My Story

Virtual Diary

Creative Blog

4 Tahapan Vaksinasi COVID-19

by - Juli 23, 2021

 

Vaksinasi

"Selalu ada perasaan yang tidak menyenangkan jika seorang pasien yang kita rawat akhirnya meninggal dunia. Walau sudah sekian kali mengalami hal ini, tetap saja ada perasaan mengganjal. Lebih baik vaksin nchie, setidaknya ketika tertular virus, gejala yang diterima akan lebih ringan karena kekebalan tubuh kita sudah bisa mengenali virus tersebut. Covid bisa menyebabkan penyakit pernapasan yang parah, seperti pneumonia, bahkan mengalami pembekuan darah sehingga mengurangi jumlah oksigen yang dapat disebarkan ke seluruh tubuh. Beberapa tindakan media memutuskan untuk memberikan obat pengencer darah berdosis rendah untuk mencegah penggumpalan." ucap seorang kawan yang bekerja sebagai nakes di salah satu Rumah Sakit Swasta.


Registrasi Vaksin Online


Ada beberapa tetangga yang anti vaksin, alasannya macam-macam: Rata-rata takut, karena vaksin ditemukan terlalu cepat dan ngeri akan efek samping dari vaksin, merasa bahwa imun dirinya bagus karena rajin olahraga sehingga tak perlu vaksin, bahkan ada yang tetap berpendapat bahwa Covid hanyalah isapan jempol belaka yang terlalu dibuat-buat. Tanggal 1 Juni kemarin kami sekeluarga memutuskan ikut vaksin massal di Stadion Patriot Candrabaga Bekasi sebagai bentuk ikhtiar, dan di Al-Qur'an pun kita diharuskan untuk menghindari wabah. Proses tahap vaksin kami lakukan dengan mendaftar/register melalui link form online dari kelurahan masing-masing yang disebarkan oleh RT setempat melalui WhatsApp. Saya segera mendaftar dengan mengisi beberapa biodata diri yang diperlukan sesuai dengan KTP dan domisili tempat tinggal. 


Smartfren


Mendaftar online sangat memudahkan, tentunya harus didukung oleh jaringan internet yang lancar, karena vaksin massal sekitar 25rb jiwa akan divaksin di hari yang sama, tentu laman link pendaftaran akan diserbu para pendaftar sehingga memerlukan internet yang lancar dan kuota masih tersedia. Buat kalian pelanggan Smartfren, bisa cek sisa kuota melalui aplikasi Smartfren yaitu My Smartfren yang bisa kalian download di Play Store untuk memudahkan transaksi membeli kuota, mengecek secara berkala, bisa ikut serta juga mysmartfren challenge untuk mendapatkan hadiah menarik dengan membuat konten ajakan download mysmartfren sehingga berkesempatan mendapatkan hadiah menarik, bahkan bisa ikut bermain mendapatkan Rejeki Wow tahap 2 di Treasure Hunt. Beberapa paket yang disajikan Smartfren juga cukup menggiurkan, salah satunya adalah Smartfren Gokil Max yang memberikan pengalaman internet maksimal dengan kecepatan penuh dan kuota besar yang bisa dipakai untuk segala aplikasi.

Smartfren Gokil Max


Gokil Max sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu:  

  • Gokil Max Rp30.000 dengan Kuota Lokal 6 GB, Kuota Nasional 3 GB, dan Extra Kuota Malam 30 GB (01.00-05.00 WIB) untuk masa berlaku 30 hari
  • Gokil Max Rp50.000 dengan Kuota Lokal 14 GB, Kuota Nasional 7GB, dan Extra Kuota Malam 50 GB (01.00-05.00 WIB) untuk masa berlaku 30 hari 
  • Gokil Max Rp70.000 dengan Kuota Lokal 24 GB, Kuota Nasional 12 GB, dan Extra Kuota Malam 70 GB (01.00-05.00 WIB) untuk masa berlaku 30 hari.


Buat kalian pelanggan setia Smartfren jangan lewatkan kesempatan emas kedua karena Smarfren kembali menghadirkan Rejeki WOW Treasure Hunt Periode Kedua, dengan hadiah total milyaran rupiah. Hadiahnya gak kalah WOW dari periode pertama loh! Cukup install atau update aplikasi MySmartfren, kemudian buka dan dapatkan kapal yang bisa digunakan untuk berburu harta karun dari Rejeki WOW. Karena setiap kalian bertransaksi seperti isi ulang pulsa, bayar tagihan Pascabayar atau membeli paket apapun, kapal akan melaju ke Pulau Harta Karun. Selain asik juga dapet rejeki di depan mata tanpa diundi. 


