My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Miliki Warisan Berharga Untuk Keluarga dengan PRUWarisan

by - Januari 23, 2021

 

PRUWarisan

Miliki Warisan Berharga Untuk Keluarga dengan PRUWarisan | Tembang lawas mengalun pelan, katup karet mengunci telinga dengan lagu-lagu lama dari deretan musik yang sengaja dipilih melalui gawai. Wallpaper utama ponsel terpasang potret keluarga. Senyum paling lebar milik kami berempat terpampang di sana. Hujan, kopi dan lagu lama. Perpaduan yang pas untuk memutar cerita kehidupan di dalam kepala. Memikirkan ini dan itu, serta mempertanyakan banyak hal pada diri sendiri. 



Apa harapan sederhana untuk orang tersayang ketika kita sudah tidak ada lagi di dunia? 



Jeritan di kepala tentu ingin melihat anak-anak dan pasangan, tetap tersenyum bahagia, sehat, dan mencetak masa depan yang baik. 



Apakah keluarga kita sudah siap secara finansial jika kita pergi selamanya?



Apa yang sudah kita persiapkan agar semua yang sudah dibangun selama ini dapat terus berlanjut ketika kita pergi?



Perencanaan keuangan dan pengelolaan jangka panjang terkait warisan, menurut kalian apakah perlu dalam kondisi saat ini? 



Satu-persatu pertanyaan mulai muncul di benak saya. Ingatan-ingatan baik, rasa bahagia, dan fase kehidupan dalam kebersamaan keluarga, kerap saya jadikan prioritas. Segala upaya ditempuh untuk menyusun senyum mereka. Kebahagiaan bersama keluarga membuat kita ingin hidup seribu tahun lamanya, namun kematian adalah hal pasti dan akan menghampiri tanpa bilang permisi.



Jika takdir menggoreskan bahwa kita harus dipanggil lebih dahulu oleh Tuhan, selain ilmu dan kasih sayang, tentu secara finansial kita pun berharap yang terbaik. Persiapan keuangan yang matang akan dapat memastikan kesejahteraan orang terkasih selalu terlindungi. Mungkin hal yang sama menjadi permintaan dan doa bagi banyak orang. Membahas perihal warisan dan membayangkan akan meninggalkan orang tercinta tentu dapat mengaduk emosi, sedih, pilu, namun sebenarnya hal ini sangat penting untuk dibahas.  


Asuransi Jiwa


Oleh karena itu, Prudential mendengarkan, memahami dan mewujudkan kebutuhan nasabah dengan menghadirkan ragam solusi inovatif di tengah berbagai tantangan yang dihadapi. PRUWarisan merupakan inovasi terbaru dari Prudential yang memungkinkan para nasabah memiliki harta waris berharga yang dapat memberikan kesempatan bagi orang-orang tersayang untuk melanjutkan hidup, mewujudkan impian serta mendapatkan yang terbaik dalam kehidupannya.




Gali ilmu baru dan belajar pada event  launching PRUWarisan dari Prudential bersama rekan-rekan media dan blogger secara daring, sedikit menjadi pencerahan tips memilih alternatif yang bisa dijadikan pilihan warisan yang akan datang. Bahkan menurut survei melalui instagram yang dilakukan oleh Bapak Dani Rachmat selaku Pegiat Perencana Keuangan, 3 teratas dari 1.870 responden banyak yang memilih Properti, Saham dan Asuransi. 



Alternatif warisan yang bisa dipilih antara lain properti, aset keuangan, asuransi, usaha, mobil klasik dan benda seni. Namun terkadang karena banyak kebutuhan dan memprioritaskan hal lain yang lebih penting dan penuh pertimbangan, sehingga seringkali menunda-nunda.



Faktor apa saja sih yang seringkali menjadi penunda penyiapan warisan?


  • Prioritas

Prioritas lain yang lebih penting jadi bahan pertimbangan untuk menunda seperti dana pendidikan, dana darurat dan kepemilikan rumah.


  • Kekurangan Dana

Tidak semua keluarga memiliki dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Dana yang ada hanya mampu memenuhi kebutuhan harian saja.


