My Story

Virtual Diary

Creative Blog

Berkreasi Membuat Baju Sylvanian di Masa Pandemi dan Mengenal Teman Kreasi Indonesia

by - Maret 27, 2021

 


Ide kreatif, pada dasarnya akan membuka peluang-peluang baru meraup rejeki. Hal ini yang menjadi pembahasan hangat di dalam keluarga besar yang hampir semua bergerak di bidang jasa (Master colouring, hair stylist, brand ambassador, layanan jalan tol dll). Awal pandemi, banyak usaha runtuh, Mall beku beroperasi, perusahaan jasa jalan tol merumahkan karyawannya tanpa digaji, sedangkan banyak kreasi anak muda yang bagus namun kurang tergali dan belum banyak yang tahu karena minim info untuk membuka peluang baru lainnya, secuil keluhan-keluhan kami saat kumpul keluarga namun tetap dibawa santai dan tertawa. Karena hidup selayaknya memang harus dijalani, cobaan akan menempa kita untuk menjadi lebih tangguh semakin hari. 


Pandemi membuat kami menempuh jalan lain agar dapur tetap ngebul, sebuah pepatah lama sederhana namun mengena.


Kondisi saat ini membuat orang semakin berbenah dalam segi keuangan namun memicu banyak kalangan memutar otak untuk lebih kreatif dan berinovasi. Kondisi membuat berbagai aktivitas kegiatan sehari -hari tentunya menjadi terhambat dan lebih banyak dilakukan di rumah saja, apapun bidangnya baik itu lingkup pekerjaan, wirausaha, maupun pendidikan.


Dengan memanfaatkan keterampilan yang kita miliki digabung dengan ide kreatif serta inovasi baru, saya rasa akan menumbuhkan peluang untuk terus bergerak dan memecahkan persoalan-persoalan dengan memanfaatkan sistem telekomunikasi. Bagaimana tidak, karena banyak kegiatan luar yang dibatasi, sehingga orang mulai berpikir alternatif kedua bagaimana caranya memanfaatkan kekuatan digital untuk mendongkrak penjualan bahkan mendirikan startup seperti yang dilakukan Mas Syaroful Azka dengan Startup Pasar Sayur-nya sehingga mampu mendongkrak penjualan para petani lokal dari harga yang terlalu rendah karena imbas permainan harga tengkulak, sampai akhirnya mengemukakan ide baru untuk dapat dijual langsung ke konsumen dengan harga yang lebih tinggi. Dengan begitu, akan mampu menaikkan taraf ekonomi para petani dan mensejahterakan mereka. Bisnis berbasis digital ini menarik dan inspiratif.  


Kondisi saat ini, mau tidak mau, bisa tidak bisa, kita dituntut untuk dapat menguasai dan beradaptasi dengan teknologi, guna keberlangsungan segala aktivitas via online saat ini. Banyak ibu-ibu yang dulunya gaptek kini sudah mulai mahir, banyak yang belum mengerti cara berjualan via e-commerce dan sosial media, kini mulai mempelajari dan penjualan online. Berbekal teknologi tentunya mampu mendongkrak dan berkembang, bahkan mampu melejit sangat pesat merambah ke banyak daerah. Maka secara otomatis akan membantu untuk mendapatkan pemasukan yang awalnya vakum. 


Tak ayal, kami pun melakukan satu langkah ke depan mencari keterampilan apa yang sekiranya dapat kami buat untuk dilempar ke pasaran. Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu, karena pada dasarnya keyakinan akan rezeki sudah diatur oleh Tuhan, membuat kita yakin untuk mencari solusi baru dengan pemikiran yang kreatif, sehingga rasa yakin dan semangat tadi, akan menemukan kunci lainnya untuk membuka peluang baru, yang menghasilkan sebuah kreasi bermanfaat dan dapat membantu menghasilkan nilai guna. 




Berkreasi Membuat Baju Boneka Sylvanian


"Kain motif ini cocoknya digabung sama renda yang ini, Ma"


"Kain yang itu bagus, tapi kalau buat baju kecil gini gak sesuai bahannya, terlalu licin, nanti bisa gak rapih" 


Sepenggal percakapan saya dan Mama saat proses pemilihan bahan untuk baju boneka sylvanian. Saya hanya sekedar mengangguk karena Mama lebih paham mengenai bahan kain yang akan digunakan, lalu bergegas menghampiri laci mini berkotak-kotak dengan pilihan mute-mute beragam warna, untuk dipasang sebagai hiasan dibagian topi. 



