My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Kontrol Elektronik di Rumah dengan Avaro WIFI Smart Plug

by - Januari 16, 2022

 

Avaro


Kontrol Elektronik di Rumah dengan Avaro Wifi Smart Plug | Bangunan berlantai dua dengan alas dan dinding kayu berdiri kokoh di kaki Gunung Burangrang. Melipir ke villa daerah Purwakarta. Bangunan yang memiliki 4 kamar dan dua kamar mandi, ruangan luas di tengah, teras belakang langsung menuju ke kolam ikan dan kolam renang di sudut bawahnya. Lumayan membuat bahagia dan melepas kepenatan pandangan dan pikiran.


Kalau sudah tua, enak rasanya tinggal di pemukiman dengan udara sejuk begini, berkebun yang hasilnya bisa dipetik buat masak sehari-sehari, ujar saya sambil menyeruput mie instan diselimuti jaket codorai tebal sambil sesekali melantur dan menghayal. 



Suami saya pernah bilang, kalau menghayal jangan suka ketinggian. 


Saya langsung membalas celotehannya, hal baik ke depan selalu berawal dari mimpi. Mimpi tak pernah minta bayaran. Dengan adanya mimpi, maka kita selalu punya target yang hendak dicapai. Bahkan semua teknologi yang ada sekarang ini, berawal dari mimpi manusia. Ingin begini dan begitu. Maka mereka memikirkan untuk membuat sesuatu. Bayangkan saja, jika Thomas Alfa Edison tak pernah berkhayal ingin melihat dunia yang terang dengan cahaya lampu warna-warni. Mungkin dunia gak akan seindah sekarang.


"Kamu mau kemana-mana harus bawa obor?" ucap saya sambil tertawa. 


Biasanya ia hanya tersenyum, mengalah dengan segudang alasan yang saya buat. Pria memang selalu ketinggalan satu langkah jika bicara di depan wanita. Hehe. 



Liburan ke Villa daerah Purwakarta


Aliran air bebatuan dari sungai mengalir deras di belakang, pemandangan burung blekok di pematang sawah menjadi sambutan paling meriah yang saya rasakan. 


Terkadang, naluri emak-emak yang pikirannya serba was-was seringkali memikirkan hal yang entah. Liburan seenak apapun, pikiran tetap saja menuju rumah. 


Tiba-tiba mikir... 


"Kipas angin kamar kakak, udah dimatiin belum ya?" 


"AC kamar vio di atas udah dimatiin kan?" 


"Pi, mami tadi nyalain air buat ngisi toren sebelum berangkat gak sih?" 


Segudang pertanyaan dari pikiran-pikiran yang melintas tiba-tiba memang suka bikin deg-degan. Tak hanya kepikiran biaya listrik yang mahal ketika lupa dimatikan, tapi ngeri terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti kebakar, mesin kepanasan, konsleting listrik dll.  


Percaya atau tidak, karena sifat pelupa ini, saya biasanya seringkali sebelum pergi suka foto colokan listrik dulu, entah itu kipas angin, kompor, AC, supaya saat bepergian lebih aman. Tinggal lihat di galeri ponsel. Oh oke. Kipas angin udah mati, AC, dispenser dll. Hehe. 



Smart home


Kontrol Elektronik di Rumah dari Jarak Jauh dengan Avaro WIFI Smart Plug


Untuk mengatasi kekhawatiran dari hal-hal tersebut, rasanya perlu banget menambahkan fitur smart di rumah sehingga bisa mengontrol rumah sebatas lewat perintah suara yang terintegrasi dengan Amazon Alexa dan Google Assistant untuk kontrol suara yang dapat digunakan dengan mudah. Rumah kalian tentu akan jauh lebih SMART tanpa harus bongkar instalasi menggunakan smart wall socket & smart light wall switch tapi tetep bisa jadi smart home. Bisa nih menggunakan Avaro Wifi Smart Plug yang bisa menjadikan rumah layaknya smart home dengan harga terjangkau tanpa harus mengganti semua saklar di rumah. Perangkat ini bisa menjadi perantara untuk mencolokkan elektronik kalian sebelum dicolokkan langsung ke dinding. Jadi fungsi perangkat ini untuk mengendalikan alat elektronik yang ingin dinyalakan dan dimatikan bahkan yang tidak bisa dijangkau oleh IR (alat infra red) seperti dispenser air panas, magic com, kipas angin, water heater, mesin air dll.


