My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Manfaat Mindfulness dalam Bisnis

by - Desember 10, 2022




"Lantunan dzikir di waktu pagi, selalu terdengar. Merdu dan tenang"


Pria yang paling saya sayang pernah bilang, dzikir juga bagian dari upaya menyehatkan mental. Bagian dari meditasi. Jeda dari kesibukan duniawi—fokus merenungi tujuan hidup yang Allah kasih buat kita. Ada satu titik gairah baru dalam hidup yang muncul ketika kita sudah berserah dan bersyukur. 


Pemantik semangat mulai timbul sehingga ide-ide dan kreatifitas baru pun muncul. 


Hidup itu harus seimbang. Terlebih dalam urusan dunia, pekerjaan bukan tujuan satu-satunya yang dijadikan prioritas, support system dari mencintai diri sendiri, keluarga, sesama manusia dan lingkungan sekitarnya harus ada. Sebab hidup merupakan perjalanan---butuh proses untuk sampai pada apa yang kita inginkan. Walau terkadang tujuan manusia sama, namun jalan yang dipilih setiap orang, besar kemungkinan berbeda.


Rumitnya hidup seringkali membuat kita kehilangan konsentrasi, raga berada di satu tempat, namun pikiran terbang melayang kemana-mana. Dengan mindfulness kita dilatih untuk benar-benar sadar dan memiliki perhatian penuh terhadap apa yang terjadi dalam diri kita dan di sekitar kita, di saat ini. Kita punya kuasa penuh atas apa yang sedang terjadi. Tubuh dan pikiran hadir, sadar sepenuh-penuhnya dimana kita berada dan apa yang sedang kita lakukan. Dengan metode mindfulness kita belajar menikmati banyak pekerjaan secara sadar. 


Praktek Mindful yang sering dilakukan berupa meditasi dengan duduk lalu melatih mengolah nafas. Merasakan nafas yang masuk dan keluar dengan tenang dan damai sebagai cara menikmati hidup. Duduk dengan mengosongkan pikiran dan hanya bicara pada diri sendiri. Apa yang hati ingin sampaikan. Terkadang kita lupa untuk bicara kepada diri sendiri, tentang apa yang kita inginkan dan apa saja yang membuat kita bahagia. 


Seringkali kita menemukan dalam diri kita tentang sebuah kekecewaan dan merasa sedih tanpa tahu alasannya kenapa. Menangis sepuasnya tanpa tahu sebabnya. Dengan mindfulness, kita berusaha jujur, untuk mengakui penderitaan dan belajar bagaimana mengatasinya. Melatih menyelam dan menatap derita paling dalam lalu mencari akar permasalahannya. Setelahnya upaya mencari solusi dan memberikan jeda untuk menerima. Sebuah penerimaan dalam diri, bagi saya menjadi solusi paling ampuh untuk mendapatkan sebuah rasa lega. 


Graha Mobilindo
Pembukaan Bisnis Baru Graha Mobilindo Pekayon 

Mindfulness Melatih Berbisnis dengan Hati


Dua tahun belakangan ini, kami mulai menggeluti bisnis baru GRAHA MOBILINDO yang berlokasi di Jalan Raya Pekayon depan komplek Depnaker, mengusung pembelian mobil bekas cash and credits. Dalam bisnis ini pun, ada grafik up and downnya. Memulai bisnis harus memiliki mental baja, berani mengambil keputusan, cermat dalam meneliti faktor resiko dan sigap mencari solusi. Kalau tidak berani, bisnis tidak akan pernah dimulai. Tujuan kami adalah "Sukses Bersama, Maju Bersama" menjadi sebuah kalimat penyemangat, bahwa materi dunia bukan segalanya, hanya sebagai penyambung rasa syukur dan kebahagiaan yang sedang Allah titipkan. Kebersamaan dan kekompakan team dalam suatu lingkungan tempat kerja yang positif menjadi hal yang yang harus kami jaga dan kami pegang kuat-kuat.


