My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Atasi Hidung Tersumbat Pada Bayi dengan Respimer Baby

by - April 26, 2021

 

Atasi hidung tersumbat


Bayi memasuki umur 6 bulan biasanya mulai aktif memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Akhir-akhir ini Dedek Dirgi lagi belajar merangkak dan suka menyembur. Happy lihatnya! Bayi seolah memiliki keingintahuan yang banyak sekali, sehingga kerap menggapai benda yang ada di hadapannya. Seneng ya kalau lihat bayi sehat, namun ketika si kecil mengalami flu, sedih banget rasanya. Mulai rewel, nangis terus dan tentunya tidurnya menjadi tidak nyenyak. Kondisi hidung tersumbat pada bayi memang tidak bisa dianggap sepele. Jangankan anak-anak, kita sebagai orang dewasa saja, ketika mengalami hidung tersumbat, agak risih saat mencoba bernafas namun tak semulus biasanya, merasa tidak enak dan uring-uringan. Bolak-balik kanan kiri di tempat tidur. Bayangkan deh, ketika bayi mengalami hal serupa? Kasian, rasanya!

Ketika menjadi orangtua baru yang memiliki anak pertama, saat si kecil mengalami flu dan rewel, banyak ibu muda biasanya mudah panik dengan memberikan solusi obat pilek untuk bayi, namun kini setelah memiliki ilmu lebih dengan banyak pengalaman dan sharing bersama para orangtua lainnya serta ikut webinar mengenai kesehatan baby, rupanya obat flu pada bayi sebenarnya tidak direkomendasikan. Ada banyak solusi yang disarankan dan tindakan ketika bayi mengalami flu dan hidung tersumbat, namun harus tetap konsultasi ke dokter lebih dahulu ya, moms.

Apa saja sih, tindakan yang disarankan ketika bayi mengalami hidung tersumbat?


Tidur dengan posisi kepala bayi sedikit lebih tinggi

Jika si kecil mengalami pilek untuk membantu pernafasan bayi lebih baik, biasanya saya gendong. Si kecil merasa lebih nyaman dengan posisi kepala berada di dada saya hingga tertidur. Namun jika posisi bayi sedang tidur, maka saya tempatkan gulungan kecil yang empuk di bawah kasur agar bahu hingga kepala bayi sedikit lebih tinggi, usahakan jangan terlalu tinggi ya moms, karena justru akan menghambat pernapasannya. Berikan kenyamanan pada bayi dan seringlah memperhatikan posisi kepalanya agar menjaga si kecil tertidur dengan nyaman dan pulas.


Menggunakan pelembab ruangan untuk menjaga kualitas dan kebersihan udara

Di kamar, saya selalu sediakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara dan mendapatkan kualitas udara yang lebih baik. Jika anak beranjak besar bisa menggunakan essentials oil agar anak-anak lebih rileks, namun jika bayi di bawah umur 3 tahun saya lebih memilih untuk tidak menggunakan pewangi dan hanya menggunakan humidifier untuk menjaga kelembaban udara saja, agar bayi dapat beristirahat dengan nyaman dan tertidur pulas.


Menggunakan Semprotan Hidung yang Mengandung Garam untuk Mencuci Hidung

Pentingnya kita sebagai orang tua untuk memperhatikan kebersihan hidung si kecil agar dapat membantu bayi melegakan tenggorokan dari aliran lendir dan membersihkan hidung dari ingus. Nah mencuci hidung tidak boleh sembarangan dengan air garam, biasanya saya menggunakan Respimer Baby Nasal yang aman digunakan untuk membersihkan hidung bayi karena Respimer telah melalui proses Electrodialysis yang sudah dipatenkan, bisa menurunkan NaCL tanpa mengurangi mineral yang ada di dalam sea water. Buat para moms yang belum tahu mengenai Respimer sekalian aku review aja ya.