Tahap Screening Sebelum Vaksin


Sebelum vaksin kami diberitahukan akan melalui test screening sehari sebelumnya di lokasi yang ditunjuk pada kelurahan masing-masing dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Pengeras suara seringkali berulang-ulang terdengar sekedar mengingatkan untuk menjaga jarak. Saya diminta menunjukkan KTP untuk menyesuaikan data, setelahnya diperiksa tekanan darah, riwayat penyakit dan keluhan. Beberapa pernyataan mengalir seperti apakah ada penyakit bawaan sebelumnya? Sedang hamil atau tidak? Selama seminggu ini apakah mengalami batuk dan pilek? Serta masih banyak pertanyaan lainnya. Kemudian diarahkan untuk swab antigen. Tak sampai 10 menit hasilnya keluar, Alhamdulilah negatif sehingga bisa melaksanakan vaksin keesokan harinya sebagai peserta vaksin yang telah dipastikan sehat dan layak untuk mendapatkan vaksinasi.



Vaksin 1 Juli di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi


Pemerintah Kota Bekasi juga sudah membuat mekanisme penjadwalan waktu peserta vaksin untuk kehadiran vaksin di Stadion Patriot Candrabhaga. Kebetulan kelurahan kami mendapat jadwal vaksin siang hari pukul 12.30 di pintu/Gate 8. Ratusan petugas yang terdiri dari TNI, Polri, dan Satuan Polisi Pamong Praja, serta aparatur pemkot Bekasi dikerahkan untuk mengatur agar proses kegiatan vaksinasi sesuai dengan protokol kesehatan. Awalnya pesimis karena kehadiran ribuan orang saya berpikir takut penuh sesak dan amburadul, ternyata lancar, tertib dan nyaman. Peserta juga datang sesuai jadwal sehingga tidak membludak, prokes tetap bisa dilakukan dengan menjaga jarak tanpa berdiri terlalu dekat dan berdesak. 


Vaksin Sinovac


Vaksin yang diberikan kepada kami adalah Sinovac yang menurut kepala BPOM “Efikasi vaksin Sinovac sebesar 65,3% dari hasil uji klinik di Bandung tersebut menunjukkan harapan bahwa vaksin ini mampu untuk menurunkan kejadian penyakit COVID-19 hingga 65,3%” 


Melakukan vaksin adalah bentuk ikhtiar, semoga Allah senantiasa membuat kita semua sehat dan semangat dan bisa melawan COVID-19

Pengalaman disuntik Vaksin Sinovac


Setelah disuntik, rasa takut saya semua hilang, sama sekali tidak sakit hanya terasa agak pegal saja. Bengkak kemerahan atau gatal sama sekali tidak ada. Petugas memberikan instruksi untuk menunggu sekitar 30 menit di lokasi observasi gejala setelah vaksin. Jika tidak ada gejala yang ditimbulkan maka dipersilahkan pulang. Efek yang saya rasakan setelah vaksin menjadi sering lapar, mudah lelah dan ngantuk sekali. Sebagai prepare takut demam saya minum Paracetamol lebih dahulu. 


4 Tahapan Vaksinasi COVID-19


Ada empat tahapan yang dijalani sebelum mulai penyuntikan vaksin COVID-19, yaitu: registrasi, skrining kesehatan, penyuntikan vaksin, dan penerbitan sertifikat vaksin. 3 tahapan di atas saya sudah lakukan, hanya menunggu sertifikasi vaksin yang dapat saya peroleh di aplikasi Peduli Lindungi atau website pedulilindungi.id. 


Sertifikat vaksin Covid-19 ini sangat diperlukan untuk digunakan sebagai syarat wajib melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum selama PPKM Darurat. 

Ayo vaksin
Akses link pedulilindungi.id untuk akses sertifikat vaksin


Cara mendownload sertifikat vaksinasi COVID-19

  • Sebelum download terlebih dahulu kalian harus membuat akun PeduliLindungi dengan membuka website pedulilindungi.id
  • Input data lengkap dan masukkan nomor handphone yang bisa dihubungi dan pastikan masih aktif
  • Klik buat akun untuk mendaftar
  • Cek sms dari pedulilindungi pada nomor ponsel yang telah didaftarkan
  • Masukkan 6 digit nomor yang telah kalian daftarkan
  • Sistem akan memverifikasi kode yang kalian input
  • Klik Login lalu masukkan nomor ponsel yang didaftarkan
  • Masukkan 6 digit kode yang dikirim melalui SMS
  • Klik nama kita di bagian kanan atas
  • Lalu klik sertifikat Vaksinasi, maka akan muncul tampilan sertifikat vaksin pertama dan kedua jika Anda telah menerima dua kali vaksinasi
  • Proses terakhir bisa langsung kalian download, dengan klik "Unduh"


Ayo, jadi bagian yang mendukung dan berpartisipasi dalam program vaksinasi COVID-19 agar negeri kita kembali sehat sebagai ikhtiar memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah COVID-19.  Jangan lupa untuk Jalankan prokes 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebagai bentuk rasa cinta diri sendiri, keluarga dan kebaikan kita semua. Semoga Allah selalu melindungi dan memberikan nikmat sehat dimanapun kita berada. 