  • Merasa Cukup

Kebanyakan orang berpikir untuk merasa cukup atas apa yang ada seperti rumah untuk diwariskan, meskipun masih KPR


  • Belum Waktunya

Masalah kematian adalah hal yang paling jarang dibahas dalam rumah tangga, karena kehidupan terlalu pelik dengan banyak masalah lain dan kerap merasa kita hidup selamanya.


Sejak pandemi banyak mindset masyarakat sudah terbuka pentingnya asuransi. Kini Prudential meluncurkan Asuransi Jiwa #PRUWarisan yang merupakan perlindungan asuransi jiwa Tradisional hingga usia 99 tahun dengan pilihan pembayaran Premi sebagai peninggalan harta waris berharga bagi orang tercinta. 



PRUWarisan menjadi inovasi perlindungan yang inovatif bagi masyarakat untuk memiliki warisan yang akan diturunkan kepada orang-orang tersayang. Hal ini sangat relevan bagi masyarakat Indonesia yang simple dan gak mau ribet. 


Keistimewaan PRUWarisan


Kelebihan PRUWarisan


  • Perlindungan Seumur hidup. Perlindungan jiwa hingga Tertanggung berusia 99 tahun.
  • Beragam Pilihan Masa Pembayaran Premi. Masa pembayaran premi dapat dipilih mulai dari 5 tahun, 10 tahun atau 15 tahun.
  • Jaminan Perlindungan Polis. Selama Premi telah dibayarkan penuh sesuai dengan Masa Pembayaran Premi yang dipilih, mencangkup jaminan manfaat asuransi baik untuk meninggal dunia ataupun akhir kontrak ketika berusia 99 tahun berupa uang pertanggungan sesuai dengan syarat dan ketentuan polis
  • Berpotensi mendapatkan PRUWarisan Booster, tambahan manfaat yang akan mengoptimalkan nilai warisan yang diterima oleh penerima manfaat 
  • Usia masuk mulai dari usia setahun sampai dengan 70 tahun (ulang tahun berikutnya)


Asuransi merupakan bentuk kasih sayang nyata yang diberikan untuk melindungi, menjaga kehidupan bahkan kesehatan orang-orang tercinta dengan pemikiran panjang jauh ke depan. Kita bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. 


Siklus kehidupan lumayan panjang; dari anak-anak, remaja, dewasa, bekerja, pensiun. Mayoritas dari Masyarakat Indonesia, kebanyakan 35 tahun baru memulai menyiapkan dan merencanakan persiapan masa tua, persiapan terkait warisan dll. sedangkan yang kita butuhkan adalah sekitar 10-15 tahun sebelumnya harus sudah memiliki persiapan tersebut. 


Tak ayal, ketika pandemi melanda. Banyak orang yang mulai terseok dalam kehidupan dan goyang dalam segi finansialnya. Karena rata-rata masyarakat Indonesia hanya memiliki dana darurat untuk bertahan selama seminggu ke depan saja. Pemikiran untuk mempersiapkan dana darurat dalam keluarga harus dimulai sejak dini, bahkan saat masih single pun sudah mulai mempersiapkan diri. Sehingga ketika diterpa keadaan genting, kita memiliki cadangan langkah berikutnya yang sudah dipersiapkan sebelumnya. 


Asuransi bisa jadi pilihan untuk warisan karena nilainya pasti, kepastian nilai uang pertanggungan membuat perencanaan keuangan ahli waris lebih mudah. Saat ini Asuransi bisa menjadi pilihan yang baik sebagai harta warisan. Pilihan terbesar masih jatuh di properti, namun dengan pertimbangan pengurusan surat-suratnya terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka sebagian orang mulai memikirkan pilihan lain juga. 


Alangkah baiknya, mulailah saling berdiskusi untuk memikirkan beberapa langkah ke depan, dengan pemaparan saat launching PRUWarisan dari Prudential saya mulai tertarik untuk mempelajari mengenai asuransi PRUWarisan ini. Karena setiap hal yang ingin kita ambil harus melalui proses panjang pembicaraan, diskusi dan menentukan apa yang lebih kita butuhkan saat ini. 



