My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Sinar Mas Land Gelar Awarding Ceremony Young Architect Competition 2015

by - Desember 14, 2015

Sinar Mas Land Young Architect Competition 2015

Terlalu banyak informasi mainstream dan berita-berita yang tak layak dicerna masuk tanpa filter di masyarakat, peran masyarakat justru sangat penting terkait literisasi media (pengetahuan dan informasi) sebagai wadah mengakumulasi nilai-nilai manfaat yang dimunculkan oleh sumber-sumber media online dan cetak yang semakin tahun, semakin tumbuh. Peran penting masyarakat inilah yang hendak ditarik maju untuk memilah berita atau informasi yang baik atau tak layak dikonsumsi. Hal-hal baik yang kadang kala kurang terangkat untuk diekspos akan kita gebrak dalam tulisan ini. Sebagai pemicu para generasi muda untuk mengakses informasi yang lebih bijak dengan langkah membangun semangat muda berapi-api menjadi genderang agar kelak menghimpun generasi-generasi muda penuh prestasi.

"Knowledge is Power"

Dimeriahkan oleh Andien dan Tulus
Seperti kiasan di atas, bahwa pengetahuan adalah kekuatan, cobalah untuk mengenali keistimewaan diri sendiri, jadilah generasi berprestasi yang tak hanya terpaku pada buku, melainkan berperan aktif dalam ajang-ajang bergengsi merupakan langkah awal sebagai modal untuk menaiki tangga sukses lebih tinggi meraih puncak yang tak pernah kita ketahui. Bertempat di Jakarta, 5 Desember 2015, Sinarmas Land salah satu pengembang properti terbesar dan terpercaya di Indonesia, 
mengumumkan 9 tim pemenang Sinar Mas Land Young Architect Competition 2015 (SMLYAC). Pengumuman pemenang dilaksanakan secara seremonial berbentuk acara puncak penganugerahan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City serta turut dimeriahkan oleh penyanyi papan atas Indonesia, Tulus dan Andien. Sayembara yang berlangsung selama empat bulan ini diumumkan ke publik pertama kali pada 9 Juli 2015 dan ditutup pada 2 November 2015. Para pemenang berasal dari tiga kategori berbeda yakni Residential, Commercial, dan Resort serta berhak mendapatkan hadiah total 675 juta rupiah.

Sinarmas Land Young Architect Competition (SMLYAC 2015) adalah kompetisi arsitek bagi mahasiswa yang digelar Sinar Mas Land bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Bukankah setiap manusia memerlukan impian dan tingkat khayal yang tinggi termasuk di dalamnya adalah matematika, sains, seni, teknologi, humaniora, politik, sejarah, filsafat, hal tersebut diperlukan bagi para arsitek untuk berimajinasi dan mengimplementasikan dalam sebuah karya. Seperti yang kita ketahui bahwa Arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individual untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Seperti yang dikutip oleh Vitruvius di dalam bukunya De Architectura (yang merupakan sumber tertulis paling tua yang masih ada hingga sekarang), bangunan yang baik haruslah memilik Keindahan / Estetika (Venustas), Kekuatan (Firmitas), dan Kegunaan / Fungsi (Utilitas); arsitektur dapat dikatakan sebagai keseimbangan dan koordinasi antara ketiga unsur tersebut (wiki).

Mari mengenal lebih jauh tentang Sinarmas Land

Sinarmas Land


Sinarmas Land adalah pengembang properti terkemuka di Asia Tenggara dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam bidang pengembangan properti di Indonesia.  Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE  telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.

Dengan lebih dari 50 proyek besar yang telah dikembangkan di Indonesia, dan juga memiliki lebih dari 10.000 ha land bank, Sinarmas Land dapat disebut sebagai pengembang properti terbesar dan paling terpecaya di Indonesia. Bukti kesuksesan Sinar Mas Land juga diakui oleh dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigius seperti World FIABCI Prix d’excellence Award di Cyprus (2011), World FIABCI Prix Award di Taichung (2013), Asia Pacific Property Award di Kuala Lumpur (2012 & 2013), dan Cityscape Awards For Emerging Market di Dubai (2014).

Dengan dukungan tim manajemen yang kuat, Sinarmas Land juga sebagai pengembang kota mandiri paling berhasil (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept-Klastered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Kebetulan sekali, Kota Wisata, Legenda Wisata, yang berada pada area Cibubur terletak tidak jauh dari rumah saya. Sehingga tak ayal kehebatan Sinarmas Land sebagai pelopor konsep perumahan dan pengembangan kota yang asri serta tetap mengusung keindahan dan kehijauan kota dalam tatanannya, di mata saya tak perlu diragukan lagi. Sinarmas Land juga pengembang properti yang meresmikan proyek BSD Gop 9,  pada 10 Desember meresmikan pembangunan proyek gedung perkantoran terbaru di BSD City, yakni BSD Green Office Park 9 (GOP 9) yang ditandai dengan topping off ceremony. Sempat meraih Best of The Best dalam kinerja keuangan 2015 ditujukan untuk perusahaan-perusahaan Terbuka dengan kinerja keuangan terbaik di Indonesia. Kinerja keuangan Sinarmas Land  yang selalu positif bahkan membuat PT Bumi Serpong Damai Tbk telah menerima penghargaan ini sebanyak 4 kali berturut-turut.Sinar Mas Land  tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE).  Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan dan Itochu-Japan, Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

