My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Manfaat Olahraga untuk Anak Remaja, Olahraga Apa Saja yang Cocok?

by - April 07, 2022

 

Pilihan olahraga untuk remaja


Jika memiliki anak yang berusia beranjak remaja, biasanya orangtua mulai memberikan dorongan untuk membuat mereka rajin berolahraga. Terkadang anak jaman sekarang lebih asik nongkrong di cafe, berkumpul bersama teman, bermain game, dibanding melatih fisik dengan olahraga rutin minimal seminggu dua kali.


Iming-iming cepat tinggi, mendapatkan badan bagus dan ideal serta mengikat keharmonisan jika dilakukan bersama keluarga, menjadi motivasi ampuh saat mulai mengajak anak-anak berolahraga, sehingga mampu menumbuhkan semangat baru untuk melakukan kebiasaan baik. 


Manfaat olahraga bagi remaja memiliki peran penting untuk membantu pertumbuhan otot dan tulang, selain itu dapat meningkatkan stamina, melancarkan peredaran darah. Badan pun terlihat lebih sehat, bugar serta membantu pembentukan sel otak baru. 


Olahraga tak hanya bagus untuk fisik saja, namun memicu pertumbuhan kognitif anak tentunya. Sehingga tidak mudah lupa, selain itu dapat meningkatkan kemampuan mengingat, berpikir, kemampuan untuk dapat berkonsentrasi bagaimana memahami sesuatu, memecahkan masalah, mengambil keputusan, hingga mengambil tindakan.


Karakter setiap anak berbeda, anak introvert misalnya. Biasanya ia lebih suka menyendiri di kamarnya. Lebih senang melakukan aktivitas tanpa membutuhkan banyak gerak, seperti membaca buku, nonton anime dll. Kepribadian introvert memang butuh waktu untuk mencharge dan memperoleh rasa nyamannya sendiri serta mendapatkan energi baru dalam dirinya. Namun bukan berarti ia tak pandai bergaul dan tak suka olahraga. Dorongan-dorongan dari luar inilah yang diperlukan untuk memberikan semangat mereka agar rajin olahraga, baik ayah, ibu, orang terdekat dan teman-temannya.



Pilihan Olahraga yang Cocok untuk Anak Remaja 


Lompat Tali


Saat mulai beranjak dewasa menurut pengalaman saya, olahraga yang baik untuk anak yang menginjak masa remaja adalah lompat tali. Olahraga simpel ini, bisa dilakukan di rumah maupun di luar rumah. Memicu tubuh untuk tumbuh lebih tinggi. Semenjak ia rutin lompat tali, tingginya langsung naik drastis. Sekarang bahkan sudah setinggi ayahnya. Awal skipping dilakukannya sekitar 500 lompatan setiap hari. Kemudian naik seribu, lalu sekarang terbiasa melakukan skipping 2000 lompatan setiap hari. 


Jalan Santai


Setiap sabtu dan minggu pagi, biasanya kami sekeluarga melakukan olahraga jalan santai ke jembatan pelangi atau sekedar keliling daerah Vida. Jalan santai menjadi olahraga favorit sekaligus merefresh pikiran untuk menikmati udara segar. Terlebih suami memiliki keluhan tempurung lutut yang seringkali ngilu jika dibawa lari cepat dan terlalu jauh. Sehingga jalan santai menjadi olahraga yang sering kami lakukan bersama. 


Lari


Lari bisa dilakukan sendiri di rumah menggunakan treadmill atau bisa juga dengan menghirup udara pagi di lokasi favorit kalian, tanpa perlu mengandalkan orang lain. Dengan berlari, tentunya bisa membantu menghilangkan stress dan mengusir kebosanan. 


Berenang


Berenang bisa dijadikan olahraga yang mengasikkan bagi semua kalangan baik muda maupun tua. Kedua anak saya sejak duduk di sekolah dasar, diberikan kursus privat renang di waterpark terdekat dengan lokasi rumah, sebelum akhirnya harus berhenti karena pandemi. 


Ping-pong


Saat neneknya membeli meja pingpong, anak saya kini menyukai olahraga satu ini. Menepuk bola pingpong akan membantunya melatih konsentrasi dan menyeimbangkan gerakan tangan untuk melatih kecepatan pukulan bola. Olahraga yang terlihat sederhana namun mampu membuat badan cepat berkeringat. 


Bulu tangkis


Bulu tangkis atau biasa disebut badminton salah satu yang favorit anak saya lakukan sejak kecil bersama ayahnya. Sekarang ini biasanya dilakukan di depan lapangan rumah saja sambil melatih pukulan smash dan back hand.


