My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Cara Menjaga Produktivitas di Bulan Puasa

by - April 16, 2022

 

Produktif di bulan Ramadhan


Produktif melakukan aktivitas yang disukai, akan membantu meningkatkan kualitas hidup. Hidup lebih bahagia, lebih sehat, lebih waras dan lebih berguna. Biasanya di bulan Ramadhan akan ada aktifitas rutin tambahan selama sebulan penuh seperti menyiapkan makan sahur dan berbuka. Produktivitas kerja pun seringkali mengalami penurunan karena kondisi lelah dan lapar seharian berpuasa. Agar kita tetap produktif selama bulan Ramadhan, ada banyak hal dan tips yang bisa dilakukan. 


Moment Ramadhan di rumah dengan mengakhirkan waktu sahur 


Menjaga Produktivitas di Rumah Selama Bulan Ramadhan


Mengawali Hari dengan Ritual Favorit di Rumah 


Mengawali hari dengan melakukan hal yang kita sukai akan menambah semangat baru memulai hari. Saya biasanya mendengarkan musik, menyiram tanaman dan memberi makan ikan. Hal sederhana bagi sebagian orang ini, justru menjadi mood booster sendiri bagi saya saat pagi hari. 


Jika sebelum bulan Ramadhan, biasanya ditambahkan dengan ritual menyeduh kopi di teras depan dengan berbagai camilan sederhana. Hanya butuh 10 menit melakukan aktivitas rutin harian pagi, membuat saya lebih menikmati hidup dan semangat melakukan aktivitas selanjutnya.


Mengakhirkan Waktu Sahur


Mengakhirkan waktu sahur merupakan sunnah yang dianjurkan oleh nabi Muhammad. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, setelah ditelisik mengakhirkan waktu sahur memiliki banyak manfaat, seperti halnya membantu kita untuk lebih kuat menjalani puasa, memiliki kesempatan untuk merasa kenyang lebih lama dan mendapatkan energi yang cukup untuk menjalani kegiatan meskipun sedang berpuasa.


Mengatur Jadwal Kerja dan Jeda Istirahat


Perlu adanya manajemen waktu agar keseimbangan bekerja dan istirahat terpenuhi. Bekerja tanpa diimbangi istirahat, akan membuat lelah badan dan pikiran. Sehingga keluhan dan stress kerap datang dan membuat kualitas kerja justru semakin berantakan. 


Beribadah


Berpuasa tanpa ibadah wajib dan sunnah layaknya bagai tong tanpa isi. Bulan Ramadhan menjadi bulan yang tepat untuk memaksimalkan ibadah kita. Ibadah adalah cara jeda dari pikiran duniawi. Merasakan ketenangan dengan berdoa dan mengingat sang pencipta, akan menambah rasa syukur atas nikmat hidup kita selama ini. Ibadah rutin yang menjadi kebiasaan baik akan menjaga kehidupan tetap seimbang, antara mengejar dunia dan semangat membangun tabungan di surga. 


Menjaga Kesehatan


Aktifitas yang padat perlu diimbangi dengan menjaga kesehatan, baik itu menjaga pola makan yang baik dan bergizi, rutin minum vitamin dan olahraga. Kesehatan adalah kunci utama agar kita tetap produktif melakukan banyak pekerjaan. 


Menghindari Tidur Setelah Subuh


Tidur setelah subuh tidak lantas membuat kita menjadi lebih fresh dan bugar, justru akan membuat kita semakin malas untuk melakukan aktifitas kembali. Waktu tidur saat subuh yang hanya sebentar, kemudian dipadu dengan terburu-buru melakukan aktifitas lain akan mengacaukan jadwal pagi. Sehingga kenyataannya akan membuat badan lebih mengantuk dan lebih lelah. 


Charge Gadget 


Kini semakin berkembangnya teknologi, tak hanya pekerja kantoran, anak-anak bahkan ibu rumah tangga makin produktif dengan belajar dan ikut seminar melalui zoom, bahkan membuat konten bermanfaat di sosial media. 


Smartphone, powerbank, laptop dan tablet merupakan gadget yang sangat membantu pekerjaan harian kalian. Gadget lowbat dan lupa mencharge walau terdengar sepele, rupanya dapat mengganggu produktivitas kerja dan menurunkan mood. 


Awali hari dengan mencharge gadget sehingga kalian bisa produktif. Banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk mencicil pekerjaan sederhana namun penting dalam perjalanan ke kantor seperti mengirim email, membuat laporan sederhana sambil menunggu klien dan sebagainya. 


Memanfaatkan Waktu Luang dengan Menghasilkan Karya


Jika kalian ibu rumah tangga dan tetap ingin produktif di rumah, suka menulis, hobby foto dan sharing pengalaman, bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan cuan. Mulailah dengan membangun sosial media dengan konten bermanfaat sehingga mendapatkan banyak followers sehingga dapat memperluas personal branding. 


Banyak hal bisa dilakukan seperti menulis Blog mengenai menu resep masakan dan aneka kue Ramadhan, tips make up simple saat Idul Fitri, rekomendasi wisata di berbagai daerah dan masih banyak ide kreatif lainnya yang membuat pengikut sosial media kalian bertambah sekaligus menebar manfaat ke banyak masyarakat.