Tips Perencanaan Warisan

Ada Tips Perencanaan Warisan yang saya rangkum hasil dari pemaparan oleh Bapak Dani Rachmat selaku Pegiat Perencana Keuangan


  • Disiapkan sedini mungkin. Bahkan masih single pun, kita harus sudah menyiapkan warisan, karena lebih cepat lebih baik. 
  • Alihkan kebutuhan dana besar. Untuk menyiapkan warisan dalam jumlah besar kita hanya cukup membayar premi asuransi dengan harga terjangkau untuk mendapatkan manfaat warisan yang cukup besar. 
  • Pilih perusahaan terpercaya. Dalam menyiapkan warisan melalui asuransi, pilih perusahaan yang terpercaya dengan track record yang baik, perusahaan yang sehat dan masih on going sehingga kita bisa mencairkan polis tersebut sampai nanti saat warisan tersebut diberikan.  


Pilihlah asuransi yang akan dibeli disesuaikan kebutuhan dan kemampuan. Jangan terlalu muluk ingin memberikan warisan besar namun kemampuan tidak mencukupi. 


Semenjak pandemi, dalam segi perencanaan keuangan sedikit mulai berubah, perilaku masyarakat yang tadinya kurang aware sama sekali, kini mulai berbenah. 


Obrolan panjang sebelum tidur, saya berdua pasangan kerap membahas mengenai planning jangka panjang. Termasuk pengelolaan keuangan dan membahas mengenai warisan. Sebelum ini pilihan saya jatuh ke Properti dan Usaha yang bisa diturunkan berkelanjutan. Namun kini mulai melirik mengenai asuransi warisan, yang sekiranya juga bisa dijadikan pilihan lain, selain dua pilihan di atas yang sudah terpenuhi. Sebab produk PRUWarisan ini adalah cara baru untuk memiliki harta waris yang mendukung terciptanya masa depan bahagia, serta membantu ketahanan keuangan orang-orang tersayang ketika pemegang polis meninggal dunia.


Semoga kita selalu sehat dan diberikan banyak keberkahan, kebaikan untuk melindungi dan berharap keluarga kita tetap terjaga baik dari fisik dan segi finansialnya. Dengan ikut asuransi, tanpa sadar kita akan memberikan nilai terhadap diri sendiri untuk memberikan warna baru bagi kehidupan orang lain. Sehingga jika salah satu pemegang polis meninggal dunia, maka orang tersayang akan merasakan cinta yang tak hanya sekedar pelukan untuk menikmatinya, namun sejuta perhatian yang sudah dipersiapkan matang-matang.


 


You May Also Like

23 komentar

  1. Huhuhu, seperti sore ini, hujan, dingin,dan kopi menjadi teman untuk memutar cerita kehidupan, baik tentang masa lalu terlebih unntuk masa depan, buat anak dan keluarga yang kita sayangi.
    Penting banget warisan yang berharga kelak buat anak dan cucu kita yaa, untungnya prudential selalu memberikan solusi yang trebaik seperti PRUWarisna ini.

    Semoga kelak bisa memberikan cinta yang berharga yang telah dipersiapkan matang2 buat masdep anak.Hiks, suka jadi meloow daah.

    BalasHapus
  2. Mbaaa, aku menikmati bangettt untaian kata demi kata yg kamu sajikan di artikel ini.
    Sungguh BERNYAWA!

    Program PruWarisan ini mantab banget!
    Sudah lama aku menunggu insurance yg menyediakan program seperti ini.
    Good job, PRU!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, aku pun idem, berasa banget pas paragraf pertama, jadi mgbayangin pulaaa, larut dalam ceritanya

      Hapus
  3. Wah..diingatkan utk menyiapkan warisan terbaik utk kelg tersayang.. Terima kasih, mba..

    BalasHapus
  4. Ketika baru menikah, perencanaan keuangan saya dan suami sebatas tentang dunia pendidikan. Pengennya mereka tetap bisa sekolah yang tinggi. Minimal sampai S1, lah. Gak pernah terlitas tentang pentingnya warisan.

