My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Ingin Hidup Banyak Warna? Hidupkan Suasana Berbeda dengan Mencoba Smart Lighting

by - Januari 13, 2023


Philips


Saya berjalan berkeliling untuk memastikan seisi ruang. Konsep rumah open space, sirkulasi udara yang baik, bahkan teknik pencahayaan, jadi poin utama agar rumah terlihat indah dan estetik. Hal ini menjadi pertimbangan kami ketika ikut serta diajak oleh adik untuk melihat beberapa hunian untuk rumah baru mereka, selain mempertimbangkan kondisi air dan lokasi. Lamanya berumah tangga, membuat sanak saudara dan kerabat dekat, seringkali meminta saran kepada kami berdua. 


Saran kami juga dibutuhkan saat kamar utama rumah mama yang hendak direnovasi, mengganti nuansa dengan tema klasik scandinavian berinterior kayu perpaduan putih, menurut kami akan membuat ruangan terasa hangat dan nyaman. Pencahayaan ruangan juga perlu dipikirkan, karena sistem pencahayaan dalam ruang, terkadang seringkali terabaikan. Beda cahaya dalam ruangan tentunya akan mengubah suasana, mempengaruhi mood dan kenyamanan. Tak hanya soal comfortable saja, namun sekaligus dapat membantu kita dalam beraktivitas. Setiap aktifitas, tentu membutuhkan penerangan yang berbeda.


Dalam pembangunan rumah, biasanya penghuni lebih memfokuskan perhatian terhadap konsep rumah, pemilihan model furniture, perpaduan warna dinding, atau penempatan perabot dan dekorasi tanpa memperhatikan teknik pencahayaan. Padahal pencahayaan merupakan komponen penting yang harus diperhatikan. 


Saya jadi ingat pesan seorang kawan lama, alumni sekolah yang mengambil jurusan arsitektur. Ia kini menjadi salah satu orang yang berjasa membuat banyak gedung di ibu kota menjadi indah dengan sistem penerangan dan pencahayaan yang baik dan optimal. Beliau mengatakan kepada saya, bahwa sebuah ruangan belum tentu dapat berfungsi dengan baik, jika sistem pencahayaan tidak dipikirkan. Kualitas penerangan yang dihasilkan dari sistem pencahayaan sangat menentukan kenyamanan pengguna ruang. Apabila kualitas penerangan buruk, maka dipastikan akan menghambat aktivitas penggunaan ruang tersebut. 



Pencahayaan ruang


Pencahayaan Merupakan Komponen Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Membangun dan Merenovasi Rumah


Pencahayaan merupakan komponen yang perlu diperhatikan dalam suatu ruang untuk melakukan aktivitas, sehingga memerlukan intensitas cahaya yang cukup. Intensitas cahaya dipengaruhi oleh daya lampu, jarak lampu, luas ruang dan warna dinding, plafon serta lantai. Sistem pencahayaan harus masuk ke dalam list budget yang juga harus kami pikirkan, karena walaupun terlihat sepele, ternyata membutuhkan budget lumayan juga untuk mempercantik seisi ruang di rumah. Apalagi jika mengusung konsep hunian smart home dengan instalasi lampu berbasis IOT (Internet of Thing).


Pilihan penerangan yang baik dan berkualitas, saya selalu menggunakan produk lampu dari Philips. Selain kualitasnya bagus dan awet digunakan, Philips kini hadir dengan banyak Inovasi baru rangkaian Smart LED. Philips Smart LED Connected by WiZ merupakan lampu terbaru dari Signify yang hadir dengan rangkaian pencahayaan berbasis Internet of Things (IoT) yang dipastikan menjadi tambahan sempurna untuk melengkapi ekosistem rumah pintar idaman. 


Ada banyak varian produk Philips Smart LED Connected by WIZ :


  • Philips Smart LED bulb, Tunable white &Color ambiance 

  • Philips Smart LED downlight, Tunable white &Color ambiance

  • Philips Smart LED light strip

  • Philips Smart LED Decorative (ceiling, portable hero, squire, mobile portable and linear)

  • Philips Smart LED accessories (remote control, motion sensor and smart plug)


Philips Smart LED Connected by WiZ ini enaknya mudah untuk diredupkan, diatur, dan diubah warna cahayanya. Tanpa perangkat tambahan ataupun saklar. Semudah kita mengatur serta mengganti warna cahaya hanya melalui aplikasi ataupun perangkat perintah suara. Yups, semudah dan sesederhana itu. 



Aplikasi WiZ


Warna dan Cahaya Berpengaruh Terhadap Mood Seseorang 


Efek warna berbeda dapat mempengaruhi mood dan perasaan penghuninya, semisal merah akan memberikan kesan bergairah, hijau dan biru membuat suasana ruangan menenangkan, jika dibutuhkan suasana dengan konsentrasi tinggi bisa gunakan warna putih, sedangkan jika ruangan terkesan rileks dan santai bisa gunakan warna kuning, jika istirahat tidur bisa dengan warna cahaya malam yang redup. 


