My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Koneksi Internet Kencang di Kosan

by - Juli 27, 2023

 



Kehadiran teknologi internet tidak dapat dipungkiri membawa banyak perubahan dalam semua aspek kehidupan masyarakat, tak hanya di Indonesia, namun di seluruh penjuru dunia. Terutama dalam pekerjaan dan dunia pendidikan. Apalagi anak sulung saya termasuk mahasiswa angkatan corona, haha. Satu istilah gaul bagi mahasiswa yang masuk ke perguruan tinggi, di masa awal-awal diterjang pandemi. Pada masa itu, semua akses belajar mengajar berubah total secara online. Diperlukan adaptasi belajar mengajar yang mengharuskan praktek langsung jadi berubah total serba online semua.


Kemarin saat hendak magang ke Pulau, balik ngerengek takut wifi di sana jelek karena banyak tugas juga yang harus diselesaikan, modem portable ngebantu banget untuk cadangan wifi kenceng selama ada colokan untuk internetan selama di mess. Jadi saya sarankan modem di kosan dibawa untuk keperluan internet saat magang di Kepulauan Seribu. 



Manfaat Modem Portable Bagi Anak Kost 



Tugas kuliah yang menumpuk dan banyak memerlukan jaringan internet, rasanya membuat kuota data seluler tidak cukup untuk memuaskan banyak keperluan yang seringkali bolak balik harus zoom, upload video, download beberapa aplikasi dan segala koordinasi di sekolah yang memerlukan internet selalu siaga. 


Walaupun di kos anak sulung tersedia wifi, namun tetap saja kualitas wifi yang mengharuskan berbagi dengan para pengguna kos lain membuat sinyal lemah dan gak kenceng. Belum lagi jarak router yang jauh dari kamar kos, bisa jadi kendala. Mengandalkan paket data smartphone biasanya lebih boros, sinyal buruk, keseringan tethering membuat ponsel jadi gak awet dan cepat panas alias overheat. 


Pilihan Modem Wifi Portable  memang jadi solusi buat para anak kos atau pekerja dengan mobilitas tinggi. Selain simple dan bisa dibawa kemana-mana selama ada colokan. Solusi juga buat di rumah yang lokasinya belum masuk jaringan kabel optik dan bisa saya bawa untuk staycation kalau di hotel memiliki kendala jaringan wifi yang buruk. Hidup zaman sekarang tuh, gak bisa lepas dari internet, ya gak? 


Solusi Internet Terbaik Untuk di Rumah dan Dimana Saja


Setelah menimbang beberapa modem nirkabel, akhirnya jatuh pilihan ke Modem  HKMXLSatuLiteUnlimited  dari XL yang merupakan layanan Internet rumah super cepat dengan teknologi wireless broadband. Kuota data juga bisa dibagikan bersama keluarga dalam satu layanan. Enaknya, karena  XL SATU Lite, bisa menyesuaikan biaya untuk internet sesuai yang kita butuhkan tanpa kontrak berlangganan. Ditambah pertimbangan spesifikasi dan kemampuannya menangkap sinyal internet, karena tiap modem berbeda-beda kemampuan menangkap sinyal sehingga dibutuhkan pilihan tepat sesuai dengan kebutuhan. Kalian juga bisa menikmati kemudahan lainnya yaitu aktivasi paket, atur limit pemakaian, dan beli paket tambahan di aplikasi myXL.


Selain kemampuan menangkap sinyal agar mempercepat koneksi jaringan, maka kamu dapat membeli modem dengan kecepatan tinggi, serta mudah untuk digunakan dan menjangkau seluruh Indonesia, perhatikan juga jumlah maksimal pengguna agar seluruh keluarga bisa merasakan manfaat hanya dengan satu modem saja. Modem XL SATU Lite, saya rasa bisa menjadi solusi layanan internet rumah yang super cepat tanpa batas dan terlengkap dari XL untuk memenuhi segala kebutuhan internet keluarga.


