My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Sensasi Menginap Sekaligus Melihat Galery Seni di Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta

by - Juli 21, 2023

 




Mau menginap di hotel canggih sambil melihat pagelaran seni kontemporer karya Dedi Sufriadi?


Kalian bisa staycation asik bersama keluarga di Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta saja. 


Bagi para penikmat seni dan memang suka traveling, wajib rasanya menginap di sini!


Kedua anak saya, termasuk pecinta pagelaran seni. Saat ke Bandung kemarin misalnya, justru merengek ke Nuart Sculpture Park, sebuah tempat wisata yang penuh dengan kesenian patung indah dan mempesona. Galeri menawan yang menampilkan berbagai macam karya seni keren karya Nyoman Nuarta, salah satu alumnus seni rupa di kampus yang sama dengan anak saya, ITB. 


Pernah dengar Patung Garuda Wisnu Kencana yang terkenal di Bali kan? 


Nah, pembuatannya itu di museum Nuart Sculpture Park. Ciri khas patung buatan Nyoman Nuarta biasanya, ada kesan warna hijau dan sentuhan seni dari kehadiran yang tak tampak seperti hembusan angin, percikan api dan air. Unsur ini yang menjadi salah satu keunikan beliau. 



Paduan Kemewahan Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta Dibalut Visual Seni yang Indah Menjadi Pembeda dengan Hotel Lainnya.


Kini kalian akan mendapatkan sensasi menginap sekaligus melihat galery seni di Artotel Suites Mangkuluhur yang bertempat sangat strategis di tengah jantung kota Jakarta, tepatnya di Jalan Gatot Subroto Kav 2 – 3 Karet Semanggi Jakarta yang dikelola oleh Artotel Group




Lokasi strategis yang menawarkan akomodasi elegan di bilangan segitiga emas jakarta ini benar-benar sangat strategis. Berlokasi persis di depan Komdak dan samping Plaza Semanggi. Saya, seringkali wara-wiri ke sini. Deket Halte soalnya. 


Staycation sambil belanja? 


Bisa banget. 


Dekat dengan Mall Pacifik Place, Plaza Senayan, dan berjarak 2 KM ke Jakarta Convention Center. Jika kalian ingin ke bandara bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 45 menit berkendara. Hotel yang selalu ramai ketika saya berkunjung ke sini. 





Seni yang ditampilkan di ruang Art Space seluas 5,6 x 13 meter persegi, terpampang rapih di dinding. Lukisan yang kalian lihat sekarang, merupakan konsep hypertext yang dipinjam dari dunia teknologi informasi kemudian diubah menjadi karya seni indah yang bisa pengunjung nikmati, sebuah hasil karya Dedi Sufriadi yang patut kita beri tepuk tangan. Karyanya menggambarkan keseimbangan intuisi bebas, melalui keterampilan komposisi, pengalaman, dan pengetahuan. Kumpulan buku yang disatukan dengan coretan abstrak, bisa menjadi sebuah karya seni yang indah. Keindahan yang dibalut kesederhanaan. Membuat saya dan anak-anak berdecak kagum. Maklum, kami sekeluarga paling tidak bisa melukis, sehingga jika ada seseorang yang pintar membuat karya seni, rasanya suka takjub. 




Hal mewah dan visual seni indah di sini, buat saya menjadi pembeda dari hotel lainnya. Sentuhan interior modern yang luas dan ceiling tinggi menambah kesan mewah saat memasuki area lobby. Hotel bintang 5 dengan konsep seni yang terinspirasi dari budaya Indonesia bertema “Nusantara Re-Imagine” dengan menggabungkan estetika dalam desain arsitektur dan berkolaborasi dengan seniman kontemporer terkemuka Indonesia.

Membuat kalian ingin balik lagi, setelah staycation ke sini!




Hotel ini awalnya bernama The Crowne Plaza, hotel senior di kawasan Semanggi Jakarta, kini telah berubah nama dan manajemen menjadi Artotel Suites Mangkuluhur. Dulu saya pernah menginap saat hotel ini masih bernama Crown Plaza Hotel, dengan lobby yang sama-sama luas, namun kini menjadi lebih indah, mewah, modern, bersih dan cozy. 





Keindahan City View di Lantai 10 Tipe Smart Artsy Room 


Hotelnya Artotel Suites Mangkuluhur rasanya cocok untuk family maupun bisnis. Saya menginap di lantai 10 dengan tipe Smart Artsy Room, City View jalanan dan gedung. Nuansa romantisnya dapet, tenang dan benar-benar nyaman. 


Bayangkan sejenak, jika kalian menginap di hotel bintang 5 dengan pemandangan keindahan kota Jakarta. Pagi yang sibuk dan malam yang menawarkan ragam kelap-kelip lampu ibu kota, tentu membuat kalian ingin kembali ke sini. Saya bahkan tak melewatkan kesempatan untuk membuat video timelapse, dan mengabadikan bagaimana indahnya lampu yang disajikan dari kokohnya gedung-gedung menjulang dan pergerakan awan yang berjalan pelan dari lantai 10. 





