My Story

Virtual Diary

Creative Blog

IDN App, Media Konten Kreatif Favorit Anak Muda

by - Juni 07, 2023

 


IDN


Penetrasi internet saat ini, memicu kebiasaan baru yang membawa efek cukup tinggi dengan munculnya media digital di berbagai bidang. Di mana online  live  streaming  memungkinkan akan  menggantikan  perangkat  media  massa  berita  seperti televisi, koran, dan radio. Pecinta media penyiaran konvensional saat ini sebenarnya masih ada dan masih lumayan banyak, namun dengan adanya pergeseran kebiasaan baru ini, tetap harus punya strategi lain yang mengacu pada transformasi media sebagai langkah reinventing dalam bentuk strategi pemanfaatan perkembangan teknologi. Agar media penyiaran konvensional tidak semakin tenggelam. 


"Apa enaknya baca berita tanah air. Isinya begitu-begitu saja, kebanyakan politik!" Ujar kawan, saat melihat saya berasyik masyuk membaca berita dari sebuah aplikasi.


Jelas mereka tidak tahu, bahwa sebagian orang seperti saya, menimba ilmu bagian dari self reward yang menyenangkan. Pikiran butuh asupan gizi untuk melihat banyak hal dari yang "katanya" membaca berita kebanyakan topik politik itu. Padahal jika dicermati, pilihan topik berita begitu beragam. Saya menyukai berita tentang parenting, kecantikan, kesehatan dan seputar resep masakan.


Tak hanya mengkonsumsi berita, tren penggunaan online live streaming pada Website Live Streaming dan Aplikasi Live Streaming dirasa terus meningkat dan memungkinkan para pengguna lebih memilih mengadopsi tayangan online daripada konvensional yang juga akan memicu timbulnya pergeseran bisnis dan konvergensi media di Indonesia. Keinginan untuk mengakses informasi berita, menjadi salah   satu   motivasi yang   mendominasi   masyarakat   dalam melakukan     akses     internet. Dominasi kebutuhan pengguna dalam mengakses internet saat ini adalah untuk media sosial, pencarian berita dan hiburan. 


IDN


IDN Media, Perusahaan Platform Media Terkemuka untuk Milenial dan Gen Z di Indonesia


Salah satu kawan saya bahkan pernah bercerita, bagaimana dia sangat antusias bekerja di IDN Media yang vibesnya serba milenial dan anak muda banget, baik itu dari decoration kantor dan pergaulan para karyawannya. Memiliki ekosistem kerja yang sangat aman, nyaman dan suportif. Mampu memberikan dorongan kerja lebih baik sehingga menghasilkan ide dan kreatifitas semudah itu mengalir. Bekerja tulus layaknya rumah sendiri yang cozy dilengkapi gym room, nursery room, napping room dan lainnya. 



Meningkatnya adopsi online live streaming oleh sebagian besar televisi berita di Indonesia dimanfaatkan sebagai salah satu media penyiaran online. Ada banyak penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode meta analisis dari data salah satu televisi berita swasta di Indonesia.


Mengenal Lebih Dekat IDN Media


Seiring ingin meningkatkan pelayanan informasi berita di Tanah Air. IDN Media hadir untuk mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat. Terlebih kini sekitar 80 juta pengguna aktif bulanan di seluruh ekosistem IDN Media.


IDN Media merupakan salah satu platform media terkemuka, IDN menyajikan berita terkini dan aktual dari sudut pandang terbaik serta terverifikasi dari sumber yang tepat. Banyak topik yang disajikan, tentunya menayangkan berita terkini Indonesia baik itu nasional, politik, ekonomi, internasional, olahraga, teknologi dll. Topik lainnya ada Food, Parenting, Bisnis, Berita Viral yang lagi hangat diperbincangkan, Bisnis, Fashion, Otomotif, kesehatan, Korea, hingga membahas seputar kecantikan dan masih banyak topik lainnya yang super lengkap


iDN Live


IDN Live: Website Live Streaming Terbaik by IDN App


Live Streaming di IDN App bagi saya banyak menyajikan hal bermanfaat. Salah satunya yang sering saya ikuti adalah IDN Live Stream melalui Channel Yummy Official mengenai topik masak yang merupakan tayangan favorit saya dan bedah film bersama artis yang terjun langsung dalam film tersebut di Channel Live Popbela. IDN App menjadi Aplikasi Live Streaming terbaik yang seringkali saya kunjungi.


