My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Melatih Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

by - November 22, 2021


Games


Sebagai orangtua, beragam cara kita lakukan agar anak tumbuh kembang secara maksimal. Termasuk soal melatih daya ingat si kecil. Meningkatkan konsentrasi dan memori bisa dilatih sejak dini. Dari beragam permainan tebak gambar yang muncul, kemudian mengingatnya. Permainan sederhana juga bisa membuat mood anak menjadi lebih baik dan lebih bahagia. 


Daya ingat akan terbentuk secara otomatis dari ketertarikan lingkungan sekitarnya, baik itu benda dan tingkah laku yang berhubungan dengan panca indera. Ia akan merasakan, melihat, mendengarkan, meraba, kemudian mengingatnya pelan-pelan. 


Anak bungsu saya, termasuk yang mudah mengingat sesuatu dengan metode belajar audiotory. Ia lebih cepat menyerap beragam informasi dengan cara mendengarkan. Untuk melatih konsentrasi dan daya ingatnya, saya ajarkan juga melalui metode belajar visual dengan melihat gambar dan menghapal huruf berwarna-warni agar lebih menarik. Sehingga ketika umur 3 tahun, ia bahkan sudah bisa membaca buku ceritanya sendiri. 


Faktor meningkatkan daya ingat

Asupan Nutrisi yang Baik

Kualitas gizi dan nutrisi pada makanan dan minuman akan mempengaruhi perkembangan otak dan IQ. Tak hanya anak-anak saja, daya ingat ketika usia senja seringkali menurun, maka perlu perbanyak makan sayuran hijau, kacang-kacangan dan makanan yang mengandung protein agar kesehatan otak terjaga. Menurut data di lapangan, nutrisi gizi bagi anak juga perlu diperhatikan, banyak anak yang kekurangan gizi akan memperlambat perkembangan tumbuh kembangnya termasuk perihal kecerdasan.

Olahraga yang Teratur 

Olahraga teratur dan pola hidup sehat sangat berperan penting untuk meningkatkan daya ingat. Sebab olahraga akan melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh serta meningkatkan suplai darah ke otak sehingga kesehatan otak tetap terjaga

Faktor Genetik

Dilansir di beberapa laman, kecerdasan anak terkadang menurun dari orangtua. Kecacatan genetik yang dimiliki anak akan mempengaruhi perkembangan dan membatasi interaksi terhadap lingkungannya.

Stimulan

Merangsang otak dengan melakukan senam otak seperti bermain bermacam permainan dan menguji ingatan dalam menghapal gambar, bermain puzzle dll


Latihan untuk Melatih Daya Ingat dan Konsentrasi


Mendengarkan Musik

Irama musik akan menstimulasi perkembangan otak anak. Pilihlah musik-musik slow yang mampu membuat anak-anak merasa nyaman dan aman.

Melatih Pengulangan Kata

Mencoba mengulang kata-kata di pikiran beberapa kali, dapat melatih daya ingat lebih cepat. Diperlukan konsentrasi dan fokus saat mendengarkan orang lain bicara kemudian mengingatnya di kepala berulang-ulang.

Game dan Aplikasi

Ada banyak game dan aplikasi sederhana dari yang mudah hingga yang sulit. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Permainan akan membantu memberikan stimulan dalam melatih sensor motorik dan sensoriknya.


Cita-cita Anak Zaman Now Ingin Menjadi Programmer, Youtuber dan Gamers


Memiliki anak yang lebih intress ke teknologi di zaman sekarang, sudah tidak heran. Bahkan kini didominasi dengan bermunculannya harapan, keinginan dan cita-cita menjadi youtuber, gamers dan programmer. Berbeda dengan kehidupan anak-anak dahulu yang rata-rata memiliki cita-cita hanya ingin menjadi dokter, presiden dan guru. 


Generasi Z sendi kehidupannya berhubungan dengan media digital, tentunya merubah mindset mereka. Mereka dihadapkan dengan kehidupan berbeda, selangkah lebih maju mengenal teknologi. Menyerap lebih cepat banyak hal lewat internet dibanding generasi sebelumnya, termasuk ayah ibunya. Terlebih profesi gamers di zaman sekarang kini menjanjikan dan bisa dijadikan sebuah pemasukan jika memiliki pengikut ribuan di kanal youtube dan sosial media lainnya. 

Meningkatkan daya ingat


Melatih Daya Ingat dari Games di Plays.org


Siapa yang tidak menyukai games? 


Games bisa menjadi obat dikala bosan menunggu, menaikkan mood lebih bahagia, bahkan dapat membantu belajar banyak hal. Percaya atau tidak, Vio anak saya kini fasih berbahasa inggris hanya melalui games. Bermain games tentunya bisa menjadi hal baik jika orangtua senantiasa mendampingi, mendidik dan memberitahukan games mana saja yang layak untuk dimainkan dan yang tidak. 