Kita bisa mengatur sendiri setting on off-nya dari jauh. Bahkan bisa di schedule, hari apa saja untuk terus on dan di-off-kan sesuai kebutuhan. Meminimalisir drama lupa mematikan alat listrik di rumah. 



Ubah elektronik jadi smart
Hilangkan khawatir saat bepergian dengan kontrol elektronik melalui satu aplikasi


Memonitor Penggunaan Listrik dan Menghemat Konsumsi Listrik di Rumah dengan Lebih Cerdas


Teknologi ini juga perlu banget bagi kaum rebahan yang malas mematikan lampu saat mau tidur dan seringkali lupa cabut charge smartphone. Sehingga device seringkali jebol baterainya karena kelamaan nge-charge saat sudah penuh, kini tak terjadi lagi. Dengan mensetting off-nya kapan, tentunya akan menghemat listrik dan menjaga barang elektronik kalian tetap awet.


Selain itu bisa memantau dan mengontrol penggunaan energi dan biaya pada aplikasi AVARO dari mana saja. Menjaga agar tagihan energi tetap rendah secara efektif mengelola peralatan di rumah yang paling memakan daya.


Dengan perangkat ini kita bisa melihat konsumsi daya secara real-time. Berapa konsumsi dayanya saat digunakan akan terlihat selain buat perangkat otomatis, bisa buat mengecek konsumsi daya suatu perangkat di rumah. 


Menghilangkan Kekhawatiran Meninggalkan Rumah Saat Bepergian


Ketika bepergian lama, saya seringkali galau apakah lampu di teras depan harus dinyalakan atau dimatikan. Karena ketika malam hari jika tak dinyalakan pasti gelap tentunya, sedangkan jika nyala siang hari, rasanya justru worry karena akan sangat terlihat bahwa rumah tidak berpenghuni dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga seringkali mengundang pencuri untuk membobol rumah. Dengan menggunakan smart plug maka kita bisa kondisikan kapan lampu menyala dan tidak, selama smart plug terhubung dengan wifi di rumah. 



Aplikasi Avaro
Atur jadwal elektronik kapan dinyalakan dan dimatikan


Terhubung dengan smartphone melalui aplikasi AVARO


Selama terhubung dengan wifi, maka kalian bisa kontrol alat elektronik hanya dalam genggaman untuk menyalakan dan mematikan. Pastikan juga sinyal internet stabil dan menjangkau semua lokasi rumah, baik di lantai bawah dan lantai atas. Kebetulan rumah saya internet tetap stabil dengan menambah router wifi agar sinyal internet tetap kencang di semua lokasi. Instalasi Avaro Wifi Smart Plug sendiri bisa dilakukan dengan cukup mudah, cepat dan bisa langsung dihubungkan ke aplikasi AVARO di smartphone yang dapat diunduh di Playstore maupun App Store. 


Kontrol Suara dengan Alexa & Google Assistant


Mode pagi hanya dengan mengatakan "Oke Google, Good Morning" maka tirai kamar terbuka sendiri, lampu otomatis mati, AC kamar mati dan musik turn on dengan alunan lembut menyambut pagi. Ini keren. Beli smart plug disambungkan ke google Assistant, berasa berada di rumahnya Iron Man. Ahaha. 