Waktu 24 jam yang terus berputar tanpa henti ini, membuat saya sebagai seorang ibu rumah tangga yang memiliki anak remaja, terkadang menemui satu titik jenuhnya sendiri. Anak-anak sudah memiliki aktivitas dan kesibukannya masing-masing, begitu juga dengan ayahnya. Merasa bosan, sepi dan bingung hendak melakukan apa lagi. Solusi supaya menghilangkan perasaan tersebut yaitu dengan aktif membangun sosial media sehingga bisa bermanfaat, bahkan menghasilkan pemasukan tambahan. 


Memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan melakukan kegiatan dan menghasilkan karya, baik untuk karir atau apapun yang diinginkan menjadi bagian dari berkah. Karena tak semua orang memiliki waktu lebih dan sehat untuk bisa melakukan kegiatan yang kita sukai. 


Dalam menunjang semua kegiatan, saya memerlukan perangkat pendukung untuk bisa melakukan aktifitas banyak hal yang bisa saya lakukan tanpa ribet, performa yang mumpuni dan terjangkau tentunya.


Advan
Layar lebar 10,4 inchi  dilengkapi dengan kekuatan Chipset UNISOC T618 dan RAM 8GB


Produktif dengan Tablet Advan VX, Bisa Semua - Semua Bisa


Percaya atau tidak, saya menjadi blogger dan influencer dulunya hanya bermodalkan smartphone biasa saja untuk menulis di blog dan upload foto di sosial media.

Sesuai perkembangan zaman, kini banyak orang yang melirik ke sosial media lain tak hanya facebook, seperti tiktok dan membuat video reels, upload foto di feed Instagram bahkan mencari cuan di YouTube. Diperlukan juga nih gadget yang bagus untuk bisa mengedit video agar hasil video menjadi lebih bagus dan terkonsep.


Tablet Terbaik di Harga 3 Jutaan


Tablet Advan VX bisa menjadi pilihan tablet terbaik dengan harga terjangkau yaitu sekitar 3 jutaan saja namun performanya bisa untuk semua. Banyak hal bisa kita lakukan melalui tablet ini sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah. Sesuai taglinenya Bisa Semua, Semua Bisa dilakukan dengan gadget terjangkau dan terbaik satu ini. Gak usah dibanding-bandingkan dengan smartphone, jelas beda! Karena tablet akan membuat kita lebih puas dengan layarnya yang ekstra gede. Apalagi jika ditambah aksesoris keyboard tambahan, bisa dimaksimalkan layaknya laptop namun dengan harga yang super murah sehingga bisa lebih fungsional lagi. 


Editing Video dengan Kualitas 1080p


Kini dengan 1 tablet Advan Tab VX akan lebih memudahkan saya melakukan hal lainnya seperti editing video. Layar lebar 10,4 inchi menjadi lebih puas saat saya melihat hasil editan di dalam projek editing video. Kualitas editing 1080p membuat hasilnya begitu jernih dan tajam. 


Bekerja profesional dengan aplikasi Office seperti Power Point, Word, dan Excel serta bermain Game


Dengan membawa Advan Tab VX tak perlu khawatir jika ada meeting dadakan melalui zoom meeting serta mampu digunakan bekerja profesional dengan aplikasi Office seperti Power Point, Word, dan Excel sekaligus, bermain game di kala bosan dengan lancar tanpa ngelag dan bete karena perangkat menjadi panas karena sudah dilengkapi dengan kekuatan Chipset UNISOC T618, RAM 8GB dan konektifitas yang sudah 4G. 


Tablet harga terjangkau
Menikmati musik atau streaming video bisa sekaligus mengecek jurnal, membalas WhatsApp dll dengan fitur Split Screen


Streaming Video pada Layar Wide Cinema. Ngedrakor, Belajar Editing via YouTube dan Coba Resep Masakan di Channel Chef Favorit


Hal favorit lainnya yang seringkali saya lakukan adalah menikmati video streaming pada layar Wide Cinema 10,4 inci WUXGA+ yang telah mendukung video 60 fps dan sharper graphics serta dibekali dengan 4 speaker stereo. Bisa asik nonton drakor, belajar editing video melalui youtube dan belajar masak melalui resep masakan di channel chef favorit.  Jika WhatsApp masuk kalian bisa gunakan fitur Split Screen atau layar belah untuk tetap menikmati streaming, sambil membalas pesan masuk di WhatsApp atau sekedar mengecek jurnal dan laporan. Yup... semua bisa dilakukan hanya dengan 1 Advan Tab VX. 


Jangan jadikan Bulan Ramadhan sebuah alasan kita untuk bermalas-malasan dan tidak produktif. Picu semangat dengan beberapa tips di atas dan pilihan gadget yang tepat untuk aktifitas kalian agar aktivitas tetap fokus memberi manfaat, menaikkan value positif dan menggali kemampuan. 