Ada dua pilihan modem nirkabel dengan jaringan XL 4G LTE sebagai internet cepat unlimited di rumah yang bisa digunakan yaitu: HKM 401 dan HKM 601 yang dibekali chipset  ASR1803 dan ASR1806. Kedua Chipset ini sudah disertifikasi secara global oleh operator besar di Asia, Afrika, Eropa dan sudah dikapalkan sebanyak lebih dari 20 juta unit untuk kebutuhan berbagai solusi IoT.


Pilihan paket XL SATU Lite:

  • Value = Internet Unlimited (FUP 30GB) + 15GB untuk 2 nomor HP, 129rb/bulan
  • Smart = Internet Unlimited (FUP 60GB) + 25GB untuk 2 nomor HP, 199rb/bulan
  • Family = Internet Unlimited (FUP 120GB) + 50GB untuk 3 nomor HP, 299rb/bulan
  • Super User = Internet Unlimited (FUP 200GB) + 100GB untuk 4 nomor HP, 399rb/bulan
  • Ultimate = Internet Unlimited (FUP 320GB) + 100GB untuk 4 nomor HP, 499rb/bulan




HKM N401 


HKM N401 ini sudah berteknologi LTE Category 4 yang dapat menunjang kecepatan Download hingga 150MBps dan Upload sampai dengan 50MBps. Visual modem ini terdapat logo operator di tengahnya dan 5 lampu indikator standar di bagian muka (power, koneksi, wifi, lan dan bar signal), nyala lampu indikator terlihat jelas baik di tempat gelap ataupun terang. Terlihat juga satu tombol wps di atas router.


Sedangkan di bagian belakang router terdapat 2 port LAN/WAN, tombol power, colokan power, reset dan lubang ventilasi sebaris di atas dan sebaris di tengah. Mekanisme pemasangan dan pelepasan sim card di router ini termasuk lancar dan mudah, simcard dapat dicabut pakai jari tangan dengan mudah tanpa perlu alat bantu. 


Kelengkapan yang kalian dapatkan antara lain: Modem unit N401 XL satu, Ac adapter, LAN kabel, kartu garansi, welcome Guard Card, 3x XL SIM card (Kalian akan mendapatkan kartu sim card XL di dalam modem, plus tambahan 2 kartu perdana XL Prabayar). 


Nikmati berselancar dengan internet cepat unlimited FUP hingga 120GB + kuota bersama hingga 50GB untuk 2 nomor XL Pra bayar. Kecepatan 4G yang bisa terkoneksi hingga 32 perangkat secara bersamaan dan dilengkapi dengan 2x Ethernet LAN Port sehingga mampu mentransmit data dengan Kecepatan hingga 100MBps.


Spesifikasi modem

  • Tipe HKM N401
  • Support Max. 32 Pengguna
  • 2 Port LAN RJ45
  • Cat. 4, Downlink up to 150Mbps, Uplink up to50Mbps
  • WiFi 2.4GHz, 802.11b/g/n, 2x2 MIMO
  • Ukuran 115 x 118.5 x 46 mm
  • Garansi 1 Tahun

Price : Rp 599.000




HKM N601


Buat kalian yang membutuhkan internet lebih tinggi dengan device yang lebih banyak seperti toko dan kantor bisa menggunakan Modem Nirkabel HKM N601 yang bisa digunakan bersamaan hingga 62 pengguna dengan kelebihan teknologi LTE Category 6 yang dapat menunjang kecepatan download hingga 300 MBps dan upload sampai dengan 150MBps.


Kelengkapan hampir sama dengan model HKM N401  antara lain: Modem unit N601 XL satu, Ac adapter, LAN kabel, kartu garansi, welcome Guard Card, 3x XL SIM card. Perbedaannya kalian bisa internetan unlimited (FUP hingga 300GB) plus kuota bersama hingga 100GB untuk 4 nomor HP XL Prabayar. Dilengkapi Dual Band WiFi frekuensi 2.4GHz dan 5GHz, dengan frekuensi WiFi 5-802.11 b/g/n/ac, 4x Ethernet LAN Port sehingga mampu mentransmit data dengan kecepatan hingga 100MBps dan penambahan 2x slot antena eksternal, untuk memperkuat sinyal wifi secara menyeluruh dan menjadikan koneksi lebih stabil.


