My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Bahas Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan Bersama dr. Indra N.C Anwar. Sp.OG

by - Februari 05, 2022

 

Mitos dan fakta kehamilan


Relevansi ungkapan mitos seolah menjadi kearifan lokal masyarakat Indonesia. Terlebih ketika memasuki kehamilan anak pertama, sering sekali calon ibu tersugesti dengan perkataan orang tua jaman dahulu yang melarang tidak boleh begini dan begitu. Tanpa ilmu rasa kekhawatiran dan ketakutan seolah menjadi pemicu yang membuat pikiran tambah stress. Sedangkan masa kehamilan terlebih trimester pertama, menjaga pikiran agar ibu hamil selalu bahagia adalah hal utama agar perkembangan janin tetap sehat. 


Mengulik mengenai masalah mitos dan fakta seputar kehamilan bagi calon ibu, menjadi pembahasan berikutnya yang akan dibedah dalam kulwap bersama dr. Indra N.C Anwar. Sp.OG. Ngobrol asik dan belajar mengenai kehamilan langsung dari ahlinya bersama calon ibu dari berbagai daerah di Indonesia dan Makuku Family melalui Makuku Lecture (Kuliah WhatsApp) sekaligus menambah ilmu baru, dalam mengupas tuntas hal-hal yang menjadi ganjalan untuk ditanyakan langsung. Perlu kalian ketahui bahwa Makuku Family juga menyediakan layanan untuk melakukan konsultasi kesehatan melalui layanan private consultation dengan dokter konsultan yang tergabung di Makuku Family.


Kulwap Kehamilan


Kupas Tuntas Mitos dan Fakta Kehamilan Terkini Bersama dr. Indra N.C Anwar. Sp.OG


Jamu-jamuan Tradisional Apakah Berbahaya Jika Dikonsumsi Ibu hamil dan Ibu Pasca Melahirkan?


Ramuan tradisional yang bisa kita kenal sebagai jamu, kandungannya sangat bagus untuk kesehatan. Sebenarnya tidak masalah dan boleh-boleh saja jika dikonsumsi, namun penggunaan lebih baik tidak dibarengi dengan obat-obatan dari dokter. Harus ada jeda, jika berbarengan dikonsumsi memungkinkan adanya interaksi obat-obatan dari dokter dengan zat aktif pada kandungan minuman herbal tersebut. Sehingga yang seharusnya baik, menjadi tidak baik bagi kesehatan. 


Apakah Air Rendaman Rumput Fatimah Bisa Memperlancar Persalinan?


Secara garis besar pemanfaatan rumput fatimah oleh masyarakat Indonesia secara turun temurun digunakan untuk memperlancar persalinan belum disertai bukti ilmiah mengenai khasiat, keamanan, dan mekanisme yang mendasari efek tersebut dalam memperlancar persalinan. Bahkan berdasarkan pengalaman saya pribadi saat melahirkan, bahwa ada larangan oleh dokter kandungan yang menangani saat itu, untuk tidak mengkonsumsi rumput fatimah karena takut membahayakan. 


Bagi dokter dan tenaga medis lainnya masih menjadi keraguan yang besar akan efek yang bermanfaat pada air rendaman rumput fatimah ini, bahkan banyak pula yang melarang penggunaannya pada ibu hamil menjelang persalinan karena kekhawatiran akan menimbulkan kontraksi yang hebat sehingga dapat mengakibatkan atonia uteri ataupun ruptura uteri.


Saya juga sempat membaca jurnal mengenai pembahasan rumput Fatimah melalui The Soedirman Journal of Nursing, Volume 4 No.1 Maret tahun 2009. Bahwa Rumput fatimah telah diteliti oleh Khalifa (1980), Rizk (1986), dan Mohamed 

et al. (2000) yang menemukan bahwa, dalam rumput fatimah terkandung bahan fitokimia yaitu flavonoid. Nah flavonoid dalam 

rumput fatimah sebagai bahan fitoestrogen yang memiliki kemampuan menyerupai estrogen endogen. Berdasarkan beberapa penelitian yang disimpulkan oleh Weiss (2000) menyebutkan bahwa estrogen mampu memicu kontraktilitas yang lebih tinggi pada serabut tunggal otot uterus dengan cara meningkatkan jumlah reseptor oksitosin dan agen α-adrenergik yang memodulasi channel kalsium membran. 


Rumput Fatimah bagi ibu hamil menjelang persalinan sejauh ini hasil penelitiannya belum dapat dinyatakan aman, sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut. Sesuatu yang belum ada penelitian ilmiahnya, disarankan untuk lebih berhati-hati dalam pemberian obat perangsang kontraksi. Terlebih tidak adanya takaran dosis saat akan dikonsumsi.


Mitos atau Fakta Jika Setelah Berhubungan Harus Angkat Kaki Beberapa Menit Supaya Cepat Hamil? 


Perlu kalian ketahui bahwa kehamilan tidak bisa dipercepat. Peluang hamil setiap bulan pada suami istri yang subur sekitar 20% sejauh sperma dikeluarkan di vagina, maka bisa terjadi kehamilan. 


Seberapa cepat sperma bisa sampai ke sel telur dipengaruhi oleh kualitas sel sperma itu sendiri dan juga hormon endokrin, bukan dari faktor luar, seperti halnya mengangkat bokong atau kaki pasca berhubungan karena sperma dalam hitungan detik sudah masuk ke rongga rahim, sedangkan yang keluar hanyalah cairan maninya saja.