Kebetulan mama pintar menjahit, maka kakak pertama memiliki ide membuat baju-baju boneka sylvanian, yang dihargai ratusan ribu. Ide awal usaha baju boneka ini adalah ketika salah satu dari keluarga kami merupakan salah satu kolektor yang hobby mengoleksi boneka satu ini. Melihat peluang bahwa koleksi boneka ini biasanya adalah hobby yang tak hanya disukai anak-anak namun juga digemari dan dikoleksi oleh orang dewasa serta masuk ke kategori pasar kaum menengah ke atas. Kami memutuskan untuk membuat pernak-pernik pendukung boneka tersebut dari baju dan kastil estetik tua ala negeri dongeng. Harga satu boneka dan pernak-perniknya memang cukup terbilang mahal. Sehingga satu baju boneka saja, rata-rata dibanderol harga ratusan ribu. Pembuatannya yang tak gampang dan butuh ketelitian tinggi, saya rasa memang worth it jika dibanderol dengan harga segitu. Karena membuat baju kecil lebih sulit dibanding membuat baju orang dewasa. Butuh kesabaran dan ketelatenan. Maka awal pandemi kami mulai giat, membuat lebih banyak dan mulai dipasarkan via online di instagram @Petitehands ke banyak daerah, permintaan tertinggi klien kami berada di kota Surabaya. 


Dengan keterbatasan aktivitas, banyak orang mulai beralih dan mencoba melakukan hal baru. Mencari kesibukan dan menggali hobby lain. Seperti menanam, mengoleksi bunga, mengumpulkan action figure, bahkan menambah pernak-pernik baju boneka koleksi untuk ikut ajang perlombaan event komunitas. Jangan salah, pecinta boneka ini ada komunitasnya loh!


Dalam segi penjualan, saya biasanya melakukan secara online di Instagram, dengan Smartfren yang memiliki keunggulan berupa koneksi internet 100% 4G LTE saya rasa sangat berguna dalam mendukung pengembangan wirausaha berkonsep digital dan sosial. Kita bisa melakukan banyak hal tanpa batas dengan kuota yang melimpah. Perbulan lumayan meraup untung jutaan. Di masa pandemi, jika kita kreatif akan menghasilkan sebuah kreasi sehingga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Saya harap dapat berkolaborasi dengan usaha lain dari segi pengemasan agar terlihat lebih menarik. 




Teman Kreasi, Sinergi membangun Indonesia


Pandemi, membuat kita belajar banyak hal baru, kebiasaan baru, bahkan peluang baru. Hal yang pasti adalah di masa pandemi justru kebutuhan internet kian tumbuh dan menjadi penyelamat untuk mencari ide baru dan menunjang usaha baru. Buat saya Smartfren lebih merangkul anak muda dan generasi milenial untuk terus menggaungkan pentingnya membangun kreativitas serta memberikan banyak kesempatan meningkatkan produktivitas. Ada banyak inovasi terbaru dari Smartfren yang dapat mendukung hal di atas, dengan adanya Wowlabs, Rumah Kreasi, dan banyak komunitas Smartfren yang sudah tersebar di 100 kota, kini inovasi lanjutan hadirnya Teman Kreasi Indonesia. Program ini telah hadir di 24 kota, dengan dukungan dari Smartfren Community dan partner Kokreasi Smartfren WOWLabs. Saya sempat bergabung di live youtube saat perkenalan Teman Kreasi Indonesia dan menggali cerita menarik serta inspiratif dari Didik Jatmiko, seorang Blogger sekaligus Leader Smartfren Community Bojonegoro yang biasa saya kenal dengan Sebutan Kak Didik. Kak Didik rupanya sudah bergabung di Smartfren Community sejak tahun 2017, wah lama sekali ya! Sampai akhirnya dinobatkan menjadi Leader Smartfren Community di tahun 2019. Ada beberapa produk lokal dari Bojonegoro yang Kak Didik perkenalkan melalui internet, dengan mengupload di sosial media dan blog. Aktifitas Kak Didik yang begitu padat dengan jiwa sosial yang tinggi, saya rasa patut menjadi salah satu local heroes Bojonegoro.  Sosok yang tak kalah menarik lainnya yaitu cerita inspiratif dari Mas Syaroful Azka Founder Pasar Sayur dan Leader Smartfren Community Pekalongan dengan bisnis startup Pasar Sayur-nya yang memperhatikan kesejahteraan para petani, di beranda instagram saya sempat melihat salah satu usaha Teman Kreasi di daerah Bekasi, yang kebetulan dekat dengan Domisili saya tinggal yaitu Optik Dian yang bertempat di jalan Narogong, Bekasi. Lokasi yang biasa saya lewati karena kebetulan rumah om juga berada di daerah sana. 



Dengan tujuan membuka peluang untuk semua, kini Teman Kreasi hadir membuka peluang baru KoKreasi bersama Teman Kreasi lainnya. Konsep Teman Kreasi dengan logo anyaman-nya tentunya memiliki filosofi dan arti, bahwa semakin kita bergabung bersama, tentu akan semakin kuat. Sebab lewat internet dan teknologi akan membuka peluang untuk usaha kita lebih dikenal di masyarakat luas. 