Respimer Baby

Kenalan dengan Respimer Baby Yuk


Nah moms, terlebih jika kita tinggal di kota yang memiliki kondisi polusi udara yang buruk dan memasuki musim hujan, rasanya perlu banget memiliki Respimer Baby. Respimer ini merupakan cairan pencuci hidung yang berfungsi untuk menjaga kesehatan rongga hidung dan membersihkan hidung dari debu, kotoran, virus, dan bakteri, serta dapat membantu mengeluarkan ingus atau lendir pada bayi dan anak yang terkena flu.

Awal mengenal produk ini sempat worry apakah beneran aman untuk bayi? Respimer kandungan 100% seawater (murni air laut tidak dicampur dengan air biasa), dan diambil dari tempat terbaik di dunia, jadi Respimer ini aman untuk bayi dan anak-anak sehingga jika kemungkinan tak sengaja tertelan pun aman banget ya moms. Kandungan di dalamnya juga baik untuk menjaga kesehatan rongga hidung, sehingga rongga hidung dapat bekerja secara maksimal.

Ada dua jenis dengan warna berbeda yang memudahkan kita menggunakan produknya sesuai kondisi yang kebutuhan.

2 jenis produk Respimer Baby Nasal diantaranya:

  • Respimer Nasal Hygiene 115ml Kemasan berwarna pink ini dapat digunakan sejak bayi usia 0 bulan, penggunaannya 4-6x sehari, bisa juga sesering mungkin jika dibutuhkan. Menjaga kesehatan rongga hidung dan membersihkan hidung dari ingus ketika awal flu (flu ringan) serta mencegah terjadinya infeksi.
  • Respimer Decongestant 60ml Kemasannya berwarna orange memiliki kadar NaCl yang lebih tinggi, yaitu 2.2%. Sehingga dapat digunakan pada bayi diatas 1 bulan, penggunaannya sekitar 2-3x sehari. Cocok digunakan saat flu berat dan hidung tersumbat, sehingga dapat membantu menarik lendir keluar.

Respimer baby nasal Hygiene


Packaging

Kemasannya menurut saya agak besar dengan botol plastik anti pecah, pilihan warna orange dan pink disesuaikan dengan fungsi kebutuhan seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Respimer Baby dilengkapi comfort tip dengan semprotan micro-difusi sehingga semprotannya lebih lembut cocok untuk bayi dan anak-anak. Tipnya mudah dicopot pasang sehingga mudah digunakan dan dibersihkan serta lebih higienis karena tidak langsung berada pada kemasan botolnya. Respimer sudah melalui tahap proses yang teruji, steril dan aman digunakan.

Kelebihan Respimer dibanding Baby Nasal lainnya adalah

  • Respimer 100% berasal dari air laut St. Malo Bay yang merupakan kawasan lindungan UNESCO. Nah jadi air ini bukan sembarang air laut ya moms, air inilah yang menjadi bahan baku Respimer untuk diproses menggunakan teknologi filtrasi dan elektrodialisis yang telah dipatenkan. Sehingga moms gak perlu khawatir lagi karena dijamin steril. Insha Allah aman
  • Dengan tekhnologi Power Assembly, Respimer tidak mengandung gas propelan yang merupakan bahan yang mudah terbakar, jadi Respimer aman untuk dibawa Travelling
  • Respimer Baby hadir dengan comfort tip yang memiliki semprotan micro-difusi sehingga daya semprotnya lebih lembut cocok digunakan untuk bayi dan anak-anak
  • Aplikator atau tip mudah dicopot pasang sehingga lebih mudah dibersihkan, lebih steril dan higienis
  • Mengandung 80 mineral yang baik untuk kesehatan hidung

Jaga kesehatan hidung bayi


Awal masih awam menggunakan Respimer Baby saya agak kepikiran, sakit dan nangis gak ya? Namun sempat ingat wejangan saat konsultasi ke dokter ketika anak pertama yang sering mengalami alergi bulu, sehingga gampang pilek dan bersin. Saya disarankan untuk rutin melakukan pembersihan hidung menggunakan aspirator hidung atau semprotan hidung. Ya, memang harus tega sebagai upaya baik agar kesehatan hidung si kecil tetap terjaga dan ternyata menggunakan Respimer gak bikin sakit karena seperti yang aku jelaskan ya moms, tipnya sendiri dirancang khusus untuk rongga hidung bayi.

