My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Tips Merawat Motor Agar Awet

by - November 19, 2023




Tips Merawat Motor Agar Awet | Alat tempur di rumah yang paling sering dipake itu motor. Buat belanja wara-wiri ke warung terdekat, anter anak sekolah dan digunakan untuk les anak-anak ketika sore hari. Andalan kendaraan utama buat segala aktivitas, sehingga diperlukan kondisi motor yang fit dan prima. Gak cuma kesehatan orangnya saja yang harus diperhatikan, tapi kendaraannya juga. Awal mula banyak kecelakaan di jalan raya selain karena ketidak hati-hatian, alasan kedua karena dari faktor mesin kendaraan yang kurang terawat.


Servis rutin secara berkala, membuat performa sepeda motor akan tetap terjaga dalam kondisi yang optimal, menurunkan risiko kerusakan parah pada komponen sepeda motor, sehingga gejala permasalahan bisa dideteksi sejak dini. Dengan begitu diharapkan sepeda motor tetap awet dalam jangka waktu lama. Bakalan beda deh, kalau motor yang biasa service rutin—sama yang nggak. Performa motor enak dipakai dan gak endut-endutan, karena karburator motor yang kotor. Ditambah juga jadi lebih mulus dan enak dibawa. Terasa enteng dan gak berat. Bunyinya juga halus. 


Service rutin motor matic biasanya saya lakukan di Planet Ban, alasannya sesimple karena deket rumah, persis di depan gerbang perumahan tinggal nyebrang, alasan kedua karena service yang dilakukan sesuai dengan kerusakan motor saat itu, gak worry takut dibohongi untuk gonta-ganti onderdil yang terkadang masih bagus dan belum seharusnya untuk diganti. 


Saya biasanya selalu cek rutin untuk ganti oli secara berkala di planet ban. Untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama, oli yang sudah kotor atau sudah teroksidasi dapat menyebabkan masalah pada mesin kendaraan seperti peningkatan gesekan antara komponen mesin, penurunan kinerja mesin, dan bahkan kerusakan mesin yang parah. Terlebih kondisi jalanan setiap daerah beda-beda. Karena saya tinggal di Bekasi yang rawan banget sama debu dan jalanan berlubang harus lebih aware dan rutin lagi untuk cek rutin kendaraan. 


Medan yang berdebu dan banyak lubang sehingga seringkali melewati jalanan dengan kubangan lumpur, sebaiknya mengganti oli lebih sering dari 3000 km atau 6 bulan sekali. Kotoran dan debu dapat menyebabkan oli lebih cepat terkikis dan kotor sehingga performa mesin motor tidak optimal yang biasa saya lakukan di Planet Ban. Planet Ban melayani servis rutin motor dan penggantian suku cadang, misalnya oli dan ban. Terlebih Planet Ban sering memiliki promo potongan harga. Jadi lebih hemat lagi. 




Beberapa Tips Merawat Motor Agar Awet dan Apa Saja Sih yang Harus Dicek?


Dengan perawatan yang tepat tentu saja  kinerja kendaraan akan optimal dan berumur panjang, beberapa bagian yang perlu dicek, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya.


Ganti Oli Secara Teratur

Pastikan untuk mengganti oli sesuai dengan jadwal yang disarankan. Oli yang bersih dan baik dapat menjaga mesin tetap lancar dan mencegah gesekan berlebih. Pengecekan rutin oli motor meliputi oli mesin dan oli gardan

Oli Mesin

Oli mesin sendiri berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Sehingga penting banget untuk diperhatikan agar selalu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Oli Gardan

Buat kalian pengguna motor matic wajib banget nih untuk rutin ganti oli gardan. Karena jika oli gardan habis akan bisa mengganggu kinerja bagian transmisi kendaraan seperti gear dan bearing menjadi tidak optimal dan menimbulkan suara bising. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Jika ditanya kapan sih waktu yang tepat untuk ganti oli gardan? Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.


