My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Menikmati Wisata Virtual Dunia Bawah Laut - Paddle Pop Main Yuk!

by - Juni 03, 2021

 

World play day

Di dasar lautan biru yang luas, terdapat sekelompok karang laut aneka warna. Di sekitarnya hidup berdampingan beraneka ragam biota laut dan beberapa hewan Avetebrata.


Ada ibu ganggang, paman alga, Didit si siput, Kiki si kerang, Abu si bulu babi, Tita si teripang dan masih banyak lagi. Mereka sangat bahagia tinggal di sana. Kehidupan mereka berubah ketika kapal besar datang menangkap ikan dengan bom ikan. Kini semua hancur, terumbu karang menjadi rusak….


Azka paling suka ketika saya sudah mulai menceritakan tentang dongeng, keindahan dan aneka ragam hewan bawah laut. Pada umumnya anak kecil memang lebih suka diceritakan tentang kisah laut, hewan, cerita rakyat dan tokoh fiksi yang dia suka.  Membaca tentu akan menambah kosakata dan membuka pikirannya menjadi lebih luas, bahkan saya pernah mengulas bagaimana cara mengajari si kecil untuk Memupuk Minat Baca.


Dari cerita tentang lautan, bunda bisa berikan pertanyaan yang kelak mengasah kemampuan berpikir anak. 


"Kenapa ya, penyelam bisa lama berada di laut, padahal di dalam laut, manusia tidak bisa bernafas?"


Biarkan si kecil berpikir sebentar, jika ekspresi ketidaktahuan yang kita tangkap, maka bunda jangan langsung menjawab sebuah pertanyaan, bisa tanyakan kembali pertanyaan baru agar ada interaksi untuk anak berpikir kembali. 


"Di punggung penyelam ada apa ya? Coba lihat, seperti bentuk tabung, mmm... itu tabung apa ya?"


Hal-hal demikian akan memicu si kecil, belajar, berpikir, bermain dan melatih untuk fokus melihat sesuatu. 

Paddle Pop
Berkreasi Membuat Diving Goggles


Selama pandemi, anak jarang keluar rumah. Gadget sebenarnya bisa jadi media bermain anak, namun orang tua harus pintar dan jeli memilih aktivitas yang dapat menstimulasi kreativitas anak. Ada banyak cara, agar anak bisa bermain di rumah sekaligus belajar dengan cara yang menyenangkan.


Bertepatan dengan World Play Day 2021 Paddle Pop Luncurkan Program “Paddle Pop #MainYuk SeaVenture” yang bekerja sama dengan Jakarta Aquarium Safari dari April-Juni 2021. Program ini mengajak orang tua dan anak untuk dapat menikmati wisata virtual dunia bawah laut secara gratis bersama Paddle Pop melalui situs PaddlePopMainYuk 


Kalian akan diajak berpetualang melihat keindahan bawah laut, belajar tentang biota laut, berkreasi membuat Diving Goggles dan Oxygen Tank, it's Fun n verry Happy. Kebetulan saya juga ikut serta dalam webinarnya juga. 


Sebelum menyelam kira-kira membutuhkan apa ya? 


Yups, penyelam membutuhkan kacamata renang dan tabung oksigen. Kak Kemal memandu para peserta webinar untuk merangkai membuat Oxygen Tank dan Diving Goggles. Kegiatan ini mengasah anak berkreasi dan berkreativitas. Azka excited banget membantu menggunting dan mengelem sehingga menjadi rangkaian yang sesuai dengan langkah pembuatan, namun tentunya sambil diperhatikan ya, Bunda. 

Seaventure

Hal yang saya pelajari dari Webinar kemarin, ada beberapa point penting yang saya tangkap dari penjelasan Mbak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, Psikolog, psikolog anak dan remaja.

  • Jangan membatasi anak-anak bermain, biarkan anak bereksplorasi sesuai dengan imajinasinya, agar anak lebih happy bermain bersama orangtuanya. Berikan support untuk anak berimajinasi dan orangtua juga perlu ikut serta bermain bersama si kecil untuk menciptakan bonding time dan mendukung tumbuh kembang. 
  • Manfaat bermain untuk tumbuh kembang & well-being anak. Misalnya, menstimulasi perkembangan sosial, kognitif, bahasa, regulasi emosi, mengelola stress, rasa bosan, dan mood. Lewat bermain, kita memberikan anak kesempatan untuk mengasah kompetensinya sekaligus memperoleh keterampilan baru lainnya dalam suasana yang santai dan menyenangkan.