Media yang bergabung bahkan ada PopMama.Com, PopBella.com, IDN News, Duniaku.Com dll. Semua ini disajikan agar kalian dapat menikmati siaran streaming langsung dan membaca berita hangat melalui satu aplikasi saja.


Ekosistem IDN Media

  • IDN Picture
  • IDN Creative
  • IDN Times 
  • IDN Foundation
  • Popmama.com
  • Popbela.com 
  • Duniaku.com
  • Dll




Analisis Tren Online Live Streaming 


Tren   konsumsi   internet   yang   telah  dijabarkan  sebelumnya  menunjukkan bahwa  internet  telah  menginvasi  berbagai pola adopsi masyarakat dalam mendapatkan informasi  berita  di  mana  pun,  kapan  pun, dan dalam keadaan apapun melalui internet dan  media  digital.  Oleh  karena  itu,  wajar  apabila  berbagai  media  penyiaran  seperti televisi berita di Indonesia mulai mengadopsi teknologi internet melalui media digital dalam menyampaikan informasi berita.


Dalam  beberapa  tahun  terakhir, peningkatan  perangkat  seluler  yang dilengkapi  dengan  kamera  canggih  dan internet berkecepatan tinggi menyebabkan teknologi online  live  streaming  menjadi sangat  populer. Terlebih generasi sekarang, ponsel menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki untuk melakukan banyak kegiatan. Dengan naiknya teknologi online. Live streaming, mengubah pola penjualan saat ini, seperti yang kalian lihat jualan online sekarang merambah melalui live streaming untuk mendongkrak penjualan karena konsumen bisa melihat langsung produk baik itu desain dan bahan yang sedang diperjualbelikan. Sementara       itu,       dengan       meningkatnya  popularitas e-commerce  di  Indonesia, persentase pemanfaatan internet untuk kegiatan jual beli barang/jasa secara online juga cukup menduduki angka yang lebih tinggi daripada fungsi fintech.


Content creator, influencer bahkan artis pun sama-sama meramaikan dunia live streaming, sebagai  ajang temu kangen bagi para followers untuk mendekatkan kehidupan keseharian yang mereka jalani. 



Membuka Jendela Informasi melalui IDN App


Suka Baca Berita

Buat kalian yang ingin membaca berita dengan tampilan yang menarik, enak dilihat dan lebih menyenangkan, langsung saja Download IDN App atau bisa menggunakan kode referral des.oqlc4p6w agar dapat mendapatkan benefit lebih. Karena dengan kamu mengundang teman akan mendapat total hadiah hingga Rp75.000 lumayan banget kan. 


Pengalaman membaca berita dan menonton live streaming jadi lebih seru dan menyenangkan! Berbagai konten menarik tersaji dalam satu aplikasi dengan jentikan dan geseran jari saja. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk ketinggalan informasi penting  di dalam negeri maupun luar negeri. Cukup buka aplikasi IDN App dan nikmati berbagai konten menarik yang bisa kalian pilih sendiri. 


Aplikasi Baca Berita


Update Berita Terlengkap, Terbaru, Terviral


IDN App juga menjadi sumber bacaan Berita  Terlengkap, Berita Terbaru, dan ter-up-to-date dari berbagai kategori, mulai dari politik, humor, tips parenting, seputar kecantikan, otomotif hingga olahraga. Sehingga informasi penting terkait dalam dan luar negeri bisa kalian serap. Cukup buka aplikasi IDN App dan nikmati berbagai konten menarik. 


Berita Terpercaya, No Hoax dan Berbaik Sangka


Seiring dengan kemajuan teknologi kita bisa terjebak dalam berita Hoax. Kita harus menjadi Smart People yang pandai memilih dan memilah berita dari beragam sumber apakah dari situs resmi dan terpercaya atau tidak.