Anak-anak sibuk dengan laptopnya, saya sibuk dengan kamera ponsel di tangan. Menyesap kopi yang dibuat dengan mesin espresso yang tersedia di sini. Melihat lalu lintas ibu kota, sambil sesekali membaca buku favorit yang saya bawa dari rumah karya Tere Liye, berjudul "Aku, Kau dan Sepucuk Angpao Merah"


Rasa tenang dan nyaman, staycation akhir pekan di saat anak-anak liburan sekolah, bagi saya sangat menyenangkan. Karena liburan tak melulu harus ke tempat wisata atau hanya jalan-jalan ke mall saja. Pilihan menginap untuk mencari kebersamaan dengan suasana yang berbeda, juga bisa dijadikan pilihan. 


Hotel Kekinian dan Serba Smart Ciri Khas Anak Generasi Gen Z


Eiits gak cuma itu. Kita melipir ke kamarnya dulu. Kami sekeluarga menginap di Tipe room paling favorit pengunjung, yaitu Smart Artsy yang serba canggih dengan automatic window curtain. Anak bujang bahkan langsung bikin story saking takjub karena kamarnya keren. Ahaha. Bantalnya oke, empuk dan nyaman. Bednya juga ukurannya cukup luas. 


Saat hendak sholat, saya biasa mencari arah kiblat di atas, kebanyakan hotel lain selalu memberikan petunjuk arah kiblat di langit-langit. Di Artotel Suites Mangkuluhur ternyata tidak, melainkan di laci. Saya jarang buka laci, baru sadar saat hendak cekout karena periksa beberapa barang. Hihi. Namun di nakas tengah tempat tidur, rupanya disediakan Al-Qur'an. Masha Allah, sehingga saya tetap bisa membaca Al-Qur'an jika tidak sempat membawanya dari rumah. Walau bisa menggunakan Al-Qur'an online di ponsel, entah kenapa bentuk fisik Al-Qur'an yang kita pegang, tetap jadi pilihan, karena menjadi lebih khusyuk.


Saat melipir ke kamar mandi, rupanya lebih canggih lagi nih, dengan metode smart sandblast atau biasa dikenal dengan Switch Glass atau Smart Glass yang bisa terang dan blur semua hanya dengan memencet saklar yang terintegrasi untuk menghadirkan privasi dalam sekejap. Kalian bisa mengembalikannya kembali ke kaca clear hanya dengan menekan remote on off-nya saja. Keren ya! 


Saya merasakan kenikmatan berendam ala putri bangsawan, sambil buka Netflix dengan soundbar yang menggelegar. Bikin nonton film, jadi makin asik. Kapan lagi, ya gak? Di rumah saya, memang dirancang tidak ada bathtub, karena pemikiran ingin memiliki kamar mandi yang terkesan lebih lega dan alasan lain bahwa bathtub agak jarang digunakan untuk mandi harian. Jadi merasakan kemewahan mandi dengan bathtub, hanya bisa saya rasakan saat ke hotel saja. Ahaha. 



Selain kamarnya luas dengan fasilitas yang serba lengkap dengan sandal kamar yang lumayan bagus dan hangat. Lantai hotel di sini dilengkapi karpet, nilai plusnya telapak kaki jadi tidak dingin ketika melangkah dan merasa lebih bersih dan tidak lengket. Selain itu di kamar dilengkapi kulkas mini, brankas dan mesin Espresso dan teko listrik. Di dekat nakas bahkan disediakan alarm supaya kalian tidak telat bangun pagi. Ahaha.




Lorong hotel Artotel Suites Mangkuluhur bahkan wangii sekali, rupanya saat ini ada mesin pewangi yang sedang menyala dibagian ujung lorong untuk menyebarkan wewangian secara otomatis, semacam alat diffuser besar yang keluar uap. Pantas saja wangi semerbak di satu lorong. 




Di sini, kalian akan dilayani dengan pelayanan Resepsionis 24 jam, fasilitas laundry, dan lift. Parkir mandiri gratis tersedia di lokasi, jangan lupa untuk input nomor mobil kalian di resepsionis supaya mendapatkan parkir gratis. 


Fasilitas kamarnya jangan ditanya, lengkap banget ada kulkas mini, mesin espresso, ketel listrik, setrikaan plus tempat setrika. Ini penting sekali, karena saya menggunakan hijab dan hijab seringkali gampang kusut. Adanya setrikaan, ngebantu banget untuk merapihkan pakaian dan hijab agar selalu ON dan tetep keren. Aminities di hotel ini juga lengkap, bahkan ada hairdryer untuk mengeringkan rambut. Sayangnya tidak disediakan jubah mandi saat saya menginap di sana. 