Sebelum ikutan Seaventure saya membuat baju bertema laut dengan kain flanel yang dibentuk ragam ikan dan binatang laut yang lucu untuk ditempel supaya makin seru. Tips mengajak anak bermain adalah, harus dimulai dengan membuat anak happy lebih dahulu. Sehingga anak berpikir bahwa bermain adalah hal yang sangat menyenangkan. Kemudian biarkan ia bebas bermain agar dapat mengembangkan kemampuan kognitif dan memecahkan problem sehingga anak akan tertantang untuk lebih kreatif dalam berpikir dan mencoba banyak hal baru. 


Setelah semua perlengkapan menyelam selesai dibuat, waktunya berpetualang mengunjungi wisata bawah laut yang dipandu oleh kak Sigi. Banyak pelajaran baru tentang ikan Pari, Dugong dan Kuda laut, serta ada kuis interaktifnya juga untuk mengajak anak kembali berpikir.  


Buat kalian yang ingin ikut Seaventure ke Jakarta Aquarium secara virtual juga bisa loh.. 

Menikmati Dunia bawah laut


Cara Seaventure ke Jakarta Aquarium secara virtual


  • Beli 4 pcs ice cream Paddle Pop rasa apa saja di Alfamart, Indomaret dan Alfamidi, simpan struknya kemudian foto, lalu kirim ke wa 0858-1223-1223 untuk mendapatkan kode uniknya
  • Kirim data diri dengan format Nama#TglLahir(DD-MM-YYYY)#NoWA yang digunakan
  • Tunggu balasan WA dalam waktu 1 x 24 jam atau maksimal 3 x 24 jam sebagai akses login sebanyak 3x Masing-masing akses bisa sampai 12 jam. Puas dong ya, bisa main seharian
  • Setelah kode unik diterima, langsung deh bisa log in

 


Waktu anak pertama, saya selalu mengikuti promo menarik yang diselenggarakan Paddle Pop, persyaratannya sama, membeli 4 pcs ice cream Paddle Pop varian apa saja di Indomaret dan Alfamart, maka kita bisa tukar di kasir minimarket salah satu DVD cerita menarik petualangan Paddle Pop selama persediaan masih ada. Bahkan saya pernah mengajak si kecil untuk menonton Film Paddle Pop di Bioskop. 


Nah, kali ini berbeda, lebih asik dan menyenangkan dengan Seaventure ke Jakarta Aquarium. 



Seaventure ke Jakarta Aquarium


Siapa disini yang sudah ke Jakarta Aquarium? 


Di Jakarta Aquarium yang merupakan akuarium indoor terbesar di Indonesia seluas 1 hektar dengan 12 zona yang membuat kalian puas menjelajah. Terdapat hewan akuatik dan nonakuatik dengan berbagai spesies. Asik ya! 


Eits...Jika belum jangan sedih, ajak anak-anak Seaventure ke Jakarta Aquarium secara virtual dengan cara yang sudah saya ceritakan di awal, kalian bisa melihat wisata virtual, ada kuis interaktif, main yuk dan berfoto dengan frame Seaventure. 


Wisata Virtual


Si kecil akan diajak mengenal biota bawah laut dan mencari tahu fakta unik dari tiap biota laut di sana. Ada kak Sigi yang menjelaskan. Anak-anak bisa diajarkan perbedaan berenang dan menyelam. Kenapa butuh tabung oksigen dll. 


Main Yuk


Ada banyak video interaktif Seaventure yang membuat anak makin happy dengan berbagai keseruan menarik lainnya seperti ide seru dari playdate Indonesia sehingga anak-anak bisa mengeksplore banyak hal baru dan game interaktif. 

Permainan di Seaventure


Beberapa permainan Seaventure Paddle Pop


Twister Water Play

Permainan ini mengajak bunda dan si kecil melakukan percobaan untuk membuktikan bahwa air bisa berjalan ke atas dan mengenal tentang pencampuran warna. 


Sinking or Floating

Permainan ini bertujuan untuk membuktikan bahwa berat benda di darat dan di air berbeda serta mengajari si kecil tentang belajar mengenal perbedaan benda terapung, melayang dan tenggelam. 


Rainbow Bubble

Permainan ini adalah sebuah percobaan menyenangkan, tentang bagaimana gelembung busa atau biasa kita sebut bubble bisa terjadi. 


Oxygen Tank and Diving Goggles

Permainan ini akan membantu kita membuat tabung oksigen dan kacamata selam. Mengajak si kecil mengembangkan imajinasi seperti berenang di bawah laut. Peralatan ini bisa kita gunakan juga saat mengikuti Seaventure. 


