My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Perihal Perjalanan, Merayakan Ingatan dan Rajin Mengingat

by - Juni 04, 2020


Pergi ke suatu tempat rasanya tak elok jika tak sekaligus mempelajari sejarahnya, mengenal cerita dibaliknya, kemudian merasakan magnet kehidupan bertahun-tahun silam ketika tempat yang saya kunjungi bersinar di tahun kejayaannya atau hanya sekedar merayakan langkah untuk bebas pergi kemanapun juga.

Sebelum pergi ke lokasi tertentu, biasanya saya menyempatkan berlayar ke situs-situs yang sengaja dipilih secara random untuk mempelajari lebih dahulu. Sekedar bersemedi dalam tulisan orang, mencoba hening sebentar, mencerna point mana yang kelak harus diulas lebih dalam dan belajar dari sebuah pengalaman orang lain.

Cerita yang kuat akan terletak pada bagian terpenting dari kesimpulan sebuah perjalanan untuk dibagikan. Biarpun lokasi wisata itu sama, tentunya setiap penulis akan berusaha membagikan versi cerita perjalanan mereka yang berbeda.

Berbekal prinsip demikian, saya punya gambaran, titik lokasi mana yang harus saya lingkari untuk dikunjungi, bagian mana yang harus saya lihat. Kemudian setelahnya saya mengumpulkan pertanyaan apa saja yang bisa saya tanyakan kepada masyarakat setempat, agar sesampainya di sana, saya punya bahan galian untuk menulis lebih dalam dan menyiapkan diri utuk rajin mengingat.

Sekuat apa pun kalian menghapal, ingatan bisa pudar, maka dengan menulis adalah salah satu cara agar ingatan menempel erat-erat tak hanya di kepalamu, namun juga di kepala banyak orang.

Tulislah hal baik dalam hidup kalian mulai sekarang, agar setiap langkah yang dipijak, kelak memberikan hadiah manfaat bagi diri kita sendiri.


You May Also Like

0 komentar