My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Manfaat Internet untuk Keperluan Bisnis

by - Februari 02, 2023


Internet


Penggunaan internet di Indonesia mengalami peningkatan drastis dengan adanya transformasi digital yang masif akibat dampak besar dari wabah Covid-19. Bahkan dilihat dari kebutuhan internet, kini mengalami pergeseran konfigurasi pemanfaatan atau penggunaan internet yang semakin tinggi karena adanya kebijakan WFH.


Manfaat Internet Sebagai Penunjang Bisnis


Manfaat internet kini telah menyentuh seluruh aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial, bisnis, dan lain sebagainya. Dengan perkembangan dan manfaat internet yang telah dinikmati masyarakat, maka konfigurasi penggunaan internet bergeser ke perumahan, tempat tinggal, ruko dan pemukiman. Bahkan tak hanya dalam dunia kerja, dan pendidikan, meningkatnya penjualan pangsa pasar kini pun beralih pada iklan di Marketplace. Kebutuhan internet yang tinggi tak hanya berlaku di perkotaan namun di berbagai wilayah tanah air.


Membantu Pemasaran dan Promo Iklan 

Bergelut di usaha Showroom Mobil Graha Mobilindo, menurut pengalaman saya motor penggerak penjualan terbesar bukan hanya dari banyaknya konsumen yang bertandang ke showroom karena lokasi yang strategis saja, namun dari gencarnya iklan yang membuat para konsumen akhirnya berkunjung setelah melakukan deal harga melalui Marketplace lebih dahulu. Sehingga bisa saya katakan bahwa sekitar 75% penjualan berasal dari iklan di Marketplace. Selain itu memanfaatkan sosial media untuk softselling dan hardselling, bisa menjadi cara jitu promosi, salah salah satunya dengan membuat video reels penjualan dan testimoni dari para konsumen yang telah puas membeli mobil di showroom Graha Mobilindo.


Pencari Informasi dan Ide kreatif


Konten berupa gambar dan video kreatif akan menjadi senjata ampuh untuk memikat hati konsumen. Kita bisa melihat dan mencari referensi beberapa video kreatif lainnya sehingga dapat mengoptimalkan sosial media sebagai wadah promosi yang diunggah ke sosial media.



Mengelola Keuangan dan Membantu Keperluan Administrasi


Internet juga sangat membantu dalam manajemen keuangan dalam bisnis, terlebih usaha showroom mobil berhubungan sama uang masuk dan keluar dengan cepat dalam jumlah besar. Maka Mobile Banking dan Internet Banking sangat membantu dalam hal pengelolaan keuangan. Selain cepat, transaksi keuangan yang dilakukan online juga biasanya akan memiliki bukti otomatis sehingga lebih hemat kertas.


Transaksi dengan internet juga biasanya lebih akurat. Sehingga memudahkan saya dalam mengelola pemasukan maupun pengeluaran dengan kesalahan yang minimal.


Graha Mobilindo


Bingung Akses Internet ketika Pindah Showroom, Modem Orbit Star N2 Solusi Modem Murah dan Fleksibel 



Pengembangan lokasi usaha lebih luas tentunya akan sangat menunjang rasa nyaman sekaligus memantik semangat karyawan yang bernaung di dalamnya. Terlebih bagi konsumen yang datang, tentu melirik lokasi yang strategis dan enak untuk dijambangi, dengan pertimbangan demikian, maka usaha showroom Graha Mobilindo yang dirintis hampir 2 tahun, memutuskan untuk pindah lokasi. Pada awalnya berada di Jatimekar, kini berpindah di daerah Pekayon Bekasi, persis depan komplek Depnaker. 

