5 komentar

  1. Kadang kalau ada diskonan suka kalap belanja padahal barang yang dibeli gak terlalu penting, emang sebagai istri yang mengatur keuangan mesti pintar dalam membelanjakan uang ya kak

    BalasHapus
  2. Seneng deh makin banyak aplikasi keuangan yang bisa memudahkan kita secara nggak langsung buat mengatur hidup karena sejatinya menata keuangan kan sama dengan mengatur hidup. Semoga ke depannya Koinworks juga makin punya banyak fitur yang memudahkan kita.

    BalasHapus
  3. Jadi belajar tentang bagaimana mengelola keuangan dengan baik, untuk mulai berinvestasi juga tahun depan

    BalasHapus
  4. Wah jadi tahu tentang KoinWorks ini dan bagaimana cara mengatur keuangan, apalagi katanya di tahun 2023 nanti akan ada resesi. Mesti pintar-pintar mengelola uang yang ada, termasuk juga investasi.

    BalasHapus
  5. Dengan makin banyaknya aplikasi investasi kayak gini tandanya kita juga makin melek investasi ya mbak. Semoga dengan adanya isu resesi jadi bikin kita makin pintar mengelola uang dan pintar juga untuk berinvestasi yaa :D

    BalasHapus