My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Asus ROG Phone 7, Senjata Pamungkas Pecinta Game

by - Juli 18, 2023




Asus


Menjadi Gamer jaman sekarang tuh naik kelas, sudah jadi profesi dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Terlebih jika kalian sudah menyandang predikat pemenang ESports, langsung disembah oleh komunitas pecinta game yang lain. Ahaha. 


Gak hanya PC dan Laptop yang printilan dalamnya kudu joss, smartphone gaming menjadi jenis smartphone paling diincar untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lancar, kencang, dan tanpa nge-lag, serta praktis dibawa kemana-mana. Kendala ngelag dan ponsel cepat panas seringkali bikin emosi. Kendala ini, yang sedang saya alami. Satu hikmah yang saya dapat adalah, ketika ingin membeli smartphone, penting untuk memperhatikan suhu ponsel saat penggunaan. 


Menjamurnya trend mobile gaming membuat vendor ponsel berlomba-lomba menghadirkan ponsel gaming dengan spesifikasi yang tinggi. Anak saya misalnya, rela menabung bertahun-tahun, supaya punya ponsel mumpuni untuk bermain game. Karena banyak lomba Esports antar sekolah dengan hadiah yang lumayan. Sekali menang, bisa balik modal. Ia bahkan seringkali menceritakan kisah inspiratif dari para suhu Esports yang melanglang buana di permainan tingkat dunia dan membuka mata saya sebagai orangtua, bahwa hobby yang didukung terkadang bisa juga bermanfaat dan menghasilkan. 




Kisah Atlet Esports Sukses Berkibar di Turnamen Dunia yang Mengharumkan Nama Bangsa


Beragam cerita atlet Esports rasanya menjadi kisah inspiratif yang perlu kita pelajari, mengenai sebuah pembuktian kepada orangtua, seolah menjadi satu garis lurus yang perlu untuk disimak. Kisah-kisah inspiratif ini, kerap menciptakan semangat baru, pijakan anak tangga untuk melihat tingginya mimpi dan harapan, dari banyak anak muda yang memiliki cita-cita besar menjadi Atlet Esports Pro. 


Seperti halnya Manay (Muhammad Farchan Ridha), namanya pernah harum setelah ia menjuarai turnamen dunia Esport Free Fire World Cup 2019 yang digelar di Thailand. Kemudian ada Wahyu 'G Arsy Leem' Pemenang FFML Divisi 2, Riza Setiawan Coach Tim GPX dan Saeful 'EVOS.Sam13' Muharrom yang mengikuti  kejuaraan internasional FFWC. Dari sini saya mengerti bahwa bermain game tak hanya buang-buang waktu jika ditekuni dengan serius, mengikuti beberapa komunitas dan rajin mengikuti turnamen, sebagai bentuk pembuktian dan keseriusan. 

 

Berawal dari memuaskan gairah karena hobby bermain game, justru menjadi satu tangga lompatan untuk masa depan. Proses panjang karena seringkali mengikuti perlombaan offline dan masuk ke dalam komunitas di beberapa kota tentu akan makin mengasah kemampuan. 



Latih Mental Juara, Atlet Esports Tak Hanya Sekedar Bermain Game 


Atlet Esports harus dididik mental juara dengan memiliki pola latihan, waktu istirahat, jadwal makan, jadwal analisis, dan bertanding yang teratur. Berbeda dengan gamers biasa yang hanya bermain game sekedar have fun dan hobby. Coba saja perhatikan Atlet Esport Pro luar, badannya keren, bagus-bagus, segar dan bugar. Ibarat istilahnya bentuk tubuh ideal para olahragawan. Rasa percaya diri akan terbentuk jika badan sehat dan tubuh yang fit. Fisik harus terjaga agar konsentrasi stabil. Karena tanding terkadang membutuh waktu lama untuk melatih konsentrasi, sehingga perlu adanya program latihan fisik dan menjaga pola makan.


Perawakan gamers jika hanya sekedar tampilan seperti anak warnet yang kurang tidur, tentu kecil kemungkinan ada sponsor yang melirik untuk dijadikan Atlet Esports. Latihan itu perlu pendanaan. Butuh mental kompetitif dan juara. Pola hidup juga mesti teratur. 