Berita Hoax kerap menyasar ke beberapa aplikasi berita dan pesan instan yang cukup populer digunakan oleh masyarakat. Tenang saja, IDN tidak mengenal itu dalam artikelnya karena sebagai aplikasi news aggregator, liputan sumber berita IDN berasal dari IDN Media network yaitu IDN Times, Popbela, Popmama, Duniaku melalui akurasi dan kualitas berita yang sangat baik. Aktivitas baca berita akan semakin berkualitas lewat artikel-artikel terpercaya.


Streamer


IDN App, Media Konten Kreatif Favorit Anak Muda


Generasi muda pada kenyataannya terbagi menjadi dua golongan: generasi Y atau yang biasa kita kenal dengan istilah generasi milenial dan golongan baru bernama generasi Z. Mereka cenderung cinta kebebasan, suka tantangan, mencoba pengalaman baru, doyan liburan, serta antusias bergabung dengan komunitas dan senang tampil di depan publik. 


Melalui IDN App semua konten menarik yang disukai generasi muda ada disini, baik itu review game, review gadget, pengetahuan mengenai E-sport yang kini bukan lagi sebuah perlombaan atau sekadar kegiatan pelepas penat, tetapi juga termasuk cabang olahraga prestasi yang sudah diakui hingga internasional, selain itu anak muda juga kerap mencari berita mengenai negeri ginseng. Ada semua di sini! Update terbaru tentang k-pop, k-drama, boyband korea favoritmu, semua ada. Asik kan! Di IDN App tersaji lengkap dengan banyak pilihan untuk menumbuhkan minat dan beragam karya yang relevan dengan anak muda lintas generasi.




Fitur Unggulan di IDN App


Tampilan aplikasi IDN App cukup elegan, enak dilihat dan mudah digunakan dengan hadirnya fitur-fitur unggulan. Untuk mengetahui apa saja fitur-fitur unggulan dalam aplikasi IDN App, simak ulasannya di bawah ini.


Fitur Pilihan Topik Berita


Layaknya sebuah platform berita, IDN App ini juga menyajikan fitur topik berita sesuai dengan keinginan pengguna dari berita terbaru, terviral dan lagi trending saat ini. Mulai dari berita favorit anak milenial yaitu seputar berita korea, kecantikan, olahraga, travel, gadget, teknologi, berita korea, dan masih banyak lagi. 


Banyaknya topik berita yang disajikan, maka tidak mengherankan jika IDN App menjadi aplikasi penyedia berita terlengkap saat ini untuk para milenial.


Untuk topik berita juga selalu berubah setiap harinya, bahkan terlihat tag populer yang sedang diminati oleh para pengguna. Maka dari itu, dengan menggunakan aplikasi IDN App, kita sudah mendapatkan banyak sekali topik berita yang bisa kita baca.


Fitur Eksplore


Pada aplikasi IDN App terdapat fitur explore sehingga pengguna dapat melihat event dan promo, cara mendapat bonus point, bergabung bersama community writers dan giveaway yang sedang diadakan oleh IDN App. Dengan kata lain, para pengguna bisa berkesempatan mendapatkan hadiah menarik yang ada di dalam event tersebut.


Selain itu, di dalam menu explore juga pengguna bisa menonton film secara gratis di TrueID dari film Indonesia hingga film Korea. Bahkan, kamu bisa memilih berita dan berbagai informasi atau hiburan dari platform lainnya, seperti IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, duniaku.com dan masih banyak lagi. Selain pilihan media, di menu eksplor kalian juga bisa memilih topik sesuai yang kalian inginkan seperti parenting, beauty, food dan bisnis. 


IDN Live


Fitur terakhir yang digemari oleh para pengguna saat ini adalah IDN Live. Terutama kalangan anak muda dan para berjiwa seni untuk tampil di live streaming dengan membuka live room sendiri atau sekedar sebagai penonton untuk mencari hiburan dari para streamer dan media yang sedang live saat itu. Tidak hanya menonton, kamu juga bisa berinteraksi satu sama lain melalui kolom komentar. 