You May Also Like

18 komentar

  1. Wah enak ya, ada koordinasi dari RT. Alhamdulillah kami sekeluarga sudah vaksin semua meski butuh perjuangan karena harus cari sendiri. Semoga kita semua sehat selalu ya. Aamin.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah sudah vaksin ya Mbak. Saya belum nih. Dari desa belum ada informasi apapun. Maklum di kampung...
    Suami sih masuk ke prioritas di tempat kerjanya. Semoga saya segera dapat kesempatannya

    BalasHapus
  3. cakep .
    informatif.
    bermanfaat

    BalasHapus
  4. Aku juga udah vaksin tahap 1 bulan Juli ini. Dan untuk vaksin tahap 2 nanti bulan Agustus. Setelah vaksin dan sampai di rumah maka aku pun sering lapar dan sering ngantuk.

    BalasHapus
  5. Semoga dengan vaksin ini, pandemi bisa segera berlalu, ya, Mbak. Kita semua sehat-sehat selalu.
    Senangnya bisa vaksin bareng-bareng satu keluarga

    BalasHapus
  6. Saya vaksin di Puskesmas dekat rumah. Tetapi, karena kuotanya gak banyak, gak pakai daftar online. Langsung datang ke lokasi. Alhamdulillah dilancarkan, semoga ikhtiar kita semua membuahkan hasil baik, ya. Aamiin

    BalasHapus
  7. Aku belum aja nih baru suami aja, pengen sih tp kalau bisa pengen yang pfizer, anakku mau dapat dipaksa paksa ga mau deuh...sayang deh.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah sudah vaksin ya mba, saya belum vaksin. rencana nanti setelah lahiran mau vaksin jugaa, kalau suami juga sudah lulus vaksin

    BalasHapus
  9. Sepakat sekali melakukan vaksin adalah bentuk ikhtiar jaga sehat. Ini ikhtiar buat diri kita dan orang lain. Semoga makin merasmta vaksinasi seluruh Indonesia

    BalasHapus
  10. Saya belum vaksin.
    Sudah cabut berkas pindah di daerah suami. Di tempat suami belum ada kabar mam. Semoga bisa lekas ikutan vaksin juga nih

    BalasHapus
  11. aku waktu itu nanya ke puskes pengen cepet vaksin tapi pihak puskes berhubung penyintas harus menunggu 3 bulan akhirnya baru bisa daftar dan kebagian tanggal 28 juli nanti mba semoga lancar nih aamii krn suami jg udah vaksin

    BalasHapus
  12. Sistem vaksinasi di Indonesia kini semakin bangus yaa..dengan 4 Tahapan Vaksinasi COVID-19.
    Semoga keteraturan ini membuka kesempatan bagi semua lapisan masyarakat di Indonesia untuk bisa vaksin dengan baik dan benar.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah ya mbak Desy udah divaksin. Iya nih tahapan vaksin khususnya screening tu penting banget dan org yang divaksin sebaiknya menjawab jujur kalau ada keluhan atau penyakit penyerta ya.
    Wah aku belum dunlud2 sertifikat nih, nanti aja abis tahap kedua hehe

    BalasHapus
  14. Waktu Vaksin 1 dapat sertifikat dan rasanya senang banget mbak. Apalagi kalau sudah vaksin lebih tenang. Kemarin abis terpapar covid jadi gejala ringan enggak sampai butuh oksigen.

    BalasHapus
  15. Aku rencana baru mau vaksin nih. Makasih ya mba Infonya. Insyaallah bermanfaat banget ini.

    BalasHapus
  16. Berarti bisa daftar vaksin secara online yah, memudahkan berrti bagi yg belum dapat

    BalasHapus
  17. Aku belum vaksin nih.
    doain ya agar akhir bulan ini bisa ikutan vaksin.

    BalasHapus
  18. Anak-anak ku belum pada vaksin nih. Memang harus aktif kita nyari lokasi dan fasilitas yang menyediakan vaksin. Semoga pandemi segera terkendali

    BalasHapus