Penampilan Baru Infinity Swimming Pool Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta 


Staycation rasanya tak lengkap jika tidak bermain air di kolam renang outdoor dengan tampilan baru Infinity Swimming Pool yang makin keren dan ciamik di hotel ini. Terakhir ke sini saat saya menikmati program kuliner Saturday Sunset BBQ bersama teman, dengan hidangan BBQ yang enak semua dilengkapi dengan Live Cooking Food dan DJ Performance sekaligus menikmati lebih dari 50 macam sajian makanan dan minuman. Termasuk berbagai jenis dessert dan tak ketinggalan es krim dengan bermacam topping. 



Kebetulan anak bungsu, ada latihan gaya bebas di sekolah, jadi berulang kali berenang pagi dan sore sekalian ngelatih gaya bebasnya. Terlebih view kolam renangnya yang semakin ciamik, menikmati view langsung yang menyatu dengan gedung tinggi di sekitarnya. Kalian tidak perlu repot membawa handuk, saat hendak berenang akan disediakan handuk khusus, persis di samping kamar bilas. Hanya tinggal menyebutkan kamar hotel nomor berapa. Di samping Infinity Swimming Pool ada ruang gym, saya dan anak-anak terbiasa tidak melewatkan akses ke Gym untuk olahraga pagi hari, walau hanya sekedar Treadmill sekitar 1 jam. 


Menu breakfast di sini variatif dan lumayan banyak. Namun lebih dominan menu Indonesia dan enak enak semuanya. Bahkan minumannya lengkap ada jamu, susu, kopi, teh dan juice. Namun seperti biasa, saya hanya ambil omelette, salad, dan sushi. Selebihnya tidak, karena kami di rumah tidak terbiasa sarapan dengan mengkonsumsi makanan terlalu berat dan kenyang. Buat kalian yang biasa makan banyak, bisa mencicipi  soto ayam, beef black paper, bubur ayam, asinan, sosis, nasi goreng dll. 



Hotel ini memiliki 311 kamar tamu dan beragam tipe kamar, yaitu Classic Studio, Artsy Studio, Smart Artsy, Classic Suites, Artsy Suites, Club Floor Suites, Chairman Suite dan Presidential Suite serta menyediakan fasilitas 11 ruang meeting, Beranda Cafe, Semanggi Lounge, pusat kebugaran dan kolam renang.


Buat saya berkumpul bersama keluarga merupakan kudapan kebahagiaan yang yang akan menjadi pengingat. Bahwa kebersamaan terkadang juga perlu dirayakan. Melupakan kepenatan, melindas kerumitan dan menjadikan segala yang bernama hitam dan putih, menjadi lebih berwarna. Seperti sebuah karya seni yang terdapat di hotel ini. Bahwa seni dan hidup adalah hal yg serupa. Sama-sama --  perlu dinikmati.


Jadi, kapan kalian ke sini? 





You May Also Like

6 komentar

  1. kayanya saya bakal berlama-lama kalo staycation di sini
    Karena suka banget lihat pameran seni
    Untung tinggal di Bandung, jadi sering ada pameran
    Termasuk ke Galeri Seninya Nyoman Nuarta

    BalasHapus
  2. kamarnya luas bangettt... aku suka interior dalam kamar, ada karpet lalu ada meja untuk kerja bisa view hadap ke jendela pula.. keren sih arthotel suites ini. Semoga nanti aku bisa menginap juga di tempat ini.

    BalasHapus
  3. Duuhhh dari yang tadinya penasaran jadi tambah-tambah penasaran dengan hotel yang satu ini. Apalagi sesungguhnya hotel ini reachable dari rumahku. Setidaknya, setiap menginjakkan kaki di Jakarta, Artotle Suites Mangkuluhur selalu dilewati dan terlihat menggoda.

    Everything look perfect ya Des. Apalagi ditambah dengan sentuhan seni yang bertebaran di hampir segala sisi hotel. Bakal banyak foto-foto estetik terekam di lensa kamera. Buat photography enthusiast seperti diriku mah hotel bintang lima ini adalah surganya.

    Fix dah pengen segera nginap di sini.

    BalasHapus
  4. Waaahhh, bagus banget sih ini Mba ^^
    Interiornya keren dari awal sampai kamarnya, pun kamarnya juga luas dan segala macam fasilitas di dalam kamar. Kamar dengan jendela yang pemandangannya bisa dinikmati itu bikin puas dan betah. Fasilitas hotelnya pun juga oke ada gym-nya juga..
    Lokasinya sangat strategis juga, mall dekat dan bandara pun juga..

    BalasHapus
  5. Lokasinya dekat Komdak dan Plaza Semanggi mah emang strategis banget atuh ya. Waktu masih kerja, saya pun wara Wiri sekitar situ secara kantor ada di wilayah sana juga.

    Kalau saya nginap di sana, pas sarapan pasti bakalan dicicipi semuanya tuh
    Hahaha...
    Aji mumpung secara di rumah justru jarang sarapan
    Hehehe

    BalasHapus
  6. waw... betah nih kayaknya aku kalau nginep di sini berhari-hari, banyak spot keren yang seni banget, fasilitas oke punya, makanan kayaknya enak banget juga, bisa kalap sarapan hehehe

    BalasHapus