My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Dukung UMKM, JNE Adakan JNE Content Competition 2021

by - Desember 17, 2021

 

Bangkitkan UMKM


Sebagai salah satu roda penggerak perekonomian, UMKM menjadi unggulan yang diharapkan terus tumbuh meningkat setiap tahunnya. Namun tantangan dan imbas pandemi membuat beberapa UMKM terseok menjalankan bisnis mereka. Hadirnya e-commerce bagi para UMKM yang melek digital menjadi angin segar bagi pelaku UMKM di Indonesia. Perkembangan teknologi informasi yang kian pesat, membuat pemerintah semakin gencar mencari solusi dan mengupayakan transformasi digital sebagai salah satu langkah untuk membantu para pelaku UMKM beradaptasi dan tetap bertahan di masa saat ini. 



UMKM Kabupaten Bekasi Menembus Pasar Modern 


Sebagai warga yang tinggal di Bekasi saya sedikit mengulas mengenai perkembangan UMKM di daerah sendiri. Beberapa data yang saya dapatkan ada sekitar 13 UMKM lebih di daerah Kabupaten Bekasi yang mampu menembus pasar modern sehingga produk mereka dapat terpampang pada etalase minimarket di 40 jaringan waralaba terbesar di Indonesia dengan lokasi yang strategis di kabupaten Bekasi. Hal ini tentu diperlukan sinergi dan peran besar dari pemerintah daerah setempat dan pelaku UMKM sehingga bisa bekerjasama dengan menjual beberapa panganan ringan produk lokal daerah seperti: dodol mangrove, kacang bawang kembar, beberapa aneka keripik dan kerupuk (keripik pare, kentang mustofa, onde crispy, dan sistik bawang, keripik ubi simaung, sistik jengkol, gabus keju, himego fish, kerupuk ikan sauja, serta sistik keju).


Bicara mengenai panganan ringan yang masuk ke pasar modern, saya jadi teringat Film Thailand berjudul The Billionaire, film yang diangkat dari kisah nyata ini  mengisahkan mengenai kehidupan pengusaha muda, Top Ittipat yang sukses jadi miliarder dalam menciptakan produk cemilan rumput laut 'Tao Kae Noi' yang dijual di 3.000 cabang 7-Eleven di Thailand. Produk camilan lokal juga tak kalah enak jika dikemas menarik dan masuk ke dalam pangsa pasar modern dan beberapa minimarket terkemuka. Diharapkan hal ini mampu berkelanjutan dan banyak masyarakat lainnya juga tahu akan produk-produk camilan lokal sehingga mampu menaikkan perekonomian.


JNE content Competition 2021
JNE Bersama UMKM, maju Indonesia


Tak hanya melirik perkembangan UMKM di Kabupaten Bekasi saja. Di Kota Bekasi pun mulai memperjuangkan untuk membantu UMKM agar lebih berdaya.  Langkah besar yang dilakukan adalah dengan melakukan transformasi pemasaran produk UMKM dari strategi konvensional ke strategi digital marketing. Dalam era yang serba canggih ini rasanya sayang sekali jika tidak memanfaatkan teknologi informasi. Teknologi Informasi dirasa sangat berperan penting untuk menumbuhkan UMKM dalam memperluas area pemasaran, menjangkau pelanggan secara cepat dan tepat melalui media digital.


Dalam rangka menyambut ulang tahun yang ke-31, JNE mengadakan “JNE Content Competition 2021” yang diselenggarakan pada 6 Desember 2021 hingga 5 Januari 2022. Tema yang diangkat kali ini adalah "JNE Bersama UMKM Untuk Indonesia" dalam event ini JNE mengajak para Jurnalis, Content Creator & Karyawan JNE untuk ikut berkontribusi dalam kompetisi yang diselenggarakan. Ada beberapa kategori kompetisi antara lain Writing, Video, Photo, dan Design, dengan total hadiah senilai ratusan juta rupiah.

Kompetisi buat content creator


Jika kalian mau berperan aktif untuk ikutan dan raih hadiah, bisa catet nih tanggal periodenya!