Melalui inovasi dan konsistensi, pebisnis perlu tahan banting untuk menghadapi berbagai tantangan dan kompetisi yang ada. Terlebih gempuran ekonomi kian kompetitif serta pesatnya gebrakan teknologi saat ini yang berpotensi memiliki pengaruh buruk bagi kondisi psikologis seorang pengusaha. Stress pasti ada, problematika bisnis banyak macamnya. Dari fluktuatif harga, jangkauan pasar, bahkan dari para pesaing bisnis. Harus pintar-pintar cari strategi, berinovasi dan kolaborasi di era digital sangat diperlukan untuk ketahanan bisnis ke depan. 


Mindfulness bagi seorang pebisnis akan membantu meningkatkan kemampuan dalam menghadapi masalah dan menyiasati kondisi jika terjadi stress dalam lingkup tempat kerja. Hubungan kerja yang positif menghasilkan tim yang lebih produktif, perilaku altruisme pada akhirnya meningkatkan produktivitas. 


Sebelum terjun bisnis sendiri, suami saya adalah seorang pekerja kantoran biasa. Merasakan bagaimana bekerja dengan hati bahagia dengan yang tidak, sangat mempengaruhi hasil. Korelasi sukses dan kebahagiaan saling berkaitan. Dalam bisnis yang sedang kami jalani saat ini, perlu menciptakan rasa disiplin, tanggung jawab namun tidak melupakan untuk menciptakan rasa kekeluargaan dan memanusiakan manusia, sehingga tercipta lingkup yang positif untuk menjadi manfaat bagi banyak orang, bukan hanya sekedar mengejar materi dan memperkaya diri. Kesadaran ini timbul dari praktek mindfulness yang kami terapkan. 


Menjaga mental kita tetap sehat, menjaga emosi, mendukung pengaturan diri dan membantu dalam pengambilan keputusan yang efektif serta meningkatkan empati, salah satunya dengan meditasi. 


Mindfulness akan membantu kita mengembangkan sumber daya batin sekaligus membantu menavigasi situasi sulit serta menanggulangi stress dengan lebih mudah. Lebih sadar terhadap diri. Hal ini memungkinkan seseorang untuk mengambil langkah mundur dan mempertimbangkan perspektif dan alternatif lain daripada sekadar bereaksi terhadap peristiwa untuk mencari solusi yang lebih terampil. Kita diajak untuk belajar berlatih untuk sadar dan berani mengambil keputusan bagi diri sendiri. Sehingga hidup sesuai porsinya dan berjalan seimbang. 


Beberapa manfaat yang dapat dari penerapan Mindfulness adalah:

  • Meningkatkan Konsentrasi

  • Meningkatkan produktivitas

  • Menghasilkan banyak ide cemerlang

  • Membantu mengambil keputusan yang tepat

  • Menurunkan tingkat stress

  • Manfaat neurologis dari mindfulness akan meningkatkan kecerdasan emosional 



 

JNE menjadi bagian dari Mindful Company Brand 2022



JNE Menjadi Bagian Mindful Company Brand dalam Acara Alive Fest 2022


Kini JNE berhasil menjadi bagian Mindful Company Brand dan hadir dalam acara ALIVE Fest 2022 yang merupakan festival kesehatan dan meditasi terbesar di Indonesia. ALIVE Fest 2022 yang digelar pada 2-4 Desember 2022 mengambil tema “Namastay in the City.”


ALIVE merupakan kepanjangan dari kata-kata Abundant wealth, Loving relationships, Inspiring work, Vibrant health, dan Empowering earth. Acara ini diadakan di Multifunction Hall Plaza Indonesia yang diselenggarakan oleh The Golden Space Indonesia berkolaborasi dengan MarkPlus, Inc sebagai bentuk dorongan dan ajakan, agar banyak perusahaan memiliki cara pandangan lain untuk tak hanya sekedar mengejar profit, namun juga peduli terhadap purpose, people, dan planet yang sesuai dengan tagline JNE  yaitu"Connecting Happiness" sehingga mampu membangun ekosistem sehat di lingkungan tempat kerja. 