Kuis Interaktif

Buat para kuis Hunter bisa ikuti kuisnya dengan beberapa pertanyaan seputar produk Paddle Pop. Buat para bunda pecinta ice cream Paddle Pop pasti bisa deh jawabnya. Pertanyaan-pertanyaan yang benar akan mendapat poin yang nanti akan diakumulasikan. 


Photo Competition

Di sini kita bisa mempersiapkan foto kita lebih dulu dan bisa juga mengubahnya. Tinggal "select image" maka foto akan diunggah dengan twibbon yang disediakan. Jangan lupa di download dan share ke sosial media kalian ya, karena bisa mendapatkan hadiah menarik, loh! 


Kunci yang perlu diperhatikan saat anak bermain adalah buat anak HAPPY lebih dahulu, kemudian orang tua mulai mencari strategi mengenai edukasi apa saja yang akan disampaikan, sambil mengajak anak bermain. Ketika anak senang, maka akan banyak pelajaran yang dapat masuk ke dalam pikirannya. Itulah kenapa Fun Learning itu penting sekali untuk diperhatikan. Sudah siap ikutan wisata virtual Seaventure? Jangan lupa beli ice cream paddle pop dan tukarkan kode uniknya lalu akses ke webnya ya. 😘


You May Also Like

38 komentar

  1. Seru ya... Liburan di rumah saja anak jadi tidak bosan. Apalagi ini Eksplor bawah laut sekaligus belajar juga. Kalau lewat tontonan anak emang jadi cepat mengerti

    BalasHapus
  2. under the sea adventure is indeed wonderful yaa mba. Even the digital tour is amazing, let alone the original one! I do miss diving now

    BalasHapus
  3. Whuaaa, senengnya lihat anak yang kreatif yaa, apalagi sampe membuat perlengkapan diving sendiri.
    Duh berasa deh diving beneran, menjadikan anak happy dan emaknya jugaa.Salah satu mengisi kegiatan liburan di rumah aja bareng Paddle Pop .Seruuu!!

    BalasHapus
  4. Seru banget petualangan di bawah lautnya. Asyik juga ditemani Paddle Pop es krim kesukaanku yang rainbow. Serasa menyelam beneran hihi.

    BalasHapus
  5. Yes dapet ide nih buat mengisi liburan sekolah bocil. cara utk aktivitas seperti ini juga mudah. Cukup beli 4 paddle pop. Kebetulan juga nih paddle pop salah satu es krim favorit bocil. Makasih mbak udh share aktivitas nya bocil.

    BalasHapus
  6. Seru yah mba kegiatan ini, jadi anak bisa terhibur karena ada wisata virtual

    BalasHapus
  7. asik bangeet bikin2nya mbaa.. aku juga ikut photo contestnya biar menang tuuh dapat mainan juga. anak2ku pasti hepi banget deh.. atau bakal rebutan gitu wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ad foto kontesnya yah, jadi bisa seseruan sambil ikutin kontes. Semoga menang kak

      Hapus
  8. Seru banget emang main seaventure bareng Paddle Pop anak-anak jadi ada hiburan dan bisa berkreasi juga.

    BalasHapus
  9. seru banget, apalagi kalau bisa kesana ya kak, tapi gpp sih virtual juga tetap heboh hehe.

    BalasHapus
  10. Senangnya bisa praktik langsung. Saya dan anak malah bingung buat sendiri. Modal sendiri, hehehe ...
    Tapi emang seru sih anak bisa ada kegiatan di rumah

    BalasHapus
  11. Banyak banget jenis permainannya yaa, anak2 jadinya tambah syeneng dan berkreasi di rumah sama mamaknya.Ah, kegiatann yang kereen banget dari paddle pop, palagi menelang liburan sekolah bisa menjadi solusi yaa.

    BalasHapus
  12. banyak banget yaa yang bisa kita nikmati dalam permainan ini yaaa mba. aku jadi kangen beneran sama laut dan diving mbaa

    BalasHapus
  13. seru ya main seaventure, sekarang jadi ga bosen lgi di rumah karena bisa wisata secara virtual yeaayy

    BalasHapus
  14. Seru banget ya bisa ikutan jelajah virtual secara gratis dengan syarat yang gampang. Nggak perlu ngumpulin tulisan kayak waktu undian dari permen karet dulu, hehehe.

    BalasHapus
  15. kalau gini anak jadi betah di rumah, mamanya pun senang karena anak punya aktivitas yang melatih motoriknya juga...