Ada beberapa step yang perlu diperhatikan melatih mental juara, yaitu: 

📌Program latihan

📌Waktu istirahat

📌Waktunya olahraga

📌Waktunya uji coba

📌Waktunya analisis lawan

📌Waktunya tanding


Mental juara juga perlu dipupuk sejak awal, hingga akhirnya mampu membuktikan sebuah kemenangan dalam sebuah kompetisi. Bahkan mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk ditabung dan investasi. 


Kalian suka bermain game apa? 




Munculnya Game Kualitas Imersif sejalan dengan Hadirnya Perangkat Smartphone yang Canggih dan Unggul


Kemunculan berbagai game dengan kualitas imersif sejalan dengan hadirnya perangkat smartphone yang kian canggih dan unggul. Ram dan memori besar selalu jadi andalan. Satu lagi, baterai yang awet dan tidak cepat panas menjadi titik point yang dicari. 


Peran smartphone semakin ke sini rasanya terus mengalami perkembangan yang signifikan dan menghadirkan fitur-fitur canggih pendukung saat bermain game, sehingga dapat memuaskan hasrat para pemain mobile gaming. Tak hanya bagi para gamers saja, kebutuhan para content creator yang semakin tinggi, tentu memerlukan smartphone yang multifungsi. Selain dimanfaatkan sebagai media komunikasi, ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam genggaman tangan. Baik itu untuk kerja, editing, streaming, ambil video, motret bahkan bermain game. 


Salah satu fungsi smartphone yang paling banyak diminati adalah kemampuannya sebagai perangkat bermain game mobile. Generasi Z dan para milenial contohnya, mereka memiliki kehidupan yang serba bebas, dalam lingkup ruang kerja yang juga tak terbatas hanya kerja kantoran saja, namun bisa menjadi YouTuber, Gamer, Content creator dan Streamer. Profesi yang dulu dianggap sebelah mata, kini menjadi incaran banyak kalangan. Selain menyalurkan hobby, bisa nyari cuan buat penghasilan.


Kerjasama ASUS Republic of Gamers dan MOONTON Optimalkan Kinerja Seri ROG Phone untuk Penggunaan Turnamen


Dalam upaya meningkatkan esports serta memberikan konten tingkat atas kepada para gamers dan pengalaman memenangkan permainan, maka ASUS Republic of Gamers (ROG) telah menandatangani kerjasama dua tahun dengan pengembang dan penerbit game internasional MOONTON Games, demi meningkatkan pengalaman bermain game pengguna di seluruh dunia dan mengoptimalkan kinerja seri ROG Phone untuk penggunaan turnamen.


Tim ROG Phone telah bekerja sama dengan MOONTON sejak 2022 untuk Malaysia Professional League. Ekspansi ini mencakup empat turnamen esports internasional Mobile Legends: Bang Bang: Piala Asia Tenggara 2023 dan 2024, serta Kejuaraan Dunia M-Series M5 dan M6.


ROG Phone 7, Ponsel Gaming dengan Performa dan Sistem Efisiensi Daya Tanpa Kompromi


Kini ASUS Republic of Gamers hadirkan ROG Phone 7 Series di Ajang For Those Who Dare Virtual Launch. Seri ROG Phone 7 mencakup model ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate, yang merupakan langkah terbaru dalam evolusi performa tinggi ponsel gaming terhebat di dunia.


Salah satu ponsel gaming dengan performa dan sistem efisiensi daya tanpa kompromi membawa mobile gaming ke level berikutnya. Ibarat anak jaman sekarang udah termasuk spek Dewa! 


Selain desain baru yang epik, prosesor Snapdragon 8 Gen 2, dan sistem pendinginan GameCool 7 makin ditingkatkan. Ponsel Gahar yang performanya bikin ngeri. Gak kaleng-kaleng. Memiliki spek tinggi untuk bisa menampung game-game berat. Semua kena libas. 


Apakah ponsel ini layak untuk dibawa pulang bagi para pecinta game? 