Membangun usaha dengan menyewa ruko tentu saja ada kemungkinan seringkali berpindah lokasi, maka penggunaan MiFi bisa jadi pertimbangan dan solusi. Apalagi jika kita memerlukan akses internet cepat dalam sebuah usaha. Menurut pengalaman saya, pemindahan wifi di ruko lama membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan sedikit ribet. Karena harus lapor pemutusan dan laporan pemindahan dengan biaya pemasangan instalasi yang lumayan. Sedangkan jika menggunakan MiFi kita dapat dengan mudah membawa perangkat hotspot portable kemanapun kita mau tanpa dikenakan biaya pemasangan. Cukup dengan membeli membeli perangkat Mifi yang dibandrol sekitar 500 ribuan saja. Sehingga kita bisa pergi dan tetap terhubung dengan wifi yang dipancarkan oleh perangkat tersebut.

Telkomsel Orbit


Modem Telkomsel Orbit Star N2


Router nirkabel (wireless), Orbit Star N2 dari Telkomsel mempunyai dimensi bodi yang ringkas dan tidak terlalu besar.


Modem Telkomsel Orbit juga sudah dilengkapi kartu SIM dan satu port ethernet di bagian belakang. Selain itu, ada pula port konektor yang bisa dipakai untuk memasang antena tambahan agar sinyal internet lebih kencang, namun antena tambahan tidak termasuk dalam pembelian produk ini.


Bicara soal layanan, saya rasa sudah cukup memuaskan dan optimal. Modem Telkomsel Orbit praktis ini dilengkapi jaringan Wifi 2.4GHz berteknologi 2x2 MIMO. Koneksi seluler berbasis 4G LTE Cat.4 yang memungkinkan kita dapat mengunduh dengan kecepatan sampai 150 Mbps dan Uplink mencapai 51 Mbps.


Warna hitam yang gahar membuat Orbit Star N2 terlihat elegan dan tidak mudah kotor, selain itu mempunyai kemampuan untuk terhubung dengan 32 perangkat sekaligus, sangat cocok digunakan untuk keluarga yang lokasi tinggal tidak terjangkau jaringan optik, bahkan sesuai juga untuk perusahaan skala kecil seperti saya. Terlebih jumlah karyawan hanya 5 saja, saya rasa cukup membantu dalam urusan internet di showroom. Namun pastikan kembali jaringan operator di lokasi kalian stabil atau tidak. Jika kalian sudah kroscek mengenai jaringan operator yang stabil di wilayah kamu, serta penggunaan internet yang tidak terlalu banyak hanya sekedar kepentingan Marketplace dan sosial media serta butuh kecepatan yang super duper cepat.


Modem Orbit Star N2 bisa jadi pilihan dengan beragam keunggulan yang ditawarkan dengan jangkauan yang luas dan sinyal 4G LTE Telkomsel. Enaknya lagi, kita bisa beli kuota sesuai kebutuhan tanpa harus terikat biaya bulanan. Sehingga kalau ada libur lebaran dan showroom tutup lumayan lama, saya bisa beli kuota yang tidak terlalu besar sehingga dapat memangkas biaya internet.


Selain itu kita bisa aktivasi mandiri dengan mudah dan cepat hanya melalui 1 aplikasi yaitu MyOrbit. Kalian juga bisa mengontrol perangkat melalui aplikasi MyOrbit yaitu: Ganti nama wifi dan password wifi, cek statistik pemakaian, membatasi perangkat, kontrol akses tamu, factory reset dan website filtering. Apalagi sekarang lagi ada promo pembelian Modem Telkomsel Orbit Star N2, maka kalian juga akan mendapatkan Philips Smart Wifi LED. Lumayan pake banget kan!


Modem Telkomsel


Apa saja yang didapat ketika Membeli Orbit Star N2? 


Jika kalian membeli Orbit Star N2 akan mendapatkan; 

  • Satu unit modem WiFi

  • Welcome Guide

  • Kabel LAN

  • Telkomsel Sim Card dan plus Fantasix paket data internet gratis 150GB (25GB selama 6 bulan)

  • Power Adapter

  • Kartu Garansi (Garansi 2 tahun)


Asik kan? Jadi gak perlu ribet dan tinggal aktivasi. 