Kamar di rumah adalah ruangan yang paling lama kita habiskan waktu untuk berbagai aktifitas, tak hanya untuk tidur saja namun menonton TV dan segala macamnya. Sebagai penggemar film, ruangan kamar di rumah dilengkapi TV 55 inch, untuk mendukung agar nonton makin asyik, maka bawah TV dilengkapi dengan tambahan cahaya dari Philips Smart LED Connected by WiZ, kini TV bisa didesain artistik dengan Philips Smart LED Light Strip dengan bermacam pilihan warna sehingga vibes action dan dramanya lebih mantul. Bahkan list tempat tidur bisa menggunakan Philips Smart LED Light Strip juga agar lebih artistik. 


Buat kalian content creator yang memiliki studio pribadi, beauty blogger yang ingin membuat konten transisi perbedaan warna ruang, serta para gamers yang menginginkan ruang futuristik rasanya perlu memiliki produk-produk Smart LED Philips Connected by WiZ. Supaya hasil foto dan video jadi lebih mendramatisir dan lebih cinematik. 



Philips Smart LED Light Strip


Ciptakan Kamar yang Futuristik dengan Philips Smart LED Light Strip


Demi membuat ruangan memiliki vibes banyak warna tanpa harus mengubah cat dinding, maka saya gunakan Philips Smart LED Light Strip yang bisa diatur berbagai warna hingga 16 juta warna dengan settingan dari hangat hingga terang. Untuk awal kalian harus membeli yang dilengkapi dengan adaptor dan kotak kontrol untuk menghubungkan lampu dengan aplikasi WiZ. 


Keunggulannya produk Philips Smart LED Connected by WiZ Light Strip


  • Dapat dikontrol dengan aplikasi WIZ , perintah suara dan aksesoris (Motion Sensor, Remote Control)

  • Mudah dipairing dan diatur, sehingga menjadi lebih efisien

  • Ahlinya di bidang lampu pintar

  • Memiliki pilihan warna hingga 16 juta warna dengan berbagai pilihan mode warna dari redup hingga terang 

  • Bisa digunakan hingga 15rb jam

  • Bentuknya strip bisa dipotong dan tinggal ditempel di berbagai objek karena sudah ada lem perekatnya.

  • Bisa diperpanjang dengan cara disambung hingga max 10 meter

  • Cocok buat kalian yang menginginkan ruangan terkesan artistik dan futuristik karena bisa ditempatkan di permukaan plafon atau furniture, seperti di belakang TV, meja komputer agar terlihat anak gaming banget, bahkan cocok untuk list tempat tidur, belakang sofa ruang TV agar lebih artistik 

  • Fleksibel dan mudah dipasang

  • Dapat dijadwalkan mati dan nyala lampu melalui aplikasi WIZ

  • Bekerja dengan Amazon Alexa, Google Assistant, dan Siri

  • Kontrol lampu secara nirkabel dan jarak jauh dengan WiZ App


Lampu Pintar



Cara Setting Philips Smart LED Connected by WiZ 


Penggunaannya juga mudah banget, terlebih untuk produk yang aku pakai yaitu Philips Smart LED Light Strip. Produk ini sudah dilengkapi dengan lem perekat, jadi tinggal tempel saja di sisi objek yang ingin kalian terangi dan dapat dipotong atau dipanjangkan hingga maksimal 10 meter untuk disesuaikan dengan panjang objek. Lalu hubungkan dengan aplikasi WiZ yang sudah kalian download di app store atau play store, dengan step sebagai berikut :

  • Instal aplikasi WiZ di smartphone yang bisa kamu download di playstore maupun apps store secara gratis

  • Selesai install aplikasi WiZ, login dan ikuti petunjuk pengaturan yang ada di aplikasi tersebut

  • Setting Philips Smart LED Connected by WiZ dengan menghubungkan koneksi wifi kalian

  • Pencahayaan lampu Philips WiZ bisa kamu atur seperti meredupkan, mengubah warna, mengontrol dari jarak jauh tanpa menggunakan saklar, dan mengatur jadwal padam dan menyala


Spesifikasi Philips Smart Wifi LED Strip Starter Kit 2M - Color and Tunable Whit


  • Lampu Hias (2 Meter)