Mari kita ulas keunggulannya…





Desain ASUS ROG Phone 7 yang Futuristik, Tahan Debu dan Percikan Air


Konsep futuristik masih melekat kuat pada ponsel bergaya futuristik dalam dua warna baru yang makin ciamik dan kece. ASUS ROG Phone 7 hadir dalam warna Storm White dan Phantom Black, sedangkan ROG Phone 7 Ultimate hadir dalam warna Storm white. 

Melirik desain sisi belakang. Ponsel ini terdapat dua corak yang terbagi secara diagonal. Corak semi transparan terlihat di bagian atas dekat modul kamera. Corak tersebut memiliki sentuhan glossy sedangkan bagian bawah memiliki sentuhan matte diperindah dengan adanya logo RGB ROG Phone.


Kelebihan yang ditawarkan pada seri ini dibanding pendahulunya adalah sudah mendapatkan sertifikasi ketahanan dengan mengantongi sertifikasi IP54, bukan lagi IPX4. Dipastikan bahwa ponsel ini tahan terhadap debu dan percikan air. kaca depan ponsel ini dilindungi Gorilla Glass Victus sedangkan kaca belakang Gorilla Glass 3 dengan bingkai aluminium.


Yang lebih kerennya lagi, ROG Phone 7 Ultimate menampilkan ROG Vision, tampilan warna matriks unik di bagian belakang ponsel di balik merek ROG. Fitur kreatif ini dapat menampilkan animasi luar biasa yang dipicu oleh peristiwa sistem, seperti status pengisian daya, panggilan masuk, aktivasi Mode X, dan lainnya. Gamer bahkan dapat membuat animasi yang dipersonalisasi sendiri, yang semakin meningkatkan keunikan ROG Phone 7 Ultimate. Dengan ROG Vision, para gamer dapat mengekspresikan gaya sejati mereka dan memanfaatkan potensi penuh dari teknologi mutakhir ini.


Performa Spektakuler Tingkat Dewa


Ponsel Seri ROG 7 dibekali dapur pacu yang serba mutakhir diperkuat chipset prosesor Snapdragon 8 Gen 2 3,2 GHz andalan, yang 15% lebih cepat dan 15% lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya. 


Ponsel kece ini juga ditanam RAM LPDDR5X 8533 Mbps hingga 16 GB, dan ROM UFS 4.0 512 GB yang dua kali lebih cepat dari UFS 3.0. Wifi jangan ditanya, sudah didukung WiFi 7 (802.11be) dengan Qualcomm® FastConnect™ 7800, yang mendukung kecepatan tinggi 320 MHz  dan Multi-Link operation dengan kinerja latensi yang memungkinkan pengguna mengubah permainan dengan mudah.  


Layar AMOLED yang Memukau 


Semakin tinggi teknologi dan resolusi layar, smartphone akan semakin nyaman di mata saat dipakai bermain game. Bermain game butuh konsentrasi mata dengan menatap layar lama-lama, sehingga ponsel dengan layar AMOLED wajib banget jadi pertimbangan. 


Selain karena permainan warna yang benar-benar memberikan pengalaman bermain game secara real dan berdimensi. Layar AMOLED juga nyaman dipakai main game dan produktivitas lainnya. 


Refresh rate yang tinggi juga wajib jadi pertimbangan saat kamu memilih smartpone gaming. Semakin tinggi refresh rate, scrolling atau gerakan visual jadi semakin baik kualitas gambarnya. 


ROG Phone 7 menggunakan layar AMOLED 165 Hz dengan bentang layar 6,87 inci serta tingkat pengambilan sampel sentuh 720 Hz dan akurasi warna Delta E <1 untuk visual yang luar biasa. Tingkat kecerahan pada ponsel ini juga makin ditingkatkan hingga 1.500 nits agar lebih mudah dilihat di luar. Visual yang luar biasa disetel bekerja sama dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® untuk akurasi warna yang mengalahkan dunia. 


Layar ponsel ini dilindungi Corning Gorilla Glass Victus. Dengan beberapa keunggulan tersebut, layar Asus ROG Phone 7 terasa begitu mulus dan responsif serta memberikan pengalaman bermain game dengan kenyamanan kala berlama-lama menatap layar ROG Phone 7 yang sudah terlindungi oleh Eye Care Display Technology.