Aktivasi modem


Cara mengaktivasi Telkomsel Orbit Star N2


  • Buka aplikasi MyOrbit
  • Klik Aktivasi Modem
  • Scan Qr Code yang ada di kartu sim
  • Masukkan no telp untuk mendapatkan kode verifikasi lalu daftar
  • Masukkan. Nama lengkap dan alamat email lalu kirim sms verifikasi
  • Masukkan kode verifikasi
  • Masukkan no KTP dan KK
  • Orbit Star N2 berhasil di aktifkan


Internet dalam bisnis
Closing Showroom sekaligus meeting target akhir bulan


Ketika koneksi internet lancar, cepat, stabil dan aman. Maka menjalankan bisnis pun lebih tenang tanpa rasa khawatir, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan menelurkan ide baru sehingga dapat berkembang dan lebih sukses kedepannya. Sudah banyak perusahaan kecil maupun besar yang telah memanfaatkan internet untuk menunjang bisnis. Bahkan, internet dijadikan sebagai elemen utama dalam melakukan bisnis secara langsung maupun online. 


You May Also Like

12 komentar

  1. dalam waktu dekat, kami akan pindah kantor dan untuk internet, kami rencananya akan pakai orbit ini

    BalasHapus
  2. Ah iya benar. Bagi yang pindah lokasi usaha ribet ya untuk pelaporan, pemutusan, dan instalasi perangkat wifi baru. Dengan Orbut Star N2, jadi lebih ringkas. Mudah dan murah pula.

    BalasHapus
  3. jadi pengen beli Router nirkabel Orbit Star N2 ini deh, para blogger juga perlu banget koneksi internet tanpa henti, dan pakai orbit bakalan lancar jaya selalu deh :D
    Apalagi buat para pebisnis ya, koneksi internet tanpa putus itu modal utama

    BalasHapus
  4. Memang internet penting banget di semua sisi kehidupan kita termasuk di dunia bisnis ya.. Terima kasih sharing infonya ttg modem keren ini..

    BalasHapus
  5. Buat aku internet vital karena tiap hari ada target tulisan. Aku pake wifi saudaranya Telkomsel tapi simcardKu Telkomsel buat cadangan kalau wifi mati masih bisa tetep kerja.
    Tapi awal bulan kemarin kepake juga sih karena harus nulis sambil bepergian ke propinsi sebelah.

    BalasHapus
  6. Asyik nih kalau punya Modem Telkomsel Orbit karena bisa dibawa ke mana-mana. Gak repot kan kalau tak ada Wifi. Semua kerjaan bisa lancar jaya

    BalasHapus
  7. Sebagai bloger, internet udah jadi sohib yang harus standby ada.
    Asik pakai orbit ini ya, bisa dibawa kemana² dan mendukung

    BalasHapus
  8. Dunia bisnis saat ini memang sangat memerlukan akses internet yg mumpuni ya. Apalagi semua kegiatan bisnis saat ini menggunakan digital online. Wifi orbit star N2 sangat membantu pastinya

    BalasHapus
  9. Yang namanya internet di masa sekarang udah jadi kebutuhan pokok kyknya yaa. Krn org beraktivitas/ bekerja mengandalkan internet.
    Model Telkomsel Orbit ini fleksible sekali bisa digunakan juga diluar rumah, bisa buat rame2 juga ya mbak dan yang penting jaringannya stabil TFS

    BalasHapus
  10. Uda gak meragukan lagi kalau Orbit Star N2 ternyata dari Telkomsel.
    Telkomsel selalu menjadi jaringan terbaik dari dulu sampai sekarang. Yang seneng adalah kini banyak bundlingan paketnya... Sehingga bahagia bangett..

    BalasHapus
  11. Ini cocok juga saya gunakan saat mengajar. Jadi sekalipun pindah-pindah ruangan/kelas dan jaringan wifi kantor tidak nyampai masih bisa internetan.

    BalasHapus
  12. Koneksi internet yang stabil dan cepat itu keharusan banget di masa sekarang. Hadirnya Telkomsel Orbit bisa jadi pilihan nih.

    BalasHapus