Mindful Company Brand yang diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan yang memberikan kontribusi penting dan menunjukkan kepedulian terhadap kesehatan mental karyawan. Sebagai perusahaan penerima penghargaan Mindful Company Brand 2022 di kategori Transportation & Logistic Sector, JNE diharapkan menjadi inspirasi bagi ribuan perusahaan lain, karena kesehatan mental karyawan memainkan peran esensial bagi berjalannya roda perusahaan dan menjadi penyemangat dalam memberikan banyak hal yang terbaik bagi karyawan, masyarakat dan para pelanggan setia JNE seperti saya dan sering mencari tahu mengenai banyak kegiatan serta program JNE terbaru melalui portal berita online di https://jnewsonline.com/


Siapa disini yang sudah menerapkan mindfulness dalam kehidupan dan bisnis? Sehingga kita bisa fokus dengan hidup serta bisnis yang kita jalani dan memperkuat lagi tujuan kita dalam membangun atau mengembangkan bisnis ke depan. 

You May Also Like

14 komentar

  1. bagus banget tulisannya
    jangankan bisnis yang berhubungan dengan orang lain, cuci piring pun gak bisa ngasal
    Gak heran selalu terdepan dalam jasa logistik
    Karena punya slogan ALIVE dalam menjalankan bisnisnya

    BalasHapus
  2. Nah saya juga setia nih kak gunakan JNE emang layanan terbaik dan program2 nya juga bagus dan bermanfaat buat masyarakat banyak

    BalasHapus
  3. Penting banget emang menerapkan mindfulnes. Nggak hanya untuk urusan bisnis sebenarnya ya. Tapi baiknya dalam semua hal yang kita lakukan.

    BalasHapus
  4. Semoga lancar dan sukses untuk bisnisnya ya mbak, bisa makin besar kayak JNE yang juga makin sukses. Mindfulness ternyata nggak cuma bermanfaat buat diri pribadi ya, tapi juga sangat besar manfaatnya dalam dunia bisnis

    BalasHapus
  5. Mindfulness itu sangat penting dalam setiap aktivitas kita ya mbak
    Biar lebih fokus dan maksimal hasilnya
    Apalagi dalam bisnis
    Penting banget buat mindfulness

    BalasHapus
  6. Tulisan ini sangat Inspiratif, terutama bagi para pebisnis... Kesehatan mental memang sumber daya yang tak kasat mata tapi memberikan kontribusi yang nyata...
    Two tumbs up buat JNE yang terus bertumbuh bersama para UMKM...

    BalasHapus
  7. Mindfull memang penting dilakukan dalam kegiatan apapun, apalagi dunia makin acakadut gini. Kita kudu mindfull utk bs tetap sehat dan bahagia jiwa raga ya

    BalasHapus
  8. Mindfulness ini sangat bermanfaat ya buat kesehatan jiwa, jadi gak selalu under pressure. Semangat kembangkan Mindfulness agar terus berkarya

    BalasHapus
  9. Benar sekali hidup ini harus seimbang ya Mba. Dalam menjalankan bisnis pun JNE ini punya program yang bermanfaat bagi masyarakat. Saat jualan dulu saya terbantu sekali dengan jasa ekspedisi JNE

    BalasHapus
  10. Selain untuk kesehatan, untuk bisnis pun penting ya, keren memang JNE ini programnya selalu memberikan manfaat.

    BalasHapus
  11. Mindfulness ini selain untuk kesehatan jiwa, penting juga untuk bisnis ya. Kerennya JNE bisa membuat program yang bermanfaat bagi masyarakat.

    BalasHapus
  12. Ada banyak sekali hasil ketika kita mencoba untuk melakukan Mindfulness dalam kehidupan ya..
    Kalau dalam bisnis, bisa menjadi lebih tenang sehingga bisa fokus dalam berinovasi dan produktifitas.

    BalasHapus
  13. Wow selamat JNE sudah berhasil menjadi bagian Mindful Company Brand..

    Bagaimanapun memang sebuah perusahaan berjalan yang terbaik adalah yang kuat di segala aspek dan memenuhi mindful aspeknya.

    BalasHapus
  14. Semua usaha dan hasil memang asumsi awalnya berasal dari kepala dan keyakinan kita. Kalau kepala sudah menyugesti berhasil, kemudian disempurnakan dengan keyakinan dan konsistensi, istilahnya kesuksesan sudah di depan mata.

    BalasHapus