    Tetapi, setelah punya anak memang mulai ada kepkiran juga. Apalagi saat pandemi begini. Beberapa kali pernah jadi bahasan diskusi dengan suami

    BalasHapus
  5. jaman sekarang asuransi itu penting banget ya mbak :) udah ga bisa nggak, soalnya kita jadi ga konsen cari cuan kalau memikirkan hal yang tidak2 :(

    BalasHapus
  6. Asuransi yamg bisa dipersiapkan sejak dini untuk jaga-jaga ya, mba. Karena kita tidak tahu ke depan itu seperti apa.

    BalasHapus
  7. Sudah 31 tahun berumah tangga, punya 5 anak,tapi saya belum punya warisan harta buat anak-anak, hiks.

    Awal menikah, kami.hanya fokus ke dana pendidikan dan miliki rumah saja dahulu.
    Kira-kira sudah terlambat nggak yah, saya merencanakan hal pewarisan?
    Jadi galau ini.

    BalasHapus
  8. Sejak dini mmg hrs jaga2 ya mba dg perencanaan kedepan. Dulu sy kurang aware soal ini scm nyimpen dana darurat. Skrg sepertinya sdh hrs mulai jg asuransi.

    BalasHapus
  9. Wah, menarik sekali nih soal perencanaan warisan. Sebelumnya aku belum pernah terpikir, mungkin karena aku gak kepingin punya anak ya, hehehe. Tapi ini patut banget buat diketahui. Terima kasih informasinya, ya :)

    BalasHapus
  10. Wah...adalagi yang baru dari Prudential.
    Bisa menjadi bahan pertimbangan ini..untuk investasi masa depan hingga hari tua.
    Sering banget banyak hal yang di khawatirkan terutama terkait dengan anak.

    BalasHapus
  11. Salah satu cara kita bisa tercukupi secara finansial sampai hari tua dengan hidup hemat dan menyisihkan sebagian harta untuk investasi ya mbak. Dan investasi yang kita pilih harus benar2 aman artinya bisa dijadikan simpanan yang bermanfaat sampai nanti. Salut dengan Prudential yang inovatif. Dengan PruWarisan pastinya membuat keluarga kita nyaman hingga kapanpun.

    BalasHapus
  12. Perlindungan maksimal untuk jiwa dan keluarga tuh emang jangan anggap enteng sih ya. Senangnya ya mba jika ini bisa di cover dengan baik. Jadi lebih tenang juga

    BalasHapus
  13. ini pas banget ya mba dengan kondisi kita saat ini dimana banyak sekali bencana dan musibah datang tiba-tiba. bisa buat jaga-jaga dan ikhtiar buat keluarga.

    BalasHapus
  14. It will always be best to get ready for the future and be prepared for anything that comes ahead

    BalasHapus
    Balasan
    1. I feel like we need to be well prepared as soon as possible and Pru can help us with that

      Hapus
  15. Perencanaan keuangan yang matang ini memang penting bange. Bener-bener harus dikelola, apalagi masalah investasi. Produknya ada buat warisan juga ya mba. mantap ini.

    BalasHapus
  16. Merencanakan warisan itu penting mba, krn biasanya kisruh kalo udah urusan uang mah walopun sodara, nah dgn punya asuransi jd solusi

    BalasHapus
  17. Hidup jadi tanang ya, setelah merencanakaan keuangan dan memikirkan apa yang bisa ditinggalkan untuk keluarga ya.

    Keren Prudential mengeluarkan manfaat PRUWarisan ya

    BalasHapus
  18. Prudential semakin inovatif memperhatikan kebutuhan nasabahnya ya mba. Sekarang juga memperhatikan warisan yang berharga

    BalasHapus
  19. Sebenarnya iyaya...warisan ini adalah aset yang kita miliki saat ini.
    Namun seringkali kita juga lupa bahwa kesehatan juga aset. Sehingga selama masih diberi kesehatan, bisa banget merencanakan warisan sedari dini.

    BalasHapus
  20. Wah PRU ini memang keren banget, program²nya bagus semua yak. Asli harus belajar lebih banyak nih soal program² yang ditawarkan sama Prudential. Amazing

    BalasHapus
  21. Pentingnya PruWarisan untuk setiap keluarga dan masa depan yang lebih baik. Saya juga bergabung di prudensial mbak.

    BalasHapus