Kamera


Bahas ponsel sepertinya tidak afdol juga kalau tidak membahas segi kamera. Smartphone ini dibekali 3 kamera utama yaitu:

  • 50 MP, f/1.9, (wide), 1/1.56", 1.0µm, PDAF 
  • 13 MP, f/2.2, 120˚ (ultrawide) 
  • 8 MP, f/2.0, (macro) 

sedangkan untuk kamera depan 32 MP, f/2.5, (wide), 1/3.2", 0.7µm. 

Untuk segi kamera menurut saya sudah cukup lumayan bisa jadi andalan untuk foto dan video. 


Efisiensi Daya dan Sistem Pendingin GameCool 7 


Untuk meminimalkan konsumsi daya tanpa mengorbankan kinerja, seri ROG Phone 7 memanfaatkan peningkatan efisiensi daya sebesar 15% yang ditawarkan oleh Platform Seluler Snapdragon 8 Gen 2. 


Pendingin ponsel gaming canggih ini juga telah disempurnakan dengan sistem pendingin GameCool 7 terbaik yang pernah ada untuk mendinginkan CPU dari segala arah. 


Sedang di ROG Phone 7 Ultimate, pendinginan ditingkatkan lebih jauh lagi dengan AeroActive Portal terkemuka dunia. Saat Portal AeroActive diaktifkan, efisiensi termal ponsel dapat meningkat hingga 20%.  


AeroActive Cooler 7 dilengkapi dengan kipas yang ditempatkan tepat di atas modul CPU yang bekerja untuk pendinginan aktif bertenaga AI, menampilkan elemen Peltier untuk performa pendinginan ekstra.



Kualitas Suara yang Menggelegar Plus Adanya Audio Jack dan Display Out


Keunggulan dari sound ponsel ini adalah adanya audio jack dan dukungan display out. Bermain game tentu akan lebih real jika suara yang dihasilkan terdengar lebih ngebass. Seri ROG Phone 7 memiliki speaker kembar depan 12 x 16 mm dengan volume 50% lebih efektif dari sebelumnya, serta dibantu oleh subwoofer lima magnet super-linear 13 x 38 mm dalam pendingin AeroActive 7, yang meningkatkan volume bass hingga 77 % untuk suara 2.1 yang tidak ada duanya dalam game atau film saat pendingin terpasang. Penyempurnaan bekerja sama dengan pakar audio di Dirac memastikan kualitas suara yang tak tertandingi.  


Seri ROG Phone 7 memiliki semua teknologi untuk semua suara, mulai dari jack headphone 3.5 mm hingga Dirac Virtuo™ For Headphone untuk menghasilkan suara spasial layaknya teater. Dukungan teknologi Snapdragon Sound™ memastikan audio Bluetooth® dengan fidelitas tinggi latensi super rendah, jadi apa pun yang didengar oleh pengguna, telinga mereka akan dimanjakan oleh ROG Phone 7.  




Baterai Raksasa


Dua keping baterai 3000 mAh yang kapasitas totalnya adalah 6000mAh terletak mengapit mainboard ROG phone 7 yang berada di tengah. Posisi tersebut diklaim membuat proses pendinginan jadi lebih cepat dan efektif.


Bahkan ASUS memakai komponen boron nitrida (BN) sehingga diklaim mampu mentransfer panas 200 kali lebih cepat, yang mengakibatkan tidak adanya penumpukan panas. Panas yang dialirkan boron nitrida disebarkan secara merata ke seluruh bodi oleh komponen vapor chamber dan grafit (luas area 16.000 mm²)


Di seri 7 ponsel ini juga memakai SoC baru, sehingga daya tahan baterainya kemungkinan besar berbeda dan lebih tahan 131 jam dibanding pendahulunya yang hanya 119 jam saja. Tidak butuh lama untuk mengisi baterai 6000 mAh sang ponsel. Dengan charger 65W bawaan dalam paket penjualan, baterai kosong bisa penuh dalam waktu 1 jam 1 menit.


Fitur Unggulan


Kontrol ultrasonik Air Trigger yang terkenal memberi gamer kontrol ujung jari yang tak tertandingi untuk pengalaman seperti konsol. Fitur ini mendukung berbagai gerakan, termasuk Dual Action, Press and Lift, dan Gyroscope Aiming. Ada juga 10 kontrol gerak dan motor linier sumbu X yang memberikan umpan balik haptic yang kuat, membawa gamer ke dalam aksi. Hal ini juga memungkinkan fitur Vibration Mapping yang luar biasa, yang meningkatkan pengalaman sentuh dengan memberikan umpan balik haptic yang dapat disesuaikan untuk tombol virtual di layar.