Smart Plug terintegrasi dengan Amazon Alexa dan Google Assistant untuk kontrol suara yang dapat digunakan dengan mudah. Perangkat ini memiliki spesifikasi input voltage AC 100-240V, working temp di minus 20 derajat hingga 50 derajat Celcius. Sementara untuk maximum load current 16A jadi lumayan kuat untuk menghandle elektronik yang besar serta mendukung jaringan WiFi 2.4GHz. Kualitas perangkat ini juga gak kaleng-kaleng dengan harga terjangkau tapi bukan murahan namun memiliki fungsi yang sangat bermanfaat. 


Kini mengubah rumah menjadi smart home semudah membeli perangkat penghubung. Seluruh perangkat IoT dapat dikontrol dan dioperasikan dengan mudah lewat 1 aplikasi saja, menggunakan perintah suara, otomatisasi, atau kecerdasan buatan. Avaro Wifi Smart Plug, membuat rumah kalian tentu akan jauh lebih SMART, futuristik dan modern.



You May Also Like

12 komentar

  1. Perangkat digital makin cerdas ya sekarang, inovasi kontrol listrik ini keren banget lho, dan produk seperti ini yang saya tunggu-tunggu sejak dulu. Gimana mikirnya pas baru perjalanan keingat lampu belum dimatikan. Iya kalau masih dekat, kalau sudah jaih masa harus balik lagi?

    BalasHapus
  2. Masalah yang dialami kami banget nih. Hehehe kami sampai sering bolak balik kembali ke rumah kalau mau berangkat ke luar daerah padahal sudah lewat beberapa desa bahkan kecamatan, karena lupa apa sudah mematikan listrik untuk air atau belum ya? Soalnya memang tidak otomatis.
    Hem... Perlu ditiru nih ide dan inovasi dari smart plug seperti ini. Terimakasih informasinya Mbak...

    BalasHapus
  3. jaman sekarang emang semua serba modern ya mba, kalau liat drakor juga kayaknya keren banget semua tinggal klik dari hape aja heheee

    BalasHapus
  4. "Udah lupa kunci rumah belum, ya?"

    Pikiran yang melintas begini bisa bikin mood auto ngedrop. Saya tuh jadi mendadak ragu-ragu. Tapi, mau balik lagi ke rumah juga males hahaha.

    Makanya teknologi seperti ini pastinya bakal saya sambut gembira. Tinggal ngecek lewat hp deh.

    BalasHapus
  5. wahh keren nih aplikasinya. Makin canggih aja yaa teknologi ini, semuanya bisa kita lakukan lewat hape semuanya beres

    BalasHapus
  6. Wahh senengnya teknologi di negara kita makin majuu dan memudahkan aktivitas kita��. Enak banget tinggal atur waktunya dan nanti semua jadi otomatis deh.

    BalasHapus
  7. seru yaa sekarang sudah banyak produk untuk smarthome, impianku nih nanti kalo udh ada rumah sendiri mau lengkapin pakai produknya avaro buat ngontrol produk elektronik

    BalasHapus
  8. sekarang jadi gak was-was lagi ya Mbak kalau mau keluar jika pakai Avaro WiFi Smart Plug ini, jadi bisa kontrol listrik kita walau dari jauh ya. :)

    BalasHapus
  9. enak nih kalo elektronik di rumah bisa kita kontrol dengan wifi gini. kadang kalo lagi keluar rumah buru2 tuh suka kepikiran, tapi udah dimatiin belum ya, udah dicabut dari saklar belum ya, dll. jadi pengen beli juga xD

    BalasHapus
  10. Keren banget produk AVARO Wifi Smart Plug.
    Semua kendali ada di tangan dan memungkinkan penghuninya tetap aman dan nyaman.

    BalasHapus
  11. duh iya ini problemku banget, aku sih sudah lebih peka untuk mematikan listrik yang udah gak dipakai. tapi kadang kalau di area kerja suami itu sering terlewat..

    BalasHapus
  12. Aplikasinya keren banget, bakal makin mudah ya hidup kalo memanfaatkan teknologi yang bisa bantu kontrol elektronik. Aku tuh paling suka ngajak Pewe balik lagi gara2 lupa matiin lampulah, matiin acc-lah... hahaha

    BalasHapus