Bersepeda


Olahraga bersepeda juga paling asik dilakukan kala senggang. Tempat favorit bersepeda yaitu Taman Mini dan Taman Impian Jaya Ancol. Kita bisa berkeliling melihat indahnya rumah adat di seluruh Nusantara dan menikmati indahnya laut daerah Jakarta. Sedangkan suami memiliki club sepeda yang rutenya lebih ekstrim bersama komunitas sepeda Gorillaz yang terbiasa bersepeda menempuh waktu seharian, masuk hutan, tanjakan terjal, dan melewati jalan setapak. Namun untuk permulaan bagi anak beranjak remaja, ajak mereka lebih dahulu untuk melakukan sepeda santai berkeliling saja tanpa harus melalui rute-rute rumit. 


Basket 


Olahraga basket biasanya banyak diminati bagi kalangan remaja. Di sekolah bahkan diberikan sarana lapangan basket bagi siswa yang hobi bermain olahraga satu ini. 


Futsal


Seiring pertumbuhan dan mulai mengalami pubertas sebenarnya banyak juga olahraga yang bisa dipilih untuk melatih anak beradaptasi dengan lingkungan disekitarnya. Salah satu yang banyak dipilih kalangan remaja adalah futsal. Manfaat olahraga satu ini selain melatih fisik juga melatih bersosialisasi, disiplin dan berpikir cepat. Diperlukan kerjasama team dan strategi yang bagus untuk mengungguli lawan. 


Futsal menjadi olahraga menarik baik di dalam maupun luar negeri. Saya dan ayahnya anak-anak termasuk yang hobby nonton bola dan futsal. Seru-seruan bareng sambil menyiapkan aneka cemilan. Bahkan seringkali nobar bareng bersama kawan.


Olahraga futsal


COSMO JNE FC menjadi Penyumbang Pemain Terbanyak untuk Timnas Futsal Indonesia


Namanya sebuah permainan, tentu tak lepas dari menang dan kalah. Namun kami tetap bangga dan support Team Futsal Tanah Air. Buat para pecinta Futsal pasti ngikutin tontonan seru yaitu Perebutan Piala AFF Futsal Championship Thailand pada tanggal 2-10 April 2022. Nah 4 pemain yang akan berlaga membela Timnas Futsal Indonesia diambil dari Cosmo JNE FC yang pernah menduduki peringkat 2 Liga Futsal Profesional Indonesia 2021. Selain 4 pemain Cosmo JNE FC (M. Rizki Xavier, Dewa Rizki, Firman Adriansyah, dan M. Iksan Rahadian) ada 2 official JNE FC (Ade Lesmana selaku pelatih kiper dan Amril Daulay selaku asisten pelatih) pun diboyong, untuk membela Timnas Futsal Indonesia yang akan bertanding di Piala AFF Futsal Championship Thailand.


Bangga dan Bela Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF Futsal Championship Thailand 2022


Sebagai tim hore yang memang senang nonton bola dan futsal, makin semangat membela Timnas Futsal Indonesia nih. Cosmo JNE Futsal Club walaupun tergolong baru diresmikan Desember tahun lalu, namun cikal bakal klub satu ini dulunya bernama Klub Cosmo FC yang kemudian menjalin kerja sama dengan perusahaan ekspedisi JNE, hingga merubah nama menjadi Cosmo JNE FC. Diharapkan kerja sama ini sebagai bentuk dukungan JNE terhadap olahraga futsal Indonesia yang sangat digandrungi masyarakat agar lebih berprestasi dan main semangat memboyong piala-piala lainnya. Terlebih pemain yang tergabung di Cosmo JNE FC didominasi oleh pemain jebolan Timnas U20. 


Talenta bermain yang dimiliki oleh 4 pemain yang tergabung dalam Cosmo JNE FC memang tidak diragukan dan di atas rata-rata pemain lainnya, sehingga dapat menembus menjadi pemain inti tim nasional yang berasal dari gabungan beberapa tim futsal yang berlaga di Liga Futsal Profesional Indonesia 2021. 


Semoga kemenangan-kemenangan yang diraih kelak mampu menjadi energi positif yang mampu menelurkan semangat baru di olahraga Futsal Indonesia.


Saya rasa Tanah Air perlu perusahaan-perusahaan besar lainnya juga yang memiliki kontribusi besar untuk Indonesia seperti JNE. Melirik kiprah JNE yang tak hanya fokus mengembangkan bisnis saja, namun merambah ke banyak aspek kemasyarakatan termasuk bidang pendidikan, kesehatan dan olahraga. Hal ini justru menjadi sesuatu yang patut dibanggakan sesuai dengan taglinenya yaitu "Connecting Happiness" memberikan semangat positif mengenai arti berbagi, memberi dan menyantuni.