Air mani tersebut mengandung ribuan hingga jutaan sel sperma yang akan berenang menuju sel telur. Sel sperma yang sehat dan terbaiklah yang berhasil mencapai dan membuahi sel telur.


Apakah Ada Larangan untuk Mengkonsumsi Buah Cempedak, Nangka dan Nanas? 


Buah-buahan jenis apapun selama itu tidak mengganggu ibu, boleh-boleh saja dikonsumsi, karena tidak ada buah-buahan yang menimbulkan efek negatif pada janin yang dikandung selama saat dikonsumsi tidak berlebihan. 


Jika Kelahiran Pertama Dilakukan Cesar Apakah Proses Melahirkan Berikutnya Akan Cesar juga?


Hal ini akan tergantung dari penyebab dilakukannya sectio, sehingga tidak selamanya proses melahirkan yang awalnya cesar, berikutnya akan cesar kembali. 


  • Jika penyebabnya menetap (pinggulnya kecil dan terjadi kelainan bentuk panggul) maka tidak bisa diubah, maka selanjutnya mengharuskan cesar kembali. 
  • Jika penyebabnya tidak menetap (bayi besar, ari-ari plasentanya di bawah) maka proses kelahiran berikutnya tidak perlu cesar. 


Namun jika anak pertama dan kedua sudah dilakukan sectio, maka anak ketiga, disarankan juga harus sectio karena dianggap beresiko karena ditakutkan terjadinya pecah dinding rahim. 

Makuku Family


Gimana, jadi tambah ilmu baru lan mengenai mitos dan fakta seputar kehamilan yang mudah dipahami. Pembahasan mengenai seputar kehamilan bersama Makuku Family dan dr. Indra N.C Anwar. Sp.OG akan lebih lengkap jika kalian mengikuti kulwapnya langsung secara gratis loh! dari yang saya jabarkan di atas. Agar tidak ketinggalan informasi materi kulwap bisa follow Instagram @indrancanwar dan @makuku.indonesia.official


Jika kalian ingin berkonsultasi dengan dr. Indra N.C Anwar. Sp.OG bisa langsung ke lokasi praktek dokter indra di Morula IVF Jakarta setiap hari Senin - Sabtu pukul 10.00 -14.00 dan RSIA Bunda Jakarta setiap hari Senin-Rabu pukul 14.00 - 16.00 atau melalui aplikasi Halodoc untuk bisa konsultasi online di sana setiap hari Senin sampai Minggu pukul 07.00 -09.00 WIB dan pukul 15.00 - 21.00 WIB.


Semoga sebagian mitos dan fakta yang bunda-bunda khawatirkan terjawab di postingan kali ini ya. ❤️




You May Also Like

9 komentar

  1. Sangat bermanfaat sekali informasinya, kak Dessy.
    Aku jadi tahu banyak meski dulu pernah melakukan banyak mitos di atas, seperti kaki diangkat setelah berhubungan sampai konsumsi rendaman rumput Fatimah demi kontraksi lebih cepat.

    MashaAllah~
    Dengan penelitian kedokteran, bahaya melahirkan dengan resiko bisa dimimalisir yaa..

    Semoga semakin banyak lagi ilmu seputar kehamilan dan melahirkan yang dibagikan oleh dr. Indra N.C Anwar. Sp.OG bisa disimak para Ibu hamil.

    BalasHapus
  2. Iya mbak mitos2 ini barangkali masih diyakini sampai sekarang ya. Saya pun dulu juga melakukannya. Apalagi ada ibu yang mendampingi kan, pasti wasiat para sesepuh yang tidak boleh makan nanas, nangka dan sebagainya itu benar-benar harus ditaati. Sekarang jadi jelas bahwa semua itu adalah mitos yang belum terbukti kebenarannya ya.

    BalasHapus
  3. Memang banyak mitos kehamilan yah, di kampung aq aja klh kt hamil, beuhh banyak banget larangannya. Tp untung aq msh searching info apakah itu fakta atau bukan

    BalasHapus
  4. Memang banyak mitos yang berkembang di negara kita di berbagai hal termasuk soal kehamilan ini ya... Harus pandai2 memilah dan memilih salah satunya ya dengan menambah literasi kita...

    BalasHapus
  5. Rumput Fatimah ini sempat direkomendasi sahabatnya mama untuk aku lahiran. Kayaknya hampir semua ibu mau lahiran diminta konsumsi itu. Hehhe. Sosialisasi mitos kehamilan ini penting banget

    BalasHapus
  6. Banyak mitos2 yang perlu diketahui ibu2 yang sedang promil ya mbak.
    Memang edukasi semacam ini penting supaya ibu2 juga tau fakta bagaimana promil, bagaimana menjaga jehamilan.
    Dr. Indra nih kyknya gak asing,namanya, ternyata praktik di Bunda ya.

    BalasHapus
  7. Iya nih masih banyak banget yang percaya miyos mba apalagi di kampungku, intinya sih jangan terlalu berlebihan ya mba

    BalasHapus
  8. Selama ini yang paling kuat mitos, tuh, nanas bisa ngeluruhin kandungan, ya. Ternyata cuma mitos.

    BalasHapus
  9. wah aku masih punya harapan bisa lahiran normal nih (besok-besok) karena anak pertama cesar belum tentu anak kedua juga cesar. Hmmm, bayangin setelah cesar susah gerak makin parno mau hamil lagi soalnya hehe. makasih nih infonya mba, komplit banget :)

    BalasHapus