Pembersihan dan Penggantian Busi

Busi menjadi salah satu faktor penting dalam sepeda motor. Jika busi mati atau tidak menyala, maka mesin motor dipastikan tak akan hidup. Fungsi busi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Sehingga pengecekan rutin busi harus dijadikan hal utama yang masuk ke dalam list supaya motor kalian tetap awet. 




Periksa Ban

Rutin periksa ban sebelum digunakan dalam kondisi prima atau tidak, jangan lupa juga periksa tekanan ban. Tekanan yang tepat tidak hanya memastikan keamanan berkendara, tetapi juga meningkatkan efisiensi bahan bakar dan umur pakai ban. pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan


Cek Sistem Pengereman

Hal satu ini gak kalah penting, jangan lupakan sistem pengereman. Pastikan rem berfungsi dengan baik untuk keamanan Anda dan pengendara lainnya di jalan. Rem menjadi salah satu komponen penting pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan sehingga diperlukan pengecekan rutin saat service motor. 


Tune up Motor Rutin

Tune up motor merupakan bagian proses yang dilakukan untuk mengembalikan performa motor ke performa standarnya. Penggunaan motor yang dipakai setiap hari dapat mengakibatkan beberapa perubahan. Nah Service motor tune up merupakan servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. 

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart untuk membuat performa motor kalian kembali prima. Biasanya mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepada kalian. Kalau kamu setuju, barulah mekanik akan melakukan perbaikan.


Aki atau Accu

Jika kendala aku soak paling males memang, terlebih jika motor digunakan dalam kondisi penting dan harus buru-buru namun tidak bisa menyala. Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. 


Bersihkan dan Pelumas Rantai

Rantai yang bersih dan terlumasi dengan baik dapat meningkatkan efisiensi transfer tenaga. Lakukan pembersihan dan pelumasan secara teratur.


Periksa Sistem Pendingin

Pastikan sistem pendingin motor berfungsi dengan baik. Jangan biarkan mesin overheat, karena dapat merusak komponen kritis.


Filter Udara

Saat menggunakan sepeda motor gak pengen kan boros bensin? Saringan udara yang tidak diganti secara rutin berujung kepada boros bensin. Nah filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.


Lakukan Servis Berkala

Jadwalkan servis berkala di bengkel resmi atau berpengalaman. Ini membantu mendeteksi masalah potensial sebelum menjadi serius.


Layanan Motor yang Cepat, Profesional, dan Handal


Untuk mendapatkan servis yang bagus, kamu harus mencari bengkel servis motor yang terbaik. Salah satu bengkel yang bisa kamu andalkan ada Planet Ban. Di bengkel ini, kamu bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru.


Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin agar performa motor optimal.


Pengalaman Service Motor di Planet Ban


Beda banget deh jika kalian service motor di Planet Ban, mereka menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi, sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet dan jarang rusak. Penggantiian sparepart juga dijamin asli, sehingga tarikan lebih enteng. Biaya service saya rasa jadi lebih hemat karena ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali). Dengan kondisi motor yang fit dan prima kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan, karena emisi dan polusi dari motor jadi berkurang.




Motor Sehat, Perjalanan Lancar: Layanan Terbaik dari Planet Ban


Biaya servis dan suku cadang di Planet Ban sangat terjangkau dan lebih bersih. Dari pengalaman aku service motor di Planet Ban, jauh lebih bersih dan tarikan terasa lebih enteng. Servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan seringkali ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat. Semenjak beralih  service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru oleh mekanik handal mereka. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.


Pekerjaan service di Planet Ban dilakukan oleh mekanik yang handal, jadi buat kalian yang ingin merawat kendaraan kesayangan tak perlu ragu untuk melakukan perawatan di sana. service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.


Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula: 

  • Service motor injeksi cuma Rp20.000,- 
  • Service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- 
  • Service throttle body hanya Rp20.000,-


Semua kebutuhan motor kalian tersedia di Planet Ban. Layanan di Planet Ban sendiri tersedia secara online dan offline di seluruh Indonesia, jadi tidak perlu khawatir kesulitan mencari sparepart dan bengkel lagi. Selamat merawat kendaraan kalian di rumah! 