Gimana? Tertarik? 


Promo ASUS ROG Phone 7 

Ponsel flagship ini layak untuk di genggam bagi para pecinta game. Dengan performa yang gak main-main dan kemampuan yang dahsyat, tentu akan menjadi ponsel impian para gamers. Jika kalian tertarik bisa bawa pulang dengan Pre Order lebih dahulu dengan memanfaatkan promo yang sedang berlangsung yaitu: 

1. Early Bird Promo 

Periode tanggal 18-31 Juli 2023.

Untuk setiap pembelian ROG Phone 7 series konsumen akan mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi. (Dengan total hadiah senilai 2 juta rupiah). Promo ini berlaku di semua mitra penjualan resmi Asus offline, seperti: Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners. Serta mitra online, seperti: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online store.

2. Consumer Launch Promo 

Periode tanggal 18-23 Juli 2023 di Atrium Gandaria City Mall. Selain mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun Garansi resmi, konsumen juga akan mendapatkan tambahan spesial merchandise seperti: ROG exclusive Jacket, MLBB limited edition T-Shirt dan juga 1000 MLBB diamonds (Dengan total hadiah senilai 3,5 juta rupiah). Promo ini berlaku khusus untuk konsumen yang telah melakukan pre-order dari tgl 18-17 Juli secara offline di Erafone lalu melakukan pickup/pengambilan produk di event venue ataupun untuk konsumen yang akan melakukan pembelian langsung di event venue. 


Price

Buat yg penasaran Harga ROG Phone 7 berkisar

📌ROG Phone 7 Ultimate (16/512GB) Rp 18.999.000

📌ROG Phone 7 (12/256GB) Rp 13.999.000

📌ROG Phone 7 (8/256GB) Rp 10.999.000


Yuk datang ke Consumer Event Peluncuran ROG Phone 7 di Gandaria City Mall pada tgl 18-23 juli 2023 dan jangan lupa saksikan juga peluncuran ROG Phone 7 tgl 18 Juli 2023 pada pukul 12.00 WIB ya, kamu juga bisa livestreaming di Channel ASUS ROG Indonesia dan mendapatkan kesempatan untuk menangin hadiah menarik dari ROG. 


Ponsel gaming keren ini sudah bisa kalian Pre Order dari sekarang mulai tgl 08 sampai 17 Juli 2023. Hanya dengan uang muka Rp500.000,00 sudah bisa mendapatkan special bundling promo, yaitu Free Premium Devilcase dan Garansi resmi 2 tahun dari Asus Indonesia (Total worth Rp2.000.000,00). Mantap banget kan? Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan promo menarik cicilan bank 0% hingga 24 bulan, dan promo financing kredit.

Asiknya lagi akan ada tambahan exclusive merchandise menarik bagi yang telah melakukan PO dan first buy di Consumer Event. Tentunya syarat dan ketentuan berlaku, ya.

Yuk, pantau terus media sosial ASUS untuk informasi lebih lanjut. Kunjungi Erafone dan Urban Store terdekat untuk menjadi yang pertama memiliki ROG Phone 7 Series. Sekalian juga aku mau infoin buat kalian untuk datang ke Consumer Event Peluncuran ROG Phone 7 di Gandaria City Mall pada tgl 18-23 juli 2023. Saksikan juga peluncuran ROG Phone 7 tgl 18 Juli 2023 pada pukul 12.00 WIB ya, kamu juga bisa live streaming di Channel ASUS ROG Indonesia dan mendapatkan kesempatan untuk menangin hadiah menarik dari ROG. 


Salam Gamer! 


Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 7 Blog Competition di Blog Travelerien





You May Also Like

14 komentar

  1. Aku pikir nggak hanya pekerja-pekerja kreatif kita, utamanya yang ada di ranah gaming yang seneng dengan rilisnya ASUS ROG Phone 7 ini. Tapi mak-emak, mbak-mbak, balak-bapak dan semua pecinta game pasti senang dengan kemunculan ponsel gaming terbaik yang satu ini. Kalau Mb Dessy ngincer yang tipe apa nih?