Para pengguna juga dapat mengirimkan virtual gift pada streamer sebagai bentuk apresiasi agar lebih seru. Hal tersebut membuat pengguna tidak merasa bosan saat mendapatkan informasi terkini dan membagikan tautan live streaming ke orang lain, melalui fitur pendukung bagikan ke beberapa sosial media. 


Fitur Quiz


Dengan adanya fitur Quiz yang disukai para milenial seperti: tebak nama, pilih karakter, beragam test, dan main seru-seruan seberapa bucin kalian dengan tokoh idola rasanya seru untuk menemani kegabutan hari ini. Fitur Quiz akan membuat kalian tidak merasa bosan dengan mengklik beberapa survei untuk melihat hasilnya. 


Demikian fitur-fitur unggulan dalam aplikasi baca berita IDN App. Jangan lupa untuk unduh aplikasi IDN App melalui App Store maupun Play Store.




IDN App: Nonton Film Gratis di TrueID, Cari Cuan menjadi Streamer dan Salurkan Bakat Nulismu 

 

Selain baca berita terkini, kalian bisa nonton gratis di TrueID. Ada banyak film yang direkomendasikan di sini antara lain: Love Infinity, Midnight, Dear Stranger dan masih banyak lagi. Bahkan ada film Korea yang sedang saya tonton di TrueID - IDN App berjudul Where To yang dimainkan oleh Kim Gyu-Ri, Yoo Gun dan Kim Ra-Im. Film ini mengisahkan kehidupan dari seorang wanita putus asa yang bahkan suaminya sendiri tak ingat namanya.


Jika bosan nonton film, sedangkan kalian ingin mencari hiburan namun tetap ingin dapat cuan bisa buka live room sendiri. Terlebih bagi kalian yang memiliki rasa percaya tinggi dan menyukai tampil di depan layar, tunjukkan bakat kamu mulai sekarang dengan menjadi Streamer untuk mendapatkan uang tunai dan mencari penggemar dengan konten interaktif serta mendapatkan virtual gift! 


Memiliki suara bagus bisa dengan live bernyanyi, pandai melukis bikin live room tutorial melukis yang bisa dilihat oleh banyak orang, sekaligus sharing ilmu. Menjadi streamer di IDN App, caranya gampang banget. Cukup pilih menu Live Streaming dan mulai sesi Live-mu! 


Bagaimana Caranya Supaya Bisa Menjadi Streamer


Menjadi bagian dari streamer di IDN Live sangat mudah. Kalian bisa mengisi form pendaftaran sebagai streamer di https://bit.ly/IDNLiveStreamerFund


Saya bahkan sudah sempat mencoba isi formnya. Selain data pribadi dan media sosial, kalian perlu menyiapkan video perkenalan berdurasi sekitar 3 menit yang disimpan di Google Drive.


Setelah mengisi form selesai, tunggu info lebih lanjut. Jika kalian lolos dalam penyaringan, maka pihak IDN akan menghubungi untuk menjelaskan proses berikutnya.


Apabila diterima jadi streamer, siap-siap ekspresikan kreativitasmu dan bikin konten streaming yang berkaitan dengan hobi dan keahlian kita sesuai jadwal yang ditentukan deh. Syarat tidak mengundang ujaran kebencian, mengandung unsur SARA dan pornografi.


Gimana, mudah kan? 


Jika kalian memiliki karakter introvert dan tidak suka tampil, namun menyukai literasi. Nah, kamu bisa menerbitkan tulisan dan mendapatkan poin setiap kali ada yang baca. Poin kamu nantinya bisa di-redeem menjadi uang tunai.


Kini siapapun bisa berkesempatan menjadi content creator tanpa mengganggu aktifitas harian kalian karena bisa jadwal live fleksibel serta bisa update penggemar kita di live room. Seru-seruan asik, asah bakat, tapi bisa dapat cuan gimana tidak menyenangkan. Jangan lupa redeem IDN point kamu ke rekening dan dompet digital supaya makin semangat bikin konten melalui aplikasi live streaming terbaik IDN App. 