Dulunya mama malah menyarankan ketika si kecil pilek disedot lendir di hidung si kecil dengan mulut, sedikit terdengar menjijikan namun orang tua dulu melakukan hal demikian. Sebenarnya justru bisa jadi ajang pertukaran bakteri dan tentunya tidak steril. Kini saya lebih memilih membersihkan hidung si kecil menggunakan Respimer Baby.


Aplikator Tip Respimer Baby
Siapkan hal-hal yang dibutuhkan seperti Respimer Baby dan Tissue sesaat sebelum menggunakan


How to Use

  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kemudian siapkan Respimer Baby Spray dan tissue untuk membersihkan ingus yang keluar
  • Letakkan bayi dalam posisi tidur. Agar posisi bayi tidak berubah-ubah, letakkan selimut atau handuk di kaki bayi
  • Miringkan kepala bayi dan secara lembut masukkan tip Respimer Baby ke dalam lubang hidung dan tekan selama 2-3 detik
  • Miringkan kepala bayi ke sisi sebaliknya dan secara lembut masukkan tip Respimer ke dalam lubang hidung lalu tekan selama 2-3 detik. Kemudian bersihkan hidung bayi dari ingus yang keluar dari hidung
  • Bersihkan tip Respimer baby dengan air hangat agar kembali steril

Respimer Indonesia
Miringkan kepala bayi lebih dahulu sebelum menyemprotkan Respimer Baby di lubang hidung selama 2-3 detik agar hasilnya maksimal kemudian lap dengan tissue gunakan hal ini di lubang berikutnya


Pengalaman menggunakan Respimer Baby


Awalnya saya pikir si kecil bakalan nangis saat hidungnya dibersihkan, namun hanya kedip-kedip dan kaget sedikit, setelah selesai disemprotkan lalu dibersihkan dengan tissue. Biasanya setelah dibersihkan saya langsung ajak main agar mengembalikan mood si kecil kembali ceria seperti biasa dan membuat bayi kembali happy. Awal-awal memang membuat bayi agak kaget sedikit karena baru pertama kali saat disemprotkan, namun kini dedek Dirgi sudah terbiasa dan melakukan pembersihan hidung sehingga tidak mengalami kendala.

Bahkan anak pertama saya juga disarankan untuk rutin memberikan hidung karena keluhan setiap pagi selalu bersin-bersin karena alergi jadi dokter THT menyarankan untuk sering-sering membersihkan hidung menggunakan Respimer Nasal Hygiene apabila mengalami rhinitis alergi untuk penggunaan sehari-hari. Saat ini Respimer sedang dalam tahap transisi ke Pshyiomer, jadi apabila bunda menemukan produk Pshyiomer sama saja dengan Respimer ya, karena kandungannya sama sekali tidak berubah hanya berbeda namanya saja.

Untuk lebih lengkapnya mengenai Respimer Baby Nasal ini, moms bisa intip di Instagram @RespimerIndonesia atau bisa juga dibeli di baby store dan e-commerce Official Store kesayangan mama di Tokopedia Interbat Consumer Health dan Shopee interbat Official Store. Kini semenjak ada Respimer Baby jadi solusi jitu bagi saya untuk membersihkan hidung bayi dan mengatasi hidung tersumbat.