Teman Kreasi merupakan social movement, membuka peluang seluas-luasnya bagi generasi muda untuk berkreasi lebih baik, kokreasi, social digitalpreneur, dan menciptakan Local Heroes, yang diharapkan akan terus berkelanjutan. Karya terbaru kokreasi tersebut berupa baju sepeda Jersey dari Common Spot kolaborasi bersama Show The Monster yang akan dijual dan sebagian hasilnya digunakan sebagai modal pendukung kegiatan Teman Kreasi Indonesia. Adapula kuliner lokal yang dihasilkan dari program Teman Kreasi Indonesia yaitu keripik gedebog pisang, keripik daun jeruju, keripik jantung pisang, kopi robusta, keripik Usus Ayam "Jumain" Kriuknya Ngangenin, Ledre Bojonegoro.



Teman Kreasi juga adalah bagian gerakan sosial yang merupakan inisiatif dari Smartfren Community yang sudah tersebar ke 100 kota di Indonesia, dengan jumlah anggota 90.000 orang untuk membuka peluang seluas-luasnya agar lebih kreatif dan produktif dengan memanfaatkan teknologi. Melalui Teman Kreasi Indonesia diharapkan generasi muda dapat menjadi Social Technopreneur di daerah masing-masing untuk melakukan kegiatan kokreasi yang berdampak positif serta sosial, pendidikan dan aspek kehidupan lainnya. Semoga Teman Kreasi yang dibina dan difasilitasi oleh Smartfren kelak menjadi penggerak sebagai local heroes yang tentunya memberikan perubahan di daerah masing-masing untuk mengajak anak muda lainnya bekerja sama sehingga menjadikan Smartfren Community bagian dari Sustainable Community Development di seluruh Indonesia dengan KoKreasi bersama Teman Kreasi akan membuat dunia anak muda menjadi cerah. 


Karena anak muda akrab dengan dunia digital, diharapkan dunia digital dapat menyelesaikan permasalahan mereka, bukan justru sebaliknya. 


Bagaimana sih caranya bergabung menjadi Teman Kreasi? Nah untuk mudahnya kalian bisa bergabung menjadi salah satu member Smartfren Community yang bisa kalian pilih karena tersebar di 100 kota, atau follow instagramnya @SmartfrenCommunity dan @TemanKreasi_id Kalian akan mendapatkan keuntungan lebih selain bersosialisasi, bertemu teman baru dan membuka peluang usaha. Banyak kemudahan yang disupport oleh Smartfren jika kalian tergabung menjadi Smartfren Community diantaranya:

  • Koneksi sinyal kencang, sebab semua usaha kreasi saat ini berbasis digital, ada yang dari proses pembuatan berbasis digital dan ada yang segi penjualan berbasis digital. 
  • Bantuan infrastruktur usaha (sewa tempat atau proses produksinya)
  • Di Smartfren ada banyak pelatihan kelas online yang diadakan di Instagram dan zoom secara gratis, baik itu materi belajar saham, bisnis, menjadi content creator, marketing penjualan, dll yang dapat membangun pengembangan usaha. 


Gimana, berminat menjadi salah satu Local Heroes di kota kalian sebagai motor penggerak yang mengajak anak muda lainnya lebih produktif dan menciptakan ide baru untuk saling mengasah kreativitas sehingga menjadi kreasi yang dapat dikenal? Gabung sekarang bersama Smartfren Community dan jadilah salah satu anak muda yang bermanfaat bagi banyak orang. Sebab sinergi akan membangun Indonesia! 


You May Also Like

25 komentar

  1. Buka Peluang Tanpa Batas bersama Teman Kreasi Indonesia, salam hangat dari Bojonegoro ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam hangat juga kak Didik, seneng bisa kenalan sama kak Didik, menginspirasi! Semangat terus & selalu sehat supaya bisa menebar banyak hal positif kemana pun ya kak

      Hapus
  2. Lucu banget baju Sylvaniannya mbak. Saat di rumah aja banyak banget kegiatan yang bisa dilakukan, membuat kreasi, syukur bisa jadi duit. Boneka mungil seperti itu cocok lho jadi pajangan rumah. Dikemas menarik Oke juga dijadikan sebagai kado

    BalasHapus
  3. Program Teman Kreasi Indonesia ini telah hadir di 24 kota, dengan dukungan dari Smartfren Community dan partner Kokreasi Smartfren WOWLabs.

    Kece bangett! Aku selalu takjub dgn aneka program dari SmartFren.
    Sungguh luar biasaaaa

    BalasHapus
  4. luccuuu.. kreatif banget bikin baju sylvaniannya..
    memang pandemi ini mendorong kita jadi lebih kreatif ya..