Sebagai perusahaan terkemuka Sinarmas Land melaksanakan ajang bergengsi SMLYAC ini bukan pertama kalinya, dalam ajang bergengsi SMLYAC 2015 terdapat 9 tim pemenang untuk tiga kategori sayembara SMLYAC 2015 yakni kategori Residensial, Commercial dan Resort. Sayembara SMLYAC 2015 merupakan bentuk kepedulian Sinarmas Land terhadap perkembangan para arsitek muda di tanah air sekaligus untuk mengapresiasi bakat mereka di bidang arsitektur, sedangkan acara puncak penganugerahan SMLYAC 2015 digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, dimeriahkan oleh penampilan dari Tulus dan Andien.

Sayembara arsitektur berskala nasional yang untuk kedua kalinya diselenggarakan  Sinarmas Land  sukses meraih respon positif dari para mahasiswa/i arsitektur di tanah air dan menjadi sebuah kesempatan besar bagi calon-calon arsitek terbaik negeri ini untuk menunjukkan potensi emas melalui karya terbaik mereka.

Ishak Chandra, CEO Strategic Development and Services Sinar Mas Land, mengatakan dalam siaran pers hari ini,Kepedulian terhadap perkembangan potensi generasi muda yang akan memikul masa depan pembangunan di tanah air membuat Sibarkembali menggelar sayembara Sinar Mas Land Young Architect Competition 2015. Kami sangat senang hal ini direspon positif lewat antusiasme peserta SMLYAC 2015 yang mengirimkan karya desain arsitektur terbaik mereka.”
Lebih dalam Ishak Chandra memaparkan bahwa Sinarmas Land bersyukur sekaligus bangga karena dapat memberikan kesempatan kepada calon-calon arsitek terbaik negeri ini untuk berkarya dan mengembangkan kemampuan mereka secara kreatif untuk membangun masa depan negeri yang lebih baik."

Pemenang Sinar Mas Land Young Architect Competition 2015

Berikut adalah nama pemenang Sinar Mas Land Young Architect Competition 2015 yang diumumkan dalam malam puncak penganugerahan di Indonesia Convention Exhibition (ICE):

Juara Residential Development SMLYAC 2015

Kategori Residential
Pemenang 1: Tim Estevantra Sunandirjaya dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 100 juta rupiah.
Pemenang 2: Tim Antonius Richard Rusli dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 75 juta rupiah.
Pemenang 3: Tim Lucky Fachrurozi dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 50 juta rupiah.

Juara Commercial Development SMLYAC 2015

Kategori Commercial
Pemenang 1: Tim Dena Hilmi Fauzi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 100 juta rupiah
Pemenang 2: Tim Dian Indah dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 75 juta rupiah
Pemenang 3: Tim Azki Muhammad dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 50 juta rupiah

Juara Resort Development SMLYAC 2015

Kategori Resort
Pemenang 1: Tim Silvanus Andi Saputra dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 100 juta rupiah
Pemenang 2: Tim Gideon Sutanto dari Universitas Pelita Harapan (UPH), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 75 juta rupiah
Pemenang 3: Tim Raynaldo Theodore dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 50 juta rupiah

Pada tanggal 2 Desember 2015, 15 finalis terbaik mempresentasikan karya mereka dihadapan dewan juri yang memang sudah piawai di bidangnya. Juri untuk kategori residensial ada : Sukendro Sukendar dari IAI (Founder Nataneka Architect), Andra Matin (Founder Andra Matin Architect) serta Jefry Budiman praktisi (Founder Grain and Green). Juri di kategori Commercial : Ardi Jahya, praktisi dari IAI, serta ada Rafael David dari IAI (principal Aboday Architect) serta Sofian Sibarani (praktisi dari AECOM). Juri di kategori Resort juga diisi orang-orang terbaik di bidangnya, diantaranya: Prasetyo Adi (praktisi dari PDW Architect) serta Robert Day (dari WATG).

Menanggapi kegembiraan para pemenang Ishak Chandra mengatakan, “Kami mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang, semoga sayembara SMLYAC 2015 dapat meningkatkan semangat kalian untuk terus berkarya memajukan industri properti dan arsitektur tanah air. Bagi yang belum berhasil meraih juara, jangan berputus asa dan patah semangat, karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.”


Jangan pernah endapkan tulisan baik yang pernah kita baca untuk ditulis ulang dengan gaya bahasa yang tercermin dalam pikiranmu. Semoga informasi yang baik kelak menjadi garda terdepan untuk melahirkan perusahaan-perusahaan yang juga mampu menabur benih-benih kepedulian dan mempelopori terbentuknya generasi tangguh yang dapat diandalkan negeri nantinya.Sebagai seorang freelance blogger dan masyarakat awam dalam bidang arsitektur, rasanya saya turut berbahagia dan mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih mereka.
"If you can Dream it, you can do it"


You May Also Like

0 komentar