Spesifikasi modem

  • Tipe HKM N601
  • Support Max. 64 Pengguna
  • 4x Ethernet LAN Port
  • Cat. 6, DL~300/UL~150Mbps
  • WiFi Dual Band 2.4GHz & 5GHz  frekuensi WiFi 5-802.11 b/g/n/ac.
  • Garansi 1 Tahun


Price: 1.109.000


Buat kalian yang masik suka tethering hape, jangan suka nyiksa hape. Biarin dia hidup dengan tenang dan awet. Ahaha. Mungkin saatnya untuk beralih ke modem Portable. Sekian review singkat modem HKM N401 dan HKM N601, yang kalian pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat. 


You May Also Like

13 komentar

  1. Wah, menggunakan modem portable ternyata praktis yah. Noted Mbak. Ini cocok buatku yg suka mobile daripada pakai hotspot hp kan yah, kasihan nanti dia lelah, hihihi.

    BalasHapus
  2. Buat anak kos ataupun yang diperantauan dan sedang dalam pendidikan pula memang perlu nih modem portabel seperti itu, sehingga mau kemana-mana bisa fleksibel dibawa

    BalasHapus
  3. Anakku cocok pakai modem HKM soalnya dia paling sering berada di area yg tidak ada wifinya sementara kemana-mana selalu bawa laptop. Daripada pakai hotspot hp nya mending pakai modem ini saja.

    BalasHapus
  4. Jadi pengen beli modem portable setelah baca postingan ini. Dan jadi teringat jaman aku masih magang yang tiap hari di bagian penjualan modem.

    BalasHapus
  5. jaman makin maju ya mba, jaman aku dl harus pasang kabel internet, udah gitu nunggu aktif dan gilirannya lama banget

    BalasHapus
  6. Modem portable seperti ini memang bagus dan praktis yaa mba. Aku jug apunya dan kalau dibawa ke mana - mana membantu banget

    BalasHapus
  7. Udah jadi kebutuhan urgent ya internet kencang buat anak mahasiswa mah. Biar bisa ngerjain tugas dengan lancar. Huhu jadi inget curhat anakku yang internet tempat kosnya yang lemot. Jadinya pake internet hape dia. Susah ngerjain tugas katanya kalo ngandelin wifi kosan.

    BalasHapus
  8. Wah rekomended ya Mba... pengen punya jadinya nih biar internet di rumah tambah kenceng terutama kalau lagi di ruangan agak belakang.....

    BalasHapus
  9. Ternyata ada banyak banget pilihan berlangganan paket dari Modem HKMXLSatuLiteUnlimited.
    Terasa nyaman kalau internet jaringannya aman dan lancar. Daripada menggunakan hotspot handphone yaa.. Kudu banget punya Modem HKMXLSatuLiteUnlimited untuk melancarkan tugas dan pekerjaan online.

    BalasHapus
  10. kecepatannya hingga 300Mbps dan bisa digunakan hingga ke banyak perangkat ya? weeew, sekosan juga ini bisa ngenet bareng dong dengan HKM XL Satu Lite Unlimited ini ya Mbak, mantab banget deh :)

    BalasHapus
  11. Dulu juga suka thetering hp tapi setelah tahu efeknya buruk bisa bikin hp cepat rusah jadi udah jarang lagi kecuali dalam kondisi benar2 butuh. Nah modem ini bisa jadi solusinya ya, spesifikasinya juga oke jadi tertarik juga pengen punya modem ini biar bisa puas internetan dimana saja kapan saja

    BalasHapus
  12. Pakai XL Satu Lite unlimited ini praktis nih dan jadi bisa internetan cepat di mana pun dan kapan pun ya. Kecepatannya itu lho bisa sampai 100MBps... ini mah buat pekerja digital akan membantu banget.

    BalasHapus
  13. wah aku juga berlangganan XL, udah lama pakainya tapi XL Priority untuk mobile phone. Pakai XL Satu Lite kya nya boleh juga nih ^^ Belum pernah coba.

    BalasHapus