My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Apa Saja Manfaat Bermain Game Bagi Tumbuh Kembang Anak?

by - Mei 17, 2023

 


Game


Di usianya yang menginjak 6 tahun, anak saya selalu memiliki keinginan dan harapan yang lebih tinggi serta berubah-ubah seperti awan putih yang menggulung pelan di langit itu. Terkadang, pagi ingin menjadi Polisi, siang ingin jadi Programmer, malam hari berubah keinginan menjadi Gamer. 


Setiap hal baik, selalu saya Aminkan sebagai bentuk doa paling ikhlas di setiap awal harapan baik terlontar dalam kehidupan. Seperti satu kalimat pepatah baik yang tertuang, "Kita yang meminta, biarkan doa yang bekerja." Ada banyak harapan-harapan yang menjadi cipratan air, menyuburkan semangat yang paling kecil sekalipun di sekeliling kita. 


Kini kita bisa belajar banyak di mana saja dan kapan saja. Manfaat dari kemajuan teknologi membantu kita hidup di dunia yang kini serba dipermudah Perkembangan teknologi yang sangat pesat dapat membantu menggali informasi dan membuka jendela baru mengenai ilmu pengetahuan dan berita terkini. Semudah mencari informasi, hanya dalam genggaman tangan. Internet dan kemajuan teknologi menjadi sarana penunjang pendidikan dan pekerjaan saat ini. Anak saya, bahkan dapat belajar secara otodidak mengenai ilmu coding untuk mengasah kemampuan dan belajar membuat game sendiri sejak usia 8 tahun. Hadirnya beraneka ragam game menarik yang kini digemari menjadi salah satu bentuk kecanggihan teknologi. 




Namun sayangnya, stigma negatif yang beredar di masyarakat, membuat bermain game online dipandang sebagai suatu aktivitas yang cenderung ke arah yang tidak baik. Mengakibatkan kecanduan dan tidak menguntungkan untuk dilakukan. Padahal beragam manfaat juga bisa didapatkan jika kita mampu mengatur waktu dan tidak berlebihan. 


Bermain game menjadi aktivitas yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang di tengah kesibukan, sehingga terhindar dari rasa bosan. Rasa malas untuk berpikir yang rumit dan ingin mencari hiburan mudah dan murah.  maka bermain game sebentar bisa menjadi solusi membuka pikiran menjadi lebih rileks. Rasa happy juga bisa didapatkan dengan bermain video game sebagai salah satu cara paling efektif mendapatkan hiburan seru, walau hanya di rumah saja. Asalkan diakses secara tepat guna, tepat waktu dan tepat sasaran. Yup, tepat sasaran! Bagi saya ... hal ini sangat penting, karena beberapa game harus disesuaikan juga dengan usia. Bermain game selama tidak berlebihan, justru mampu memberikan manfaat dengan mengasah tumbuh kembang anak, seperti melatih otak dan pengendalian emosi. 


Sebagai orang tua, saya tetap memantau dan membatasi waktu bermain bagi si kecil, hanya maksimal 1 - 2 jam dalam sehari. Bahkan ada beberapa kawan orang tua lain hanya mengizinkan anak bermain games saat hari libur saja di hari sabtu dan minggu. 


Manfaat bermain game


Beberapa  Manfaat yang Didapatkan Ketika Bermain Game Bagi Anak


Meningkatkan Kecerdasan Otak Pada Anak


Saat bermain game otak perlu konsentrasi penuh dalam hal mengingat dan fokus terhadap apa yang dilihat. Hal ini akan merangsang Dopamin untuk memperkuat ingatan si kecil, mempengaruhi emosi, gerakan dan sensasi kesenangan. Dengan bermain game anak juga akan dilatih untuk mengkoordinasikan antara gerakan tangan dan mata, melatih gerakan motorik dan spasial, belajar berpikir cepat untuk menyelesaikan misi tertentu, memecah masalah dan menghadapi tantangan. 


Memperkenalkan Teknologi


Anak yang terbiasa bermain game, akan lebih paham dengan fitur-fitur yang ada pada ponsel. Gerakan tangan juga lebih cepat dalam mengetik tuts melalui keyboard. Namun tetap harus perhatikan penuh dalam bermain dengan menyesuaikan game yang sedang dimainkan si kecil agar sesuai dengan usianya. 


Mengasah Kreativitas


Anak-anak akan diuji dengan belajar berpikir cepat dalam menyelesaikan tantangan baru. Sehingga akan melatih dan mengasah kreativitas mereka untuk menyelesaikan masalah. 


Sarana Belajar


Banyak game edukatif hadir seperti belajar tebak kata, mencocokkan gambar, mengurutkan 3 warna dan masih banyak yang lainnya. Sebab game tak hanya perihal bermain lari-larian dan tembak-menembak. Kalian juga bisa bermain bersama dengan mencoba game edukatif untuk si kecil.