Buat para orangtua yang anak remajanya hobby olahraga dan bermain futsal juga, semoga kelak bisa memiliki keahlian diatas rata-rata jika terus diasah, sehingga bisa menjadi perwakilan yang masuk Timnas Futsal Indonesia.


You May Also Like

14 komentar

  1. Anak remaja memang cocok dg jenis olahraga yg membakar kalori ya mba.. Jadi ingat dulu suka renang, trus lamaaa berhenti jadi gak pd lagi mau renang haha.. Trmksh sharingnya ya..

    BalasHapus
  2. anakku banget yang sulung suka olah raga, dia suka banget jalan, bersepeda, apalagi sama futsal, next abis lebaran juga mau renang lagi insya alloh

    BalasHapus
  3. Keren JNE, bukan hanya merambah dunia bisnis saja namun juga mendukung kegiatan dibidang pendidikan, olahraga dan sebagainya. Dan anak2 sebagai generasi muda memang seharusnya diasah kemampuan serta keterampilannya sejak dini, supaya bisa tampil menjadi generasi penerus bangsa yang siap mengharumkan bangsa, negara dan orang tua.

    BalasHapus
  4. Nah anak remaja perempuan ku sukanya Olga renang, dibiasakan dari kecil juga, nagih Ampe gede. Keren euy JNE yang terus berkiprah dan mendukung kegiatan Olga dan mencetak atlet2 muda berbakat.

    BalasHapus
  5. Bangga dengan JNE ini kepeduliannya banyak ke berbagai bidang termasuk olah raga juga. Olga banyak manfaatnya tapi masih jadi peer utk konsisten nih..

    BalasHapus
  6. anak-anakku juga suka olah raga, yang laki laki suka main bola sementara yang cewek suka bersepeda. Keren juga JNE bisa mencetak pemain Timnas Futsal...

    BalasHapus
  7. Wuih keren, JNE punya Tim Futsal ya. Mana berprestasi pula. Btw, setuju banget deh dengan macam-macam olahraga buat remajanya ini. Kepengen ih bisa ngajak anak bujangku olahraga salah satunya. Huhu dia masih susah nih olahraga secara serius. Mau olahraga cuma saat dia mau aja.

    BalasHapus
  8. Keren JNE, kontribusinya nyata 😍

    Anakku masih SD, tapi dia suka diajak olah raga. Seringnya sih jogging/jalan santai (tapi belum rajin dan rutin 🙈🙈).

    Senangnya kalau di sini, taman umum rame banget dipakai olah raga. Ada yang sepakbola, jogging, jalan cepat, yoga. Jadi ikut semangat kalau pas jalan di sana

    BalasHapus
  9. Wah iya nih..
    Anak muda zaman sekarang menjalin kerjasama dan komunikasi bisa melalui olahraga yang bikin badan sehat, seperti bermain futsal. Bersama Cosmo JNE FC yang membawa nama baik Indonesia, semoga sukses dan berhasil mengharumkan nama bangsa di kancah dunia olahraga Internasional.

    BalasHapus
  10. Olahraga favorit lari sama jalan santai. Baru tau JNE juga berkiprah di masyarakat seperti bidang pendidikan dan olahraga. Semoga anak-anak remaja kita seimbang antara kegiatan fisik dalam kesehariannya lewat olahraga ini. Aamiin

    BalasHapus
  11. Baru tau kalau JNE punya tim futsal yang prestasinya sehebat ini, sukses buat timnas futsal indonesia, semoga menang jadi juara

    BalasHapus
  12. Makin banyak anak muda yang menggemari futsal ini. Jadi nggak heran ya akhirnya banyak atlit futsal potensial bermunculan, bahkan sampai membela nama negara di ajang internasional.

    Mendukung penuh nih tim futsal nasional yang sedang berlaga di AFF, semoga juara yaa... Luar biasa nih dominasi anggota dari Cosmo JNE FC di tim tersebut. Sangat membanggakan.

    BalasHapus
  13. Rata-rata anak laki-laki hobi nih main futsal. Kalau ada wadahnya gini, pasti akan lebih banyak lagi anak muda yang bisa berprestasi dalam bidang olahraga. Siapa tau suatu saat bisa boyong Piala Dunia ke Indonesia.

    BalasHapus
  14. Semangat dan semoga selalu berprestasi. Aku olahraga masih kurang banget nih. Jangan dicontoh heheheh jadi ke sentil ama tulisan mami Dessy

    BalasHapus