Writing Competition 


  • Kompetisi menulis untuk Jurnalis: Periode 6 Desember 2021 - 5 Januari 2022
  • Kompetisi menulis untuk umum di Kompasiana: Periode 6 Desember 2021 - 5 Januari 2022
  • Kompetisi menulis untuk Karyawan JNE: Periode 6 Desember 2021 - 5 Januari 2022


Photo Competition 


  • Kompetisi fotografi untuk umum: 6 Desember 2021 - 5 Januari 2022
  • Kompetisi fotografi untuk Karyawan JNE: 6 Desember 2021 - 5 Januari 2022


Video Competition 

  • Kompetisi video untuk Umum: Periode 6 Desember 2021 - 5 Januari 2022
  • Kompetisi video untuk untuk Karyawan JNE: 6 Desember 2021 - 5 Januari 2022


Design Competition 

  • Kompetisi design untuk Umum: Periode 6 Desember 2021 - 5 Januari 2022
  • Kompetisi design untuk untuk Karyawan JNE: 6 Desember 2021 - 5 Januari 2022


Yuk, ikutan jadi generasi konten yang bermanfaat untuk membangkitkan UMKM melalui konten-konten yang kalian buat! Bisa berkontribusi melalui tulisan, video, foto dan design paling kreatif yang kalian buat tentang pengalaman bagaimana JNE berkontribusi menunjang kebutuhan gaya hidup di era digital dan mendukung UMKM agar terus bergulir sebagai roda perekonomian Indonesia. Jika beruntung akan berkesempatan membawa pulang hadiah dengan total ratusan juta rupiah.




You May Also Like

17 komentar

  1. Wah menarik ya JNE membuat lomba konten competition. semoga bisa ikutan, sehingga bisa sharing juga mengenai UMKM di dekat rumah. makasih infonya mbak

    BalasHapus
  2. wah, mau ikutan ah lombanya, selain bisa bantu sharing tentang UMKM di daerah aku juga siapa tahu nyantol jadi salah satu pemenang heheee

    BalasHapus
  3. waaaah menarik nih JNE bikin kompetisi untuk woro-woro mempromosikan umkm yang go digital di masa pandemi ini, yuk mari mau ikutan juga ah

    BalasHapus
  4. unik juga nih lombanya yang bertemakan UMKM, jadi anak-anak muda bisa eksplore soal tema tsb. Dukung donk! harus itu

    BalasHapus
  5. Perkemabngan UMKM di Bekasi luar biasa ya, btw makasih info lombanya, semoga bisa ikutan hehe

    BalasHapus
  6. Wah pengen banget ikutan lombanya mudah2an bisa ikutan dan ada kesempatan serta tidak kelupaan xixixi suka banyak alasan kalau mau update blog itu ..

    BalasHapus
  7. Dengan berpartisipasi dan mengikuti “JNE Content Competition 2021”, kita bisa turut mendukung berkembangnya UMKM di sekitar lingkungan kita.
    Senang sekali ini...

    BalasHapus
  8. Terima kasih untuk JNE yang selalu mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. Mudah-mudahan dengan adanya kompetisi ini makin banyak UMKM yang dipromosikan secara digital, ya.

    BalasHapus
  9. makasih udah diingetin, aku mau ikutan tapi belum nulis nulis gara-gara belum dapat ide mau nulis apaan. hehehe

    BalasHapus
  10. semoga umkm indonesia makin maju ya.. Apalagi sudah ada jne yang bisa membantu antar paket hingga ke pelosok :D
    jadi pengen ikut kompetisinya juga. cari ide dulu ah :D

    BalasHapus
  11. Ikutan ah lombanya, hadiahnya lumayan banget nih, sekaligus mengangkat UMKM di Indonesia

    BalasHapus
  12. UMKM lagi banyak sorotan, seneng deh di mana-mana dukungan buat pengusaha lokal kian masif termasuk dukungan dari JNE yang yang mengadakan lomba foto dan nulis ini. Semoga banyak yang ikutan ya mbak

    BalasHapus
  13. Saatnya nih kita tunjukkan dukungan kita kepada UMKM yang saat ini menjadi tulang punggung perekonomian. Hayuuk ah ikutan content competitionnya. Yang nulis maupun yang berkarya dalam bentuk lain bisa banget ikutan. Hadiahnya sangat menggiurkan nih.

    BalasHapus
  14. JNE luar biasa nih semangatnya untuk membantu UMKM ya mba, aku bangga juga nih ama jne banyakan konsumenku juga makenya jNE ini.

    BalasHapus
  15. Saya juga pakai JNE untuk mengirimkan barang dan juga menjalankan usaha saya memakai ekspedisi ini mbak. BTw mau ikutan juga lombanya euy..

    BalasHapus
  16. Keren ya kalau ada lomba yang mengangkat tentang UMKM begini, jadi semakin terpromokan deh dan memang kita harus suppport mereka demi perekonomian Indonesia

    BalasHapus
  17. masih ada waktu untuk ikutan lombanya nih. Btw, di daerah rumahku jg banyak skrg bermunculan UMKM yg kece2 mbak.

    BalasHapus