    BalasHapus
  5. Hai mba sepakat bagnet kalau di masa pandemi ini kita harus kreatif ya untuk membuat karya. Bagus banget ini konsep buat baju bonekanya :)

    BalasHapus
  6. Kreatif banget bikin boneka sylvanian, Mbak. Emang pandemi sangat memengaruhi dunia digital. Setahun ini rasanya cepat banget perkembangan internet. Apa-apa serba digital jadi harus punya ekstra kuota.

    BalasHapus
  7. Waktu masih kecil, saya pengen banget koleksi Barbie. Sekarang malah pengen koleksi Sylvanian. Lagi pengen punya lemari, buat naro Sylvanian :D

    BalasHapus
  8. Bajunya gemes banget mba lucu-lucu, kreatif sekali idenya. Kita memang harus bisa yaaa mencari peluang

    BalasHapus
  9. Yaampoonn lucu banget baju2 bonekanya. Ini kalau anakku liat pasti langsung mupeng. Suka banget sama Sylvanian dia mah.

    Sukses terus yaa untuk usahanya. Kreatif tanpa batas!

    BalasHapus
  10. Di saat pandemi gini kreativitas yang terpendam kadang muncul karena keadaan. Beruntung yang dapat bergabung dengan wadah semacam teman kreasi, sehingga bisa lebih meningkatkan lagi kualitasnya agar lebih diterima masyarakat...

    BalasHapus
  11. waaaa pantas harganya cukup mahal ya mbaaaa, detail banget dan juga bahannya juga spesifik biar rapi ternyata.... menginspirasi banget sharingnya mbaaa, sukses selalu ya....

    BalasHapus
  12. Asik ya mbak gabung komunitas gini. Bisa belajar dan berkreasi bareng2 jg.

    BalasHapus
  13. masa pandemi bukan alasan kita untuk tidak kreatif yaa, Mba, malah sebaliknya kita bisa memanfaatkan momen pandemi ini untuk menghasilkan sesuatu

    BalasHapus
  14. Lucu tau Des boneka Sylvanian tapi gak lucu harganya ya hahaha. Nah ini kreatif banget bisa bikinin bajunya. Kalau udah biasa jahit bisa padu padan warna dan bahan ya.
    Hobi yang dibayar & menghasilkan jadinya suka banget ya.

    BalasHapus
  15. Bagus banget ya programnya. Semoga bisa berjalan baik dan jadi penjadi motivasi untuk membuat karya dan mengembangkan kreativitas. Sukses Smartfren dan Teman Kreasi.

    BalasHapus
  16. Aku pengen join yang Pemalang ah Mam. Atau Pekalongan udah ada kan ya. Smartfren luar biasa Banget mendukung untuk berkarya dan berkreasi

    BalasHapus
  17. keren deh karyanya kaak.. kalau aku gak bisa tuh bikin yang kecil2 gitu, gak telaten soalnyaa hehehe btw aku juga dulunya pengguna smartfren kak, sangat membantu saat aku lagi ngontrak di jogja selama kuliah dan belajar bisnis

    BalasHapus
  18. keren banget mbak, cantik ya baju boneka silvania. jadi pengen minta polanya mbak. aku juga suka bikin bikin baju boneka gitu, boneka kelincinya juga pas ada di rumah

    BalasHapus
  19. Eyaampun, bonekanya lucu-lucu banget deh. Kreatif Mbak. Aku gak bisa deh setelaten itu. Btw, Smartfren mantap. Bisa bersinergi dengan kita ya.

    BalasHapus
  20. Lucu-lucu banget bonekanya, bisa dijadikan properti untuk berbagai macam kepentingan. Btw mba, bagaimana cara gabung ke smartfren community?

    BalasHapus
  21. bonekanya lucu Mbak, baju daan pernik-perniknya lebih lucu dan menggemaskan lagi.
    telaten dan sabar banget ya pasti Mamanya Mbak ini, ngerjain perintilan itu rapi bener :)

    BalasHapus
  22. Duh Mbak kreatifnya
    Aku kok kek mau pesan baju barbie juga sekalian ini
    Btw, Smartfren memang top ya inovasinya

    BalasHapus
  23. Ya ampunnnn..kok ngegemesin banget ini boneka-bonekanya. Sukaaa.. kalau anak-anak saya lihat, pasti pada pengen punya semua nih.

    BalasHapus
  24. Ya ampuuun mba Kreatif banget bikin boneka sylvanian ya, dan bagus-bagus. Ini sangat menjual dan bisa jadi hiburan saat pandemi biar gak bosan, eh mendatangkan cuan juga kan

    BalasHapus