You May Also Like

16 komentar

  1. Streaming lagi jadi idaman kreator konten ya kak. Karena bisa disajikan secara live, sehingga jadi makin dekat dengan para followers

    BalasHapus
  2. Ke saya pun banyak yg suka bilang ngapain mentengin hp terus. Saya jawab lagi baca berita. Katanya buat apa Indonesia ini beritanya tidak bermutu semua. Lah, justru itu jangan sampai salah pilih portal berita makanya ya. Hehehe... Saya betah kalau baca berita di media terpercaya seperti IDN ini. Nambah wawasan dan pengetahuan, sekaligus cuan ya

    BalasHapus
  3. IDN App memang buat anak-anak muda semakin kreatif ya berkonten ria. Apa yang jadi kesukaan dan skill mereka bisa ditampilkan di IDN App

    BalasHapus
  4. Eh saya baru tahu kalo IDN ada TRUEID buat nonton film. Waahh kudu telusur lagi nih. BTW, dari semua portal on-line yang menyuguhkan berita, IDN Times ini ada di lima teratas sebagai referensi saya. Tulisan/artikelnya ringkas, padat, no hoax dan relatif bermain di area aman. Jadi buat publik yang sudah jengah dengan berita-berita frontal, pasti buka IDN Times biar gak deg-degan haahaha.

    BalasHapus
  5. Sekarang kalau hanya baca aja bisa jadi membosankan ya Mba..
    Jadi memang harus menyesuaikan jaman dan perkembangan teknologi, update berita oke plus menyenangkan juga dan ada interaksi atau pengalaman baru seperti yang ditawarkan IDN app ini..

    BalasHapus
  6. yang bikin bangga, IDN Media ini buatan anak bangsa, kerennn
    Sehingga pastinya paling tahu tentang kebutuhan kita-kita
    Juga penyesuaiannya
    Beberapa kali saya nonton live streamingnya
    Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Aku juga suka baca artikel di IDN soalnya seru-seru dan variatif topiknya.

    BalasHapus
  8. Aku jadi penasaran gimana caranya jadi kreator di IDN live, apakah ada syarat tertentu misalnya kamu kudu selebgram dulu? wkwk
    IDN ini bikin segala info, berita, dan hiburan bisa dinikmati cuma dalam satu genggaan aja yaa

    BalasHapus
  9. Ternyata membukapeluang juga untuk berkarya di IDN, ya. Memang cocok banget nih buat anak muda. Etapi, saya juga seneng deh kalau menyimak berita yang jauh dari hoax

    BalasHapus
  10. Iya lho, ternyata banyak banget fitur menarik di IDN App dan bisa jadi sumber cuan. Ga nyangka aja ada aplikasi berita selengkap itu dan semuanya serba gratis.

    BalasHapus
  11. IDN ini punya banyak fitur menarik ya, bisa nonton film juga lewat aplikasi IDN. cocok buat anak muda yang kesehariannya dihabiskan dengan main sosial media.

    BalasHapus
  12. Nah iua nih.. selalu suka dengan IDN Media yang menyediakan berita dengan fakta plus banyak fitur media yang tidak membosankan. Jadi saat mengakses IDN, smartphone kita uda paham nih, senengannya baca berita jenis apa. Pasti rekomendasinya oke banget dari IDN Media.

    BalasHapus
  13. Artikel dan siaran iidn semua berkualitas aku suka baca dan nonton live sesekali...

    BalasHapus
  14. jujur sekarang ini banyak banget app digital yang keren dan sayang banget kalau gak di kepoin, seperti IDN add ini yang banyak banget isinya, bikin kita jadi lebih produktif dan kreatif

    BalasHapus
  15. IDN ini pas menyasar pasar. Lantaran dari awal berdiri targetnya memang milenial dan gen Z, langsung sat set cepat diterima dan tersohor. Terakhir kemarin lihat IDN wawancara artis2 Korea juga di platform videonya. Keren.

    BalasHapus
  16. Kapan hari aku tahu aplikasi IDN App ini dan instal setelahnya
    Begitu daftar dan masuk ke aplikasinya ternyata selengkap itu fitur dari aplikasi ini, gerbang informasi teruptodate terbuka lebar,

    BalasHapus