You May Also Like

17 komentar

  1. Planet Ban superrrr recommended, di dekat rumahku juga ada bbrp planet ban.
    aseliikk nyaman bgt service d sana . konsumen hepiiiiii

    BalasHapus
  2. Aku tuh kurang paham sih soal permesinan dan pernak-pernik motor. Belum hafal istilah-istilahnya. Biasanya suami aja yg ke bengkel kalau perlu servis ini itu. Makasih artikelnya, aku makin paham deh tentang perawatan motor, jadi engga cuma naik aja...

    BalasHapus
  3. Sepeda motor memang sarana transportasi mandiri yang sangat praktis, cepat, dan ringkas, ya,Kak. Terima kasih tipsnya, udah dicatat nih biar nggak lupa. Hehe.

    BalasHapus
  4. Info yang bermanfaat banget untuk menjaga agar motor metic jalannya lancar jaya tanpa hambatan

    BalasHapus
  5. Gak boleh banget melupakan servis berkala untuk kendaraan kesayangan.
    Karena selain memberikan perawatan yang terbaik, maka bisa menghemat biaya maintenance juga memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

    BalasHapus
  6. Kendaraan bermotor memang harus dicek dan diservis secara berkala, agar awet dan nyaman digunakan dalam jangka panjang. Servis berkala juga lebih hemat dibandingkan jika jarang diservis, sekali rusak biayanya bisa wow banget.

    BalasHapus
  7. Sama mba....alat transportasi andalanku juga motor. Soalnya lebih satset untuk urusan antar jemput sekolah atau aktivitas harian lain yang jarak tempuhnya pendek. Tapi jangan lupa servicenya jangan terlewat di Planet Ban hahaha

    BalasHapus
  8. Wah ternyata di Planet Ban ga hanya melayani penjualan ban saja ya, ada service motornya juga, cukup lengkap, one stop service nih jadinya, bisa service dan cek ban juga

    BalasHapus
  9. Motor sangat penting ya mbak. Memabantu kita melakukan aktivitas sehari-hari
    Kalau mau motor awet ya harus rutin di servis ya

    BalasHapus
  10. Merawat kendaraan adalah hal yang gak boleh diremehkan. Jika telat melakukan servis rutin saja masalah-pun bisa mulai bermunculan. Terlebih lagi untuk hal-hal krusial seperti ganti oli. Nah, punya langganan untuk melakukan servis rutin seperti Planet Ban ini bisa jadi kemudahan tersendiri ya.

    BalasHapus
  11. Penting banget bagi yang memiliki kendaraan nih . Supaya lebih aman diperjalanan

    BalasHapus
  12. setuju banget nih, kalo motor kita harus sering dirawat biar mesinya tetep awet dan nyaman dikendarai. Sya juga menyerahkan urusan servis motor ke planet ban mba, harganya murah pelayanannya prima. T O P pokoknya.

    BalasHapus
  13. Sama kita rutin servis motor matic ke Planet Ban, karena deket banget dari rumah, terus all out hasilnya, mesin enakan dipakainya , jadi nyaman dan aman berkendara

    BalasHapus
  14. Bener banget, kita juga harus tau info perawatan motor kayak gini, apalagi pilih oli sama ban yang bagus.

    BalasHapus
  15. sebagai perempuan yang jarang service-service motor, jadi tahu banyak soal urus kendaraan seperti ini ketika mau service motor, jadi tahu lebih detail bagian mana saja yang wajib diservice agar awet

    BalasHapus
  16. Memang motor itu teman kemana saja ya mba. Mesti rutin dirawat kalau nggak nanti motor ngambek.

    BalasHapus
  17. Murah juga ya servis motor di planet ban. Sayangnya ditempatku belum ada

    BalasHapus