You May Also Like

21 komentar

  1. Baru aja tadi sore ngomongin tablet ini, lah kok sekarang baca di sini, kaaaannn bikin mupengnya nambah, ini racun banget sih, harganya terjangkau dengan spek yang lumayan banget.
    Pas banget nih butuh tab sebenarnya :D

    BalasHapus
  2. Duh susah kalau habis sahur mata di suruh melek. Yang ada tidur. Baru kerja pas baru bangun tidur pagi.

    BalasHapus
  3. Di bulan ramadan gini kita harus tetep produktif dan berkegiatan dong yaaah, apa lagi kalo bisa berkarya dan menghasilkan cuan bakalan lebih asyik tuh

    Pengen banget punya tablet yang bisa dipake segalanya tapi harga terjangkau nih, ternyata Tab Advan VX jawabannya yaaah

    BalasHapus
  4. iya aku berusaha banget ga tidur abis subuh,kecuali lagi capek dan tidurnya kurang banget sebelum sahur, memang aktivitas kita harus diatur ya, di bulan ramadan ini memang banyak perubahan kegiatan, kalau ngga diatur dengan baik, takutnya sakit

    BalasHapus
  5. Bulan Ramadan bukan alasan untuk tidak berkarya ya, Mbak. Jadi pengen beli tablet ADVAN nih setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
  6. alhamdulillah bulan ramadan ini aku produktif banget mba.. banyak agenda yang harus aku selesaikan. sebetulnya capek sih dan kepenginnya ramadan agak tenang.. tapi ya sudah bersyukur saja dan tetap jadikan ini sebagai ladang pahala jugaa

    BalasHapus
  7. mau bulan ramadhan or gak menurutku sih kita harus tetap konsisten semangat kerjanya jadi bisa tetap produktif yaa, plus kan setauku juga kerja itu jadi nilai ibadah yaa

    BalasHapus
  8. Hiks..menghindari tidur setelah sahur ini kok susah bener ya. Bangun cuma untuk shalat shubuh aja, setelahnya eh lanjut tidur lagi. Dasar aku~

    BalasHapus
  9. Pola tidur yang jadi jungkir balik saya alami juga. Meski berusaha mengatur sebaik mungkin eh malah saja keukeuh kesulitan. Saat tidak harus tidur malah ngantuk, giliran waktu tidur malah tidak ngantuk sama sekali. Bingung kaaan...

    BalasHapus
  10. Gak tau kenapa Ramadan tahun ini rasanya sangat cepat, mungkin krn (sok) sibuk hehehe
    Memang kudu produktif biar gak kerasa waktu puasanya, tau2 dah buka aja :D
    Wah tablet Advan VX ini menarik juga nih buat bantu kerjaan ya, harganya juga cukup bersaing.

    BalasHapus
  11. Tidur setelah sahur emang bikin puasa jadi lemes, Mbak. Enakan enggak tidur. Soalnya kalau udah lemes mau ngapa-ngapain juga nggak maksimal. Jadi enggak produktif deh seharian.

    BalasHapus
  12. Iya ya..
    Tidur setelah shubuh tuh bangunnya malah bikin mager. Kudunya mandi, biar lebih fresh. Lanjut kerja menggunakan Tablet Advan VX yang harganya oke banget di kantong dengan spek luar biasa mumpuni.

    BalasHapus
  13. Pas banget aku lagi cari tab untuk memudahkan aku kerja sambil ngasuh bayi. Karena pakai HP kekecilan dan pake laptop kegedean dan repot sambil ngurus bayi. Kalau pakai tab bisa jd solusi nih

    BalasHapus
  14. Duh..tidur setelah sahur memang enak tapi sering bikin kesiangan bangunnya. Huhhhuhu..

    BalasHapus
  15. saya punya tablet Advan seri sebelumnya, yang paling saya juga sama gadget brand ini tahan banting alias jarang banget rusaknya. kuat meski beberapa kali jatuh dan pakai sampai baterai sampai habis

    BalasHapus
  16. Menurutku memang penting untuk melakukan manajmen waktu yang tepat ya mba. Dan pengaturan sehingga ada waktu untuk istirahat dan juga buat bekerja ya mba :)

    BalasHapus
  17. walaupun puasa bukan berarti kita tidak produktif yaaa mba. Aku juga menjaga produktifitas dengan time management yang agak berbeda selama bulan puasa

    BalasHapus
  18. Semangat puasanya kalau sambil ditemenin gadget baru lebih produktif menulis dan juga nonton drakornya ehh wkwkkw

    BalasHapus
  19. walau puasa, tak menghalangi aktivitas ya kak. segala kegiatan kita selama puasa mudah-mudahan dapet pahala

    BalasHapus
  20. Setuju mam jangan tidur pas habis subuh bakalan bikin malas segalanya heheheh ahhh banyak banget tipsnya makasih Mam

    BalasHapus
  21. Sempat berantakan banget manajemen waktuku kemarin pas bulan puasa euy, karena kalau sudah bangun untuk sahur, biasanya lanjut bangun terus. Tapi begitu siang, waduh lemes dan ngantuknya itu lho yang gak tahan. Tips di artikel ini boleh juga nih nanti diterapkan

    BalasHapus