Segala hal yang baik tentunya tidak berlebihan dan disesuaikan dengan memberikan batas waktu untuk tidak terlalu sering bermain dan tetap berinteraksi serta berkumpul bersama keluarga, teman dan saudara. 


Biasanya anak saya bermain games melalui situs Plays.org yang memiliki ribuan games online. Situs games paling diminati ini, bisa diakses secara gratis, permainannya beragam dan sangat bermanfaat. Sebagai orangtua, saya dapat dengan mudah mensortir games bagus yang dapat dimainkan si kecil melalui pilihan kategori. Kali ini, saya memilih untuk melatih memori anak-anak dengan beragam latihan mengingat dari sebuah kartu bergambar yang dikeluarkan. 

Ben 10

Permainannya mudah dan sangat menyenangkan, saya coba Ben 10 Match Up: Card Matching Game. Kalian akan diajak untuk menyesuaikan atau mencocokkan kartu bergambar robot yang sudah diacak untuk dipilih dengan gambar yang sesuai. Jika terbuka seluruhnya maka akan mendapatkan score untuk melanjutkan ke level berikutnya. Gambar kartun Ben 10 yang menarik, sangat disukai anak-anak dan menjadi karakter kartun favoritnya. Saya jadi ingat saat anak-anak berumur 6 tahun dan merengek minta dibelikan jam tangan dan baju bergambar Ben 10. Permainan lain yang mengasah memori ada Adventure Time Fangs for the Memories: Card Match Game. Games ini sama-sama mengusung permainan mencocokkan kartu bergambar yang bisa kita pilih level kesulitannya. 


Di situs ini kalian bisa temukan banyak games menarik yang bisa disesuaikan dengan minat kalian di pilihan kategori. Ada banyak permainan seru dan edukatif untuk meningkatkan kecerdasan bagi anak-anak dan membantu kita juga untuk tidak bosan menunggu dengan mengakses beragam permainan yang bisa diakses secara gratis.  


You May Also Like

14 komentar

  1. Hebat nih, umur 3 tahun udah bisa baca. Main di plays.org ini bisa jadi salah satu usaha untuk melatih daya ingat dan konsentrasi anak, ya

    BalasHapus
  2. Langsung coba lagi main di Plays.org mba. Soalnya pernah nyoba sekali dan ketagihan main di Plays ini mba. Ada banyak permainan yang edukatif :)

    BalasHapus
  3. Justru di rumah yang suka maih game di plays itu aku, karena banyak permainan yang ngingetin game masa lalu. Asik ya main di sini karena nggak perlu download

    BalasHapus
  4. Seru ya nge-game dengan tipe permainan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Memang klo untuk meningkatkan daya ingat bagus nih yang matching cards. Pengin ikutan ngegame ah di play dot org.

    BalasHapus
  5. Game zaman sekarang banyak yang bernilai edukasi juga ya... Harus pintar2 milih yang bermanfaat untuk anak :D Karena game itu mengasyikan kalau kurang pandai memilih dan menej waktunya bisa keasyikan ya...

    BalasHapus
  6. waaaah asik nih kasih tau ah anakku mumpung weekend gini nih, bisa main bareng di play org buat melatih daya ingat dan kreatifitasnya

    BalasHapus
  7. Kapan hari aku tanya anakakku kak cita citanya mau jadi apa? Mau jadi video mainan youtube (mksdnya bikin content mainan di youtube) soalnya jadi pilot susah katanya wkwkwk emang ya cita cita anak srkg jauh berkembang makanya sbg orgtua hrs bs mengimbangi dan mengarahkan

    BalasHapus
  8. Keren nih pembuat Play org, memikirkan kecerdasan anak. Emak2 ga khawatir lagi kalau anak main game.

    BalasHapus
  9. Bisa nih ngebiarin anak ngegame di plays.org

    Secara ada efek samping positifnya. Gak cuma bikin candu dan ngehabisin waktu percuma doang.

    BalasHapus
  10. iya mbak, main game tak hanya mengasah keterampilan motorik saja ya, tapi bisa juga untuk mengasah keterampilan bahasa. apalagi game plays org itu menggunakan bahasa inggris ya, sekalian belajar bahasa

    BalasHapus
  11. Dududuh....tiba2 hasrat meluncur ke plays.org makin tinggi. Banyak yang review euy.

    Yukkk, duel games, Bun. Hahaha

    BalasHapus
  12. Mantap yaah...melatih daya ingat bisa dengan cara bermain games.
    Pasti fun banget main di Plays.org
    Aku juga suka dengan website yang ramah seperti Plays.org.

    BalasHapus
  13. Wah anak-anakku juga suka nih main game Ben 10 Match Up di plays.org. Banyak game bagus yang bikin anak bermain sambil belajar di situ..

    BalasHapus
  14. ah asik nih, melatih daya ingat dan konsentrasi dengan game. bisa bersenang2 dan merasakan manfaatnya sekaligus. bisa juga deh main bareng anak, hehe.. tapi ya harus bisa mengontrol diri, biar ga keterusan main terus-terusan xD

    BalasHapus