  • 16 Juta Warna

  • Lumen: 1.600lm per meter

  • Voltage: 220-240 VA 50/60Hz

  • Color Temperature: RGB + 2,200K -6,500K

  • Energy Used: 20W

  • Connectivity: WiFi 2.4 GHz

  • WIFI NO HUB NEEDED

  • SEAMLESS PAIRING

  • CRI 80

  • Dapat diperpanjang sd 10 m/33ft

  • Dapat dipotong setiap 12.5cm


Produk2 Smart LED Philips Connected by WiZ sangat membantu saya yang berjiwa mageran untuk mengontrol saat hendak menyalakan dan mematikan lampu, selain memiliki Smart LED Light Strip, saya juga memiliki Smart LED Bulb yang bikin hidup lebih mudah, terlebih jika sudah dalam posisi enak dan rebahan di tempat tidur, namun terganggu dengan cahaya yang terlalu terang. Jika lupa dimatikan, sekarang gak perlu ribet karena bisa dikontrol dari jarak jauh. Jika kalian ingin hidup lebih mudah dan nyaman kalian bisa menggunakan produk Philips Smart LED lain yang cocok dan sesuai. Saya pun merasa terbantu dengan fitur jadwal yang tersedia di aplikasi WiZ untuk setting lampu kapan ingin dinyalakan dan mematikan.


Jika kalian tertarik dan merasa ingin membuat rumah kalian menjadi Smart Home sekaligus mendapatkan pengalaman menggunakan smart lighting dengan Philips Smart LED Connected by WiZ, bisa langsung checkout aja di Official Store nya di Tokopedia yaa. Smart Lighting untuk hidup lebih mudah dan nyaman. Yuk Smartizen, beralih ke lampu pintar/smart lighting!




You May Also Like

15 komentar

  1. Aku suka penataan ruangan mba Dessy. Apalagi ditambah dengan pencahayaan yang bagus berkat adanya smart lighting ini. Makasih rekomendasinya, mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ganti warna via ponsel. Kalau buat nonton film aku ganti2 cahaya lampunya. Kalau nonton horor pake warna merah ahaha

      Hapus
  2. Suka melihat warna lampunya. Jadi mood booster ya buat ada di lokasi itu.
    Apalagi kan lampu Philips memang sudah familiar dengan kualitas bagusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, philips awet dan tahan lama. Semua lampu di rumah Philips semua

      Hapus
  3. Pencahayaan yang bagus tidak hanya menyenangkan tapi juga menyehatkan. Apalagi bagi yang gila baca atau bekerja di rumah saja dan fokus pada gadget, kalau pencahayaan maksimal, insyaallah mata juga nyaman, pekerjaan makin lancar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener bgt mbak okti, lampu ini enaknya juga bisa diatur keterangan cahayanya via ponsel. Kalau males matiin, tinggal pencet di hape ahaha

      Hapus
  4. Saya saja yang ngeliat fotonya, rasanya terpengaruh dengan warna-warna itu, apalagi Mbak Dessy ya. Asyiknya bisa ada penerangan yang menghidupkan suasana seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik buat bikin mood naik mbak. Apalagi kalau nonton film, jadi seru kalau pencahayaannya bisa diatur gini

      Hapus
  5. Keren banget kamarnya, Mbak Dessy. Bikin nyaman dan betah. Aku setuju banget pengaturan cahaya di ruangan khususnya kamar itu bisa memengaruhi suasana hati. Kalau kamar aku model begitu, nulis artikel auto lancar jaya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...makasih mbak. Auto lancar kalau gak ada tukang yg motong keramik wkwk

      Hapus
  6. Cakep banget Philips Smart LED Light Strip ini. Aku naksir sama pengaturan warnanya. Bisa banget ningkatin mood kita

    BalasHapus
  7. Udah ada yang light strip juga nih ya Philips Smart LEDnya. Aku belum punya nih. Masih pake light strip biasa yang cahayanya putih aja. Boleh juga nih cobain, cocok untuk yang di rak buku agar nuansa warnanya cantik gitu.

    BalasHapus
  8. Wah jadi tambah kece deh ruangannya kalau lampunya warna-warni begitu. Jadi lebih artistik dan bikin betah.

    BalasHapus
  9. bener banget kalauwarna memang mempengaruhi mood bnget ya mba. Aku juga pengen deh pakai lampu warna - warni seru seperti ini

    BalasHapus
  10. Baca artikel ini, lalu lihat fotonya, cakep banget itu suasana ruangannya. Jadi kepikiran rumah ortu di Banjarmasin. Sepertinya di beberapa sudut bagus juga nih kalau menggunakan Philips Smart LED Connected by WiZ Light Strip ini. Cuma aku mesti coba sendiri dulu nih, mengingat Papa sama Mama kalau diajarin yang berkaitan sama teknologi lumayan euy effort-nya. Wong kadang mencet-mencet tombol Netflix aja masih suka error dan akhirnya mesti panggil adik bungsu yang rumahnya terpisah untuk benerin

    BalasHapus