Bermain Game Bisa Dapat Untung


Saya jadi ingat, ketika dulu sering bermain pet society di akun facebook. Bermain memelihara hewan lucu sepanjang permainan, berkunjung ke rumah kawan dan menata ruangan serta berbelanja furniture. Saya menyukai hal yang berhubungan dengan tata ruang, sehingga permainan ini menjadi menarik bagi saya untuk dimainkan setiap hari ... kala itu.  Bahkan saya seringkali mencoba peruntungan dengan menggali harta karun dan mendapatkan sayap yang unik dan langka. Dulu saya sering mendapatkan barang-barang unik dari hasil galian yang akhirnya dijual kepada kawan. Ia membeli barang langka hasil galian dengan barter pulsa. Ahaha. Bermain game sekaligus mendapatkan uang jadi hal menarik saat itu. Sekarang sudah pensiun main pet society, walau rumah pet society saya terbilang paling kaya diantara yang lainnya karena level permainan sudah terbilang tinggi dan lama. Hehe. Ya begitu, lama-lama bosan juga, lalu mencari permainan menarik yang lebih seru. 


Solitaire


Menghilangkan Rasa Bosan dengan Bermain Game Favorit di Solitaire.org


Bermain game tak hanya disukai oleh anak-anak saja, suami saya bahkan hampir setiap hari bermain game kartu favoritnya yaitu Solitaire. Sudah berkali-kali tamat saat memainkannya. Kalian akan melihat kartu mulai melayang dan berterbangan ketika berhasil menyelesaikannya. Game Solitaire menjadi game sejuta umat yang paling diminati. Jika kalian rindu bermain game satu ini, bisa berkunjung ke situs Solitaire.org. Kalian bisa bermain online sepuasnya secara gratis, tanpa harus download aplikasi lebih dahulu.

Candy Crush


Dalam memilih permainan, saya menyukai game sederhana dan tidak terlalu rumit, seperti menebak benda yang tersembunyi dan menggabungkan warna. Sangat mengasikkan dan mampu membuat saya terhibur. Terlebih jika dalam kondisi menunggu di bandara atau rumah sakit yang membutuhkan waktu lama di ruang tunggu. Nah, bermain game online bisa menjadi cara ampuh mengusir rasa bosan.


Game Candy Crush dan zuma


Di situs ini kalian bisa menemukan banyak game menarik yang bisa dipilih pada bagian kategori, diantaranya: solitaire, card, mahjong, match 3, benda tersembunyi, teka-teki, juga permainan kata. Permainan yang paling saya sukai adalah kategori match 3 yang terinspirasi dari permainan candy crush dan zuma. Hampir semua sudah saya mainkan diantaranya: Candy Fiesta, Candy House, Zuma Ball, Zuma legend dan Treasures of Atlantis. Permainan ini tidak terlalu sulit dan menyenangkan. Game Hidden Objects juga sangat menarik, kalian akan diajak mencari barang-barang yang tersembunyi dalam sebuah gambar. Jika dirasa terlalu kecil maka bisa di zoom in dan zoom out dengan cara mencubit layar. Ini seru, kalian harus coba memainkannya juga. 


Jika kalian bosan di rumah dan ingin mencari hiburan yang mudah dan murah, bisa berkunjung untuk mencari permainan seru di situs Solitaire.org. Selain mendapatkan hiburan, tentunya dapat meningkatkan kecerdasan dan daya ingat serta membantu kita untuk tidak bosan menunggu dengan mengakses berbagai permainan online yang kalian gemari secara gratis.  



You May Also Like

7 komentar

  1. Main game online bisa untuk hiburan sih ya sebenarnya, yang penting bisa atur waktu supaya nggak kebablasan

    BalasHapus
  2. Bermain game memang menggembirakan, karena bisa sekaligus pereda kepenatan dan menambah keberanian karena bisa memutuskan dalam waktu cepat

    BalasHapus
  3. Boleh juga nih dicobain aneka permainan yang ada di solitaire dot org ini yaaa... aku penggemar zuma loh mba, seru ya kalau pas main ini. Coba ah beberapa permainan yang ada di web ini.

    BalasHapus
  4. Ternyata bermain game itu banyak manfaatnya ya asal kita tahu batasan waktu dan kepentingan yang harus didahulukan. Termasuk anak2 selama mereka memainkannya di waktu libur dan diberikan batasan waktu niscaya akan membuat mereka terasah otaknya dan bisa menikmati liburannya dengan lebih kreatif.

    BalasHapus
  5. Manfaat main game banyak juga yah, tetapi sebagai orang tua harus tetap memperhatikan waktu karena biasanya anak2 suka lupa waktu kalau sudah asyik bermain. Eh, jangankan anak-anak, saya pun suka lupa waktu kalau lagi asyik main game solitaire. Wkwkwk.

    BalasHapus
  6. sepanjang permainan yang dipilih anak - anak bisa membawa manfaat dan tidak menimbulkan kecanduan yang tidak sehat, banyak juga manfaat dari game ya mba

    BalasHapus
  7. Bermain itu menyenangkan.
    Apalagi kalau tetap aman terkendali seperti bermain di Solitaire. Aku suka Zuma. Rasanya bahagia banget ya.. sesederhana itu.

    BalasHapus