You May Also Like

21 komentar

  1. kalo aku biasanya di uap pakai minyak kayu putih gitu biar gak tersumbat.
    enak, sekarang udah ada respimer baby, jadi lebih simpel dan praktis

    BalasHapus
  2. kalau bayi punya masalah dengan kesehatan tuh sedih dan kasihan ya mba, karena mereka kan belumbisa protes. Untungnya untuk hidung tersumbat ada obatnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, karena belum bisa ngomong jadi rewel kita gak tau kenapa, ternyata hidunhnya tersumbat. Alhamdulillah kalau ada Respimer jadi ada cara atasi hidung tersumbat

      Hapus
  3. Kalau lihat foto bayik, pengennya cium pipi si bayik ^__^

    Ingat dulu, kalau urusan hidung tersumbat, ada alatnya tapi sering kali ga berhasil menyedot lendir. Biasanya bapaknya yang mengisap .... hiks. Kalau ada Respimer Baby Nasal ini aman ya dan memudahkan ibunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Niar, dulu pake alat sedot gitu juga aku susah makenya, kalau ini gampang

      Hapus
  4. Waah, cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di jaman now yaa, kbayang deh kalo bayi ga bisa nafas.Keknya wajib nyetok Respimer Baby buat persediaan di rumah.
    Duh itu si baby lucu banget pas di Respimer malah senyum2 happy yaa, aku pun awalnya berfikir pasti nangis, tantrum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaget dikit doang kok mbak, tapi lama-lama karena udh biasa ya. Happy aja dianya. Abis disemprot suka aku ajak main. 😁

      Hapus
  5. Sedih banget memang kalau lihat Baby flu dan hidung ya mampet,nggak tega. Ponakan juga suka gitu hidung flu dan mampet karena alergi apalagi kalau cuaca dingin. Untungnya sekarang ada respimer Baby jadi terbantu mengatasi hidung mampetnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.. anakku paling besar alergi dingin dan debu sampai gede. Bisa pake Respimer juga.

      Hapus
  6. Suka sedih kalau anak uda mampet idungnya ya, mbak. Tapi jujur aku rada takut dan ga berani makein ini ke anak. Padahal ukt kebaikan dia ya, huhuhu

    BalasHapus
  7. Yang punya baby kayaknya wajib punya ini deh soale sering mampet gt kalau flu. Btw packagingnya ramah baby ya terus ada gambarnya gt.

    BalasHapus
  8. Iya nih, dulu pas anak pertama, rempong banget kalau mau nguapin lendir di hidung, Mbak. Rebus air dulu, airnya taruh baskom, terus ditambah minyak kayu putih terus anaknua ditengkurepin pas di atas uapnya tadi. Ini sudah ada inovasi kayak gini, semua jadi serba mudah, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya.. sekarang lebih praktis dan aman, insha Allah.

      Hapus
  9. Gak tega banget rasanya kalau udah lihat si kecil tersumbat hidungnya. Mereka kan pada ga bisa ngomong juga apa yang mereka rasakan. Jadi yaa respimer ini pasti membantu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Andy, kalau punya baby rasanya wajib punya. Sering banget soalnya bayi tersumbat gini sekalian buat bersihin hidung bayi

      Hapus
  10. Jaman dulu iya nih ibu2 nyedot lendir pakai mulutnya sendiri ya, tapi skr udah ada respinmer baby ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tapi malah jadi ajang pertukaran bakteri nanti mending pake yang steril dan mudah pakenya kaya Respimer aku mah hehe

      Hapus
  11. Ya Allah, praktis banget menggunakan Respimer yaa..
    Dan bener, kita harus selektif memilih produk untuk bayi. Kalau sudah ada respimer, aman gak yaa...digunakan setiap hari? Atau hanya saat dibutuhkan saja?

    BalasHapus
  12. Aduh mukanya dedek lucu banget. Lubang hidungnya kayaknya lebih kecil daripada corong spray. Muat ya? Jangan sakit yq dek.... nggak tega liatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muat mbak, kecil kok ujungnya dan lembut, karena memang dibuat khusus untuk baby dengan semprotan micro-difusi

      Hapus
  13. baru tau nih product ini mbak, jadi noted kalo bayiku pilek tar, makasih mbak

    BalasHapus