    BalasHapus
  16. Program yang fun, seru dan bermanfaat ya buat anak2, apalagi di masa pandemi ini anak2 jenuh di rumah

    BalasHapus
  17. Terlihat sekali anaknya happy mba untuk membuat kreasinya. Anakku juga suka mba berkreasi seperti ini. Seaventure emang menyenangkan saat dtonton

    BalasHapus
  18. Anak2 pasti suka bermain padle pop seaventure ini, mengasah rasa ingin tahu dan kreatifitas mereka juga ya mba

    BalasHapus
  19. Main Seaventure Paddle Pop bagus nih. Secara virtual tapi tetap asyik banget! Keponakanku bakalan suka tuh apalagi ada bikin kreasi kaya gitu

    BalasHapus
  20. Seaventure ini selain menghibur banyak juga ya edukasinya ada kuis-kuis gitu dan anakku suka sampe berkali-kali beli ice creamnya biar dapat kode hehe.

    BalasHapus
  21. seru banget yaaaa, anak anak pasti seneng dan nggak bosen walaupun ngabisin waktu lebih banyak di rumah nih, mau infoin juga ah buat keponakan aku nih hihihi

    BalasHapus
  22. Emang beneran seru dan interaktif banget ya Seaventure nya Paddle Pop ini, ALhamdulillah Nada sukaa, bisa jadi ide main selama pandemi juga nih.

    BalasHapus
  23. Anak di rumah di masa pandemi tetap kreatif dengan bermain SeaVenture bersama Paddle Pop. selain itu juga menguatkan bonding dengan kedua orangtua saat mendampingi ya. Seru.

    BalasHapus
  24. Seru banget main virtualnya, ada karakternya juga berasa ikut terjun ke bawah laut. Hiburan sekaligus belajar mengenal ekosistem laut

    BalasHapus
  25. Definitely will buy 4 Paddle Pops supaya bisa ikutan Seaventure. Y ampun lagi pandemi gini mah ya agak serem bawa2 bayi jalan2. Paddle Pop ngide aja ngajakin anak2 jalan2 virtual begini. :))

    BalasHapus
  26. Saya udah pernah ke Jakarta Aquarium. Keren banget sih tempatnya. Saya aja suka, apalagi anak-anak. Sayang ya sekarang lagi pandemi. Untung aja Jakarta Aquarium dan Paddle bikin kolaborasi keren begini.

    BalasHapus
  27. anak anakku juga sudah mbak menonton seaventure gara gara beli ekskrim dapat akses gratis ke situsnya paddle pop, asyik banget ya banyak permainan edukastifnya.

    BalasHapus
  28. Inovasi permainan yang seru nih ya Mba..juga bisa bikin anak kita makin kretif nih berbagai permainan yang kita bikin ini...

    BalasHapus
  29. Banyak nilai-nilai positif yang didapatkan anak melalui wisata virtual sekaligus menstimulasi kecerdasan si anak, eh kecerdaan si ibu juga meningkat kok :)
    Seru banget nonton petualangan bawah air bersama Paddle Pop Seaventure

    BalasHapus
  30. Aku coba komen ke sini berkali2 gagal. Ini coba pake hp bisa masuk ga ya.. Seneng banget pasti anak anak yaa mba karena bisa main seruuu gitu bareng paddle pop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh masa mbak, huhu... Iya mbak seru pisan anak juga happy

      Hapus
  31. Pengen banget Ya Allah ngajakin anak ke Jakarta Aquarium apa daya msh blm berani krn kejauhan lokasinya dr rumah hehe
    Untug smeentara ini bisa terobati dengan bermain bersama Seaventure gtu ya mbak di ruma secara virtual :D

    BalasHapus
  32. Seanventure Aquarium Jakarta virtual terlihat kaya nyata banget ya. ternyata mudah untuk bisa mainnya. ah, langsung beli 4 bungkus paddle pop biar bisa ajak main ponakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ih seru.. aku aja emak-emak happy gimana anaknya. Ahahaha

      Hapus
  33. Aku belum pernah ke Jakarta Aquarium.
    Jadi menghibur banget dan bisa mengetahui banyak biota laut dari Paddle Pop Seaventure. Gak hanya itu, ini juga mengajarkan anak-anak untuk preparing semua yang dibutuhkan sebelum beraktivitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku aja belum mbak, pemanasan wisatanya virtual dulu aja bareng paddle pop. 🤭

      Hapus
  34. Anak aku senang banget ini ikutan wisata virtual bawhah laut abreng paddle pop jadi berasa ke seaworld sungguhan katanya

    BalasHapus