    BalasHapus
  2. Harganya masyaallah banget ya kak. Memang se worth it dg kapasitasnya yg ciamik.

    BalasHapus
  3. Dah puas banget deh pujian buat ASUS ROG Phone 7 ini. Dari semua kelebihan yang dimiliki, fix banget kalau mobile gaming ini jadi surganya para gamers sejati. Penasaran pengen megang dan nyoba HP nya langsung.

    BalasHapus
  4. Pernah baca, kalau gaming masuk e-sport, ternyata mereka juga latihan fisik loh, buat endurance sih. Tahan untuk ngegame berjam-jam. Nah, tentunya perlu ponsel gaming yg mendukung semua itu yah. Keren lah ASUS dengan inovasinya, ROG Phone-7.

    BalasHapus
  5. Harganya....(bikin nangis)
    Tapi kalau dipake bener-bener untuk tanding (sukur-sukur) menang ya ngga ada ruginya ya, mbak...
    Padahal kalo liat bapa-bapak main game suka gemes dan ngajak gaduh gara2 suka lupa waktu.
    Kalau mau jadi gamers pro, emang harus dilatih dr awal dan niatnya bener yaa, hehee

    BalasHapus
  6. Ya saya suka dengan kapasitas baterai yang sampai enam ribu mAh itu. Saya ini juga pakai Asus tapi yg jadul. Zenfone keluaran lama. Alhamdulillah awet. Pengen ganti ke rog phone 7 juga deh
    Semoga ada rezeki nya ya

    BalasHapus
  7. Auto ngebayangin punya ASUS ROG Phone 7 ^^
    Karena bagus banget, sampai gak ada celah untuk bilang ada kurangnya
    Walau cuma sedikit
    Sebagai penggemar drakor saya ngebayangin nonton pakai ponsel ini
    Duh bakal malas berhenti :D

    BalasHapus
  8. Para gamers kudu nyobain nih ponsel gaming terbaru ASUS yaa. MEmang kalau ngegame butuh ponsel khusus jangan yang biasa dipakai buat komunikasi sehari2 soalnya khawatir gampang panas malah cepet rusak. Kalau kyk ASUS ROG Phone 7 ini sih udah ok banget dan kuat buat main game berjam2 nonstop ya.

    BalasHapus
  9. Sebagai salah satu flagship dari ASUS, kehandalan ASUS ROG PHONE 7 memang sudah tidak diragukan lagi, apalagi di kalangan gamer.... ASUS ROG PHONE 7 jadi standar baru ponsel gamer...

    BalasHapus
  10. bakalan cakep banget bisa punya ini ponsel.
    Buat nge-gaming bisa kuat buat dipakai berlama-lama.
    Udah gitu juga spesifikasinya bisa diandalkan buat bikin konten karena punya kamera yang keren

    BalasHapus
  11. Hapenya para gamers sejati ini mah ya. Spek gaharnya bikin main game jadi menyennagkan dan memuaskan. ASUS ini selalu gak main-main deh untuk urusan inovasi. Dari hape gamingnya hingga laptop gamingnya. Bikin anakku ngiler aja saat kuceritain hape ini. :D

    BalasHapus
  12. Hapenya para gamers sejati ini mah ya. Spek gaharnya bikin main game jadi menyennagkan dan memuaskan. ASUS ini selalu gak main-main deh untuk urusan inovasi. Dari hape gamingnya hingga laptop gamingnya. Bikin anakku ngiler aja saat kuceritain hape ini. :D

    BalasHapus
  13. Wah, spesifikasinya memang mantap ya mbak
    Pantas saja kalau dibilang ASUS ROG Phone ini adalah ponsel gaming terbaik

    BalasHapus
  14. pas ASUS ROG Phone 7 ini diluncurin aku langsung kepikiran buat beliin kaka. sebagai gamers kayanya dia butuh disupport sama fasilitas yang mendukung hobinya biar bis ajadi gamers profesional. emang keren banget spesifikasi ASUS ROG Phone 7 buat para gamers tuh.

    BalasHapus